Sore itu kami melewati jalan by pass Denpasar – Gilimanuk, Tabanan.
Seperti biasa sih, motor kami selalu over load.

Si kakak duduk nyempil di depan, Ayah yang nyetir, adek berdiri di belakang ayah dan tentu saja Bunda paling belakang.
Diantara ke empat orang ini, menurut kalian siapa yang paling kasihan?


***


Tetiba mata saya fokus dengan pemandangan sebuah warung lalapan yang sangat ramai.

“kok rame banget ya, kudu dicobain nih yah”,

saya yang begitu kepo langsung menyampaikan hasrat ke-kepoan saya sama pak suami.


pengunjung




Sayangnya saat itu sedang tidak memungkinkan, jadi cukup masuk ‘Daftar Kepo’ saya aja dulu. 

Dan baru kepikiran lagi kemarin saat kami lagi pengen makan di luar tapi kosong ide, gegaranya sih semua warung yang pengen kami singgahi ternyata tutup.


Soal lalapan di Tabanan, sejauh ini kami masih tetap jatuh cinta sama Ayam Bakar Madan, Gerogak - Tabanan. 
Tapi karena hari itu niatnya pengen nyicipin makanan yang ada di Daftar Kepo, jadi yasudah kita singgah saja ke warung lalapan ramai yang tempo hari juga bikin saya kepo itu.








Lalapan Barokah Tabanan, Spesial Ayam Goreng

Setelah kami parkir motor, adek selalu auto minta gendong ayah. Mungkin karena kebiasaan sejak ia bayi, jadi sudah langsung reflek kalau turun motor ya ayah yang bagian gendong adek.
Hehe.

Kami pun segera memesan tiga porsi Ayam Goreng plus nasi dan 3 gelas es jeruk manis.

Kok Cuma tiga?



Iya, Adek makannya selalu nebeng sama Ayah, sama-sama nggak bisa pedes soalnya, jadi aman kalau Ayah yang nyuapin adek nggak kesentuh sambal atau yang pedes-pedes. Kalau nasi dan lauk bisa ngambil jatah Bunda.

dokpri by Sera Wicaksono


Namanya warung lalapan Barokah, lokasinya berada di halaman sebuah toko onderdil motor. Tepat berseberangan dengan lahan parkir Truk sebelah warung Banyuwangi Utama Tabanan, jalan by pass Tabanan arah Gilimanuk.

Warung ini buka dari sore menjelang maghrib, menunggu toko yang ditumpangi tutup tentunya.

Banner di gerobaknya sih bertulisakan Spesial Ayam Goreng, tapi gambarnya ada bebek, tahu, juga ikan.
Mungkin artinya semua menunya digoreng alias tidak ada bakar-bakaran, atau maksudnya menu spesialnya ayam goreng.

Entahlah, Saya nggak sampai nanya juga ke empunya warung, karena niat posting ini juga dadakan dan masih belum terbiasa seperti jurnalis jurnalis gitu.
hehe…



Sambal Nonjok

Dalam seporsi ayam goreng di warung ini sudah termasuk nasi, lalapan, sambal dan tentu saja semangkuk kecil air kobokan, Urusan ini hampir sama lah ya di setiap warung lalapan.




Yang membedakan masing-masing warung lalapan tentu saja sambalnya.

Buat saya yang lumayan doyan pedes, sambal di warung lalapan Barokah ini terbilang nonjok. 
Meskipun belum semenohok sambal mercon atau sambal tempong indra.

Sayangnya, suami saya yang memang nggak bisa makan pedes mukanya nampak kurang bersemangat jadinya. Sedangkan si kakak nampak terengah-engah kepedesan.

Kalau emak gimana?
Ah nggak udah ditanya kalau itu mah.


Melihat pengunjungnya yang selalu banyak setiap kami lewat, pun saat kami makan kala itu, asumsi saya sedari awal "pasti ada sesuatu nih" yang bikin orang berbondong-bondong .

Hasilnya ternyata tidak setinggi tower telkomsel espektasi saya hingga masuk daftar kepo.
Tidak buruk sih, tapi tidak se-WOW yang saya bayangin aja.

Untuk tekstur Ayamnya, si ayam digoreng garing coklat keemasan dan cukup crunchy bagian luarnya. Sayangnya lagi, saya tipikal yang tidak terlalu suka ayam garing seperti ini, terasa alot aja.


Area Luas

Keramaian pengunjung disini tak lantas membuat ketidak-nyamanan, lho.
Tenang aja, meja dan kursi yang disediakan cukup banyak. Ditambah area lesehan yang berada di teras toko.

Tempat untuk parkirnya juga tak kalah luas, sekiranya cukup bisa menampung lebih dari 10 motor. Sedangkan mobil bisa parkir di pinggir jalan yang juga lumayan lebar.


Harga

Dari segi harga standar ya, seporsi ayam goreng plus nasi dihargai sekitar 20K, sedangkan es jeruk peras dibanderol 5k per gelas nya.

Di masing-masing meja juga tersedia beberapa pilihan kerupuk seharga seribu rupiah per plastiknya.

sambal tempong
porsi lalapan ayam goreng

es jeruk peras


____


Lalapan Barokah, Spesialis Ayam Goreng

Lokasi: 
Depan Toko Cakra Jaya (sebelah Jolly Roger Education)
Jl. By Pass Tabanan Gilimanuk

Jam buka: Sore - Malam

Price: start 25k/person


warung makan halal tabanan





















2 Comments

  1. Pingin nyoba, tapi jauh dari daerah saya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe,,, nanti kalau main ke sini silahkan mampir nyicip sambalnya doang, ehhh

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar, ya dear.

Harap berkomentar sesuai artikel, dengan bahasa yang baik dan sopan.
Link Aktif dan SPAM akan dihapus.
NO WAR!

Happy reading other article....