Contoh Surat Lamaran Kerja yang Menarik dan Tidak Kaku

contoh surat lamaran kerja

Lulus sekolah maupun kuliah bukanlah sebuah akhir, namun justru dimulainya babak baru dalam kehidupan seseorang. Betul apa betul? Setelah lulus mengenyam pendidikan, kita akan dihadapkan pada belantara dunia kerja yang semakin ke sini semakin penuh belukar itu. Tapi tenang! Kali ini saya mau berbagi contoh surat lamaran kerja yang menarik dan tidak membosankan.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baku dan Menarik

Namun sebelum kita membahas contoh surat lamaran kerja, teman-teman fresh graduate juga perlu tahu dulu nih, susunan dasar surat lamaran kerja yang baku sesuai kaidah kepenulisan surat formal. Tentu berbeda dengan surat cinta ya temans… #Ehh siapa nih yang dulu suka nulis surat cinta pakai kertas surat yang wangi itu?

Lowongan Fresh Graduate tapi harus Memiliki Pengalaman kerja?

Pernah nggak sih bingung dengan sebuah lowongan pekerjaan yang mencari fresh graduate namun diharuskan memiliki pengalaman kerja minimal satu tahun?

“Kan fresh graduate, kok harus dengan pengalaman kerja? Kan emang belum kerja?” pikir saya saat itu.

Namun ternyata pemikiran saya dulu salah kaprah, ya temans. Fresh graduate dengan pengalaman kerja artinya pernah mengikuti sebuah organisasi atau pernah terlibat dalam sebuah kegiatan acara. Misalnya, pernah terlibat dalam kepanitiaan sebuah acara yang digelar kampus atau kelurahan. Sementara jika tertulis satu tahun, artinya, pengalaman tersebut dilakukan dalam jangka satu tahun terakhir. Jadi tidak harus selama satu tahun penuh dan tidak harus sesuai bidang keahlian pada pekerjaan yang akan dilamar.

Tujuannya apa?

Tujuannya adalah untuk mengetahui karakter pelamar tersebut. Bagi yang sudah terbiasa atau pernah bekerja (apa pun itu) terutama bekerja secara tim, biasanya akan lebih memiliki karakter yang kuat serta cenderung mengerti akan tanggung jawab pekerjaan. Bukan berarti yang belum pernah bekerja tidak memiliki tanggung jawab, ya.

Gitu sih penjelasan yang pernah saya baca. So, buat teman-teman fresh graduate, jangan malas untuk mengikuti kegiatan kepanitiaan. Beruntung lagi jika teman-teman berkesempatan untuk bekerja sebagai freelancer, selain mendapatkan pengalaman kerja secara nyata, juga mendapatkan fuluz yang muluz.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja merupakan salah satu jenis surat formal yang perlu kita pahami struktur serta penggunaan tata bahasanya. Berikut ini susunan atau format surat lamaran kerja menurut kaidah baku penulisan surat formal.

Tempat dan Tanggal Surat Dibuat

Di bagian paling atas surat harus tertulis tempat dan tanggal surat dibuat. Tempat biasanya ditulis berdasarkan nama kota, sedangkan tanggal ditulis secara lengkap beserta nama bulan dan juga tahun. Untuk nama bulan sebaiknya ditulis menggunakan huruf bukan angka ya, temans. Sedangkan untuk tahun juga ditulis secara utuh.

Contohnya: Denpasar, 25 Maret 2023.

Penerima dan Alamat Perusahaan atau Kantor yang Dituju

Penerima surat lamaran umumnya adalah bagian HRD (Human Resource Department). Namun jika teman-teman memiliki tujuan khusus silahkan disesuaikan. Misalnya Kepala Kantor Kelurahan. Namun teman-teman harus memastikan terlebih daulu kepada siapa surat lamaran harus ditujukan.

Sedangkan untuk alamat tujuan surat, menurut kaidah yang baru harus menuliskan alamat dengan jelas. Bukan ditulis “di tempat” ya temans. Itu kaidah jaman emak saya.

Contoh:

Kepada:

Yth. Bapak/Ibu HRD PT Batako

Di Jl. Simpang kenangan mantan nomor xx

Nama kota

Salam Pembuka dan Kata Pengantar

Salam pembuka dalam surat formal, biasanya ditulis “Dengan hormat” yang mengesankan bahwa kita menghormati. Kata tersebut juga mewakili semua kalangan maupun agama.

Kata pengantar merupakan kalimat basa-basi penghubung untuk menuju isi pokok surat.

Contoh:

Dengan hormat.

Sehubungan dengan info lowongan pekerjaan dari PT Batako untuk bagian administrasi yang saya dapatkan melalui portal lowongan kerja online pada tanggal 23 Maret 2023 lalu. Maka dengan surat ini saya bermaksud untuk melamar posisi tersebut.

Isi Surat

Isi surat biasanya menjelaskan secara singkat, padat, dan jelas tentang siapa kita, kemampuan dan keterampilan kita, pengalaman kerja yang kita miliki, benefit perusahaan jika menerima kita sebagai karyawan, dan sebagainya. Susunan tersebut bisa kita tulis dalam bentuk daftar biografi maupun kalimat uraian agar lebih luwes.

Untuk perusahaan atau instansi yang lebih formal, biasanya penulisan dalam bentuk dafar biografi sudah oke, namun untuk perusahaan yang bergerak di bidang yang lebih kreatif, penulisan secara uraian terkadang lebih dipertimbangkan. Karena daftar biografi juga akan kita cantumkan secra lengkap di dalam daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV). Yang terpenting singkat, padat, jelas dan menggunakan tata bahasa yang benar serta sopan.

Contoh:

Perkenalkan nama saya Sera Wicaksono, saya adalah lulusan Universitas Perjalanan Hidup fakultas bla bla bla tahun 2022. Sebagai lulusan bla bla bla, saya memiliki keterampilan begini begini begini. Saya juga pernah mengikuti kegiatan begitu begitu begitu sehingga memberi saya pengalaman bekerja dalam tim. Dan seterusnya.

Lampiran Dokumen yang Dikirim

Setelah menulis surat lamaran kerja yang memikat, jangan lupa nih untuk melampirkan beberapa dokumen pendukung. Semua dokumen yang kita lampirkan, perlu untuk kita cantumkan dalam badan surat lamaran sebagai bahan pertimbangan pembaca surat yang notabene adalah tim rekrutmen.

Contoh:

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen pendukung:

1. Daftar Riwayat Hidup

2. Ijazah terakhir (Bisa ditambahkan fotokopi jika berupa surat fisik)

3. Transkrip Nilai (Bisa ditambahkan fotokopi jika berupa surat fisik)

4. Sertifikat ABCD (Bisa ditambahkan fotokopi jika berupa surat fisik)

5. Surat pengalaman Kerja (Bisa ditambahkan fotokopi jika berupa surat fisik)

6. dst.

Kalimat Penutup

Setelah menulis surat secara benar dan lengkap, saatnya menulis kalimat penutup yang cantik dan memikat. Kalimat penutup atau closing sebaiknya tidak terlalu merendah, namun tetap terlihat santun dan berkelas. Sebaiknya hindari penggunaan kalimat-kalimat terlalu merendah dan mainstream seperti “sudilah kiranya”. Gunakan kata-kata positif dan bersemangat.

Contoh:

Dengan kemampuan dan pengalaman kerja yang saya miliki tersebut, saya berharap dapat bergabung menjadi karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin agar dapat memberikan kontribusi positif untuk kemajuan perusahaan. Saya menunggu kabar baik dari Bapak/Ibu untuk jadwal interview berikutnya. Atas perhatian dan apresiasi Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Nama Jelas dan Tanda Tangan Pengirim Surat

Sebelum menuliskan nama, teman-teman bisa menyematkan “salam hormat”. Tuliskan nama secara jelas juga tanda tangan di akhir surat. Hal ini terlihat sepele, namun bagi beberapa HRD terkadang dapat membaca karakter dari tanda tangan kita, loh. So, perhatikan juga ya temans.

contoh surat lamaran kerja yang menarik
contoh surat lamaran kerja yang menarik dan kekinian


Contoh Surat Lamaran Kerja (Format lurus kiri):

Denpasar, 25 Maret 2023.


Kepada:

Yth. Bapak/Ibu HRD PT Batako

Di Jl. Simpang kenangan mantan nomor 44x

Denpasar.


Dengan hormat.

Sehubungan dengan info lowongan pekerjaan dari PT Batako untuk bagian administrasi yang saya dapatkan melalui portal lowongan kerja online pada tanggal 23 Maret 2023 lalu. Maka dengan surat ini saya bermaksud untuk melamar posisi tersebut.

Perkenalkan nama saya Sera Wicaksono. Saat ini saya berusia 24 tahun dan belum menikah. Saya adalah lulusan Universitas Perjalanan Hidup fakultas bla bla bla tahun 2022. Sebagai lulusan bla bla bla, saya memiliki keterampilan begini begini begini. Saya juga pernah mengikuti kegiatan begitu begitu begitu sehingga memberi saya pengalaman bekerja dalam tim.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen pendukung, antara lain:

1. Daftar Riwayat Hidup

2. Ijazah terakhir (Bisa ditambahkan fotokopi jika berupa surat fisik)

3. Transkrip Nilai (Bisa ditambahkan fotokopi jika berupa surat fisik)

4. Sertifikat ABCD (Bisa ditambahkan fotokopi jika berupa surat fisik)

5. Surat pengalaman Kerja (Bisa ditambahkan fotokopi jika berupa surat fisik)

6. Pas foto terbaru ukuran 3x4

Dengan kemampuan dan pengalaman kerja yang saya miliki tersebut, saya berharap dapat bergabung menjadi karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin agar dapat memberikan kontribusi positif untuk kemajuan perusahaan. Saya menunggu kabar baik dari Bapak/Ibu untuk menghadiri jadwal interview berikutnya. Atas perhatian dan apresiasi Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,

Sera Wicaksono

 

contoh surat lamaran kerja yang benar
contoh surat lamaran kerja bentuk baku dan sederhana

Oke deh, segini dulu ya sharing tentang contoh surat lamaran kerja yang menarik dan tidak kaku. Untuk teman-teman pejuang lowongan kerja, semangat!!!


안녕!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url