3 Tips menjadi blogger pemula yang SEO friendly

cara menjadi blogger handal

Tips menjadi blogger pemula yang SEO friendly? judul macam apa ini?

Jangan ketawain judul yang super absurd ini ya temans. Mungkin sekilas tampak lucu serta menggemaskan ngaco. Padahal kemarin sudah diberi materi cara membuat judul artikel dengan baik dan benar oleh coach pujangga Ilham Sadli. *maap ya coach kalau murid yang ini suka kacau.

Tapi tenang, buat temen-temen yang baru belajar menjadi blogger, dan ingin sedikit mengenal apa itu seo agar blognya menjadi sedikit lebih seo friendly, anda sudah baca di artikel yang benar temans.
Tapi kalo ada master seo ikutan baca artikel ini, mon maap, jangan jitak jewer saya ya suhu.




Tips Bagaimana Menjadi Blogger yang Baik dan Benar

Tentukan Tujuan

Jadi Blogger tujuannya apa dulu nih?
Curhat online, berbagi ide atau pengetahuan, cari uang, cari sensasi, atau mau nyampah online?

Tujuan awal saya menjadi blogger atau narablog sebenarnya tidak muluk-muluk. Bahkan lumayan absurd. Saat itu, saya yang merasa suka mengarang bebas harus menelan pil pahit ditolak publisher gara-gara cerita saya yang disebut tidak read-able. Jujur sih saya sadar, meski hati kecil ini terus menolaknya.

Berkat saran seorang teman yang lebih dulu melek urusan dunia literasi online, akhirnya saya pun memberanikan diri mencari tahu apa itu blog dan bagaimana cara membuatnya. Setelah utak-atik kanan kiri atas bawah, hari itu juga blog pertama saya jadi. 
Jadi apa? jadi kacau, wkwkw.

Karena minimnya pengetahuan, dan tidak tahu kemana harus bertanya. Blog pertama itu pun terbengkalai dengan penampakan dan isi yang super duper tidak jelas. Boro-boro kenal url, link, backlink, SEO. 
Lha, baca statistik di dashboard aja nggak ngerti apa maksudnya.

Tapi ya sudahlah ya, kita tinggalkan cerita kelam masa-masa jahiliah itu.

Meskipun saat ini status saya masih tetap menjadi blogger pemula, atau blogger hore-hore, setidaknya sudah bisa-lah baca statistik di dashboard. Jangan salah, baca statistik di Google Analytic aja bisa. Maksudnya bisa baca aja, tapi suka bingung sama artinya. *siap-siap dijitak coach Baim ini, udah diajarin dengan penuh kesabaran masih nggak negerti-ngerti juga.

Apapun tujuan ngeblog temen-temen, saat ingin tulisan di blog kita dibaca banyak orang, setidaknya harus mulai familiar dengan SEO (search engine optimization). Karena dengan langkah-langkah optimasi ini, tulisan kita akan menjangkau lebih banyak orang. Dengan begitu, akan menjadi lebih bermanfaat, betul?


Optimasi Blog dan selalu Upgrade Ilmu

Yes, finally. Setelah mengaku-ngaku blogger tapi buta tentang blog selama bertahun-tahun itu. Akhirnya saya mulai menemukan titik terang pasca mengenal beberapa teman dari komunitas blog, hingga akhirnya berhasil terjaring rezeki di kelas menaikkan DA yang digelar oleh Mas Irwin dan kawan-kawan secara daring.

Tadinya, niat mendaftar di kelas menaikkan DA ini karena memang ingin menaikkan nilai DA (Domain Authority) saya yang miniiiim banget kek saldo rekeningku. Sedangkan untuk materi SEO, kebetulan sebelumnya sudah pernah saya dapatkan juga di kelas lain dengan tutor yang berbeda. 
Tapi alhamdulillah, ternyata di kelas DA ini juga diberi materi belajar SEO on page lagi, insyaaAllah jadi lebih nempel lagi ilmunya. 
Maklum, kalau sudah emak-emak gini ingatannya suka ketuker sama harga cabe.

Parameter SEO on page yang harus diperhatikan

  1. Judul harus mengandung keyword
  2. Permalink tidak terpotong
  3. Meta description
  4. Sisipkan keyword di awal paragraf
  5. Optimasi pada Tag Heading H2-H4
  6. Optimasi pada gambar dengan mengisi alt image dan title image
  7. Outbound dan inbound link, atau sering disebut backlink
  8. Share ke sosial media

Selain wawasan yang harus ditingkatkan, upgrade ilmu tentang "mempercantik" blog di mata mesin pencari google sekaligus cantik di mata pembaca pun perlu dilakukan. Salah satunya dengan mengikuti kelas belajar blog, baik yang gretongan maupun yang berbayar. 
Kelas-kelas blog ini sering digelar oleh komunitas blogger, jadi temen-temen silahkan bergabung di komunitas-komunitas blogger yang aktif untuk mendapatkan berbagai info tentang kelas blog ini. 

Mempercantik blog di mata pembaca ini misalnya memasang template/theme yang nggak bikin sakit mata. Tidak perlu terlalu ramai dengan banyak pernak-pernik karnaval yang malah mirip papan kreasi anak TK. Apalagi menggunakan font-font yang susah dibaca. Sungguh, bukan hanya bikin sakit mata, loading juga pasti lebih berat. 
Efeknya, "kecantikan" blog di mata bot google juga jadi menurun.

Sedangkan mempercantik blog di mata mesin atau bot yaitu dengan memberikan pemetaan informasi yang mudah terbaca bot. Caranya dengan rajin cek kesehatan blog menggunakan tools. Jika ditemukan masalah, segera perbaiki.

Beberapa tools untuk cek kesehatan Blog

  • Google Search Console (GSC), untuk melihat performa artikel dan indexing dari bot google
  • Google Analytic (GA), untuk monitoring performa blog dimata audiens
  • MOZ, untuk cek DA dan backlink
  • SEO checker seperti seobility, seo check-up, dkk. Fungsinya untuk mengecek kesehatan blog dari kacamata SEO
  • Keyword planner tools seperti ubersuggest, keyword tool, dll. Fungsinya untuk membantu pemilihan keyword yang tepat

Upgrade pengetahuan secara otodidak berbekal artikel di internet juga perlu. Hanya saja, saking banyaknya artikel yang terkadang isinya justru saling bertolak belakang, seringnya malah bikin tambah pusing. Tapi tak ada salahnya untuk dicoba ya temans. 
Ingat! Pengalaman adalah guru terbaik.




Menjalin Pertemanan dan Networking dengan Sesama Blogger

Seperti halnya kita menjalin silaturahmi dengan tetangga, dalam dunia online kita juga perlu menjalin silaturahmi dengan sesama blogger. Manfaatnya selain dapat memberi kita insight baru, juga dapat memberi kita income baru. #ehh.

Tapi bener, serius ini. 
Dulu sebelum negara api menyerang saya kenal komunitas blogger, ya saya bener-bener buta blog itu apa, apalagi cara menjadi blogger yang menghasilkan uang. 

Buat yang belum punya teman sesama blogger, temen-temen bisa menemukannya di komunitas blogger. Atau bisa follow akun sosial media saya, insyaaAllah saya sudah berteman dengan sesama blogger meski belum banyak. Hehe.

Ngomongin soal pertemanan ini, saya juga nambah temen lagi nih setelah mengikuti kelas menaikkan DA bareng Mas Irwin dkk. Selain ditatar ilmu SEO dan cara menaikkan DA, di kelas ini kami juga digembleng bagaimana mengatur keseimbangan antara tugas dan solidaritas.
Contohnya, tugas artikel yang kita kerjakan kalau salah, justru teman kita yang bertugas ngecek malah yang di-kick. 
Atau salah satu anggota kelompok kita salah ngerjain tugas, sekelompok bakal di-cut habis.
Aturan macam apa ini? wkwkw

Tapi, dari sini kita belajar bagaimana bekerja bersama tim. Dan bagaimana networking itu bekerja.

Alhamdulillah sih teman-teman seangkatanku ini semuanya baik dan rajin tolong menolong. Misalnya dua orang di kelompokku ini, Mba Fiona dan Mba Sulis. 

Mba Fiona

Pemilik blog Catatan Perjalanan Harian Fionaz ini merupakan pribadi yang humble dan ceria. Mama dari 3 putri yang cantik ini memulai blog sejak 2018, namun baru serius mengelola blog-nya sejak 2019 dan memutuskan membeli domain dari hasil ngeblog sebelumnya.
Blogger asal kota Lamongan ini ternyata juga rajin banget mengikuti blogger gathering di Surabaya.

Template blog yang digunakan cukup simple, yaitu theme bawaan dari platform blogger. Artikel di blognya juga sudah lumayan banyak yang kebanyakan berisi tentang resep masakan dan cerita kehidupan sehari-harinya sebagai ibu. 
Sayangnya, saat saya mau mencari profil tentang author malah nggak ketemu, hehe. Ternyata karena template ini baru saja diganti, jadi beberapa menu masih berantakan. Misalnya saja di bagian sidebar, label yang menurutku sudah over dosis itu dipasang semua, walhasil membuat tampilan blog menjadi penuh dengan huruf. haha. *dasar aku malas baca.

Alasan Mba Fiona mengikuti kelas menaikkan DA bareng masirwin ini sama dengan saya, karena DA kami masih dhuafa. Dan menurut penuturan Mba Fiona sendiri, beliau sangat bersyukur karena dengan mengikuti kelas ini selain DA naik dan menambah ilmu baru tentang SEO, lingkar pertemanan dengan sesama blogger juga bertambah.

Mba Sulis

Pemilik blog Sulis Nashwa Kirana atau yang akrab dipanggil mba Sulis ini juga kebetulan teman satu tim dengan saya. 
Ibu dari 3 putri yang juga sebagai seorang pendidik ini pertama kali memiliki blog di tahun 2013. Namun mulai aktif di tahun 2018. Sedangkan domain yang dimilikinya saat ini ternyata baru dipinang di tahun 2019. 
Meski begitu, artikel yang di-post di blog-nya sudah banyak banget, lho.

Blogger asal Ngawi yang kini berdomisili di pulau garam Madura ini mengusung niche random, atau istilahnya lifestyle blog. Mulai dari kuliner, pendidikan, beauty, hingga sastra. Template yang digunakan juga bawaan platform blogger seperti Mba Fiona. 
Alasan Mba Sulis menggunakan template bawaan platform blogger ini karena lebih ringan ketimbang template yang ia gunakan sebelumnya.

Menurut Mba Sulis, bisa mengikuti kelas DA ini merupakan kesempatan langka yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam menggali ilmu dunia blog, terutama yang berkaitan dengan SEO. Dan berkat mengikuti kelas menaikkan DA ini, beliau mengaku mendapat tambahan ilmu blog, peningkatan kemampuan menulis, juga daftar pertemanan.


Blog itu bukan hanya urusan menulis. Di dalamnya dibutuhkan maintenance, juga pengajaran bagaimana menjadi blogger yang benar dan bermanfaat melalui tulisan. Karena sebaik-baik tulisan yang bermanfaat, adalah tulisan baik yang dibaca banyak orang. 

Yuk, mulai belajar memperbaiki kualitas agar dapat menaikkan taraf gengsi blogger Indonesia.
Btw, buat temen-temen yang dari tadi penasaran dengan kelas blog, bisa kepoin kelas SEO on page masirwin dkk di banner ini.

kelas seo on page



안녕!
sera wicaksono

Posting Komentar

19 Komentar

  1. Makasih banyak udah dikoreksi blog sya mbak. Memang ya, abis ganti template kemaren belum sempat ngoprek lagi maklumlah ya.. mamak beranak bayik ini masih agak ribet dengan hidupnya sehari-hari.. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mbaaa, maap kalo eada menyentil sedikit, hehe

      Hapus
  2. Bener banget ini mbaa, menjalin silaturahmi sama sesama blogger juga penting. Sebelum gabung sama komunitas tuh blog saya sepi banget anyep, berasa gak punya temen. Sekarang setelah gabung di komunitas dan ketemu dengan banyak sekali blogger bikin blog saya sendiri lebih hidup, karena banyak sekali jadinya ide2 baru yg bisa saya tulis dari teman-teman blogger lain. Makasih atas tips-tipsnya ya mba! Anyway salam kenal mba👋🏻😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mba, padahal di sosmed kita pasti sudah berteman, wkwkwk

      Hapus
  3. Dapet ilmu dan temen temen yang satu visi misi tentu saja menyenangkannnnnn bangetttt. Waktu itu aku ga daftar, sayang banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo sekarang daftar yang batch 3, sudah dibuka pendaftarannya lho

      Hapus
  4. Terimakasih sudah menulis inu

    BalasHapus
  5. Salam kenal Mba Srra, hehe.. Bener banget sih menentukan tujuan ngeblog dan gabung komunitas penting juga. Banyak mengubah pandangan hidup, banyak dapet ilmu-ilmu baru.

    Kemarin daftar kelas yang gelombang dua ini, tapi nggak ke angkut huhuhu padahal pengen banget ikut belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba salam kenal. semoga keangkut gelombang 3 ya mba hehe

      Hapus
  6. Yaampun jujur pemula bgt bingung seo dan teman2nya itu 😖 harus banyak baca2 lagi deh ni, thank you for sharing mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih share ilmunya, semoga DA blog saya bisa naik. Mungkin yang berat berkomunitas daring, karena saya pendiam jarang ngetik di grup ;) .

      Hapus
    2. sama saya juga pemula kok mba, yang penting kita mau upgrade hehe

      Hapus
    3. sama-sama mba. saya juga jarang ngetik sih kalau di grup wa, suka minder sama senior. hihi. tapi kalau komunitas blog kan ada situs dan sosmed, dari situ kita bisa saling mengenal dan bertegur sapa melalui blogwalking dan saling komentar seperti ini.

      Hapus
  7. Gw ngeblog udah lama, tapi masih receh banget ilmu ginian. Orang bikin blog isinya buat curhat, wkwkwkwk. Mau dibaca orang kek, enggak kek, bodo amat. Bahkan sampe sekarang kalo ada apa-apa sama blog gw dengan santainya gw kontak adek gw suruh benerin. Kalo gak mau, gw ancem uang beasiswanya gw potong, wkwkwkwk.

    Tapi gara-gara blog gw jadi punya banyak temen di dunia maya. Karna gw emang gak punya medsos. Seneng aja gitu cela-celaan di kolom komentar. Itu kalo udah akrab yah. Kalo belum ya gak berani.

    Btw, salam kenal mbakkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal balik mas, galak amat ama adeknya wkwkw

      Hapus
  8. Aku juga setuju dengan bergabung ke komunitas-komunitas blogger dan sering blogwalking juga, aku jadi dapat lebih banyak teman dan belajar banyak hal baru lewat blog-blog yang aku kunjungi 😆
    Perihal SEO dan teman-temannya, aku juga mulai nerapin sedikit-sedikit sih walaupun niat bikin blognya buka untuk cari uang tapi pengin agar bisa banyak yang baca blog-ku 😆
    Untuk Google Search Console dan Analytics, aku juga bisa baca. Cuma bisa baca aja, nggak ngerti WKWKWK.
    Btw, salam kenal kak Sera! 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. berati kita tozzz ya mba lia, haha. Salam kenal balik mba, terima kasih sudah mampir kesini

      Hapus
  9. Salam kenal mba Sera *namanya bagus* 😍

    Saya pribadi kalau soal SEO masih basic banget informasi yang saya dapatkan 😆 dan tipe blog saya pun sepertinya masuk ke nano-nano macam Indomaret semua ada 😂 jadi betul-betul zero knowledge dan beruntungnya saya sering ketemu blog yang bahas soal blogging thingy, salah satunya seperti post mba Sera di atas 🙈

    Terima kasih untuk ilmu yang dibagikan ya, mba. Semoga blog kita bisa berkembang sesuai harapan 🥳

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Eno yang nama aslinya bukan Eno, salam kenal ya mba. Jadi oenasaran dengan nama aslinya, hihi

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Yuk tinggalin ngobrol di kolom komentar :)
Link Aktif dan SPAM akan dihapus.

Happy reading other article....