pentingnya menstrual tracker untuk mengontrol siklus bulanan wanita

menstrual tracker untuk mengontrol siklus wanita

Siklus Bulanan Wanita dan Menstrual Tracker

Yang namanya wanita, pasti tak asing lagi sama namanya siklus bulanan.
Kondisinya pun bermacam-macam nih. Ada yang selalu datang tepat tanggalnya, ada yang maju tiga hari setiap bulannya, ada juga yang absurd alias nggak jelas kapan datang dan perginya kek jelangkung.

Tapi yang jelas, setiap bulan pastilah si tamu istimewa ini selalu datang. Karena kalau tidak datang, akan menimbulkan satu pertanyaan, am I pregnant? Ehhe~

Buat emak-emak yang anaknya sudah lebih dari dua, atau baru dua tapi umur sudah nggak muda, kek saya, ehh. 
Bakal ada sedikit kehororan tentunya.

Menolak hamil sih enggak ya, bagaimana pun hamil itu rezeki, dan rezeki nggak boleh ditolak. 
Tapi hamil di usia tertentu, atau jarak kehamilan yang terlalu dekat juga memiliki resiko tentunya.

Saya pribadi sih memang bukan pengikut ‘banyak anak banyak rejeki’, tapi bukan penentang juga, karena itu urusan setiap individu ya. 

Balik lagi buat saya, memiliki anak itu bukan sekedar urusan rezeki, karena rezeki sudah diatur Allah ta’ala. 
Yang lebih saya khawatirkan adalah ketidak-mampuan saya dalam mendidiknya dengan benar.


Anyway, 
bicara soal siklus bulanan lagi. 

Kalau misalnya ‘si tamu istimewa’ ini tidak datang atau tidak datang seperti biasanya, maka kita juga kudu waspada nih mom. 
Karena ditakutkan ada hal-hal yang berkaitan dengan gangguan kesehatan tubuh. Jangan sampai sih ya.

Nah sebagai wanita, kita harus care tuh sama urusan yang beginian. 
Nggak Cuma sekedar menunggu ‘dia’ datang dan pergi, end.

Karena dengan mencatat siklus bulanan, kita bisa mengantisipasi lebih awal jika ada yang tidak beres dalam tubuh kita. Amit-amit sih ya. *getokin meja.





Pengalaman Menstruasi pertama pada remaja putri

Bunda punya putri yang sudah mendekati akhil baligh?

Suka was-was nggak sih bun sama ananda yang akan segera memasuki fase pra-remaja nya?

Meski anak perempuan saya masih umur dua tahunan, tapi saya punya anak laki-laki yang hampir bujang nih, mom.
Bagaimana pun saya juga ada sedikit rasa worried, lho.



Mungkin karena saya masih belum siap menyadari bahwa bayi saya sekarang sudah gede kali ya, huhu.
Tapi, siap nggak siap kita harus tetep bisa nerima kalau bayi mungil kita sekarang sudah mendekati masa pra remajanya, kan?

Setiap mama dan bunda pasti punya dong pengalaman tentang mentruasi pertamanya. Ada yang mengharukan, menghebohkan, memalukan, menyedihkan atau yang biasa-biasa saja.

Saya pribadi, memiliki pengalaman menstruasi pertama yang kurang menyenangkan nih bun. Dan menjadi pelajaran kedepannya jangan sampai anak saya kelak merasakan hal yang sama dengan saya.

Bukan saya men-judge ibu saya tidak care terhadap saya kala itu, ya. Mungkin beliau saat itu belum siap menerima kenyataan bahwa anak bayinya sudah tumbuh menuju remaja, jadi beliau bingung harus berbuat apa.

Jadi jangan sampai ya kita tidak siap dan bingung harus bagaimana saat bayi mungil kita telah tumbuh menjadi gadis.


Sekedar mengingatkan saja, buat bunda-bunda yang memiliki putri menjelang remaja dan akan memasuki fase menstruasi pertamanya, perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Sebisa mungkin memberikan edukasi tentang menstruasi sejak dini agar dia sudah memiliki gambaran dan tahu apa yang harus dia lakukan nantinya. 
Seperti misalnya pembalut itu apa dan bagaimana.

2. Setelah anak memasuki fase menstrualnya, berikan edukasi tentang sistem reproduksi. Termasuk hal-hal yang menyangkut bagaimana terjadinya proses kehamilan. 
Ini penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Naudzubillah, jangan sampai ya mom.

3. Berikan juga edukasi tentang berpacaran atau pertemanan dengan bukan mahram. 
Bagaimanapun lingkungan kita saat ini sudah sangat mengkhawatirkan, jadi kita harus membentengi anak dari dalam.

Jadi bukan sekedar tidak mengijinkan dia keluar rumah, tetapi yang lebih penting adalah memberikan edukasi tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. 
Termasuk antisipasi terhadap kriminalitas dan pedofil. Duhh saya suka geram kalau urusan pedofil ini.

4. Nah, saat putri anda mendapati mentsruasi pertamanya, berikan dia kenyamanan secara fisik dan mental. Dampingi dia dan mengerti apa yang sedang dibutuhkannya tanpa membuatnya malu atau merasa tidak nyaman.

Mungkin banyak hal yang ingin dia tanyakan tapi dia malu, nah kita sebagai ibu dan sesama perempuan tentu harus mengerti. Karena saya pribadi pernah mengalami hal ini.

Di poin pertama saya tidak mendapatkannya, dan di poin ke-2 saya juga tidak mendapatkan kenyamanan fisik dan mental. Tentu itu menjadi hal yang sangat berat buat saya kala itu, merasa sendirian dan tidak tahu harus bagaimana.


  • Perhatikan hal penting berikut ini menurut pengalaman yang pernah saya alami:
  1. Jika di rumah kebetulan tidak ada persediaan pembalut wanita, hindari menyuruh si anak tersebut membeli sendiri ke warung sebelah misalnya, karena dia akan malu tentunya. Ini berpengaruh kepada kenyamanan fisik sekaligus mental si anak lho bunda. Ingat, karena ini adalah hal pertamanya!
  2. Hindari jokes yang seolah-olah mengolok atau membully nya, jelas pengaruhnya ke mental. Akan lebih baik jika kita memberikan support.
  3. Tanyakan apa yang dia butuhkan, juga katakan bahwa tidak perlu malu untuk menanyakan ke bunda hal-hal yang mengganjal. Termasuk misalnya sudah tahu cara memasang pembalut atau belum, jika dirasa perlu boleh mendampingi saat anak akan memakai pembalutnya. Sepele, tapi hal ini menjaga agar anak tetap merasa nyaman bunda.
Intinya jangan membiarkan anak merasa sendirian.


Mengatasi Sindrome Pra menstruasi

Sindrome pre-menstrual adalah rasa sakit nyeri yang tidak nyaman yang terjadi sebelum atau pada saat datang bulan. Sindrome ini pun bervariasi pada setiap wanita, ada yang nyeri berlebih ada juga yang biasa saja.

Hal ini juga perlu diperhatikan bagi bunda yang memiliki putri menjelang akhil baligh seperti yang saya sebutkan diatas.

Pada beberapa kasus, terjadinya nyeri haid ini bisa dimulai sejak pertama kali mengalami menstruasi. Namun pada saya pribadi, hal ini tidak terjadi.

Saya pertama kali mengalami nyeri sebelum haid ini justru saat berusia 17 tahun, tepatnya 3 tahun setelah pertama kali mentsruasi. Sedangkan beberapa teman saya ada yang nyeri haid berlebihan sejak awal, dan ada juga yang setelah dua atau tiga kali menstruasi.

Waktu berlangsungnya pun berbeda, ada yang hanya sehari sebelum, sehari disaat, dua hari bahkan selama tujuh hari. Saya sendiri mengalami periode sakit yang berbeda.

Secara medis sih saya tidak bisa menjelaskan ya, karena jelas itu bukan ranah sana. Saya hanya ingin berbagi cerita saja, jika ada pertanyaan mengenai hal tersebut silahkan ditanyakan kepada dokter atau bidan atau spesialis yang memahaminya.

Untuk mengatasi sindrome bulanan yang satu ini, umumnya dianjurkan untuk meminum jamu herbal seperti Kunyit Asam, minuman traditional berkhasiat ini disinyalir mampu meredakan kontraksi akibat peluruhan dinding rahim.

Selain itu, minuman ini juga dianggap mampu membantu proses peluruhan secara tuntas, sehingga menstruasi menjadi lancar hingga bersih tuntas. Dulu saya sih rajin, tapi karena sekarang saya berasumsi bahwa jamu gendong yang tak lagi digendong itu di tempat saya tinggal terlalu encer dan banyak gula, saya jadi jarang konsumsi jamu ini.

aslinya sih karena suka lupa beli. hehe.

Saran saya sih sebaiknya hindari mengkonsumsi obat-obatan kimia kecuali rasa nyerinya benar-benar tidak bisa diselamatkan alias sakit banget.

Dengan rutin mengkonsumsi jamu seperti kunyit asam, dipercaya bisa mengurangi sindrom secara perlahan.
Yang namanya jamu ya memang begitu, harus rutin diminum baru kelihatan hasilnya. Kalau mau yang langsung cling, namanya sulapan.

manfaat mencatat siklus mentsruasi


Manfaat Mencatat Siklus Menstruasi

Sejak saya SMA, mengikuti kakak sepupu saya, saya mulai mencatat tanggal berapa saya menstruasi setiap bulannya berikut berapa hari berlangsungnya.

Awalnya saya hanya ikut-ikutan saja, tetapi pada akhirnya saya menemukan banyak manfaatnya, lho.
Berikut bebepara manfaatnya:
  1. Pada saat puasa Ramadhan, ada catatan kan berapa hari kita bolong puasanya, biar nanti bayar utang puasanya gak kurang.
  2. Misalnya hendak bepergian, kita juga bisa antisipasi jika sudah mendekati hari ‘H’, misalnya dengan membawa cadangan pembalut wanita atau obat nyeri. Termasuk jika akan berangkat umroh dan haji.
  3. Kita menjadi tahu, periode mentsruasi kita termasuk yang siklus 28 hari atau 30 hari. Hal ini berfungsi jika kita akan melakukan program kehamilan atau pencegahan kehamilan tanpa alat kontrasepsi.
  4. Jika ada keterlambatan menstruasi, kita bisa mengantisipasi nih, apa karena stress, hamil atau hal lainnya.
  5. Saat terjadi kehamilan, biasanya kan ditanya tanggal pertama menstruasi terakhir tuh, ini penting untuk perhitungan usia kehamilan dan HPL (hari perkiraan lahir) si jabang bayi nantinya.

Nah, banyak kan manfaatnya.


aplikasi menstrual tracker

My Calendar Menstrual Tracker

Kalau jaman saya SMA, saya mencatatnya secara manual pada buku diary. Terkadang kalau buku sudah habis dan dibuang, jadi ilang deh catatan bulan-bulan lalu.

Tapi sekarang, sudah nggak perlu capek-capek nulis lagi nih. Karena ada aplikasi menstrual tracker yang bertebaran di Play Store dan App Store.

Saya menggunakan My Calender Menstrual Tracker ini sejak lebih dari tiga tahun yang lalu, bahkan sebelum hamil anak saya yang ke2, dek Rara.


Kenapa saya memilih My Calender Menstrual Tracker?

Karena user frendly, gampang banget penggunaannya. Juga ada pilihan back-up data yang terhubung dengan email, jadi tidak takut kehilangan data semisal kita kehilangan ponsel atau pun berencana ganti ponsel.


fitur-fitur pada my calendar menstrual tracker


Fitur yang disediakan pun beragam.
Tidak hanya sekedar mencatat tanggal berlangsungnya saja, ada reminder tentang masa ovulasi, perkiraan tanggal menstruasi berikutnya, bahkan di dalamnya kita bisa mencatat hal-hal penting yang terjadi saat menstruasi berlangsung bahkan di luar siklus mentruasi.

Misalnya; nyeri haid, berat badan, suhu tubuh, mood, intercourse dan sebagainya.

Istimewanya lagi, saat kita positif hamil pun, ada pilihan catatan kehamilan untuk mencatat yang terjadi selama kehamilan juga perkiraan tanggal kelahiran.

Wohooo,,, komplit kan?


My Calendar for Pregnant

Seperti yang saya sebutkan di atas, aplikasi ini juga bisa mencatat saat terjadi kehamilan. Tinggal kita atur pada pilihan fitur pregnant mode.

Di dalamnya ada pilihan perhitungan usia kehamilan dan HPL (hari perkiraan Lahir) dede bayi, termasuk catatan selama kehamilan.

Berikut contoh-contoh pilihan menu pada fitur kehamilan.




fitur penghitung masa kehamilan pada aplikasi my calendar menstrual tracker





Video








Post a Comment

8 Comments

  1. Saya juga pake aplikasi ini. Hahhaa.. Lumayan membantu, terutama untuk prediksi kapan datang lagi. Kadang kalo lupa bawa simpenan " diaper " 🤭🤭🤭🤭 pas lagi kerja, bahaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, bisa riweuh nyari senjata dulu, iya kalu kerjanya deket minimart, lah kalau jauh kan PR ya hiihi

      Delete
  2. Saya juga pake aplikasi ini hihi.. Bisa diatur juga periode menstruasi berapa lama, dan terutama bisa lihat masa subur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, lihat masa subur sebelum tanam padi #ehh kok padi sih

      Delete
  3. Cwo juga harus tau. Jadi siap2 diomelin gak jelas ma yang lagi pms hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap-siap diomelin apa siap-siap anu?
      siap-siap beliin bakso pedes yar bu-day nya nggak ngomel wkwkwk

      Delete
  4. Karena aku lelaki, aku ngga bisa berkomentar banyak tentang seputaran PMS ...
    Tapi pengetahuan ini bisa buat jaga-jaga jarak dulu gimana moodnya wanita kalau lagi datang bulan ... , takut tetiba kena omelan ngga jelas xixixi 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... biar nggak diomelin, langsung beliin bakso pedes atau seblak hahai

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar, ya dear.
Harap berkomentar sesuai artikel, dengan bahasa yang baik dan sopan.

Komentar yang tidak ikhlas, Link Aktif dan SPAM maafkan jika akan dihapus.
NO WAR!

Happy reading other article....