pola hidup sehat anti baper ala saya



BPN #12 | 5 Tips Hidup Sehat Versi Saya



Hidup sehat itu berawal dari habits, kebiasaan.
Namun bagi sebagian orang justru dianggap hal yang ribet dan mengganggu kebahagiannya.

Tahu kah, saat kita sakit semua rasa bahagia yang sebelumnya ada akan berubah menjadi penyesalan yang tak berujung.

Betul?


Saya dulu juga begitu, suka sembarangan. Tapi saat umur semakin kesini dan contoh nyata penyakit di sekeliling semakin menyeramkan, saya pun mulai belajar menerapkan pola hidup sehat.

  • Apa sih pola hidup sehat itu?
  • Seribet apakah menerapkan pola hidup sehat?
  • Apa saja tips sehat yang mudah diterapkan?
  • Apakah kita akan benar-benar sehat nantinya?


Simak bareng-bareng, yuk!


***

 Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang akan bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh. Seperti mengatur pola makan yang baik, olahraga rutin, istirahat yang cukup, tidak merokok dan seterusnya.

Tahun-tahun belakangan ini, gaya hidup sehat sudah mulai gencar dilakukan sebagian kalangan masyarakat. Bahkan sekarang kerap dilakukan kegiatan GERMAS alias Gerakan Masyarakat Sehat.

Meski awalnya dituding sebagai pola hidup yang ribet, namun sebagian masyarakat kita saat ini sudah mulai menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan dengan bergaya hidup sehat ini.

Aslinya, menerapkan pola hidup sehat itu nggak ribet kok. 
Yang membuat ribet itu mindset kita sendiri. Coba deh rubah mindset nya dulu, pasti akan lebih enjoy menjalaninya.
Saya pun begitu, meskipun awalnya juga berat. Kuncinya Cuma 1, IKHLAS. Ikhlas untuk kebaikan diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita.

Tips hidup sehat pun banyak ragamnya, saya percaya kalian pasti sudah tahu dan pernah baca tips sehat lainnya. Tapi saya juga punya tips sehat sendiri nih, ala saya. 

Cek yuk!








1. TIDUR CUKUP, BANGUN PAGI DAN BERDAMAI DENGAN ALAM


“Jangan bangun kesiangan nanti rejekinya dipatok ayam”.


Pernah dengar mitos nasehat seperti diatas?
Saya dulu sering mengabaikan hal itu juga. Lucu aja dengernya. 
Tapi itu dulu. Saat begadang merupakan kebiasaan menyenangkan, saat itu.

Tahu dong ya kalau tubuh butuh istirahat setidaknya 8 jam, dan di waktu malam. Inget ya! tidur itu malam.

Kenapa?

Karena jantung harus menurunkan kinerjanya di saat malam tiba, itu sudah skejul kerja jantung. Disaat jantung ingin istirahat dan kita memaksanya bekerja keras kembali, apalah daya jantung tak dapat menolak.
Namun, ibarat mesin kendaraan yang dipaksa bekerja melebihi kapasitasnya, apa yang terjadi?

Iyes, jantung pun demikian. 
Kalau mesin rusak sih bisa beli lagi ya, lah kalau jantungnya yang rusak? Mau beli di pasar loak?

Tapi kadang juga suka kebablasan sih, kalau lagi kejar DL. #oops.


Kenapa juga harus bangun pagi?

Pagi adalah waktunya memulai hari. Dan awali lah hari dengan DO’A yang BAIK!

Bukalah semua pintu dan jendela agar semua kepenatan dan udara kotor bisa berganti udara sejuk pagi hari.

Lalu nikmatilah!

Ini akan menjadi relaksasi dan penyegaran bagi tubuh kita dengan semua material yang disediakan oleh alam. GRATIS!

“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”





2. MINUM MADU DAN SEGELAS AIR PUTIH

Selepas ibadah dan Doa pagi, lakukan kebiasaan baik ini.

Sebagaimana sunnah Rosulullah, kanjeng Nabi Muhammad SAW. Minum madu di pagi hari baik untuk kesehatan, terutama untuk menghindari penyakit lambung. 
Sesuai sunnah juga, sebaiknya jangan dicampur air, ya.

Menurut penelitian sih, madu akan bekerja lebih efektif bersama air liur.

gitu.

Jangan lupa minum segelas air putih juga.
Selain berfungsi untuk menghidrasi tubuh, air putih juga dapat bermanfaat untuk membersihkan sisa-sisa detoksifikasi. 
Bayangkan saat kita mencuci piring kotor, pasti butuh air untuk membilasnya, bukan?

Bukan es teh kan? apalagi kopi. Hehe. 
Kebayang dong ya gimana ngebilas cuci piring pake kopi?

Setelah ritual diatas, baru deh saya bikin air jeruk nipis hangat plus madu. Konon air jeruk nipis bagus untuk detoksifikasi, membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan bisa mengurangi endapan lemak dalam tubuh jika dikonsumsi secara rutin. 






3. LAKUKAN AKTIVITAS FISIK

Yang ini tak kalah penting juga nih. Sebutan lainnya olahraga. 
Tapi kalau disebut olahraga, pasti kebayangnya yang capek, berat, lemes dan seterusnya. 
yakan?

Kalau nggak sanggup olahraga berat, minimal jalan sehat pagi hari selama 45 menit. Misalnya ke pasar, jalan ke halte bis, atau sekedar ngiterin komplek. 

Bagi ibu-ibu rumah tangga juga bisa tuh olahraganya nyapu dan ngepel, nyapu halaman, nyapu halaman tetangga juga boleh. Hehe.

Bisa juga senam ringan di rumah. Banyak kok sekarang situs-situs yang menyediakan download gratis senam, mulai dari aerobik hingga senam zumba yang sedang inn itu.
Kalau punya duit ya silahkan datang ke tempat-tempat Gym. Selain fasilitas alat yang mumpuni, biasanya tempat dan suasana yang nyaman cenderung bikin kita semangat.

Intinya sih lakukan aktivitas fisik. Terutama buat pekerja kantoran, yang dari dateng sampai pulang Cuma duduk saja.
Nggak perlu sibuk mencari alasan tak ada waktu, waktu itu kita yang menyempatkan.






4. JAGA ASUPAN NUTRISI SEIMBANG

Jangan sebut diet, sebut saja menjaga pola makan.
Tentu saja harus ditanamkan terlebih dulu dalam pikiran kita, bahwa makanan bergizi itu bukan hanya tentang nasi dan serentetan lauk yang menggiurkan sepenuh meja.

Nutrisi seimbang adalah dimana asupan makan kita selama sehari sudah mengandung karbohidrat, protein serta sayur dan buah. Semua makanan tersebut pada dasarnya tidak harus termakan dalam sekali suapan juga.

Misalnya nih, sarapan hanya telur dan roti plus susu. Mana sayurnya?
Sayurnya boleh menyusul kemudian, dalam seporsi besar.

Saya tahu kalau kebiasaan masyarakat kita, makan itu ya nasi, kalau belum nasi belum makan. Hehe. Tapi coba deh pelan-pelan kita geser mindset kalau makan itu tak harus nasi.

Tapi bukan berati saya anti nasi lho ya. saya tetep makan nasi, hanya saya kurangi porsinya. Bahkan kalau memungkinkan saya skip, maka saya skip. 
Nasi bisa diganti dengan roti, jagung, ubi, kentang dan seterusnya.

Awalnya ini juga berat buat saya, tapi dengan niat, insyaAllah bisa. Saya bisa maka kamu juga pasti bisa.






5. JAGA HATI DAN PIKIRAN

Dan yang terakhir adalah jaga hati dan pikiran. Ini poin penting!

Kenapa?

Karena tubuh kita akan berjalan sesuai dengan hati dan pikiran.
Sesehat apapun makananmu, seberapa banyak menit yang kamu habiskan untuk olahraga, saat hati dan pikiranmu tidak rileks maka tubuhmu pun tidak akan nyaman.

Hindari deh stress yang berlebihan dan nggak penting. Apalagi stress ngurusin urusan orang lain. Nggak perlu Baper sampai termehek-mehek, apalagi sampai nyinyir. Selain itu tak bermanfaat juga membuang energi. 

Daripada tenaga habis buat ngurusin urusan orang lain dan berburuk sangka kepada orang lain, alihkan saja energi itu untuk kegiatan yang positif.
Menulis di Blog misalnya. Tapi nulis yang bermanfaat ya, bukan nulis buat julid dan nyinyirin sana-sini. 

Atau misalnya sukanya masak, masak aja, kasihin ke tetangga. Kasihin ke saya juga boleh.



Selanjutnya serahkan sama yang Maha Kuasa pemilik semesta sejagad raya. Karena kehendak-Nya lah yang paling hakiki.

Gitu.


Mari tebarkan semangat positif dan jangan lupa bersyukur.  no su’udzon, biar bahagia dunia akherat!
Aamiin.




yang setuju jangan lupa tinggalin komen ya, gaes.







4 Comments

  1. Abis baca tulisanmu jadi pengen buru2 tidur biar bisa memulai pagi yg produktif. Thanks sharingnya ya, saya masih agak sulit atur hidup sehat nih hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba muth. Sy jg kdg mash suka kebablasan sih. Hehe. Tp sy berusaha tdr tepat waktu.

      Delete
  2. Dan inti dari semuanya itu nomor 5 ya mba... Karena pikiran itu katanya sumber pernyakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya inti sih, dan no 5 itu wajib harus ada apapun tips cara hidup sehatnya, hehe. Yuk semangat jalanin hari dengan semangat positif

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar, ya dear.

Harap berkomentar sesuai artikel, dengan bahasa yang baik dan sopan.
Link Aktif dan SPAM akan dihapus.
NO WAR!

Happy reading other article....