bakso jumbo tabanan
Source: Bakso_Blanggur

 


Day #7 | 5 Warung Favorite Beserta Reviewnya




Ho ho ho...
Musim hujan datang lagi. 
Pasti enak ya makan makanan yang hangat dan berkuah. Hmmm, baru nulis aja udah nelen ludah saya.

Pas lagi hujan-hujan begini nih, biasanya warung bakso hingga bakso yang tanpa warung alias gerobakan selalu ramai dikerubutin pembeli. Apalagi kalau rasanya memang pantas untuk dikerubutin. Yuhuuu, makin semangat deh bela-belain ngantrinya.


Tadinya, saya ini bukan pecinta bakso, lho! 
Hanya kadang suka kepengen aja. Terutama di tanggal-tanggal rawan hormon tidak stabil, itu tuh, masa-masa mendekati menstruasi.
Biasanya di masa-masa ini, saya cenderung pengen makanan pedas, terutama yang berkuah. Dan bakso sering kali mewakilinya.


Di Tabanan ini, hingga detik saya memposting artikel ini saya belum menemukan Bubur Ayam Jakarta yang cocok di lidah saya seperti Bubur Ayam kesayangan langganan saya, yang di Denpasar itu, lho.
Tapi kalau soal Bakso, saya berani acungin jempol, deh. Nggak kalah lho sama bakso-bakso fenomenal yang harganya pakai kurs dollar itu.


Nah buat pecinta bakso gedhe, kepoin yuk!



bakso hot jeletot
Kiri: Bakso Hot Jeletot / Kanan: Bakso Blanggur


BAKSO HOT JELETOT (BLANGGUR)

Ini bakso andalan saya.

Lokasinya di Jalan raya Denpasar – Gilimanuk. By pass Ir. Soekarno, Tabanan.  Dari arah Denpasar posisinya di kanan jalan setelah perempatan Cocomart. Sekitar 10 menit dari patung Sukarno atau perempatan tanah lot.

Di warung ini selain menjual bakso juga menjual nasi campur khas Jember. Awalnya warung bakso ini populer dengan nama Bakso Blanggur, itu tuh bakso gedhe yang isinya daging cincang. Setelah muncul fenomena Bakso beranak dan bakso mercon, warung bakso ini pun tak mau ketinggalan.

Saya jatuh cinta sama bakso Hot Jeletotnya. Bakso Jumbo dengan isian daging cincang pedas. 
Menurut saya sensasi pedasnya membuat bakso ini tak se-eneg bakso Blanggurnya. Sedangkan untuk bakso beranaknya, hampir sama dengan bakso beranak umumnya, bagian bakso yang gede terlalu tipis jadi kurang nyummm aja buat saya.

bakso beranak



Seporsi Hot Jeletot dibanderol 20 ribuan, belum termasuk tambahan tahu bakso atau pangsit goreng. Oiya, saya juga suka tahu baksonya. Tapi untuk pangsit gorengnya saya kurang suka.

Jam Buka warung dari pagi hingga malam. Sepertinya.



bakso enak tabanan
dokpri: Bakso Pak Haji Husen

BAKSO PAK HAJI HUSEN

Bakso pak haji ini cukup populer di Tabanan. Letaknya yang di pinggir jalan dan ukuran warung yang cukup besar serta berdekatan dengan masjid agung Kediri, menjadikan warung bakso ini mudah ditemukan.

Warung bakso ini menyediakan Bakso Sapi dan Bakso Ayam. Seporsi bakso sapi yang ukuran besar dibandrol seharga 10 ribu saja. Tentu saja belum termasuk tambahan, tahu atau lontong, ya.

Bakso ini lebih enak dimakan di tempat daripada take away. Itu karena kandungan lemaknya yang cukup tinggi pada kuahnya, sehingga saat bakso kurang panas akan muncul rasa agak “ngendal” di lidah.

Tekstur baksonya empuk karena kurang padat. Bakso ukuran besar maupun kecil sama-sama berisi jerohan sapi, seperti usus dan kawan-kawannya. 
Jadi bagi penderita kolesterol tinggi seperti saya, harap disiapkan air jeruk nipis atau obat penurun kolesterolnya ya.

Jam buka warungnya dari sore mendekati waktu Maghrib hingga habis. Untuk bakso besarnya, biasanya lewat jam 8 malam sudah habis. Kecuali kalau lagi sepi banget.




bakso sapi
dokpri: Mie ayam & Bakso Jumbo solo mas Riski, Rujak Nanas bawa sendiri.

SPESIAL BAKSO JUMBO MAS RISKI

Kali ini bakso solo ya.

Di warung bakso mas Riski ini ada menu bakso sapi, bakso ayam dan mie ayam.
Seporsi bakso sapi jumbo berisi 1 bakso ukuran besar, mie kuning, tahu goreng dan pangsit goreng. Dibanderol sekitar 10-12 ribu per porsinya.

Bakso jumbonya berisi daging cincang, mirip bakso Blanggur. Namun dari segi ukuran bakso dan banyaknya isian daging cincang lebih kecil dan lebih sedikit daripada bakso Blanggur/Hot Jeletot. *yaiyalah kan beda harga buk.


 

Pas ngumpul bareng stobeli squad


Lokasi warung bakso ini berada di seputaran kota Tabanan, yaitu di jalan pulau menjangan berdekatan dengan perempatan menuju jalan Ratna, eh bener nggak sih? 
Hehe ya sekitaran situ deh pokoknya.

Jam bukanya sekitar jam 10 pagi. Kalau mau nyobain bakso yang gede jangan kesorean yah, biasanya sudah habis.




bakso banyuwangi
dokpri: Bakso Banyuwangi


BAKSO BANYUWANGI MASJID KEDIRI

Dari Solo pindah ke Banyuwangi ya gaes.

Bakso disini enak dan gurih. Tapi menurut saya, disini paling asin diantara yang lain. Mungkin karena saya belinya selalu kemaleman, jadi kuahnya lebih asin.

Baksonya sendiri cukup padat dengan sedikit isian tetelan cincang. Atau mungkin bisa disebut bakso urat kali ya. Ukurannya tidak terlalu jumbo sih, tapi lumayan besar lah.

Semangkok bakso berisi  1 bakso ukuran besar, 2 bakso ukuran kecil, 2 tahu goreng dan mie bihun. Harganya 10 ribu aja. Plus bapak yang jual ramah banget.

Lokasinya berada persis di seberang masjid agung Kediri-Tabanan. Bersebelahan dengan warung soto babat kalau nggak salah. Memang warugnya agak pendek dan gerobak yang kurang menonjol, jadi musti pelan-pelan untuk menemukannya.

Posisinya berada di sebelah kanan jalan dari arah Denpasar. Sekitar 50 meteran setelah bakso Pak Haji Husen. Jam bukanya sepertinya mulai sore.





museum subak tabanan
Foto Kiriman teman: Bakso Cak Mul Museum Subak



BAKSO CAK MUL MUSEUM SUBAK

Dan yang terakhir ini rekomendasi bu ketua paguyuban kelas anak saya. 
Ada yang bilang sih se-genk sama saya, genk motor (genk emak-emak tukang antar-jemput anak pakai motor), genk makan bakso, stobeli squad, banana squad, dan apalah lagi sebutannya.

Lokasinya berada di parkiran Museum Subak Tabanan. 
Jangan tanya Museum Subak itu kayak apa, ya. Aseli saya belum pernah masuk, wkwkwk. 
Nggak usah nanya juga kenapa belum pernah masuk. Tapi on planning lah pokoknya. *Planning aja pokokna mah.

Seperti yang ada di gambar, seporsi baksonya berisi 1 pentol besar, 3 pentol kecil, mie kuning dan irisan kubis. 
Bakso gedenya sendiri adalah bakso urat ala-ala surabaya Malang, gitu. Harganya sekitar 10 ribu juga.

Disini kita bisa pesan es kelapa muda yang ada di sekitaran lokasi. Enaknya lagi, bisa pesen jadi satu dan bayar jadi satu juga dengan baksonya.

Jam operasionalnya mulai pagi hingga sore aja. 
Soalnya kalau malem, gelapppp banget.

Buat yang belum tahu museum subak, boleh direction map ya. Atau cari aja kantor DPRD Tabanan, Museum Subak ini berada di perempatan DPRD Tabanan.


paguyuban wali murid
Banana Squad



Baiklah, sudah cukup ya review bakso jumbo terkwak-kwaknya. 

Next insyaAllah akan review lagi menu-menu enak yang ada di Tabanan. Jadi buat yang segera pindah ke Tabanan, nggak usah worries yah gaes. Sekarang Tabanan sudah rame kok, bhahhah!

Oiyah, buat yang mau nambahin daftar bakso sapi yang enak di Tabanan lagi ditunggu di komen ya, biar saya juga bisa cobin.




***
Disclosure: Foto diambil dari dokumen pribadi dan beberapa dari sumber acak d internet.








6 Comments

  1. Bikin ngiler, Dps mendung dan diriku blm makan.

    Langsung kuforward ke suami nih, yang hardcore-nya penggemar bakso ��

    ReplyDelete
  2. Bhahaha fans berat bakso wajib cobain.

    ReplyDelete
  3. waktu tinggal di denpasar tahun 2004-2006, bingung banget mau nyari bakso halal.
    jangan2 tempat bubur ayam favorit kita sama, di denpasar kan? juni lalu mampir dan masih ada, tempatnya ga berubah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi. tapi kayaknya beda deh, soalnya langganan saya ini pindah tempat udah 3x, tapi masih sekitaran situ aja. di depan jl. tukad badung, musti nyobain deh, saya lebih suka ini daripada bang yos, xixixi

      Delete
  4. Kak Sera tinggal di Bali ya? Wahh pengen banget bisa ke Bali bareng anak anak tahun ini insyaAllah. Kak Sera ada tulisan lain yang bahas do and dont untuk Muslim selama di Bali ga? Kek makan di mana, nginep di mana, masjid di mana, hehehe, maaf banyak maunya :p

    Salam kenal (kembali),

    Lis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl yg komplit belum ada sih, ide bagus, tp utk makanan sdh ada coba cek di betutu halal. insyaaAllah nambah postingan lagi.
      Thx sudah mampir ya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar, ya dear.

Harap berkomentar sesuai artikel, dengan bahasa yang baik dan sopan.
Link Aktif dan SPAM akan dihapus.
NO WAR!

Happy reading other article....