4 Kunci Menuju Kebebasan Finansial Perempuan Masa Kini

 

kebebasan finansial

Bestie, annyeong! Menuju kebebasan finansial tentu menjadi impian banyak orang, tak terkecuali perempuan yang walaupun hanya seorang ibu rumah tangga. Eits jangan salah! Sekarang banyak loh peluang usaha untuk ibu rumah tangga. Misalnya jadi mitra FWD Insurance. Karena selain bisa dapet cuan, FWD Insurance juga sering loh ngadain webinar yang mengedukasi para perempuan untuk menjadi lebih hebat.

Nah kali ini, saya juga mau sharing tentang rahasia penting menuju kebebasan finansial yang beberapa tipsnya ini saya dapatkan dari mengikuti program FWD Bloggers Squad yang diluncurkan FWD Insurance tepat di hari perempuan internasional 8 Maret 2022 lalu.

Kebebasan Finansial

Sebelum membahas rahasia menuju kebebasan finansial, kita pahami dulu yuk arti kebebasan finansial. Kebebasan finansial merunut pada arti memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan biaya hidup serta kemampuan mengendalikan pilihan gaya hidup.

Di era emansipasi wanita yang semakin berkembang pesat, di mana banyak dari kita para perempuan yang mampu mandiri secara finansial kerap memberi diri sendiri apresiasi atas kerja keras selama ini. Alih-alih memberi reward pada diri sendiri, kita juga perlu nih berhati-hati agar alasan self reward tersebut tidak berujung pada pemborosan sehingga tujuan pencapaian kebebasan finansial ini menjadi sulit tercapai.

Nah, sebelum self reward menjadi ajang pemborosan, yuk simak 4 tips rahasia penting menuju kebebasan finansial bagi perempuan masa kini.

4 Rahasia Menuju Kebebasan Finansial

SISIHKAN PENDAPATAN, BUKAN SISA!

Yes, umumnya kita menabungkan uang sisa pengeuaran selama sebulan. Itu pun kalo sisa, yak. Hehe. *saya. Itu sebabnya, penting banget untuk membuat target menabung setiap bulannya setidaknya 10% dari pendapatan atau gaji bulanan sebelum membuat anggaran lainnya. Lebih baik lagi jika uang tabungan ini disimpan dalam rekening yang berbeda dengan rekening utama, dan hanya khusus untuk uang tabungan. Dengan begitu saldo di rekening lebih aman dari godaan kode QRIS di mall dan kode-kode lainnya.

Dana tabungan ini bisa kita gunakan untuk tujuan belanja yang lebih besar seperti membeli rumah, mobil, tanah atau aset, dan sebagainya.

SUSUN ANGGARAN DAN PRIORITAS PENGELUARAN

Kebanyakan dari kita sulit untuk berbelanja sesuai rencana anggaran, *saya (lagi). Terkadang kita jago menyusun anggaran bulanan, terlebih jika baru saja mengkuti seminar atau webinar tentang mengatur keuangan. Namun kenyataannya sering banget tidak sesuai rencana. Apalagi jika godaan tanggal cantik angka kembar, hmmm pak kurir paket sampe apal rumah kita tuh.

Utamakan rencana pengeluaran untuk hak-hal prioritas terlebih dulu, misalnya cicilan dan atau kontrakan. Tapi sebagai perempuan, kita juga perlu dong merawat diri. Jangan lupa alokasikan pendapatan untuk perawatan diri dan penampilan seperti belanja skincare dan makeup jika menggunakan. Sesekali belanja outfit juga perlu, tapi jangan sampai kalap ya. Anggarkan sekitar 5% atau maksimal 10% untuk kebutuhan ini.

LAKUKAN PENCATATAN KEUANGAN

Nah, biar nggak auto amnesia. Ada baiknya kita catat semua pengeluaran dan pemasukan setiap harinya selama sebulan. Agak ribet sih memang, tapi hal ini penting banget untuk maping anggaran kita. Sudah sesuai belum nih dengan anggaran yang sudah kita buat, atau jangan-jangan masih banyak bocornya.

PERKUAT PONDASI KEUANGAN

Siapkan pondasi keuangan yang kuat dengan menyisihkan dana darurat. Hal yang perlu untuk diingat, dana darurat bukan dana tabungan ya bestie. Dana darurat hanya boleh kita keluarkan untuk hal atau kebutuhan yang sangat darurat. Seperti misalnya biaya pengobatan. Ya amit-amit sih ya, tapi yang namanya manusia itu bukan mustahil mengalami yang namanya sakit.

Sisihkan 15-20% untuk dana darurat ini. Bestie bisa menyisihkan dana darurat ini dalam bentuk polis asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Sebaiknya, jangan hanya bersandar pada satu pondasi asuransi saja, misalnya hanya mengandalkan asuransi kantor. Alangkah lebih baik jika bisa memiliki proteksi diri secara personal minimal satu.

Ngomongin masalah proteksi diri dengan asuransi, FWD Insurance menghadirkan program #FWDUnstoppable30 Lucky Draw dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-30 hadir di Indonesia untuk mendorong masyarakat berani bebaskan langkah tanpa khawatir.

Oiya, program lucky draw ini boleh diikuti oleh nasabah baru maupun existing. Yaitu penawaran spesial untuk setiap pembelian salah satu atau lebih, yang dapat di pilih dari 12 produk asuransi FWD Insurance. Penawaran ini berlaku mulai 10 Juni hingga 31 Desember 2022.

Setiap nasabah yang mengikuti program Lucky Draw ini akan mendapatkan nomor undian yang dapat digunakan untuk berkesempatan memenangkan 56 hadiah istimewa dari FWD Insurance antara lain: All New Honda HR-V, Vespa LX, iPhone 13, dan masih banyak hadiah menarik lainnya senilai jutaan Rupiah. Duh ya, denger Honda HR-V mata emak *uhuk, nyala.

Buat nasabah yang beruntung, pengundian dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada bulan Januari tahun 2023 mendatang. Daaannn, masih ada lagi nih yang spesial. FWD Insurance juga memiliki program Promo Lebaran Haji yang akan running mulai 6 Juli besok hingga 10 Juli 2022.

Dengan promo Lebaran Haji ini, para bestie bisa mendapatkan diskon 20% untuk setiap pembelian atau kepesertaan premi tahun pertama produk asuransi Bebas handal dan FWD Cancer Protection. Sedangkan untuk produk asuransi Bebas Rencana dan Bebas Aksi, FWD Insurance menggelar diskon 30% untuk pembelian premi tahun pertama.

Untuk keterangan detail tentang program Promo Lebaran Haji berikut syarat dan ketentuan untuk undian berhadiah Lucky Draw #FWDUnstoppable30, para bestie bisa langsung mengunjungi fwd.co.id atau menghubungi FWD Customer Care di 1500 525.

Oiya, buat yang belum pernah mendengar tentang FWD Insurance, sebelumnya saya pernah mengulas sekilas tentang sejarah singkat keberadaan FWD Insurance Indonesia di artikel ini: Asuransi Kesehatan FWD.

Oke deh bestie, semoga sedikit sharing ini bermanfaat buat para bestie semua ya. Jadilah perempuan mandiri dengan kebebasan finansial, dan jangan lupa hepi!



안녕!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url