Review Focallure highlight and contour duo shade 03

focallure contour and highlight

Ikutan terjebak dalam kehebohan review focallure highlighter ini ceritanya. Gimana engga, salah satu merek kosmetik produksi China yang bernama Focallure ini selalu wara-wiri di setiap pencarian review kosmetik. Jadi penasaran dong pastinya. Se-uwuw apa sih Focallure ini.

Saya pertama kali tahu tentang Focallure ini dari Beauty Youtuber kondyang, siapa lagi kalau bukan Tasya Farasya. 
Ya ya ya, siapa sih yang nggak tahu Youtuber berhidung mancung yang jelita ini. Beserta ratusan bahkan mungkin udah ribuan produk kosmetik yang sudah dia unboxing.

Baru-baru ini, Tasya Farasya juga habis visiting pabriknya Focallure di China bareng the owner of Arsfashion, mba Ulfa. Di video edisi spesial visiting beauty tour-nya itu, Tasya lagi ngecek langsung pabrik tempat produksi si produk focallure yang akan dia pakai untuk di-merk-in merek dia gitu. 
Plus ada video Tasya sedang di Lab Focallure untuk meracik warna-warna favoritnya yang akan dipakai di pallete dia nanti.

Oiya, aku juga sudah tulis review focallure eyeshadow palette di blog ini ya. silahkan dicek.

Sekedar info, menurut yang pernah saya baca sih, Arsfashion ini adalah satu-satunya distributor resmi Focallure di Indonesia. 
Nggak tahu sih kalau sekarang, karena sepertinya sudah ada website resmi Focallure Indonesia.

Mungkin tulisan ini adalah artikel kesekian ribu yang membahas soal kehebohan Focallure ya, tapi its oke aja saya akan tetep ngebahas. Hehe.

Jadi gini, Focallure ini adalah merek kosmetik terbitan China yang diproduksi di Guangzhou Jiszhi Trading Co. Ltd
Kabarnya sih Guangzhou Jiszhi Trading Co. Ltd ini adalah sebuah perusahaan manufacturing besar yang memproduksi barang dengan sistem OEM dan ODM.

OEM ODM apaan mak?

Gampangannya gini, kalau OEM itu perusahaan utama memproduksi barang dengan design dan konsepnya sendiri lalu dijual kepada perusahaan pembeli dan dipasarkan dengan label perusahaan pembeli.

Sedangkan ODM adalah perusahaan utama memproduksi barang sesuai dengan konsep atau spesifikasi yang telah ditentukan oleh perusahaan pembeli dan tentu saja dipasarkan dengan label perusahaan pembeli tersebut.

Contohnya kayak artis-artis yang lagi berlomba nerbitin Gincu ini itu dengan merek-merek mereka sendiri. Mereka tidak perlu membangun sebuah pabrik tapi bisa produksi gincu sesuai dengan yang mereka inginkan. 

Nah, sudah kebayang kan?

Per Maret 2018 Focallure ini sudah resmi terdaftar di BPOM. Kalau untuk sertifikat Halal MUI sih konon sedang dalam proses. 
Hope so sih ya, mengingat banyak produknya yang lumayan "nge-gatelin" pengen dicoba. Oops…




focallure face highligh and contour duo shade

FOCALLURE Highlight and Contour Duo

Ini adalah produk Focallure pertama saya, yang nggak sengaja saya beli pasca gagal ikutan Harbolnas.

Niatannya sih mumpung harbolnas mau nyari Cushion yang bagus dan murah *bagus minta murah, ngelunjak lu mak! 
Tapi karena kurangnya persiapan, nggak nemu review cushion seperti yang saya harapkan *yaiyalah
aslinya sih sayang sama duitnya hehe.
Akhirnya berbelok lah beli Aloe vera gel sama si Focallure ini. 

Pikir punya pikir, karena saya emang belum punya yang namanya Highlight dan Contour. (aslinya sih ya, ini gara-gara virusnya Tasya Farasya, hahaha pisss ya Tasya tetep Love You so much kok Dear).

Oke langsung aja ya biar nggak basi basa-basinya. 

Ini dia penampakan FOCALLURE Highlight and Contour Duo yang saya beli di salah satu situs belanja Online langganan saya.

focallure packaging
abaikan base-ground yang alakadarnya ya, haha

PACKAGING

Box luarnya berwarna hitam doff dengan tulisan FACE berwarna grey di sisi depan bagian bawah. Menurut saya ini terlihat simpel nan elegan. Saya suka nih tampilan model begini. 
Di dalam box, berisi sebuah compact yang diper-aman dengan kehadiran carton in box. Semakin menambah rasa 'mahal' tentunya.

Oiya, kemasan luar di segel dengan plastik press ya dear, sayangnya sudah saya buang duluan.


kemasan focallure
packaging


Seperti kemasan kosmetik pada umumnya, bagian belakang box kemasan Focallure Highlight and Contour ini juga berisi tentang Description si produk, Ingredients, Netto juga Bar Code. 
Disini juga tertulis dengan logo Cruelty Free dan 24M dalam gambar Jar terbuka, yang artinya sebaiknya produk digunakan sebelum 24 Months setelah kemasan dibuka.
Sedangkan Cruelty Free artinya tidak melakukan penyiksaan tes uji coba produk pada hewan.

Di sisi-sisi lainnya terdapat tulisan nama pruduk dan nomor shade. Kali ini yang saya pilih adalah shade #03. Nggak tahu apakah ini sesuai dengan warna kulit saya atau tidak. Karena kalau beli online pasti milihnya berdasarkan insting.
Yekan?
ngaku deh yang suka belanja kosmetik di Olshop. hihihi.

Sedangkan kemasan compact nya, juga sama berwarna doff hitam dengan tulisan Focallure FACE. Asli kece bombay.
Seperti umumnya kemasan compact berbentuk flip dimana satu sisi adalah kaca.

Nah, saya mau sedikit cerita lucu nih soal si kaca.
Saya, yang katrok ini, menganggap bahwa si kaca adalah abal-abal dikarenakan penampakan kaca yang buram. Saya udah underestimate aja sama nih barang, jangan-jangan palsu, atau abal-abal atau apalah apalah apalah.

Parahnya lagi, saya ngasih komen agak negatif lho di kolom review pada lapak dimana saya membeli barang ini soal si kaca saat barang baru saya terima.

Ternyata, kebureman itu adalah lapisan pengaman si kaca biar nggak lecet selama proses distribusi. *Ya Allah ampuni saya yang sudah khilaf dengan komen suudzon saya. 
Dan percaya nggak, saya baru tahunya tadi pas nulis ini, wkwkwk.

suweerrrrr, saya ngerasa an***t banget!

Bagian belakang compact berisi Ingredient, nomor shade, bar code, netto dan made in.
Tapi ada yang bikin saya agak nggak sreg nih gaes. yaitu tulisan made in 'CIHNA' *Cek gambar di bawah!

Salah ketik ini membuat saya sedikit terganggu.
Ya kali Blogger abal-abal macam saya ini, salah ketik juga nggak ada yang peduli. Kalau udah perusahaan ya, dan ini pengaruhnya ke profesionalitas sebuah Brand, sepertinya kudu lebih teliti.

Penempelan stiker juga kurang presisi (bisa cek gambar grid di atas), jadi terkesan asal-asalan dan menjadi berkurang rasa 'elegan' nya, ini  menurut saya sih.

But don't jugde a book by the cover, katanya nenek saya.

Oke next!

perhatikan tulisan "made in CIHNA"

SHADE

Berdasarkan keterangan warna yang saya baca, Shade dari Focallure Highlight and Contour ini adalah:
#01 Golden + Brown
#02 Natural Shimmer + Coffee
#03 Silver + Light Brown  
focallure highlight and contour shades
source: shopee

focallure highight and contour swatches
source: shopee


Perbandingan shade nya bisa lihat gambar di atas ya.

Entahlah, bagaimana akhirnya saya memutuskan shade no 03 ini. Bayangan saya sih no ini paling pas buat saya. hope so!


warna di foto ini sudah paling mendekati warna asli pada produk ya.
*ketajaman warna di layar mungkin berpengaruh

TEXTURE AND PIGMENTED

Untuk ukuran Highlight (dalam bayangan saya, sesuai yang pernah saya lihat di youtube) teksturnya masih terbilang keras, sehingga warna yang dimunculkannya pun menjadi kurang pigmented. Cek gambar di bawah, pada gambar ini sudah saya swipe berkali-kali menggunakan jari telunjuk.

focallure texture dan swatch
gini deh kalau swatch warna coklat di kulit gelap, haha

Bisa jadi karena kulit tangan saya coklat too much, sehingga warna light brown ini jadi nggak keluar. Tapi saat saya coba aplikasi di wajah dengan foundation, warnanya pun masih kurang keluar juga.

Bisa jadinya yang kedua adalah, karena baru.
Iya, beberapa merek suka gitu tuh, kalau sudah lama dipakai biasanya tekstur akan lebih lunak dan warna bisa lebih keluar.
Semoga sih ya, sayang aja kalau nggak kepake gara-gara capek ngaplikasinya.

Tapi anyway baswe, kalau buat shading area hidung menurut saya cukup oke. check this one, abaikan hidung modelnya yang minimalis dari sananya, xixixi

natural makeup


FIRST IMPRESSION

Hmmm, untuk produk ini saya masih kurang WHOW sih, hanya suka sama kemasannya aja yang terlihat elegan dan mahal dengan harga yang murce, wuahaha.

Saat ini sih masih dalam tahap eksperimen dan nyari kemistrinya, semoga ketemu lah ya.

Is Produk Vegan or Halal?

Ini juga saya masih gambling sih, belum nemu artikel yang memuat bahwa si Focallure ini really Vegan atau Halal. Tapi yang pernah saya baca sih 'konon' sedang dalam tahap proses sertifikasi Halal MUI, as we know lah ya itu nggak segampang hoax tersebar.

Trus alasan saya kenapa mau beli dan pakai produk ini apa? 

padahal belum jelas kehalalannya.

Jujur sih ini agak nekat, ya. 
Tapi pertimbangan saya, Focallure ini di Indonesia distributor tunggalnya adalah arsfashion, yang mana si empunya, Mba Ulfa sepertinya paham akan sebuah ketidak halal-an.

ini saya asumsikan secara pribadi setelah menonton unggahan video Tasya Farasya tentang visiting ke Focallure, yang mana di video tersebut mba Ulfa juga turut hadir bersamanya.

Juga, karena dalam produk ini tidak tertulis adanya tanda-tanda bahan yang agak-agak memungkinkan berhubungan dengan sumber hewani. Semoga sih ya, takutnya saya yang emang nggak paham.

Berikut saya tulis ulang Ingredient nya ya, jika sahabat ada yang menemukan kejanggalan mohon komen pada kolom di bawah, agar saya juga bisa antisipasi diri dalam menggunakannya.

Ingredients:

Talc, Mica, Silica, Magnesium Stearate, Dimetichone, Ethylhexyl Palmitate, Caprylic/Capric Triglyceride, CI 42090, CI 16035, CI 19140, CI 77492, CI 77007, CI 77491, CI 77449, CI77891, CI 45410, Tocopherol, Phenoxyethanol.


PRICE

Harganya cukup murah, berkisar di angka 50K IDR, saya beli di Shopee.


KESIMPULAN:

Semoga apa yang udah saya jelasin diatas mampu menjawab semua pertanyaan ya dear. Kalau ada yang pengen ditanyakan jangan sungkan buat ninggalin komentar di bawah postingan.

Kelebihan: Murah, Kemasan elegan, sudah BPOM, terlihat natural untuk shading area hidung, tidak ada aroma yang mencolok, Travel Friendly, Moslem friendly (insyaAllah).

Kekurangan: Belinya harus ONLINE jadi gambling milih warnanya. Warna masih kurang pigmented untuk mengcontour area pipi, terutama untuk kulit berwarna gelap (seperti saya).


Oke Dear, makasih ya sudah baca dari awal sampai akhir. Semoga tulisan kecil ini bisa bermanfaat terutama yang lagi galau mau beli produk ini.

akhirul kata,
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarokatuh...




안녕!
Next Post Previous Post
4 Comments
  • Farhati Mardhiyah
    Farhati Mardhiyah 22 Januari, 2019

    Dulu tuh aku kira brand ini abal-abal gitu looh, pas liat Tasya promosiin ini ternyata bukan abal-abal

    Aku lumayan tergiur dengan highlighternya sih tapi akhirnya ga beli karena takut ga cocok hahaa

    • Sera Wicaksono
      Sera Wicaksono 22 Januari, 2019

      haha sama aku juga gitu, kebetulan krn saya lagi belajar berhijrah ke halal kosmetik, jadinya rada hati2 mau pake ini.

  • Seftinaqurnia
    Seftinaqurnia 28 Januari, 2019

    Mbaa bisa rekomendasiin toko online di shopee yang jual.focallure gak ? Aku Uda dari jauh hari kepengen beli cuman kalo nyari di shopee banyak banget tokonya, ada yang sampe harganya murah banget, jadi takut kalo nggak asli

    • Sera Wicaksono
      Sera Wicaksono 29 Januari, 2019

      Saya belinya di beautycallindo@ shopee, semoga terjawab ya.

Add Comment
comment url