Tetiba pengen ikutan challenge tentang review Blogging di tahun ini, yang diadain lagi oleh Blogger Perempuan Network.
Tadinya apa yang mau saya review, lha ya si Blog ini kan baru aja resmi publikasi, hehe. Mau mereview Blog Mak Icik, kok ya gimana gitu nambahin resep dengan ‘bumbu’ tulisan saya yang masih absurd ini. Tapi yasudahlah, akhirnya saya memilih untuk posting disini saja dan mereview keseluruhan kegiatan Blogging saya tahun ini. Itung-itung kan nambahin konten, yak.

resolusi tahun depan


Review dan Resolusi Tahun 2018


Tadinya saya sudah hopeless nggak mau ikutan nulis review atau resolusi atau apalah yang seputaran kegiatan berblogging.  
Karena memang saya lagi miskin ide juga. Ditambah lagi, beberapa hari kemarin hectic banget sama orderan kue yang alhamdulillah diluar ekspektasi saya.

Disaat miskin ide, plus tenaga yang sudah terkuras habis, rasa-rasanya sudah tak berenergy untuk membuka satu kalimat pun.

Tapi…
Berkat kejadian hal-hal kecil yang mengharukan di menit-menit terakhir tahun ini, akhirnya saya memutuskan untuk ikutan nulis juga.

Eh tapi, aslinya tadi saya bukan mau nulis challenge ini, lho. Seriusan…

Mungkin mbak Hidayah tiba-tiba dateng ‘ngeblekin’ saya kali ya, kok ya mendadak cling cling gitu, haha *apasih.

Oke, lanjut…


KILAS BALIK 2018

Selama setahun ini, sebenarnya nggak terlalu banyak yang bisa saya pamerin. *emang kapan pernah ada yang bisa dipamerin? Hmmm, iya sih hehe…

Jadi gini, saya baru memulai untuk beneran ngeblog itu pertengahan tahun kemaren. Belajar dari artikel-artikel mastah, bagaimana me-manage sebuah Blog dengan benar dan menyenangkan.

Mulai dari mengganti Tema Blog yang menurut saya OK, padahal cuma Template Gratisan, sampai yang terakhir kemarin dengan percaya diri mendaftarkan Blog Recehan ini ke Google Adsense.

Hmmm, hwawoo nggak sih?

*owh biasa aja ya? xixixi


  • Ganti Tema/Template Blog Gratisan

Berawal dari kecentilan saya pengen punya Blog dengan template yang lucu seperti versi saya, tapi nggak punya uang buat bayar (alasan klasik, ya). 
Saya pun mencoba dengan template Gratisan yang super komplit pilihannya disini: www.gooyaabitemplates.com.


greatguideinfo.com


Berbekal ilmu nekat dan otak pas-pasan saya, saya mempelajari cara mengganti template dan sedikit memodifikasinya dengan mengutak-atik kode-kodean. Ilmu coding dadakan ini juga saya pelajari dari artikel-artikel terbitan para mastah, plus jiplakannya.

Duhh, kurang nekat apa coba saya, yekan?

Saya, yang nggak tau apa-apa soal kode-kode yang tulisannya, sumpah bikin mata keselek. Nekat ngutak-ngatik itu tulisan semut baris yang jejer-jejernya rapet banget. 
Alhamdlillah sih, akhirnya bisa berhasil meskipun ya hanya segini aja bisanya. Dan jangan salah juga, gagal itu bolak-balik, lho.

Wajar lah ya, namanya juga belajaran. Otodidak plus dadakan pula.

Yang saya dapet apa?

Template gratis! Haha… iyalah, kalau yang ini sudah jelas.
Yang pasti saya dapat suntikan ilmu baru dari belajar utak-atik template ini. Meskipun masih recehan juga ilmunya. Namun percayalah, tak ada ilmu yang sia-sia.



  • Ganti alamat Blog dengan TLD alias Top Level Domain (.com)

Awalnya saya maju mundur syantik nih, soal beli domain (.com) ini.

Saya, yang memang awal ngeblog dari ketidaksengajaan, dan aslinya juga kantong cekak, sayang kalau buat beli apa-apa yang masih saya anggap nggak jelas *saat itu.

Berkat kemupengan saya yang tak terbendung lagi melihat Blog-Blog para sesuhu Blogger, yasudah akhirnya saya memutuskan untuk beli domain (.com) juga. 

Awalnya dari makicik.com yang saya beli sekitaran maret tahun ini. Kemudian per 1 Desember kemaren saya juga memutuskan untuk langsung pindah ke domain (.com) untuk blog tehsera yang juga baru saya rilis dua minggu sebelumnya.

Karena, pindah alamat domain itu berpengaruh ke DA/PA juga, jadi daripada buang waktu, kalau memang sudah diniatkan untuk serius ya langsung saja tanpa basa-basi. 
Betul kan?

Istilah DA/PA ini saya juga baru tahu beberapa bulan lalu sih, hehe...

Oke, lanjut…



  • Rilis Blog Baru ber-genre Gado-gado

Yupp,

Pertengahan November kemaren akhirnya saya memutuskan untuk merilis 1 Blog lagi, ya Blog ini. Kali ini saya memilih menulis di Blog nasi campur. Bahasa bekennya sih Lifestyle Blog, eaaa…

Gara-garanya jelas, dengan Blog bertema khusus masakan membuat saya ‘agak’ sulit bergerak untuk menulis bidang lain. 
Misalnya saat pengen ikut nulis buat Lomba, challenge atau bahkan nge-Job. Kan pasti terbatas dong ya yang judulnya berhubungan sama masakan atau makanan. 

Masa iya saya daftar ngejob buat publish Emas di dapur saya, hhehe.
Mencolok banget kan maksanya?



  • Lomba, challenge dan Job

Untuk jadi pemenang utama Lomba sih belum, ya. semoga segera. 
Tapi alhamdulillah kemarin sempet nyantol sekali jadi pemenang Favorite Lomba Resep.




Tahun ini juga alhamdulillah bisa nyelesaiin Challenge yang diadain Blogger Perempuan, 30 Days Blog Post Challenge yang berakhir 20 desember kemaren. 
Ini sesuatu lah buat saya yang pemalas ini, yang ngeblog nya masih sering bergantung pada arah angin.

Kalau untuk Job Blog, alhamdulillah tahun ini ‘gagal’, hehe. 
Soalnya pas barengan sama meninggalnya nenek, jadi saya harus mundur dari barisan rapi. Sedangkan job publish selain Blog sih alhamdulillah masih ada aja yang nyangkut.

Mayan lah buat bayar domain sama paketan internet, hehe.

**thanks buat para makmin komunitas, kecup kecup






seroundtable.com


  • Google Adsense

Ini nih, yang kemaren sempet bikin saya girang nggak ketulungan.

Ya, secara lah ya sambil menyelam bisa minum es degan. Sambil ngeblog, berbagi cerita dan ngurangin kesemutan otak, dapet icik-icik kiwir juga. Hihihi.

Pengen daftarin Google Adsense ini aslinya sudah sejak lama, dari tahun kemarin malah, tapi berkat keminiman pengetahuan saya tentang Adsense ini, plus baca ini itu yang sepertinya sangat rumit. 
Yasudah, saya kubur niatan ini. Fokus belajar nulis yang bener aja dulu!

Tapi…

Pas kemarin ikutan challenge Blog Post, itu tuh, yang nyaris sebulan saya nggak beranjak dari depan laptop. xixixi.
Terbesit lagi niatan buat daftar ke Google Adsense.

Awalnya dari baca postingan salah satu temen member yang ikutan challenge juga, soal si Google Adsense ini. 
Dan singkat cerita, saya pun dengan PD nya mendaftarkan Blog ini untuk bisa jadi publisher Google Adsense.

Blog seumur bibit jagung, yang isinya masih mentahan semua, yang pengunjungnya masih bisa dihitung pake jari tangan doang, saya daftarin!

congkak kan saya?

Dan…
Nggak ada jawaban juga hingga hampir semingguan. wakakaka...

Artinya saya gagal dong?

Eits, pantang menyerah ya, gaes!

Aslinya saya sudah hopeless loh, sudah mau saya batalkan saja pengajuan saya. Tapi entah suara angin dari surga sebelah mana, yang bilang “sabar”.

Alhamdulillah, pengajuan saya pun disetujui per 30 Desember kemaren. 
Huwaaaaaa Hepiiiii

Ternyata, nggak serumit dan seribet yang saya bayangkan dulu.

Oow… jangan congkak dulu ya, mak!

Karena Blog saya masih sepi pengunjung, otomatis pendapatan saya pun belum banyak ya, receh banget malah. Tapi saya tetep hepi, dan tetep dengan harapan semula, Blog saya ini nantinya bisa berkembang dan bermanfaat untuk saya dan banyak orang.

Nggak berhenti disini, saya juga langsung daftarin makicik.com untuk jadi publisher juga, dan bersyukur nggak sampai lama sudah langsung di approve per 31 Desember hari ini. Yippieee…

Alhamdulillah ya, kado akhir tahun saya.

Psstt, anyway, ngomongin soal belajar coding tadi, ternyata ilmu kecil yang saya dapat bermanfaat sekali saat mendaftar Google Adsense untuk menautkan kode script-nya. Karena saya pernah baca, ada juga Blogger yang sudah di approve tapi belum bisa tayangin iklan gegara nggak tahu kudu ottoke dengan script ini.

Percaya kan, kalau ilmu sekecil apapun itu tidak akan pernah sia-sia?


RESOLUSI TAHUN DEPAN

Seperti kata Sophia Latjuba yang wawancaranya tayang di TV tadi, kalau beliau nggak punya target atau resolusi tahunan. 
Sama, tahun ini saya juga  nggak mau resolusi-resolusi an.

Saya hanya ingin bekerja dan berdoa sebaik yang saya mampu, sisanya biar Allah yang menentukan seberapa kepantasan saya untuk mendapatkan apa yang saya butuhkan. *ishhh sok bijak banget sih!

QiQiQiQi…


Anyway baswey, rupa-rupanya kecepatan loading Blog saya jadi menurun pasca iklan adsense nya tayang, semoga bukan karena itu sih, tapi tetep jadi PR saya ya. 
Semoga speed loading yang mendadak turun performa ini segera bisa saya atasi.


Sukses buat kita semua ya gaes, semoga tahun-tahun berikutnya makin banyak lagi rejeki yang tak terduga. So, jangan lupa tetap bersyukur biar bahagia dunia akhirat. 

aamiin...


Kalau kamu punya cerita apa?




4 Comments

  1. Semoga makin semangat ngeblog. Blognya keren banget, insya Allah makin rame.

    ReplyDelete
  2. Teh Sera keren deh, meski harus pontang-panting tetap bertekad kuat. Mengatasi segala hambatan juga upaya agar bisa lebih baik. Ehm.
    Blog ini gak receh, kok. Tenang. Selama ada ilmu yang dibagikan meski cuma pengalaman maka akan membawa manfaat bagi pembaca.
    Selamat sudah TLD dan jadi publisher adsense. Saya belum coba. Harus tuain dulu usia blognya.
    Yah, bekerja dan berdoa adalah hal yang terbaik. Biar Allah jawab semuanya. Mari tetap jalani semua dengan semangat yang selalu baru. Semoga sukses.Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Doa yg sama buat mba / teh rohyati ya? Hehe

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar, ya dear.

Harap berkomentar sesuai artikel, dengan bahasa yang baik dan sopan.
Link Aktif dan SPAM akan dihapus.
NO WAR!

Happy reading other article....