Alat Kasir Android Praktis ini Wajib Dimiliki Pelaku UKM

alat kasir android

Alat Kasir Android untuk Pelaku UKM di Era Industri 4.0

Pergerakan di era industri 4.0 memang begitu cepat, terlebih bagi pelaku UKM yang tentunya dituntut berevolusi dengan cepat. Mesin Kasir berbasis Android sebagai perwujudan kemajuan teknologi industri 4.0 ini pun digadang-gadang mampu menjadi asisten kasir terbaik serta efisien dalam pengelolaan bisnis atau usaha kita.

Di era milenial yang apa-apa serba aplikasi dan online, tentu bukan hal yang mengagetkan lagi jika mesin kasir pun kini bisa menggunakan teknologi aplikasi berbasis android. Kabar baik buat para pelaku UKM, bukan?


Keuntungan Menggunakan Mesin Kasir Android Portable

Seperti yang kita tahu, mesin kasir konvensional tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi sistem pengoperasian yang cukup rumit, dan yang pasti membutuhkan teknisi khusus jika terjadi masalah teknis. 
Hal ini tentu kurang efisien bagi pelaku UKM, terlebih jika usahanya saja baru dirintis.

Sejak kemunculan aplikasi kasir berbasis Android maupun IOS. Kini pelaku usaha kecil menengah pun bisa tampil canggih dan modern. Aplikasi kasir ini tidak hanya mampu melakukan kalkulasi dengan cepat saat konsumen hendak membayar, pencatatan penjualan hingga jumlah stok barang pun akan lebih cepat terdeteksi.

Menariknya lagi, aplikasi kasir ini sudah terintegrasi dengan internet yang memungkinkan system pembayaran online berbasis kode QR dan mobile banking. Sehingga kita tidak perlu lagi repot untuk mendaftarkan outlet kita ke dalam jaringan pembayaran tersebut.

pembayaran berbasis kode qr


Selain pengoperasian yang mudah layaknya kita menggunakan sebuah aplikasi di smartphone, aplikasi kasir ini juga dapat dioperasikan atau dimonitor dari jarak jauh. Tentunya hal ini akan sangat berguna jika kita memiliki usaha lebih dari satu outlet, bukan?
Kita tetap bisa memantau transaksi penjualan meski kita tidak berada di tempat. Dan resiko "kebocoran" transaksi pun menjadi lebih kecil.

Tidak hanya aplikasi yang bisa digunakan di ponsel saja, beberapa pengembang aplikasi kasir pun kini telah menyediakan mesin kasir mini yang portable. Hanya dengan satu perangkat, kita sudah bisa mengelola semua pesanan dan transaksi usaha sekaligus mencetak struk. Tak perlu repot nulis nota lagi kan? Dan, yang namanya portable, tentu memungkinkan untuk kita bawa kemana-mana.

Bukan tidak mungkin dong, dagang cilok pake struk. hihi.


Perangkat Multifungsi dari Gobiz

Gobiz sebagai salah satu pelopor perusahaan unicorn dan pengembang alat kasir android di Indonesia, kini juga menyediakan sebuah perangkat mesin kasir portable dengan aplikasi berbasis android.

Selain mengelola pesanan dan transaksi pembayaran, perangkat multifungsi dari GoBiz ini pun dapat menerima pembayaran non-tunai seperti QRIS atau pembayaran menggunakan kartu seperti kartu kredit dan kartu debit tanpa harus menyediakan mesin EDC.

Di tengah masa adaptasi new-normal seperti sekarang ini, menerima pembayaran non-tunai tentu menjadi alternative terbaik dalam upaya pencegahan penularan covid-19. Selain itu, kita juga tahu bahwa pembayaran berbasis kode QR saat ini menjadi trend tersendiri. Bukan hanya terbebas dari ribetnya urusan kembalian, transaksi non-tunai ini juga mempermudah dan mempercepat proses transaksi tentunya.

Fitur lain yang tak kalah penting adalah mencetak struk secara instant tanpa perlu membeli mesin printer lagi, karena perangkat multifungsi dari GoBiz ini sudah dilengkapi dengan built-in printer yang sesuai dengan aplikasi GoBiz.

aplikasi mesin kasir


Menurut penjelasan dari situs GoBiz, selain mendapatkan perangkat mesin kasir mini tersebut, kita juga akan mendapatkan 2 roll kertas printer saat pertama kali mendaftar. Selanjutnya, kertas printer bisa kita beli sendiri di toko alat tulis terdekat.


Cara Menggunakan Aplikasi Mesin Kasir Android

Pembelian Paket

Pertama-tama, tentu saja kita harus melakukan pembelian paket aplikasi kasir. Harga paket bisa berbeda-beda pada setiap aplikasi berikut fitur yang bisa kita dapatkan. Ada yang mematok tarif bulanan, ada juga yang terhitung harian. 
Misalnya pada aplikasi dan perangkat GoBiz, kita hanya dikenakan biaya Rp.4.900/hari saja dengan biaya pendaftaran sekitar Rp.490.000.

Unduh dan Instal Aplikasi

Setelah melakukan pembelian paket, selanjutnya adalah instal aplikasi menggunakan perangkat. Bisa dengan ponsel milik pribadi sesuai spesifikasi yang direkomendasikan maupun perangkat yang biasanya sudah tersedia dalam paket sewa aplikasi kasir ini.

Beberapa aplikasi kasir tersedia untuk perangkat android dan ios, namun saat ini kebanyakan hanya aplikasi berbasis android saja. Karena mungkin pertimbangan pengguna android lebih jamak.

Memasukkan Akun dan login

Setelah aplikasi terinstal, selanjutnya kita harus melakukan login untuk dapat menggunakan berbagai fitur yang tersedia. Setiap aplikasi pasti akan menggunakan akun yang terdaftar untuk akses login kita. Aplikasi kasir ini pun demikian.

Memasukkan Data/Katalog

Setelah berhasil login, selanjutnya adalah setting data atau katalog pada usaha kita. Misalnya daftar barang, deskripsi barang, kategori barang, jumlah stok, beserta harganya. 
Atau jika kita memiliki outlet lebih dari satu, pada pengisian data ini termasuk juga data outlet yang kita miliki beserta daftar barang atau menu di dalamnya.

Memulai Transaksi

Setelah semua setting dan input data selesai, selanjutnya aplikasi kasir sudah bisa kita gunakan untuk melakukan proses transaksi. Pada perangkat yang sudah built-in printer seperti perangkat multifungsi GoBiz, kita juga bisa mencetak struk secara instan menggunakan perangkat tersebut tanpa repot lagi dengan penyediaan mesin printer bluetooth atau portable secara terpisah.


Oke, terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis. Semoga bermanfaat dan sukses untuk semua pelaku UKM agar ekonomi bangsa ini mampu berkembang pesat.



안녕!
sera wicaksono

Posting Komentar

10 Komentar


  1. Menarik juga nih ulasan tentang Apliksi Android mesin kasir portable.😊😊

    Penjabarannya juga sangat lengkap diatas. Gw coba Download aah..😊😊

    Ok thanks yaa sudah berbagi info menarik.😊😊

    BalasHapus
  2. Pakai alat kasir android ini bikin hidup makin simple ya mbak, nggak perlu bawa uang tunai, kalo di Lamongan kayaknya belum banyak yang pakai. Semoga kedepannya makin banyak tempat2 yang pakai alat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. memudahkan kontrol laporan keuangan juga

      Hapus
  3. Iya ih. Jualan pop ice juga bisa dikasih struk kalau pake alat kasih portable ya mbak. Gobiz emang cool.

    BalasHapus
  4. Memang di era digital ini pengusaha juga harus mengikuti perkembangan zaman. Mesin kasir android ini merupakan kecanggihan teknologi yang seharusnya dimiliki oleh pengusaha. Sebab tidak hanya mampu menghitung dengan cepat saat ada konsumen yang ingin membayar tapi juga jumlah stok barang juga bisa diketahui dengan cepat.

    BalasHapus
  5. Menarik juga mbak, dengan aplikasi kasir maka berapa modal dan keuntungan akan lebih cepat diketahui, terus bisa cetak struk lagi jadinya bisa jadi nilai tambah, soalnya kadang pembeli ada yang minta struk belanja juga.

    Biaya hariannya 4.900 tidak terlalu mahal sih apalagi jika bisnisnya ramai.😊

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Yuk tinggalin ngobrol di kolom komentar :)
Link Aktif dan SPAM akan dihapus.

Happy reading other article....