Edukasi Finansial untuk Anak Melalui Video Games Online

edukasi finansial

Belakangan ini, literasi atau edukasi finansial untuk anak-anak cukup menyita perhatian. Sebelumnya saya juga pernah beberapa kali menghadiri undangan dari sebuah non-profit company yang konsen dengan gerakan cerdas finansial bagi anak-anak sejak usia dini.

Dalam setiap sesi kegiatan tersebut, anak-anak diperkenalkan dengan games sederhana seputar keuangan menggunakan gawai. Setiap siswa sekolah dasar yang mengikuti kegiatan edukasi finansial tersebut sangat antusias memainkan money games yang disediakan. Salah satu games yang saya ingat adalah mengelola sebuah toko kelontong, dimana anak-anak diajak menganalisis sebuah kegiatan penjualan dimulai dari membeli barang kemudian menjualnya kembali dengan harga yang sudah ditambahkan profit di dalamnya.

Sayangnya, aplikasi money games untuk literasi finansial tersebut tidak bisa bebas kita akses. Pas banget, kemarin saya menemukan game online seru tentang financial untuk anak-anak di situs game online https://www.mortgagecalculator.org/money-games/. Di situs tersebut terdapat berbagai pilihan permainan video game online tentang bisnis dan keuangan untuk anak-anak. Mulai dari Food Business Simulation Games seperti coffee shop, burger shop, chocolate shop, hotdog, juga simulasi bisnis lainnya di luar bisnis makanan. Games Grocery Cashier yang mengusung tentang simulasi menghitung total belanjaan, dan menghitung kembalian juga tersedia.

Edukasi Finansial dengan Food Bussiness Simulation Games di Mortgage Calculator

Awalnya saya cukup terhibur dengan game Grocery Cashier, dimana pada game online tersebut kita diharuskan menghitung total semua belanjaan, kemudian memberi kembalian yang benar jika customer membayar lebih. Serunya lagi, kita hanya diberi waktu yang tidak lama untuk bisa menyelesaikan misi tersebut. Nyatanya, saya beberapa kali game over saat memberikan kembalian.

Game Burger Shop bisa Menjadi Alat Simulasi Bisnis Makanan untuk Anak-Anak

Berikutnya saya memainkan simulasi game penjualan burger di pilihan Burger Shop. Game ini kelihatannya sangat simpel dan mudah, namun ternyata tidak semudah itu Marimar! Pada game ini saya juga beberapa kali Failed karena tidak bisa mencapai target.

contoh literasi keuangan

Menurut saya, mengenalkan game Burger Shop dari Mortgage Calculator pada anak-anak juga cukup efektif untuk melatih dan memberikan edukasi finansial pada anak. Karena pada game Burger Shop ini, anak-anak tidak hanya sekadar diajak menyusun bahan-bahan untuk membuat sebuah burger, tetapi juga melatih fokus dan ketelitian mereka karena setiap pesanan burger dibuat berbeda susunannya.

Selain itu, anak-anak juga dapat kita ajak untuk menganalisa apakah mereka perlu melakukan pembelian bahan kembali dengan melihat indikasi waktu yang masih tersisa. Dengan melakukan pembelian bahan kembali, artinya omset dan profit akan berkurang. Nah jika pembelian tersebut di waktu yang tinggal sedikit, tentu saja mengakibatkan bahan tersebut tidak terjual dan kita mengalami kerugian atau pengurangan profit.

Tidak hanya anak-anak, saya sendiri pun menyukai game Burger Shop ini dan sering memainkannya. Selain sebagai hiburan di sela-sela rutinitas, game ini juga melatihku untuk konsentrasi, teliti, juga cekatan karena setiap customer memiliki waktu tunggu yang tidak lama. Ironisnya, meski game ini sederhana dan untuk anak-anak, saya sebagai emak pun beberapa kali gagal, loh. Hahaha.

edukasi keuangan

Oiya, untuk anak-anak cowok juga tersedia berbagai pilihan game simulasi bisnis seperti real estate, LEGO, puzzle, konstruksi bangunan, dan banyak lagi.

So, gimana nih menurut Bunda-Bunda, perlu nggak sih kita mengenalkan finansial sejak dini pada anak-anak? Yuk ajak anak-anak bermain dan belajar dengan game edukasi finansial dari Mortgage Calculator ini. Semoga bermanfaat.

 


안녕!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url