CLOY - Crash Landing on You, Kisah Apik Dua Negara Seteru

crash landing on you
***

K-Drama Crash Landing on You, Cinta Hyun Bin yang Bikin Emak Baper

Apa jadinya jika tiba-tiba kamu mendarat di negara yang sedang berseteru dengan negaramu? Apalagi kalau negara itu terkenal memiliki hukum yang kezham.
Bingung dan takut itu sudah pasti, tapi gimana caranya bisa balik ke negaramu hidup-hidup?
Hal ini yang sedang dialami dialami Yoon Se-Ra ehh, Yoon Se-Ri maksudnya.

Ironisnya, tragedy menggemaskan mengenaskan ini justru terjadi sehari sebelum dirinya dilantik menjadi pewaris tahta kekayaan bapaknya yang asli konglomerat tujuh turunan itu.
Sedih, pahit, dan kalut pastinya.
Terdampar nggak jelas di negara asing yang parahnya sedang berseteru. Suwer ini jadi langsung ngebanyangin gimana kalau di kejadian nyata ketahuan sama bapak paduka Kim tercintah. Haha.


Teaser 

Drama ini mengisahkan tentang kisah cinta Yoon Se-Ri yang diperankan oleh Son Ye Jin dan seorang kapten ganteng Ri Jung Hyuk yang diperankan oleh babang Iyung ganteng, itu tuh Hyun Bin, Hyun Bin. Kerumitan kisah cinta kali ini bukan karena perbedaan kasta status sosial keduanya, lebih parah lagi, kerumitan ini disebabkan perbedaan kewarganegaraan keduanya yang justru sedang berseteru, yakni Korea Utara dan Korea Selatan. Buset kan?

Nggak tanggung-tanggung latar yang diusung, bawa dua negara lho ini gais. Keren dah pokoknya, nonton drama cinta sambil ngebayangin gimana bapak paduka presiden Korut yang konon segala ucapannya adalah sabda itu.

Diceritakan, Yoon Se-Ri adalah CEO sukses dari sebuah perusahaan fashion terbesar di Korea Selatan. Kesuksesannya ini justru adalah hasil kerja kerasnya sendiri tanpa bantuan bapaknya yang tajir melintir itu. Sayangnya, dia dimusuhi oleh kedua kakaknya lantaran Yoon Se-Ri digadang-gadang sebagai pewaris kekayaan sang bapak karena sang bapak merasa justru Yoon Se-Ri lah yang paling kompeten daripada kedua kakaknya tersebut.

Masalahnya, si Yoon Se-Ri ini adalah anak si bapak tajir itu dengan mamak lain yang tak disebutkan disini. Meski begitu, emak tiri yang notabene isteri si bapak tajir ini tuh aslinya sayang banget sama dia meski diawal diceritakan beliau ini sinis ala emak-emak yang takut kehilangan harta suaminya. Sedangkan dua kakak tirinya memang saling berebut kekuasaan sang bapak, namun yang paling sadis adalah mbak ipar dari kakak kedua.



Sedangkan pemeran utama pria, babang Iyung alias Hyun Bin berperan sebagai kapten ganteng yang memilih ditugaskan di perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan ini adalah seorang anak petinggi di Korea Utara. Dia yang bercita-cita menjadi pianis hebat, memilih mengubur impiannya sejak kematian kakak terzheyenk nya akibat kecelakaan yang menurutnya janggal.

Dari sinilah kisah cinta ini dimulai. Kapten Ri yang saat itu sedang bertugas menjaga perbatasan bersama kompinya, menemukan Yoon Se-Ri nyangkut di pohon akibat angin puting beliung yang menimpanya saat paralayang. Tadinya, Yoon Se-Ri ini hanya terdampar di zona perbatasan saja, sayangnya, kejadian tak terduga lainnya justru menggiringnya masuk ke wilayah Korea Utara.





Kejadian seru dan menegangkan banyak terjadi saat Yoon Se-Ri masih di Korea Utara. Bagaimana Yoon Se-Ri yang bolak-balik gagal meloloskan diri, gimana akhirnya keduanya saling jatuh cinta padahal babang Hyun Bin aslinya udah punya tunangan, lalu tunangannya yang berasal dari keluarga kaya di Pyongyang Korea Utara itu pun muncul barengan sama mantan tunangan Yoon Se-Ri yang saat itu lagi kabur ke Korea Utara pasca menipu kakak kedua Yoon Se-Ri milyaran won.




Bumbu-bumbu preman kiriman kakak kedua Yoon Se-Ri, ditambah urusan politik dari para pejabat di Korea Utara juga semakin menambah ketegangan keadaan Yoon Se-Ri yang sejatinya disembunyikan itu.

Drama romantis yang dibumbui action dan militer ini berdurasi 60 menit per episode dengan total episode sebanyak 16. Standar sih ya.

Sebagian episode berlatarkan Korea Utara, menceritakan tentang perjuangan Yoon Se-Ri keluar dari Korea Utara untuk kembali ke Korea Selatan dan melanjutkan kehidupan yang selama ini dijalani, sedangkan sisanya, berlatar sebaliknya, yaitu di Korea Selatan. Perbedaan kehidupan di Korea Utara dan Korea Selatan disini kisahnya hampir mirip dengan drama korea yang mengusung cerita orang jaman Joseon yang menembus waktu menuju jaman modern. Semacam ternganga-nganga, atau orang kampung lagi ke ibu kota gitu deh.



As we know ya, Korea Selatan kan modernisasinya udah selangit tuh, apa-apa digital, apa-apa keren, bagus, dan hampir semuanya terkesan serba mevvah. Sebaliknya, di Korea Utara yang lebih idealis, konvensional, dan terkesan “kuno”, menganggap moderninasi sebagai sebuah kapitalisme.


Review

Dari keseluruhan rangkaian cerita menurutku utuh dan dikemas apik. Masuk akal alias nggak “mekso” atau nggak mengada-ngada meski ada satu kisah yang cukup disayangkan karena kematian pemeran pembantu pria. Kematian pemeran kedua ini juga nggak mekso sih, antimainstream malah, nggak kayak kematian Na Wang Sik di K-Drama The Last Empress yang asli mekso banget meski itu beralasan, dan meski aku tetep suka juga. Hehe.

Oke balik lagi ke CLOY.

Kisah cinta yang awalnya segi empat ini, berakhir menjadi kisah cinta dua pasang kekasih yang saling bertukar. Sayangnya, ya itu tadi, pasangan kedua diceritakan sang prianya meninggal dan sang wanita yang diperankan oleh Seo Ji-Hye memilih untuk mengikuti tren melajang ala ciwi-ciwi modern.

Drama ini lumayan banyak nampilin adegan action, tapi nggak sebanyak film action kok, jadi masih aman lah buat para bucin. Buktinya aku masih nyaman menikmatinya tanpa kejang-kejang. Hahaha.



Benang merahnya hampir sama dengan drama korea yang saat ini lagi tren, yaitu pemeran utama memiliki hubungan istimewa jauh sebelum saling mengenal yang saat ini. Semacam hubungan kisah masa lalu yang sudah usang dan terlupakan, terus ketemu lagi dengan cerita yang lebih nikmat. Contohnya kayak While You Were Sleeping, atau I Wanna Hear Your Song.



Pemeran Crash Landing on You

  • Hyun Bin, sebagai Ri Jung Hyuk
  • Son Ye-Jin, sebagai Yoon Se-Ri
  • Seo Ji-He, sebagai Seo Dan. Tunangan Ri Jung Hyuk
  • Kim Jung Hyun, sebagai Go Seung Joon. Mantan tunangan Yoon Se-Ri
  • Ha Seok-Jin, sebagai mendiang kakak Ri Jung Hyuk
  • Oh Man Seok, sebagai Jo Chul Kang. Musuh utama.


Detail Drama

Judul : Crash Landing on You
Judul Asli: 사랑의 불시착 | Sarangui Boolshichak
Genre : Romance
Episodes : 16 (Enam Belas) @60 menit
Sutradara : Lee Jung Hyo
Penulis Naskah : Park Ji-Eun
Channel : tvN
Jadwal tayang perdana : 14 Desember 2019



Well, sekian dulu ya cerita drama korea kali ini. Buat yang sudah nonton boleh yuk tambahin kesan-kesannya di kolom komentar. Buat yang masih penasaran, buruan tonton lalu komen juga disini.





Happy watching…
Annyeong.
sera wicaksono

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Aku udah nonton drama Korea Crash Landing on You dong. Awalnya pengen nonton drama Korea ini karena tokoh utamanya Hyun Bin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, tetep ya, faktor pemeran utama emang ambil andil dalam penentuan tontonan, wkek.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Yuk tinggalin ngobrol di kolom komentar :)
Link Aktif dan SPAM akan dihapus.

Happy reading other article....