Workshop OPPO Reno bertajuk 10x Wonderful Journey bareng photographer kondang

workshop oppo reno wonderful journey denpasar

OPPO Reno 10x Zoom, 10x Wonderful Journey


Bulan Juni lalu OPPO Indonesia resmi merilis kehadiran OPPO Reno series yaitu OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom untuk distribusi Indonesia.

Tapi kali ini saya bukan mau membahas tentang perilisannya ya dear, kan itu sudah bulan kemarin. Saya mau ceritain pengalaman saya “pegang” hape mahal sekelas OPPO Reno 10x Zoom ini saat workshop yang saya hadiri kemarin itu.

Dan juga ada sedikit bocoran tips-tips gimana sih rahasia mas Thomp atau Muhammad Otib sebagai fotografer otodidak bisa menghasilkan foto-foto keren dan ciamik.

Simak sampai akhir ya dear.



Workshop OPPO Reno 10x Zoom

Minggu 21 Juli kemarin, alhamdulillah saya berkesempatan mengikuti workshop dari OPPO Reno bareng beberapa teman-teman blogger Bali dan juga O-Fans – panggilan sayang buat teman-teman pengguna dan pencinta OPPO.

Acara bertajuk  “OPPO Reno: ZOOM – INDONESIA, 10X Wonderful Journey” ini digelar di City Celular Denpasar, tepatnya di OPPO Store lantai 1.

Dalam acara tersebut, para undangan tak hanya diperkenalkan dengan si bang “Reno” sang tokoh utama dalam gelaran acara ini, namun juga menghadirkan seorang makro photographer kondang Muhammad Otib atau lebih dikenal dengan nama thomp sesuai nama akun instagramnya yaitu @thomp_

Registrasi kehadiran dimulai pukul 2 siang waktu setempat, saya sendiri kebetulan hadir tepat waktu jadi masih bisa santai dan kenalan tipis-tipis sama hempon canggil keluaran OPPO, Reno series.

para undangan sedang menikmati pengalaman menggunakan Oppo Reno 10x


Bersama dengan beberapa rekan blogger yang sudah hadir, kami sedikit mengutak-atik OPPO Reno 10x ini ditemani oleh mas-mas penjaga di store OPPO yang tentunya siap ditanya-tanya sedikit banyak tentang si hape canggih nan mevvah (baca: mewah) ini.

Sedikit info, OPPO Reno series ini hadir dalam 2 tipe ya dear, OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom.
Tapi yang hari ini mau kita bahas, seri OPPO Reno 10x Zoom nya aja ya.

Senyentrik apa sih OPPO Reno 10x Zoom ini?
Lanjut baca yuk!



Makna dibalik kata “RENO”

Mungkin temen-temen ada yang bertanya-tanya nih, apa sih maksudnya “Reno”?
Eitss, jangan bilang bang Reno suaminya incess Syahrini lho ya, itu bang Reino ya bebs, beda.

opening oleh bapak Stiffen Andika


Setelah opening acara workshop oleh bapak Stiffen Andika selaku Marketing Planning Manager OPPO Indonesia, dilanjutkan pemaparan lebih mendalam tentang OPPO Reno oleh mas Michael.
Saya panggil mas aja ya, biar gampang sama lidah saya, hehe.

Sesuai penuturan mas Michael ini, nama “Reno” diambil dari kata “cREatif and iNOvation”, ahh bisa aja OPPO mah ngambil nama yang lagi santer baru-baru ini, ~ehhe.

Anyway,

Dari kata creatif and inovation tersebut, OPPO ingin menghadirkan sebuah tehnologi yang tak hanya canggih namun memunculkan hal-hal baru dan unik yang belum dimiliki para kompetitornya.

by the way, sebelum masuk ke dalam acara inti, saya mau ngasih tau nih kalau OPPO telah merubah logonya menjadi lebih compact dan dinamis.
Dimana huruf "P" tidak lagi terbuka.
Hal ini disampaikan bapak Stiffen saat membuka acara workshop tadi, dear.

penjelasan tentang keunggulan Oppo Reno 10x Zoom,
oleh Michael


Keunggulan OPPO Reno 10x Zoom

Kamera depan dengan Pivot Rising

Masih penuturan oleh mas Michael tadi, OPPO Reno menghadirkan inovasi Pivot Rising Camera yaitu keberadaan kamera yang tersembunyi sehingga membuat layar ponsel bisa lebih luas dan maksimal tanpa adanya keberadaan fisik kamera yang seringnya mengganggu saat kita menonton video -drama korea misalnya- atau main game.

Review K-Drama: Top Star Yoo Baek, Drama Kocak yang Bikin Saya Mewek 


Keuntungan lain dari kamera yang tersembunyi ini adalah tidak mudahnya kamera terkena debu  ataupun bahkan goresan yang membuat hasil jepretan menjadi cacat.

Bentuk bukaan pivot ini pun cukup unik, berbentuk miring dengan tehnik hidrolik yang canggih.

Berhubung saya ini emak-emak yang doyannya cuma selfie aja, jadi maaf saya agak susyah ya kalau harus jelasin detail tehniknya, hehe.
Tapi kira-kira gambarannya begini ya dear, ini gambar yang dipaparkan juga oleh mas Michael.

imageL stuff.tv


Oiya untuk kamera depan ini sudah ditanamkan kamera sebesar 16 MP, memanjakan banget kan buat yang suka selfi atau wefie.


Kecanggihan 3 Kamera Belakang 

Mengusung triple kamera, OPPO Reno 10x Zoom juga membekali kameranya dengan triple fokus LDAF, CDAF dan PDAF.

Rumit ya istilah-istilah tehnologi ini, hehe.

Menurut penjelasan singkat mas Michael, umumnya fokus yang dibenamkan pada kamera ponsel adalah LDAF dan CDAF saja, dimana CDAF berfungsi untuk mengatur kontras.

Nah pada OPPO Reno 10x Zoom fokus dual PDAF juga telah disematkan nih, dimana fokus PDAF ini dapat bergerak secara otomatis mengikuti object yang bergerak, sehingga mampu mensinkronisasi fokus bidikan dan menghasilkan gambar yang lebih jelas pada object bergerak.


> Main Camera atau Kamera Utama sudah dibekali kamera 48 MP dari Sony IMX 586 Super HD dan HDR, photographer pasti paham nih segimana hebatnya.
Tapi buat saya, yang emak-emak ini, ya pahamnya kalau 48 MP itu sudah pasti kece badai kinclong lah hasilnya, ya kahn mak?

Dengan kemampuan hingga 5x zoom, kamera utama ini juga telah dilengkapi tehnologi OIS, Optical Image Stabilizer.
Bahasa gampangnya sih penstabil saat pengambilan gambar. Jadi kalau kita lagi membidik object yang bergerak nih, hasil fotonya tidak blur. Gitu.

Biasanya bunda-bunda milenial yang suka fotoin dede bayi dan balitanya yang lagi imut-imutnya, kan suka tuh hasil fotonya blur gegara si dede gerak melulu, nah OIS ini meredam emosi kita disaat-saat seperti itu bunda. ~ehhe. *pengalaman pribadi


kamera belakang oppo reno 10x zoom
bagian kamera belakang oppo reno series


> Kamera sekundernya pun tak kalah keren, ultra wide kamera ini telah mengusung 8 MP yang dapat mengambil cakupan bidik hingga 120 derajat.

Buat yang belum paham apa itu wide kamera, kira-kira penjelasan simpelnya gini:

Misalnya nih kita mau foto rama-rame, kadang kan suka nggak muat tuh di layar hemponnya. Nah, dengan wide kamera ini tukang potonya nggak perlu mundur-mundur atau yang difoto nggak perlu ditumpuk-tumpuk biar muat.
Cukup mengaktifkan fitur wide kamera, maka cakupan daya tangkap kamera lebih lebar dan object bisa terfoto semua.


Yang terakhir adalah Kamera Telephoto sebesar 13 MP dengan lensa periscope, yaitu lensa berbentuk segitiga yang mampu mengumpulkan cahaya lebih banyak sehingga dapat menghasilkan foto yang lebih jernih maksimal.

Kelebihan lain yang dimiliki kamera teleskopik ini adalah kemampuan 5-20x zoom nya, yang dapat menghasilkan perbesaran gambar hingga 60x dari jarak pandang kita.

Keren kan?


Jadi, buat traveler atau yang suka jalan-jalan, pas diperjalanan menemukan view yang kece buat di shoot, cukup pakai OPPO Reno 10x Zoom sudah bisa dapetin detail view yang setara dengan kamera sungguhan.

Oiya, buat vlogger atau temen-temen yang suka bikin konten video, OPPO Reno 10x Zoom ini mampu merekam video lebih jelas dengan 3 microfon yang tersemat sehingga menghasilkan rekaman audio video yang lebih sempurna.

Manteb kahn?

layar display Oppo Reno 10x Zoom,
layar lebih luas tanpa terpotong fisik kamera


Keunggulan lainnya adalah lapisan Corning Gorilla Glass seri 6 pada bagian depan dan belakang ponsel, Fingerprint yang berada pada layar ponsel (bagian bawah), Game Boost 2.0, fast charging 20W (VOOC 3.0), kapasitas baterai sebesar 4065 mAh,  ruang penyimpanan yang sangat besar hingga 256 GB, Qualcomm 855 dan 8 GB RAM.

Hmm, kebayang kan segimana mantebnya kinerja dapur pacunya?



Tips Fotografi dari Photographer @thomp_

Usai berkenalan sama si “Reno” yang dijelaskan oleh mas Michael, acara dilanjutkan dengan talkshow dan sharing seputar Makro Fotografi bareng fotografer kondang Muhammad Otib alias @thomp_

Fotografi Makro adalah tehnik pengambilan foto object dalam jarak yang sangat dekat, untuk mendapatkan detail object yang berukuran sangat kecil. Biasanya menggunakan kamera berjenis DSLR dengan lensa khusus dan mahal.

Mas Otib alias Thomp ini mengaku mempelajari dunia fotografi secara otodidak, bahkan kamera yang digunakan untuk bidikan-bidikan cantiknya pun hanya berbekal kamera ponsel saja.

hmm, wow kahn?

sesi talkshow bareng  fotografer makro @thomp_


Menurut pengalamannya menggunakan OPPO Reno 10x Zoom ini, Thomp mengaku dapat menghasilkan gambar yang lebih jernih dan detail meskipun object yang dibidiknya berukuran sangat kecil atau ketika harus mengambil gambar dengan jarak yang cukup jauh.

Seperti misal pengalamannya memotret ular berbisa yang nyaris merenggut nyawanya beberapa waktu lalu, Thomp terpaksa harus mengambil gambar ular tersebut dari jarak aman sekitar 4 meter dari objectnya, hal ini tentunya untuk menghindari serangan patok ular.

Meski dengan jarak yang cukup jauh tersebut, nyatanya Thomp tetap mampu menghasilkan detail gambar ular yang jernih.
Selain karena ketrampilannya dalam membidik tentunya, hal ini diakui Thomp karena kemampuan kamera pada OPPO Reno 10x Zoom memang sangat mumpuni dalam membantunya menghasilkan detail gambar yang jelas.

source: IG @ thomp_


Dalam sesi talkshow ini, mas Otib alias Thomp ini juga berbagi tips-tipsnya dalam dunia ponsel fotografi.

Dijelaskannya, selain menggunakan kamera ponsel yang mumpuni seperti pada OPPO Reno 10x Zoom, Thomp juga menggunakan dan menyarankan bagi fotografer kamera ponsel pemula untuk menggunakan lensa tambahan dari lensa bekas kamera lama, disebut juga lensbong atau lensa bongkaran.

contoh lensbong atau lensa bongkaran
contoh lensa bongkaran (lensbong) kamera bekas


Lensa bongkaran (Lensbong) ini biasa dia dapatkan dari penjual loak khusus kamera seharga 20 ribuan, bisa dari bongkaran kamera roll atau pun kamera jenis apa saja.
Dengan sedikit modifikasi ini, lensa bongkaran tersebut bisa disematkan sebagai perpanjangan lensa pada kamera ponsel, sehingga mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi.

Hmmm keren nih mas Thomp ini ya, dengan peralatan yang cukup terjangkau ternyata mampu menghasilkan foto yang super ciamik dengan kreatifitasnya dalam bidang fotografi.


Tips lagi bagi fotografer pemula yang ingin membidik aneka reptil dan serangga, mas Thomp menyarankan untuk memilih waktu di pagi hari sekitar jam 7, karena di jam-jam tersebut para serangga ini masih jinak. Gitu katanya.

Saya jam segitu juga masih jinak, kok. Ehh~



Pengalaman Menggunakan Kamera OPPO Reno 10x Zoom

Setelah sesi talkshow berakhir, selanjutnya kami diberi kesempatan untuk mencoba membidik-bidik menggunakan kamera yang tersemat pada OPPO Reno 10x Zoom.

Ini nih yang paling ditunggu-tunggu.
Kapan lagi megang hempon mahal dan berkelas, yekan?

Setelah menunggu beberapa waktu untuk antri, alhamdulillah akhirnya saya kesampaian juga ikutan “mencicipi” ponsel mevvah OPPO Reno 10x Zoom ini.


Pertama saya mencoba membidik miniatur mainan yang ada di tengah-tengah backdrop dengan menggunakan Telephoto kamera, yang katanya mampu menghasilkan bidikan tajam meskipun dalam mode zoom.
Hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Foto asli backdrop dari jarak 2 meter

Foto menggunakan zoom pada kamera Oppo Reno 10x Zoom.
note: miniatur ini berada di tengah-tengah backdrop (lihat gambar atas)


Kedua, saya mencoba memotret dek Rara yang posisinya sekitar 3 meter di belakang panggung.
Dengan kamera 48 MP dan 3x zoom, hasilnya cukup jernih meskipun dek Rara banyak geraknya.
You know lah gimana anak kecil, belum difoto sudah rubah pose.

yang punya anak kecil kayak gini cung!

Foto dek Rara menggunakan kamera utama 48 MP
dengan 3x zoom dari jarak 3 meter


Dan yang terakhir, sebelum diteriakin sama antrian di belakang, saya dan beberapa temen blogger nggak lupa nyempetin wefie.
Emak-emak ya, hihi.


Foto selfie dengan kamera depan Oppo Reno 10x Zoom 16 MP


Setelah semua acara terlewati, tak lupa kami berfoto bersama dan pembagian goodie bag dari OPPO sebagai kenang-kenangan.


Kesimpulan

  • Dengan ketekunan dan kreatifitas, kita juga mampu menghasilkan foto berskala fotografer meskipun hanya berbekal kamera ponsel.
  • Dalam satu balutan OPPO Reno 10x Zoom, tak hanya design nya yang mewah dan elegan, performa ponsel yang mumpuni, kamera yang disematkannya pun cukup memberikan kita pengalaman memotret seperti layaknya fotografer profesional. Sehingga kegiatan traveling atau apa pun kegiatan kita yang dadakan sekalipun, akan tetap menghadirkan memori yang luar biasa.


You don’t always need a plan, sometimes all you need to do is to breathe, trust, let go and see what happens. (@jagjeetkishan)




annyeong,

Post a Comment

4 Comments

  1. Oppo ini gencar banget ya promosinya.
    Ya iyaaalaaa kalo ga gncar gmn mw laku -_-
    banyak org yg aku kenal juga pada pake oppo.
    emang bagus banget sih kameranya. BAGUS BANGET..
    segitu bagusnya. Aku aja ngirik...

    ReplyDelete
  2. Hape lama saya sudah mulai error, pas banget baca artikel ini jadi ngekepoin harganya dan ternyata over budget banget wkwkwk. Tapi sesuai sih sama spesifikasi dan kecanggihannya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar, ya dear.
Harap berkomentar sesuai artikel, dengan bahasa yang baik dan sopan.

Komentar yang tidak ikhlas, Link Aktif dan SPAM maafkan jika akan dihapus.
NO WAR!

Happy reading other article....