Lakukan 10 hal ini saat jalan-jalan ke Korea


BPN #13 | Negara or Kota Wisata Impian

lakukan 10 hal ini saat jalan jalan ke korea


Suatu Hari Jika Saya Ke Korea


Kenapa harus Korea?

Ehem, udahlah ya nggak perlu saya jelaskan panjang kali lebar. Yang jelas semua ini akibat kecanduan nonton drama-drama Korea. Plus, baca postingannya mba Muth, www.turiscantik.com . duhh mba, saya auto mupeng pasca baca postinganmu. Suwer!

Meski dalam waktu dekat ini belum memungkinkan juga sih berangkat nuris kesana, mengingat tabungan masih mlompong dan si bocah gede mau masuk SMP. Tapi nggak apa lah ya sedikit berandai-andai. Itung-itung prepare, hehe.

Eh tapi tapi, kira-kira ngapain aja ya nanti di Korea?

Yuk ceki ceki list yang ingin saya lakukan saat berkunjung ke Korea suatu hari nanti.


gyeongbok palace tempat yang harus didatangi saat ke korea
istana gyeongbok. image: pixabay

1. MENGUNJUNGI ISTANA GYEONGBOK

Jelas sih kalau ini mah, asli saya penasaran banget mengunjungi Istana ini. 
Kan sering tuh jadi tempat syuting drama Korea yang berlatar belakang jaman kerajaan. Meni si pangerang selalu ganteng pisan ihh.

Sebut saja Drama Rooftop Price, ini drama Korea no dubbing pertama yang saya tonton. Kebetulan saya beli DVD nya pas makan di pujasera seputaran Denpasar waktu itu. 
Mas bebeb Park Yuchun yang jaman itu masih *eleh-eleh gemesin banget, bikin saya terngiang-ngiang pengen lihat langsung si kolam teratai tempat si Hong Bu Yong menceburkan diri after keracunan.


2. MENGUNJUNGI NATIONAL PALACE MUSEUM

Menurut penuturan mba Muth si pemilik Turis Cantik dot com. National Palace Museum di Korea ini juga wajib dikunjungi, lho. Karena terdapat 20 ribu replika perangkat dari empat istana pada jaman Joseon. Seperti mahkota raja dan ratu, pakaian, perhiasan hingga bangunan istana. Dan masuknya pun disini Gratis!

Hmm, sudah saya masukin list ya mba Muth. Thank you infonya.


korean subway
subway. image: pixabay

3. NAIK KERETA SUBWAY

Subway adalah salah satu transportasi umum yang menjangkau hampir seluruh pusat keramaian dan tempat wisata dengan tarif yang relatif murah. Menurut yang saya baca di mytrip.co.id, Subway adalah armada transportasi umum yang  tercepat, termurah dan nyaman dengan jam operational yang cukup panjang. Yaitu mulai pukul 05.30-24.00 waktu setempat.

Pernah nonton “Tomorrow With You”, kan?

Ya kali ketemu Lee Je Hoon lagi terjebak di mesin waktu kereta Subway, wkwkwk.



4. BERBURU STREET FOOD

Hohoho…

Kalau yang ini pasti kalian juga tertarik, yakan?

Ngaku deh!

Siapa sih penonton K-Drama yang nggak mupeng lihat jajanan street-food yang sering mereka pamerkan. Meskipun saya muslim dan nggak mungkin nongkrongnya sambil minum soju juga, tapi tetep ya penasaran saya.

Kata mba Muth sih ada kok makanan yang halal. Silahkan cari di sekitaran kawasan Masjid atau kampung muslim, dan jangan lupa nanya ke penjualnya bahwa jajanan yang mereka jual halal atau tidak.

*Duhh gusti, sudah ngiler saya.

Kapan kita kesana bang?

Kapan? Kapan? Kapan?


street food yang harus dicoba saat berkunjung ke korea
ilustrasi: pixabay

5. NYOBAIN MAKANAN KHAS KOREA

Apalagi yang ini, jelas bikin saya penasarannya super duper. Meskipun ya, di Indonesia saat ini sudah menjamur warung restoran yang menjual makanan Korea. Tetap saja saya pengen ngerasain versi aslinya.

Takut nggak halal?
No worry!

Kata Mba Muth (lagi), di Korea kini banyak tersedia restoran yang menjual makanan Halal. Tau nya dari mana?
Kabaranya, dinas pariwisata di Korea sono sudah melakukan ekspansi terkait tingginya minat turis muslim yang berkunjung. Yaitu dengan menyediakan banyak restoran bersertifikat halal dan juga Masjid.

jadi cari deh tuh restoran yang ada nempel sertifikat halalnya. Label sertifikat halal ini di bawah pengawasan KMF alias Korean Muslin Federation, sepantaran sama MUI lah kalau disini. Jadi nggak perlu khawatir lagi ya gaes.


6. BELANJA KOSMETIK DAN SKINCARE

Yang suka dandanan ala cewek Korea mana suaranya?

Tau dong ya, skincare asal Korea ini termasuk yang paling banyak diminati para gadis jaman Now. Nggak hanya gadis saja sih, sepertinya emak-emak muda seperti saya juga tergiur dengan produk kecantikan dari negri gingseng ini.

Pasalnya, kami adalah korban Drama Korea yang semua muka artisnya mulus kinclong kayak lantai masjid. Whahah.

Tapi beneran sih, saya sudah nyobain beberapa kosmetik yang vegan dan cocok.

Tempat yang direkomendasikan para turis blogger adalah di Myeongdong.


7. DONGDAEMUN MARKET

Namanya melancong, belanja pasti wajib ya. Selain oleh-oleh untuk diri sendiri, biasanya kita juga pengen beliin saudara dan para sahabat juga. nah, disini ini nih tempatnya.

Kabarnya, lawatan bapak Presiden Jokowi kapan hari diajak blusukan ke sini juga. Katanya, Dongdaemun ini adalah pasar tanah abang versi korea. Tapi sepertinya yang disini lebih aman dari segala bentuk preman pasar, ya?
kalau pun ada, saya percaya jumlahnya tak sebanyak di tanah abang. *Piss bang preman tanah bang!

Dongdaemun adalah distrik khusus pusat perbelanjaan yang bertebaran kios serta mall. Menurut info yang saya baca sih ada lebih dari 3000 toko dan 26 mall. 

Weww.
Ini tempat pasti asli horor banget! Bikin kalap mata.



cicipi kimchi saat pergi ke korea
Kimchi, image: pixabay

8. BELANJA CABE BUBUK KOREA

Ngapain belanja cabe bubuk, mak?

Hehe.

Saya suka makan kimchi yang saya bikin sendiri. Tentunya sesuai resep aslinya, ya. Kalaupun ada yang skip ya bukan yang bahan dan bumbu utama tentunya.

Bahan yang lain sih tersedia lah di Indonesia. Seperti sawi putih, uhh banyak. Kecap ikan, daun bawang, bawang pre, bawang putih. Saya rasa tak beda dengan yang ada di korea. Beda pun, pasti  juga nggak menohok nohok amat.

Tapi kalau bubuk cabe, suwer, nggak bisa diganti bubuk cabe lokal. Yang ada rasanya terlalu pedas dan warnanya gelap jadi terkesan dekil, plus ada pahit-pahitnya.


9. SEWA BAJU HANBOK ASLI

Di Indonesia sih banyak ya sekarang yang menyediakan persewaan Hanbok atau baju khas Korea ini. Terutama di warung-warung Korea. Tapi untuk baju Hanbok yang original (realy baju) itu masih jarang. Mahal sih pastinya. Tapi saya tetep penasaran, terutama untuk baju ala ratu atau wanita ningrat nya.






jangan lupa foto saat berkunjung ke korea
ilustrasi: pixabay

10. BANYAKIN FOTO

Dan yang terakhir auto lah kalau ini mah. Bukan cuma menyimpan kenangan, pamer juga. Wkwkwk.

Nggak ya, jangan! Nggak boleh pamer.

Tapi yang jelas ini wajib! Kudu. Nggak mau kan semua kenangannya tiba-tiba lupa karena nggak ada dokumentasi. atau menjadi garing karena fotonya cuma sedikit.

he hem.




Kalau kamu ke Korea, mau ngapain aja?



anyyeong,



Post a Comment

2 Comments

  1. mauu dong ketemu lee jee hoon di setatsiun subway :D
    kalo ke sana titip cabe korea ya mba hihihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar sesuai artikel dengan bahasa yang baik dan sopan.

Link Aktif dan SPAM akan dihapus.
NO WAR!

Happy reading other article....