Funancial Day HSBC dan PJI di cfd renon, latih anak mengelola uang dengan cara menyenangkan

Hsbc bersama prestasi junior Gelar Funancial day

Gelar FUNansial Day di Bali, HSBC dan PJI fasilitasi perangkat pembelajaran Edutech “Anak Cerdas” untuk pengunjung CFD Renon


Car Free Day, atau lebih sering disebut CFD, memang menjadi moment yang pas untuk Quality Time bareng keluarga tercinta.
Kebanyakan, pengunjung CFD ini menggunakan waktu special tersebut untuk berolah raga, kemudian berkuliner. Atau, hanya sekedar bermain bersama anak-anak dan berkuliner juga. Atau, hanya sekedar berkuliner saja.
Bebas sih. Yang jelas, menurutku ini memang waktu dan tempat yang paling pas untuk Q-time bareng keluarga.

Di Kawasan Car Free Day Renon – Denpasar, minggu 24 November kemarin ada yang istimewa nih. Yaitu adanya stand keren yang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Edutech Anak Cerdas bertajuk Fun-ansial Day yang diselenggarakan oleh Prestasi Junior Indonesia (PJI) dan bank HSBC.
Berlokasi di sisi barat lapangan monument Bajra Sandhi Renon, kegiatan Fun-ansial day ini benar-benar Fun dan kaya manfaat.

Tapi sebentar, apa sih Edutech Anak Cerdas itu?


Baca juga: Ajarkan Cerdas Finansial pada Anak Sejak Dini



Edutech “Anak Cerdas”

Edutech Anak cerdas merupakan program pembelajaran literasi keuangan berbasis teknologi hasil kolaborasi Bank HSBC Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia.

Dengan adanya program pembelajaran ini, diharapkan dapat memfasilitasi para orang tua dalam mengenalkan konsep dasar keuangan kepada anak serta membangun budaya pengelolaan uang secara bijak sejak dini.

Menurut Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner pada siaran pers kemarin,

pemberian uang saku oleh orang tua kerap kali tidak disertai dengan tuntunan dan dorongan kepada anak untuk mengelola uang yang dimiliki. Selain faktor kebiasaan, terbatasnya media edukasi anak mengenai keterampilan ini juga menjadi penyebabnya.

Dari kepedulian tersebutlah, maka Edutech Anak cerdas ini diluncurkan untuk mengedukasi anak-anak dan masyarakat di Indonesia yang berdasarkan survey OJK memiliki indeks literasi keuangan yang masih rendah di tahun 2016 lalu, yakni hanya berkisar di angka 29,7%.

Edutech Anak Cerdas merupakan inovasi di bidang Pendidikan yang dirancang untuk anak-anak sekolah dasar dengan pendekatan teknologi digital yang interaktif, aman, dan menyenangkan, sehingga membuat pembelajaran kelola uang yang komprehensif menjadi efektif dan mudah dipahami oleh anak-anak.

Hal ini sesuai dengan penuturan bapak Yudhi Sutrisna dari HSBC Indonesia tentang kenapa HSBC dan PJI merilis Edukasi Techologi yang keren ini.
Pada siaran pers kemarin, hal senada juga dikemukakan oleh Head of Corporate Sustainability Bank HSBC Indonesia, Ibu Nuni Sutyoko.

dengan akses tanpa batas, kami ingin manfaat edutech Anak Cerdas dapat menjangkau lebih banyak anak-anak Indonesia. Hal ini merupakan wujud komitmen dan kontribusi aktif Bank HSBC Indonesia untuk turut meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia secara berkelanjutan. Kami meyakini literasi keuangan adalah salah satu keterampilan masa depan yang perlu dipupuk sejak dini agar anak-anak dapat menjadi generasi cerdas financial yang mampu membuat keputusan keuangan dengan tepat saat dewasa nanti.


Sebelum dikembangkan dalam versi Daring atau online tahun lalu, PJI dan bank HSBC telah berhasil meningkatkan pemahaman keuangan 15.000 siswa dari 67 Sekolah Dasar di 15 Kota di Indonesia melalui edukasi digital Anak Cerdas versi Luring atau offline sejak tahun 2015 dengan menggunakan gawai Tablet yang telah terinstal aplikasi tersebut.


Kini, Edutech Anak Cerdas versi Daring telah bisa diakses di www.anakcerdas.prestasijunior.org, dan bisa diakses secara gratis untuk seluruh masyarakat sehingga bisa menjadi opsi media pembelajaran kelola uang untuk anak-anak.

Eh tapi, ngomongin Daring dan Luring, ayah bunda sudah pada tahu belum sih arti dan kepanjangannya?

Jujur, kalau saya sih baru tahu kemarin setelah kepo bertubi-tubi.
Aduh, parah deh emak satu ini. ~ahaha

Sekedar info aja buat yang masih awam dengan sebutan Daring dan Luring, saya bisikin ya bunda.
Daring yang memiliki arti Online, adalah kependekan dari “Dalam Jaringan”, DAlam-jaRINGan. Awas keliru, bukan darling ya, moms. *ehh.

Sedangkan Luring yang memiliki arti Offline, adalah kependekan dari Luar Jaringan. Hmmm, ternyata ya.
Padahal kemaren-kemaren aku baca Daring itu langsung bayanginnya dadar guli(u)ng. *Duhh ya Allah, makanan aja sih aku kepikirannya. ~hahaha.
Fokus mak, fokus.

Balik lagi ke acara Funancial Day tadi.


funancial day di renon denpasar

Nah, kegiatan Fun-ansial Day alias Fun-Financial Day di Kawasan CFD Renon ini bertujuan mensosialisasikan Edutech "Anak Cerdas" kepada masyarakat umum khususnya di sekitar Denpasar dengan disediakannya fasilitas perangkat pembelajaran seperti; laptop dan koneksi internet selama kegiatan Fun-ansial day ini berlangsung.

Dalam rangkaian kegiatan ini, para pengunjung, orang tua dan anak tak hanya dikenalkan tentang penggunaan platform Anak Cerdas saja, tetapi juga diberi waktu untuk mengenali dan mempelajari 3 segmen program yang tersedia dengan didampingi para kakak-kakak volunteer sebagai fasilitator.

Seru kahn?
Banget!

Kebetulan mas Rion, si anak mbarep, diberi kesempatan mempelajarinya juga meskipun sebenarnya usia dia sudah bukan usia SD lagi. Hehe.
Tapi nggak pa-pa,
kenyataannya, banyak sekali hal baru dalam edukasi pengelolaan keuangan ini yang bisa ia pelajari.
Mulai dari cara bijak membelanjakan uang, membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Mengenali jenis-jenis alat pembayaran, hingga bagaimana memulai wirausaha.


Segmentasi Materi Pembelajaran

Program Edutech Anak Cerdas ini terbagi menjadi 3 segmen, yaitu JA Ourselves untuk kelas 3 SD, JA Our Community untuk kelas 4 SD, dan JA Our City untuk kelas 5 SD. Kemudian, setiap segmen memiliki masing-masing 5 sesi pembelajaran.

edutech anak cerdas hsbc dan prestasi junior
Segmen dan sesi yang tersedia di Edutech Anak Cerdas


Dalam 3 segmen tersebut, anak-anak dapat belajar membuat pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan, sehingga dapat membedakan mana yang lebih dibutuhkan dan mana yang hanya sekedar keinginan.
Selain itu, anak-anak juga diajak memahami bahwa seseorang harus bekerja atau berbisnis untuk memperoleh uang, sehingga pengelolaan yang bijak perlu dilakukan seperti misalnya menabung itu penting.

Di segmen untuk anak kelas 5, JA Our City, bahkan anak-anak diajak serta memahami peran pajak dalam pembangunan sebuah kota. Tak hanya itu, ada games seru mirip monopoli dengan edukasi bagaimana membedakan pengeluaran dan pemasukan, penarikan dan penyetoran untuk tabungan.

Di segmen ini juga, anak-anak diajak bagaimana memulai wirausaha, mulai dari memilih lokasi yang berkaitan dengan harga sewa dan populasi warga yang berpengaruh terhadap jumlah pembelian/penjualan. Hingga memilih menu makanan sesuai dengan keinginannya dan biaya produksinya.

Nah, karena mas Rion sudah kelas 7, jadi memilih segmen untuk kelas 5 – JA Our City aja, ya. Hehe~


Cara Menggunakan Program Edutech Anak Cerdas

Untuk mengakses Program edukasi besutan Prestasi Junior dan bank HSBC ini, kita diharuskan melakukan registrasi menggunakan alamat email. Bisa menggunakan alamat email orang tua tentunya, atau jika ingin membuatkan email khusus untuk anaknya juga bisa.

Emmm, sebelumnya masuk dulu ya di halaman situs Anak Cerdas - Prestasi Junior Indonesia, disini www.anakcerdas.prestasijunior.org

Setelah berada di halaman utama, pilih "Registrasi" pada pilihan menu di bagian atas. Isi form registrasi sesuai dengan data diri anak (email menggunakan email orang tua). Seperti pada umumnya proses registrasi, kita tidak bisa langsung login karena harus verifikasi email terlebih dahulu nih moms.
Caranya seperti biasa, masuk dulu ke halaman email untuk proses verifikasi, setelah verifikasi berhasil, kita bisa Login ulang dan proses pembelajaran sudah bisa dimulai dengan memilih salah satu dari 3 segmen yang tersedia.

cara registrasi edutech anak cerdas hsbc dan prestasi junior indonesia
Form registrasi dan login yang harus diisi sebelum memulai segmen pembelajaran


Setelah masuk di segmen yang diinginkan, nanti akan ada 5 sesi pembelajaran yang sebaiknya diikuti dari awal.
Di setiap sesi, selalu ada materi pembelajaran yang muncul di bagian atas, bimbing anak untuk senantiasa membaca dan memahami materi tersebut agar tak hanya terfokus pada gambar animasi yang ada pada setiap sesi games.
Dampingi anak saat mengerjakan tugas-tugas yang disediakan sehingga anak dapat mengetahui kesimpulan dari pembelajaran tersebut.

Tenang aja, kesimpulan di setiap sesi ini juga telah disediakan kok, jadi kita tinggal mendampingi anak untuk membacanya dan menjelaskan jika ada yang tidak dimengerti.


proses pembelajaran literasi financial oleh hsbc dan pji
Selain didampingi oleh orangtua,
peserta juga mendapat pendampingan dari tim fasilitator


FUNansial Day yang benar-benar FUN.

Setelah seluruh peserta hepi dengan masing-masing sesi pembelajaran yang dikemas serupa games itu, yang tak kalah menyenangkan adalah diadakannya kuis seru Kahoot!

Tahu dong ya, kuis Kahoot ini kek gimana.

Bukan sembarang kuis Kahoot juga, Kahoot kali ini hadiahnya pun tak tanggung-tanggung.
Ada hadiah voucher belanja senilai masing-masing 500.000 rupiah untuk 3 orang pemenang. Tapi karena kuis seru ini hanya diperuntukkan untuk anak-anak saja, jadi para orang tua mami papi harus mundur mundur cantik dulu, ya moms.

Sayangnya lagi, mas Rion kurang gercep nih, gak jadi belanja deh Bundanya. *hiks, ~ahaha

Setelah jam mulai mendekati pukul 10 pagi waktu Bali, waktunya CFD selesai nih, artinya acara FUN-ansial ini juga harus selesai.
Sebelum pulang, tak lupa ada pembagian nasi kotak untuk masing-masing peserta yang terdaftar dan mengikuti seluruh rangkaian acara. Alhamdulillah ya buat sarapan, eh, brunch ding.
Kan sarapan yang kesiangan, hehe.

Gimana bunda – panda, papah - mamah, mommy – daddy, yuk kenalkan si kecil cara bijak mengelola uang sejak dini!


Sekilas Tentang Prestasi Junior Indonesia

Pasti ada bunda, mamah, papa, oom dan oppa tante yang masih bertanya-tanya, apa sih PJI atau Prestasi Junior Indonesia itu, yakan?
hmmm, well...

Prestasi Junior Indonesia (PJI) adalah anggota organisasi non-profit terbesar di dunia, JA Worldwide, yang concern terhadap pembekalan generasi muda mengenai pekerjaan dan kewirausahaan. Selama 100 tahun, JA (Junior Achievement) telah memberikan pembelajaran dengan pengalaman langsung yang berfokus pada kewirausahaan, kesiapan kerja, dan literasi keuangan.

Perlu dibaca: Mentoring Perempuan Preneur di Bali untuk Industri Digital 4.0


Sepanjang tahun 2018, Prestasi Junior Indonesia telah memberikan manfaat kepada lebih dari 49.000 siswa di 25 wilayah di Indonesia melalui kemitraan inovatif antara komunitas bisnis, pengajar dan relawan.

Dalam rangka pengembangan dan sosialisasi Edutech Anak Cerdas ini, bank HSBC Indonesia turut supporting Prestasi Junior Indonesia sebagai wujud komitmen dan kontribusi aktif untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia.

Info selengkapnya mengenai Prestasi Junior Indonesia, silahkan kunjungi:

Website: www.prestasijunior.org
Instagram: @prestasijunior
Facebook: www.facebook.com/prestasijuniorID

Narsis is a must, yes!
*abaikan pose tehsera yang #lugu >,<



Sera W.



Post a Comment

9 Comments

  1. betul juga.. sejak dini mereka harus dikenalkan dengan pengelolaan keungan yang pasti akan sangat berguna hingga mereka dewas kelak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, soalnya aku juga masih keteteran ngelola uang nih, hehe #curhat

      Delete
  2. Ah sayapun masih ingin dilatih soal mengelola uang. Daftarnya kmn teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Link nya sudah aku sisipin ya bangde, silahkan dicek ulang, hehe

      Delete
  3. sebuah terobosan baru dan unik. semoga seluruh bank mengikutinya

    ReplyDelete
  4. sebagai staff HSBC, aku jg ikut ngajarin anakku cara2 mengelola uang. dimulai dr yg paling simplelah, uang jajan mereka. Aku sengaja ngasih uang jajan itu bulanan. supaya mereka bisa latihan gimana uang segitu bisa cukup utk sebulan plus tabungan juga :D. kalo diksh harian, yg ada abis mulu. Kalo ga dilatih sedari muda, takut kebablasan boros nantinya :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mba setuju.
      Mantab deh mommy satu ini. Sukses terus mom...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar sesuai artikel dengan bahasa yang baik dan sopan.

Link Aktif dan SPAM akan dihapus.
NO WAR!

Happy reading other article....