4 Cara Menghadapi Rasa Sedih Pasca Kehilangan Orang Tersayang

cara menghilangkan kesedihan ditinggal mati suami

Hampir setiap manusia pernah dan mungkin akan menghadapi momen kehilangan orang terkasihnya. Kehilangan orang-orang tersayang untuk selamanya, tentu akan membuat kita merasa sedih dan duka yang dalam.

5 Kelompok Kategori Gejala Kesedihan Seseorang

Menurut Stroebe & Schut, orang yang sedang mengalami kesedihan dibagi dalam 5 kelompok kategori berdasarkan gejala umum yang muncul.

Misalnya secara fisik, biasanya ditandai dengan munculnya insomnia atau gangguan sulit tidur. Hilangnya nafsu makan untuk waktu yang lebih lama, juga sebagai salah satu tanda yang muncul berdasarkan kategori fisik ini. Indikasi kognitif ditandai dengan sulit fokus atau konsentrasi. Sementara indikasi emosional salah satu contohnya adalah mudah marah atau merasa bersalah dengan keadaan. Secara interpersonal, umumnya ditandai dengan suka menyendiri atau menarik diri dari lingkungan serta pergaulan. Dan yang terakhir, perubahan gaya hidup yang berbeda dengan sebelumnya.

4 Cara Menghadapi Rasa Sedih

Nah, berikut ini ada 4 tips cara mengatasi rasa sedih pasca ditinggal orang tersayang.

1.      Menyadari Bahwa Kesedihan itu Normal

Teori tahapan berduka yang umumnya dilalui seseorang dalam buku “The Five Stages of Grief”, karya seorang penulis sekaligus psikiater berdarah Amerika-Swiss, Elisabeth Kübler-Ross. Disebutkan bahwa ada 5 tahapan kesedihan seseorang, yakni: Penyangkalan (Denial), Marah (Anger), Menawar dengan mengandai-andai (Bargaining), Depresi (Depression), kemudian yang terakhir adalah tahap Menerima (Acceptance).

Meski kelima tahapan tersebut merupakan hal lumrah dan umum dialami seseorang saat berduka, namun ketimbang menyangkal setiap fase sedih tersebut, ada baiknya untuk mendengarkan dan memberi waktu pada diri sendiri bahwa semua ini akan berlalu.

2.      Menangis itu Boleh

Sebuah riset dari Frontiers in Psychology, menyebutkan bahwa dengan menangis dapat mengurangi rasa duka akibat terciptanya hormon oksitoksin dan endorfin yang merupakan hormon-hormon pencetus bahagia atau rasa nyaman. Sehingga bisa dikatakan juga bahwa menangis dapat memberi efek langsung untuk menenangkan perasaan seseorang yang sedang sedih, baik pria maupun wanita.

Jadi wahai laki-laki, jika kalian merasa tidak mampu untuk menahan rasa dukamu, menangislah! Nggak apa-apa, kok. Kalian tidak akan ujug-ujug berubah jadi cewek.

3.      Curhat dengan Keluarga atau Orang Terdekat

Dengan bercerita, boleh jadi tidak akan mengubah keadaan. Namun dengan bercerita, sedikitnya akan mengurangi beban luka yang tersimpan. Terlebih jika kita dapat bercerita pada orang yang pernah mengalami hal serupa, chemistry dari kesamaan keadaan itu akan memberi kita kekuatan dan perasaan bahwa kita tidak sendiri.

4.      Mencari Aktivitas Positif yang Menyenangkan

Melakukan kegiatan positif yang disukai juga dapat membantu mengurangi rasa sedih. Meski tidak sepenuhnya menghilangkan rasa duka, setidaknya pikiran kita tidak terjebak untuk memikirkan hal sedih tersebut secara terus menerus. Dengan begitu, secara perlahan rasa sedih itu pun akan menguap. Apalagi jika kegiatan menyenangkan tersebut dapat memberi dampak positif lain, misalnya menghasilkan cuan, atau menambah pengalaman baru.

Setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda untuk bangkit dan melewati setiap fase kesedihannya. Ada yang hanya dalam hitungan jam, hari, bahkan ada pula yang hingga hitungan tahun. Namun, jika bukan kita sendiri yang berupaya untuk lepas dari rasa sedih itu, lalu siapa lagi?

Rasa sedih berkepanjangan dapat menimbulkan keputusasaan sehingga berisiko pada depresi akut. Sebelum hal tersebut menjadi lebih parah, ada baiknya untuk menghubungi seorang profesional yang lebih berpengalaman untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Beruntungnya, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa FWD Insurance juga menghadirkan layanan FWDCare Recovery Plan. Yaitu sebuah layanan dukungan fisik serta emosional kepada tertanggung atau anggota keluarga penerima manfaat, mulai dari konseling mental hingga bantuan konsultasi hukum. Layanan tanpa tambahan biaya ini menawarkan manfaat lebih panjang (pasca-klaim) hingga 6 (enam) bulan sejak pertama kali layanan diaktivasi. Jangan khawatir! Pendampingan akan dilakukan oleh tenaga yang ahli di bidangnya serta terpercaya untuk membantu keluarga penerima manfaat melalui masa-masa sulit tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan FWD Care Recovery Plan, silakan mengakses melalui website fwd.co.id/fwdcare atau menghubungi FWD Customer Care di 1500 525.

 

 

안녕!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url