Bareng HIS travel jadi berani berlibur ke Hainan | Hainan surganya wisata tropis

Berlibur itu sebenarnya penting ya buat kesehatan mental kita, mau di dalam negri ataupun ke luar negeri. Tapi bagi yang masih awam dengan perjalanan ke luar negeri apalagi untuk tujuan wisata, kayak saya nih, keberadaan Travel Agent tentu sangat dibutuhkan. Tapi bagaimana cara memilih Travel agent yang nyaman?


yalong beach hainan surganya wisata tropis
image: pinterest (victortravelblog.com)


Liburan Hot Hawai di Hainan Island


Mendengar kata Hainan, lantas apa yang tetiba ada di kepala saya?

Hehe, iyes.

Imajinasi saya langsung bergegas menuju sepiring nasi dan ayam dengan rempah khas, yang selama ini saya tahunya berasal dari negara tetangga, Malaysia dan Singapura. *ketahuan deh otaknya isinya apa, xixixi.

Tapi Hainan yang kali ini ingin saya ceritakan bukan Nasi Hainan ya, melainkan Pulau Hainan yang adalah sebuah provinsi terselatan dari negara Tiongkok dan merupakan sebuah pulau yang terpisah dari daratan China, dengan luas lebih dari 33 ribu kilometer persegi.

Ada yang menyebut sih kira-kira 5 atau 6 kali luasnya pulau Bali, hmmm.


Yang menarik adalah, pulau Hainan ini konon disebut-sebut sebagai Hawai nya Asia. Kebayang dong ya gimana indahnya pantai-pantai di Hawai.

Karena saya juga belum pernah ke Hawai, jadi saya juga cuma bisa bayangin aja. Hehe.


Yuk kita telisik, ada apa aja sih di Hainan?








WISATA PANTAI TROPIS NAN ELOK

Sanya Bay

Dengan julukan Hawai of the East, yang pasti Hainan ini menyuguhkan wisata pantai yang memukau dan bersih di sepanjang pantainya.

Sanya Bay merupakan salah satu dari lima teluk utama yang ada di Kota Sanya, provinsi Hainan. Sebagai salah satu destinasi andalan pulau Hainan, Sanya Bay ini memiliki panjang pantai sekitar 22 Km yang terbagi dalam 3 blok area, yaitu Timur, Tengah dan Barat.

Di sisi Timur merupakan kawasan pantai dengan barisan pohon kelapa yang berjajar sepanjang 20 kilometer. 
Untuk menyusuri pantai dengan semilirnya nyiur ini kita bisa menyewa motor atau sepeda jika kita tak mau capek. Ya iyalah, 20 kilo bokk.

Tapi kalau buat pasangan yang lagi Honeymoon, 20 kilo mah cetek ya, jadi sah-sah aja sih kalau mau jalan kaki.

Do you wanna to try?

Area Coconut Dream Corridor ini konon merupakan wilayah yang paling bagus untuk menikmati sunset nan romantis. Nah kan ya, buat yang lagi Honeymoon ini memang pas banget.

sanya bay hainan china
Coconut Dream Corridor-Sanya Bay.
Image: Pixabay


Di bagian tengah dari teluk ini merupakan Outdoor Bathing Zone, area yang pas untuk berjemur dan bermain di pantai dengan pasir putihnya yang lembut bersama keluarga tercinta.

Meskipun panoramanya tak seindah kawasan Yalong Bay yang merupakan kawasan exclusive dan expensive dimana bertenggernya hotel-hotel gagah dan resort mewah, sanya bay memiliki ombak yang lebih tenang dan lebih luas.

Tak cukup hanya berenang dan berjemur saja, di kawasan ini juga menawarkan aktivitas menyenangkan lainnya seperti paddling dan trawling, yaitu memancing dengan menggunakan jaring. 
Kegiatan trawling ini bisa kamu lakukan dengan bergabung bersama nelayan setempat.

Seru ya sepertinya?


Sedangkan Leisure and Pleasure Zone berada di bagian barat dari teluk Sanya dan merupakan kawasan hotel dimana kita bisa menginap.

Hmmm, baru membayangkan di satu titik wisata saja sudah menyenangkan begini.


Oiya, Sanya Bay juga pernah digunakan sebagai lokasi syuting film Hollywood, lho. Dimana bercerita tentang penyerangan Hiu besar Megalodon yang berjudul The Meg.

Di malam hari kita bisa memandang dari kejauhan, cantik dan gemerlapnya sorot lampu animasi dari kawasan resort megah dan hotel bintang tujuh yang terpercaya dijuluki Oriental Dubai, dibangun diatas pulau reklamasi seluas hampir 4 kilometer persegi dengan nama Phoenix Island.

phoenix island hainan china
Phoenix Island yang sering juga disebut Oriental Dubai.
Image: Pixabay


Yalong Bay

Selain teluk Sanya, Hainan juga memiliki teluk berpanorama memukau lainnya bernama Yalong Bay, yang juga sering disebut sebagai Asian Dragon Bay.

Konon teluk Yalong ini lebih cantik dari Sanya Bay, gaes.

Memiliki garis pantai sepanjang 7,5 Km berbentuk bulan sabit dan berlokasi di bagian paling selatan Provinsi Hainan, sekitar 25 Km ke arah tenggara dari Kota Sanya.

Pantai tenang dengan pemandangan perbukitan alami berpadu dengan birunya warna laut menjadikan keindahan Yalong Bay ini tak terbantahkan.

Sajian udara bersih dengan suhu berkisar di angka 26 derajat celcius sepanjang tahun, lebih sejuk dari suhu rata-rata di Indonesia dong ya, membuat Yalong Bay menjadi destinasi surgawi.
Pantai dengan air laut jernih dan butiran debu lembut pasirnya yang seolah berwarna keperakan.

Dengan suhu stabil tersebut, tak ayal lagi jika Hainan menjadi destinasi terpopuler saat akhir tahun atau musim dingin bagi wisatawan China daratan atau negara yang memiliki iklim empat musim.

hotel resort yalong bay sanya hainan china
Hotel & Resort di Yalong Bay-Hainan China.
Image: Pixabay


Kawasan terumbu karang yang terawat dengan baik dan merupakan rumah nyaman bagi ikan tropis berbagai jenis dan bentuk ini menawarkan pengalaman menyelam dan snorkeling hingga kedalaman10 meter.

Sedangkan kegiatan pantai lain yang bisa kita lakukan di tempat wisata ini adalah Jetski dan Speedboat.

Tak mengherankan jika Yalong Bay dipilih menjadi  kawasan pengembangan resort mewah dengan hotel-hotel jaringan internasional. 

Ekspansi besar-besaran dalam bidang pariwisata dari pulau yang dulunya terpencil ini memang cukup menggugah banyak mata. Hasilnya, pada tahun 2008 Hainan resmi didaulat sebagai Destinasi Wisata Internasional.

Barangkali hal ini juga bisa menjadi objek percontohan bagi pemerintah Indonesia dalam pengelolaan kawasan wisata, ya.

Eitss, masih ada lagi…

Tidak hanya wisata pantai tropis yang sejuk dan hangat nya gaes, Hainan juga memiliki wisata religi yang super spektakuler, wisata adat dan tentu saja wisata belanja.



WISATA RELIGI DAN BUDAYA

Selain terkenal dengan pantai eksotis ala Hawai, Hainan juga terkenal dengan Guanyin of Nanshan. Yaitu patung Bodhisattva Guanyin atau patung Dewi Kwan Im berukuran raksasa dengan tinggi mencapai 108 meter dan termasuk dalam daftar patung tertinggi di dunia mengalahkan patung Liberty.

patung guanyin di hainan china
Patung Guanyin tertinggi di dunia-Hainan China.
Foto: HIS Travel


Sang patung Dewi cantik Kwan Im (hayo yang dulu suka nonton sung go kong pasti kebayang cantiknya ya) ini dibangun agak menjorok ke laut dalam kawasan Nanshan Buddhist Culture and Tourism Garden seluas 34,7 kilometer persegi.

Untuk itu kita harus menaiki shuttle bus atau kereta mobil yang menghubungkan dari pintu masuk ke tempat-tempat titik wisata, salah satunya patung Kwan Im ini.

Masih dalam area yang sama, tepat berhadapan patung Guanyin dengan lempengan tembaga pada bagian atasnya ini terdapat Kuil Nanshan (Nanshan temple) yang terbangun diatas tanah seluas 66 hektar dengan total luas lantai keseluruhan sekitar 10 hektar.

Selain keberadaan patung Kwan Im tertinggi di dunia ini, di dalam kuil Nanshan juga terdapat Harta Karun Nasional berupa Patung Giok Emas. Yaitu patung setinggi 3,8 meter yang terbalut emas dan perak seberat 100 Kg dengan 120 karat berlian Afrika Selatan dan permata yang tak terhitung jumlahnya.

Weleh weleh whow nya kebangetan itu.


Wisatawan yang datang ke Hainan selain bertujuan untuk berlibur dan menikmati indahnya pantai tropis pulau ini, sebagian juga sengaja datang untuk melakukan ibadah dan berdoa kepada Dewi Kwan Im.

WISATA CULTURAL AND HERITAGE

Nah,

selain disebut sebagai Bali nya China, ternyata di Hainan ini juga ada sebuah tempat wisata bernama Desa Bali, lho. 
Sebuah kawasan pemukiman di area perkebunan Singlo yang mana mayoritas penduduknya adalah warga keturunan Tionghoa asal Indonesia.

Di dalam kawasan ini banyak terdapat ornamen-ornamen Bali seperti patung khas Bali dan juga mural lukisan penari Bali, yang tentu saja hal ini menambah aroma Bali yang kental ya gaes.

Nggak hanya itu, karena mayoritas penduduknya merupakan imigran asal Indonesia, tentu saja warga setempat banyak yang paham dengan bahasa Indonesia.

Hmmm, tak ubahnya di negri sendiri dong ya.

Katanya sih, oleh-oleh khas desa Bali yang nggak boleh terlewatkan adalah Kopi Kelapa nya, eh gimana tuh rasanya ya,

Anda penasaran?

Sama!

desa bali yang adda di hainan china
Desa Bali-Hainan China, Foto: HIS Travel


Di Sanya, kita juga bisa mengunjungi  Binglanggu Li and Miao Cultural Heritage Park, yaitu pemukiman suku Li dan Miao yang mirip dengan suku Dayak kita.

Suku minoritas yang hidup secara traditional dan memiliki beragam keunikan budaya ini dikenal memiliki hasil tenun yang sangat indah. Selain kewajiban bisa menenun agar diperboehkan menikah, mereka hidup dengan cara bercocok tanam juga berternak. 

Beragam keunikan lain bakal kamu temui saat bertandang langsung ke tempat ini.



WISATA BELANJA

Tak lengkap rasanya berlibur tanpa berbelanja.

Yakhan?

Selain keberadaan Duty Free Shop alias pusat belanja international bebas cukai yang berada di kawasan Haitang Bay, atau juga disebut Bay International Shopping Complex, tempat belanja yang paling direkomendasikan oleh beberapa Agen Traveling adalah Bamboo Charcoal Shopping.

Di Bamboo Charcoal Shopping ini menjual bermacam-macam produk terutama produk kesehatan yang terbuat dari bambu pilihan. Namanya juga negri tirai bambu, ya.

Mulai dari termos yang di klaim bisa mengubah air biasa menjadi lebih sehat, tisu pembersih yang bisa membersihkan sebersih-bersihnya, sampai baju dalam anti lembab. 

Nah khan…. Asik tuh kayaknya. Hehe.


Well,
Sepertinya seru ya berlibur ke Hainan.

Tapi, buat yang belum pernah ke luar negri macam saya ini pasti agak-agak takut deh kalau berlibur kesana tanpa ada yang mendampingi, iya nggak?

Gosipnya sih banyak wisatawan yang terkena palak argo kuda saat naik taxi, atau jebakan batman dipaksa membeli barang yang sebenernya baru mereka tanya harganya doang, plus tidak ada diskon buat wisatawan asing. 
weleh agak serem ini jadinya.

Solusinya sih pasti menggunakan Agen Travel dong ya. 
Nah tapi, Travel Agent yang gimana tuh supaya perjalanan kita dijamin menyenangkan?

Tentunya yang telah berpengalaman sehingga mampu memberi kenyamanan servis, keamanan perjalanan dan yang pasti memberikan paket harga menarik.


No worry be happy!


Di HISTravel, semua kenyaman dan keamanan itu tersedia gaes.

Karena HIS Travel memberi kenyamanan servis bahkan sebelum perjalanan anda dimulai. Memberikan keamanan dengan jaringan Global yang mendukung setiap perjalanan anda. Dan tentu saja pilihan paket harga yang menarik.

Ditambah lagi, kini HIS Travel juga menyediakan paket Tour ke Hainan lho, dengan pilihan paket menarik dan jadwal perjalanan setiap minggunya. 

Info selengkapnya disini HIS Travel.



Tidak cukup itu, HIS Travel juga memberikan diskon Sewa Wifi Global sebesar IDR 200.000, Tour Guide yang berpengalaman serta Pelayanan lengkap termasuk pembuatan Visa.

Menarik bukan?


Oke gaes, masih takut liburan ke Hainan?





Disclaimer: Artikel ini diikutkan dalam lomba "Hot Hainan Blogger Competition" yang diselenggarakan oleh HIS Travel.


Salam,


Post a Comment

6 Comments

  1. Duh pantainya keren banget yah.. seharian bisa guling2 di pasirnya tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jadi bayangin kucing lagi mandi guling2 di pasir, #ehh

      Delete
  2. Boleh juga jika ada travel terpercaya, jika tanpa travel takut juga jika ada yang palak gitu. Apalagi mau Foto Foto atau video Buat
    Blog takut di jambret

    ReplyDelete
  3. WOW ada desa Bali ya mb disana.. baru tau nih.. nabung dulu ah.. hehe.. salam kenal..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar sesuai artikel dengan bahasa yang baik dan sopan.

Link Aktif dan SPAM akan dihapus.
NO WAR!

Happy reading other article....