kdrama review: the last empress


review the last empress

The Last Empress: Runtuhnya Sebuah Monarki


Penemuan mayat berkalung permata safir yang konon nilainya 2,2 juta USD di dalam istana kekaisaran Korea itu sontak membuat publik geger dan kembali mempertanyakan penyebab kematian seorang permaisuri tujuh tahun silam.

Begitu adegan pertama dalam drama Korea Thriller berjudul The Last Empress / Empress's Dignity ini.

Meski drama ini berlatar belakang Istana Gyeongbok, tapi ternyata tidak ada kaitannya dengan sejarah kerajaan Korea sama sekali, lho.






Fiksi yang menggambarkan Monarki Konstitusional ini sarat akan konflik dengan banyak adegan menegangkan, namun tetap dibumbui dengan kelucuan-kelucuan yang mampu meredakan stress saya selama menonton drama ini.

Aslinya saya ini bukan pecinta drama thriller, tapi The Last Empress menyuguhkan genre hororisasi yang masih bersahabat dengan jantung saya.

Pemeran utama sebagai Kaisar Lee Hyuk diperankan oleh Shin Sung Rok, berkonotasi sebagai anak mama yang memanfaatkan kekuasannya untuk kepentingan pribadinya.


pemeran kaisar lee hyuk dalam the last empress
Shin Sung Rok as Kaisar Lee Hyuk


Jujur sih ya, dengan konotasi seperti itu saya kurang sreg aja sama Shin Sung Rok ini, mukanya berasa kurang dapet aja kesan manjanisasinya.
Ditambah pemeran Na Wang Shik saat masih gembul itu, semakin membuat saya underestimate di awal episode.

Kebetulan saya juga telat nontonnya, jadi lagi-lagi kekepoan ini berawal dari nonton di Trans TV.

Hingga sepekan drama ini diputar di stasiun TV lokal tersebut, saya belum terpukau. Nontonnya pun sembari lalu. Pun banyakan pak suami yang menceritakan sudah sampai mana ceritanya.

Tetiba pak suami bilang kalau pemeran Na Wang Shik yang gembul telah bermetamorfosa menjadi kurus dan ganteng. Aishhh.

Kepo dong saya.

Sayangnya, tayangan di televisi saat itu sudah kelar, jadilah jempol saya langsung mendarat di situs download K-Drama langganan saya.

Weladalah
setelah baca sinopsis dan daftar pemerannya, eummm saya terbelalak ternyata ada nama bebeb Choi Jin Hyuk dalam deretan daftar tersebut.


gif


Nggak perlu nunggu besok, saat itu juga saya langsung download.

Bhahaha!

Jadi pemeran itu mempengaruhi download apa engga ya?

Banget!


Na Wang Sik edisi pertama

Na Wang Shik setelah bermetamorfosa


Beragam dendam yang dibawa masing-masing pemeran

Na Wang Shik yang akhirnya diperankan oleh Jin Hyuk ini memiliki dendam kesumat pada Kaisar Lee Hyuk yang telah menabrak ibundanya hingga tewas. 
Demi meninggalkan jejak kejahatannya itu, sang kaisar justru memburu Na Wang Shik karena dianggap sebagai saksi yang bisa mengancam pamornya sebagai kaisar.

Min Yoo Ra dan Kaisar Lee Hyuk

Dalam usaha pengalihan kejahatannya itu, kaisar Lee Hyuk juga membuat alibi dengan menghadiri sebuah drama musikal yang dimainkan oleh Oh Ssu Ni (sunny) yang notabene fans berat sang Kaisar.

Alibi ini ide dari Min Yu Ra, asisten sekaligus pacar gelap kaisar yang saat itu turut andil dalam peristiwa kematian ibundanya Na Wang Shik.

Ironisnya, ibunda dari Na Wang Shik ini juga adalah orang yang menolong Min Yu Ra tujuh tahun silam saat Min Yu Ra mengandung anak tanpa diketahui keberadaan dimana bapak si jabang bayi. Dan Na Wang Shik pun hadir sebagai penyemangat hidupnya sekaligus menjadi pacar Min Yu Ra sebelum ia lulus ujian untuk masuk dan bekerja di kekaisaran.



Sementara, sang Ibu Suri yang menentang hubungan antara Kaisar Lee Hyuk dan Min Yu Ra, justru membuat kaisar harus menikahi Oh Sunny sebagai upaya Ibu Suri memisahkan Min Yu Ra dengan Kaisar.

the last empress jang na ra
Jang Na Ra as Oh Ssu Ni (sunny)

Sudah kebayang kan gimana rumitnya kisah cinta dan dendam mereka?


The Last Empress memiliki durasi 30 menit setiap episodenya dengan total episode sebanyak 52.
Kalau dihitung berdasarkan jam normal, kira-kira sekitar 26 episode lah. Lumayan ya bokkk.


Seberapa menegangkan adegan dalam drama ini?

Kalau saya masih bisa enjoy dan menikmatinya, artinya tingkat hororisasinya tidak terlalu parah. You know lah, saya nggak bisa nonton adegan yang justru bikin jantung saya bekerja lebih keras.



Na Wang Shik yang dengan susah payah masuk istana hanya untuk membalas dendam pada kaisar dan Min Yu Ra, sesungguhnya Min Yu Ra sendiri pun masuk istana dan menarik perhatian sang kaisar demi sebuah pembalasan dendam juga.

Sedangkan Ibu Suri yang awalnya mengira Ohh Sunny bisa ia jadikan boneka dan mudah dimanfaatkan untuk kemudian disingkirkannya, justru berbalik menjadi momok yang mengungkap kebusukan ibu suri selama ini.

Pemeran utama wanita sebagai permaisuri terakhir Ohh Sunny yang diperankan oleh Jang Na Ra ini berkarakter sebagai wanita periang dan easy going. 
Ibunya yang telah meninggal 10 tahun silam pun ternyata memiliki sekelumit kisah rumit yang berhubungan dengan kaisar dan ibu suri juga.

Semakin menegangkan, bukan?

Lalu siapa sebenarnya pembunuh permaisuri tujuh tahun silam?

Rasa penasaranmu ini akan dibawa hingga hampir akhir episode, lho.


Ending yang agak membuat saya kecewa dua belas

Dari semua adegan yang bikin hati saya agak nggak tenang adalah kematian Na Wang Shik, tanpa pamit dan berkesan maksa itu. 
Nggak terima aja sih kalo mas bebeb Jin hyuk tiba-tiba ngilang dengan naskah meninggal gara-gara pegang bom.

Awwww, saya nggak terima kisanak.

Dan,,, ending penembakan kaisar oleh ibu suri yang timingnya terasa janggal itu juga membuat saya agak merana memikirkan akhir cerita cinta mas kaisar.

Meski begitu, saya tetap rekomen drama ini, keren banget. *soalnya ada bebeb Jin Hyuk, kan?* hehehh.

Tapi serius, untuk pecinta drama Korea yang sukanya drama selow tapi pengen sedikit menantang, The Last Empress ini pas banget.

Well, sekian dulu ya cerita drama korea kali ini. Buat yang sudah nonton boleh yuk tambahin kesan-kesannya di kolom komentar. Buat yang masih penasaran, buruan tonton terus komen juga disini.

Happy watching…


Annyeong.



Post a Comment

6 Comments

  1. Ini gegara Jin Hyuk oppa udah terlanjur teken kontrak utk 48 episode.. Trus ternyata diperpanjang kn jd 52 eps. Nah oppa udah kadung ada kontrak kerja lain. Jadilah ending Na Wang Shik jd aneh bgitu. Agak kecewa sebenarnya. Tp gpp deh.. Ttp recommend buat ditonton, konfliknya kompleks bgt. Seru tp gemees gmn gt

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh gitu ya, pantes jadi gak jelas gitu endingnya, ahh oppa

      Delete
  2. Pengen banget nonton ini, apa daya belum ada waktunya. Banyak yg bilang drama ini bagus meskipun episode nya lebih panjang di banding drakor-drakor yang biasa ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya panjang, dan masih diperpanjang jadi 52 total (26 jam).
      tapi beneran kudu beneran luang waktu, karena bikin penasaran. saya sampai unproductive pas marathon nonton ini, (penyakit saya kalo nonton drakor yg sudah full episode sih memang, hehe)

      Delete
  3. kayaknya bolehlah yg ini aku download :D. aku ga terlalu suka drama menye2... tp kalo ada sedikit horor ato thriller, naaahhh bisa jadi sukaaaa :D. ini baca sinopsisnya seperti menarik mba. terlepas endingnya mengecewakan, gpplah.. yg ptg ada seru2nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya, meski endingnya agak ssedikit ''cum" mengecewakan. Tp masih worth kok.

      Tapi juga bukan thriller yang sadis abis juga. Sedeng lah.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar sesuai artikel dengan bahasa yang baik dan sopan.

Link Aktif dan SPAM akan dihapus.
NO WAR!

Happy reading other article....