Kombinasi Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan

Warna cat rumah bagian luar yang elegan

Siapa nih yang setiap mau Lebaran biasanya sibuk mengecat ulang tembok rumah? Di rumah Ibu saya, ritual menjelang Lebaran ini hampir tak pernah terlewat. Atau setidaknya dua tahun sekali. Namun entah kenapa timing-nya selalu menjelang Ramadhan atau Lebaran. Buat yang samaan, saya mau berbagi rekomendasi kombinasi Warna cat rumah bagian luar yang elegan, nih. Yuk simak yuk!

Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan

Ngomongin masalah cat tembok rumah, beberapa waktu lalu sempat ramai di perghibahan tiktok tentang warna cat tembok sebagai background seorang seleb Korea yang sedang dance. Sebuah komentar jahil sempat saya baca, “Kok warna cat temboknya hijau miskin gitu, sih?”

Saya cukup tersentil karena rumah Ibu saya juga sering menggunakan cat warna itu. Meski begitu, saya juga sepakat kalau warna hijau pada tembok dalam video tersebut memang terkesan over gonjreng dan kurang estetik. Eitss, saya tidak bilang warna hijau itu jelek ya. Semua kembali pada selera. sejujurnya saya pribadi juga penyuka warna hijau.

Nah kalau teman-teman juga menyukai warna hijau, teman-teman bisa memilih warna hijau yang lebih pale atau pastel. Pun, sebisa mungkin dikombinasikan dengan padanan warna yang selaras agar tampilan warna hijaunya tetap elegan dan tidak terlalu mencolok. misalnya dengan warna apricot, krem, atau olive.

Nah, buat yang sedang bingung memilih warna cat tembok, berikut beberapa rekomendasi kombinasi warna cat rumah bagian luar dan dalam yang elegan yang saya kumpulkan dari beberapa sumber. Disclaimer, beberapa pilihan ini cenderung menurut versi saya, ya. Karena pada dasarnya, sebuah “keindahan” itu tetaplah memiliki nilai relatif.

warna cat rumah bagian luar yang cerah
Dokumentasi: Desaintara - Pinterest

Putih tulang/Krem – Coklat karamel – Coklat tua

Jika menyukai tampilan rumah yang cerah namun tidak suka warna putih karena terlalu old school. Pilihan warna putih tulang atau off white, bisa juga warna krem, akan membuat tampilan rumah tetap cerah namun lebih hangat dan berkelas.

Untuk paduan warna krem ini, teman-teman bisa memilih warna coklat karamel pada kusen-kusen jendela dan pintu. Penggunaan warna coklat gelap pada tepian atap rumah juga memberikan aksen tegas sehingga membuat paduan warna-warna tersebut menjadi manis dan elegan.

Hitam - Krem (Marble) - Coklat kayu

Untuk model rumah minimalis, memilih warna hitam pada beberapa bagian yang ingin di-highlight juga merupakan pilihan yang tepat. Warna hitam pekat akan terlihat mewah dengan paduan warna krem atau bisa juga dengan off white. Sentuhan warna coklat kayu pada daun pintu akan semakin membuatnya terlihat manis.

Namun untuk warna hitam ini, kurang dianjurkan bagi model rumah yang memiliki banyak ornamen. Misalnya ukiran, tiang-tiang, jendela yang banyak motif, dan sebagainya.

warna cat rumah mewah
Dokumentasi: Runie Sari - Pinterest

Mauve - Putih - Abu muda

Mauve? Warna apa nih? Hehe. 

Buat yang belum pernah dengar warna mauve, warna ini adalah salah satu warna pastel dari koloni coklat dan abu-abu. Warna cokelat keabu-abuan yang sepintas mirip maroon ini akan membuat tampilan rumah cerah dan hangat. Untuk menambah kesan yang lebih segar, berikan sentuhan warna putih pada kusen dan daun pintu.

warna cat rumah yang bagus dan cerah
Dokumentasi: Alma Jara - Pinterest

Abu tua – Hitam – Putih

Bagi penyuka rumah berjenis minimalis, perpaduan warna ini tentu akan membuat tampilan rumah menjadi mewah dan elegan. Gunakan warna dark grey pada bagian-bagian yang ingin ditonjolkan. Sebagai penyeimbang agar rumah tidak terkesan suram, teman-teman bisa menggunakan warna putih pada sebagian temboknya.

Untuk semakin mempercantik tampilan mewahnya, pilih warna hitam untuk pagar, teralis, kusen dan pintu.

warna cat rumah bagian luar yang elegan
Dokumentasi: Pinterest

Pilihan warna dark grey yang agak kebiruan juga boleh banget digunakan sebagai warna mayor, loh. Tetap gunakan warna-warna cerah seperti putih atau baby blue untuk menyeimbangkan warna gelap dari abu tua dan hitam ini. Dan perlu diingat kembali, pilihan warna hitam dan abu-abu gelap akan lebih cocok jika digunakan pada rumah bergaya minimalis ya temans.

Gradasi grey – Hitam – Putih – Merah Bata

Bicara warna grey lagi nih, maaf ya jika rekomendasinya cenderung untuk rumah-rumah bertipe minimalis. Karena kebetulan saya menyukai tipe rumah seperti ini. Hehe. Jika temans adalah penyuka rumah yang minimalis namun ingin tetap terlihat ceria, teman-teman bisa memodifikasi tembok dengan warna gradasi dari abu-abu hingga hitam ini.


Sebagai highlight, warna merah bata juga tak kalah mewah, loh. Gunakan warna merah bata pada beberapa bagian yang ingin ditonjolkan saja. Pilihan warna merah sebagai highlight akan membuat rumah terkesan lebih segar dan hidup.

Sementara untuk kusen dan daun pintu, teman-teman bisa memilih warna putih untuk kesan ceria dan cerah.

Khaki – Coklat tua – Hitam – Putih

Warna khaki ini juga cocok banget sebagai pilihan warna cat rumah bagian luar yang elegan, loh. Untuk semakin mempercantik warna khaki ini, pilihlah warna coklat tua untuk memberi kesan manis pada tepian atap.

Warna hitam untuk teralis dan pagar besi tetap menjadi pilihan utama untuk mempertegas garis warna. Sedangkan beberapa bagian seperti beton atap jendela, bisa memilih warna putih atau putih tulang sebagai aksen agar warna rumah tidak terlihat monoton.

warna cat luar rumah yang sejuk
Dokumentasi: Ayesha - Pinterest

Sekadar informasi, beberapa merek cat tembok mungkin tidak memiliki warna-warna siap pakai yang saya sebutkan di atas tadi. Untuk menyiasatinya, teman-teman bisa mencampur beberapa warna sehingga dapat menghasilkan warna tersebut. Atau minimal mendekati.

Berbeda-beda merek cat tembok, cat kayu, maupun cat besi, biasanya juga memiliki kode warna yang berbeda. Begitu juga dengan tone warnanya. Jadi, selamat berburu warna cat dan bermain warna ya temans.

Oke deh, segini dulu ya rekomendasi warna cat rumah bagian luar yang elegan kali ini. Semoga beberapa rekomendasi di atas dapat memberi inspirasi bagi teman-teman yang sedang bingung memilih warna cat tembok.



안녕!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url