Resep Telur Petis Lontong Cap Gomeh Malang

lontong cap go meh

Lontong Cap Gomeh Malang dengan Telur Petis

Lebaran atau hari raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi kita umat Islam. Hari di mana kita merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berperang melawan segala hawa nafsu diri kita sendiri.
Saat Lebaran seperti ini, tentu akan dijadikan sebagai momen yang pas ya buat keluarga besar kita ngumpul. Nah, saat berkumpul bersama keluarga besar seperti ini tentu saja tidak pernah lepas dari yang namanya hidangan. Entah itu kue kering, cake atau menu makanan berat.

Di beberapa kota atau daerah, ketupat menjadi hidangan utama saat hari pertama Lebaran. Lauk pendampingnya pun disajikan bermacam-macam, sesuai dengan ciri khas masing-masing daerah.
Mulai dari Opor Ayam, Gulai, Soto Banjar, hingga sayur lodeh lengkap dengan sambal goreng yang isinya udang, pete, jengkol, kulit sapi, kentang, dan juga ati ayam atau ati sapi. 

Hmm, belum apa-apa udah ngiler aja nih. *lap dulu

Kebetulan paksu yang keturunan darah Banjarmasin, beberapa kali kami Lebaran di rumah kakak ipar dibikinin Soto Banjar, Lapat/Buras dengan ayam bumbu merah, juga Tumis yang berisikan lontong dengan lauk ayam/ikan bumbu merah serta kuah sayur bersantan. Syedap...

Nah kalau di Pasuruan, tempat tinggal orang tuaku. Hidangan ketupat ini umumnya tidak dihidangkan saat hari raya pertama, melainkan di hari ke tujuh setelah hari pertama Lebaran. Di tempat kami sering juga disebut dengan Lebaran ketupat.

Menu lauk pendampingnya antara lain: Opor ayam kuning, sayur lodeh tahu tempe, sayur labu jepang/labu siam, telur petis, sambal goreng, dan yang tak ketinggalan biasanya dilengkapi dengan bubuk koya dari kedelai.
Teman saya yang kebetulan keturunan Tionghoa asal Malang juga sering membuat hidangan seperti ini saat hari raya Imlek. Jadi hidangan semacam ini bisa juga disebut Lontong Cap Gomeh Malang.

Nah, karena tahun ini Lebaran nggak mudik, dan nggak kemana-mana. Kita bebikin hidangan untuk sajian lebaran yuk!
Betewe, karena menu Lontong Cap Go Meh ini banyak variannya, aku hanya tulis resep untuk telur petisnya aja ya. Kalau sayur lodeh dan opor ayam, pasti sudah pada hafal bumbunya dong, yakan? hehe.

Resep Telur Petis Lontong Cap Go Meh

(Source: meirina cookpad)

Bahan-bahan:

  • 8 butir telur
  • 2 sdm petis udang
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 2 buah serai, memarkan
  • 150 ml santan (atau ganti air biasa)
  • Secukupnya cabe rawit utuh

Bumbu halus:

  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt merica
  • 1 ruas kencur
  • Secukupnya garam

Cara membuat:

  1. Rebus telur hingga matang lalu kupas.
  2. Tumis bumbu halus hingga layu dan wangi. Masukkan telur, santan/air dan petis udang. Aduk rata.
  3. Masak hingga air menyusut. Tambahkan cabe rawit utuh.
  4. Koreksi rasa. Siap dihidangkan bersama ketupat dan sayur lodeh.

***

Tips:

Jika kurang suka dengan petis, takaran petis bisa dikurangi ya. 
Sebaiknya gunakan petis yang bagus dan enak, karena ini mempengaruhi rasa keseluruhan.


Gimana, gampang, 'kan? Cobain deh, dijamin nagih tralala. Yuk mari makan ketupat cap go meh khas Malang dulu!

Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin...



안녕!
Next Post Previous Post
4 Comments
  • Bang Day
    Bang Day 22 Mei, 2020

    Wait... ini buat imlek tahun depan ya?

    Duih liat irisan kentang balado auto ngiler deh. Bentar ya, mo telp RRI dulu mo pesan lagi adzan magrib

    • Sera Wicaksono
      Sera Wicaksono 24 Mei, 2020

      Ga usah nunggu imlek, klamaan. Buat lebaran aja kan gapapa. Ketupat opor plus telur petis, awawaw

  • Alfan Ismail
    Alfan Ismail 22 Mei, 2020

    mantap resepnya...bisa nih kapan2 istriku suruh cobain hehehe

  • Agustina Purwantini
    Agustina Purwantini 27 Mei, 2020

    Simpel resepnya. Cuma sayang bangeet. Aku gak suka telur rebus.

Add Comment
comment url