belanja online aman


BPN #28 | 5 Situs Belanja Favorit



Shopping…
Siapa sih yang nggak suka dengan kegiatan menyenangkan satu ini. Yang bikin nggak senang itu bayarnya. Hehe.

Betul apa betul?

Kini, saat acara belanja telah bermigrasi dengan yang online-online, menjadikan belanja nggak harus bejubel-jubel ke pasar atau departement store. Karena hanya dengan klik-klik dan transfer, barang yang kita inginkan segera mendarat ke rumah. Belanja jadi lebih mudah dan efisien, kan?

Dengan banyaknya pilihan barang dan persaingan harga, juga membuat kita rajin mengunjungi situs-situs belanja online. Entah karena perlu belanja beneran atau sekedar iseng-iseng berhadiah bisa nemu barang dengan harga yang murah banget.

Apalagi saat HARBOLNAS kayak kemaren, hari kantong jebol nasional Hari Belanja Online Nasional selalu saja identik dengan belanja murah dan gratis ongkir.

Siapa yang nggak kepincut, coba?

Anyway, bicara-bicara soal situs belanja online, kalian sukanya belanja di situs belanja online apa aja nih? 


Selain pilihan barang yang banyak, harga bersaing dan sering ngadain promo-promo termasuk ongkos kirim gratis. 
5 Situs belanja online favorit saya ini juga bisa dijadiin pilihan tempat belanja online, lho.

Berikut saya bocorin juga Tips kecil belanja online ala saya agar belanja tetap aman, murah dan anti kecele.


1. SHOPEE

Ini situs belanja yang akhir-akhir ini paling sering saya kunjungi. Promo GRATIS ongkos kirim yang setia mereka berlakukan sejak awal memang terbukti menjadi magnet untuk menggaet pembeli, termasuk saya. Hehe.

Mulai dari baju, hijab hingga kosmetik sebagian besar saya belanja melalui situs ini.

Jangan lupa untuk cek di kolom komentar dan penilaian dari para pembeli sebelumnya untuk memastikan barang yang akan kamu pesan sesuai yang kamu mau. 
Jangan lupa juga untuk cek di bar komentar yang menggunakan foto, dari situ kita bisa punya gambaran nagaimana penampakan (((penampakan))) produk aslinya.

Karena nggak semua gambar yang terpasang di etalase adalah Real Pic.
Untuk fashion misalnya, banyak dari penjual memasang foto-foto baju merek tertentu, tapi sebenarnya mereka hanya menggunakan foto tersebut sebagai bahan referensi saja.

Jadi jangan sampai kecele ya!
Alih-alih pengen belanja hemat, eh yang dateng malah baju murahan.


2. BUKALAPAK

Sebelum  saya kenal sama Shopee, saya menggunakan situs BukaLapak terlebih dulu. Situs ini juga hampir sama dengan situs diatas. 
Bahkan sekarang ini, BukaLapak merambah hingga penjualan mobil, lho. Hwawww khan?

Beberapa item yang di Shopee jarang penjualnya, saya nyarinya disini ini. Dan sekarang jadi situs langganan suami saya, karena beberapa produk jualan dia banyak penjual grosirnya di situs ini. hehe.


3. TOKOPEDIA

Sebelum mengenal dua situs diatas, saya juga menggunakan Tokopedia ini lho gaes. Isi dan tips nya juga hampir sama, ya. 
Cek secara teliti dulu tentang keaslian barang dan track record penjualnya.

Seperti dua situs diatas juga, tokopedia juga menyediakan pembayaran terpusat melalui rekening E-commerce yang bersangkutan, jadi hal ini lebih aman dari penipuan.

Sayangnya, beberapa waktu lalu saya sering gagal masuk dan loadingnya terlalu berat, jadi saya sudah jarang menggunakan situs yang satu ini.


4. OLX

Berbeda dengan situs-situs diatas, OLX ini lebih mengarah ke penjualan barang second hand. 

Dulu saya nyari kontrakan rumah menggunakan situs ini juga, lho.
Beberapa barang yang jarang saya pakai juga saya jual melalui situs ini. Yang terakhir kali adalah jualin stroller adek. Hehe.

Khusus situs ini, kita lebih dianjurkan menggunakan sistem COD (cash on delivery). Jadi kita ketemuan dulu, lihat barang dulu, baru deh deal dan bayar. 

Satu tips juga buat pembelian sistem begini adalah pilih ketemuan di tempat ramai, serta ajaklah teman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


5. ALTHEA

Kabarnya situs belanja kosmetik dan skincare asal Korea ini sering banjir diskonan. Udah gitu, diatas total belanja tertentu bisa FREE shipping juga. Hemmm gini ini nih yang bikin saya seuka khalap. *plakkk.

Sayangnya untuk alasan satu dan lain hal, saya belum juga jadi belanja beneran di situs ini. Baru numpukin di cart doang. Dan lupa. Haha.


Kalau kamu suka belanja online dimana?







2 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar, ya dear.

Harap berkomentar sesuai artikel, dengan bahasa yang baik dan sopan.
Link Aktif dan SPAM akan dihapus.
NO WAR!

Happy reading other article....