Rekomendasi Asuransi Kesehatan dan Tips Memilih Asuransi

rekomendasi perlindungan kesehatan

Peduli dengan masalah kesehatan dan budaya gaya hidup sehat mulai populer beberapa tahun belakangan ini. Munculnya berbagai penyakit serius pun kini mulai menjadi perhatian berbagai kalangan masyarakat. Tak terkecuali kepemilikan asuransi kesehatan sebagai bentuk upaya perlindungan diri. Berikut rekomendasi asuransi kesehatan serta tips-tips memilih asuransi kesehatan yang tepat.

Rekomendasi Asuransi Kesehatan dan Tips Memilih Asuransi yang Tepat Menurut Pakar Finansial

Beberapa waktu lalu saya sempat mengikuti mini workshop bertajuk “It’s time to Press Play to your dreams, life, and good money management”. Dalam sesi mini workshop tersebut, kami diajarin nih cara menulis tujuan hidup yang tepat ala Mba Muara Makarim.

Tapi, yang namanya tujuan hidup pasti butuh pendanaan dong, yekan? Itu artinya kita membutuhkan Good Money Management dong ya. Pas banget, pada sesi berikutnya Mas Mada Aryanugraha, seorang Financial Consultant dan CEO sekaligus Co-founder Sipundi.id yang membagikan tips-tips penting dalam financial planning sekaligus membagikan rekomendasi asuransi kesehatan juga tips cara memilih asuransi yang tepat.

Apa aja sih tips memilih asuransi yang tepat menurut Mas Mada?

1.      Kenali berbagai jenis produk asuransi

Kita tahu dong ya kalau produk asuransi itu banyak banget macamnya. Mulai dari yang paling umum yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, kendaraan, perjalanan, bahkan asuransi pengiriman barang dan seterusnya.

Tapi karena kita lagi ngebahas tentang rencana finansial yang erat kaitannya dengan life goals, umumnya asuransi basic yang paling harus kita siapkan adalah asuransi kesehatan. Namanya manusia hidup ya, kemungkinan sakit itu pasti ada. Ya kali manusia Goblin. Ah jadi kangen Gong-yoo, loh ehh.

Ngomongin asuransi kesehatan, FWD Insurance memiliki produk FWD Critical First Protection nih. Yaitu perlindungan mudah dan optimal untuk berbagai kondisi kritis secara menyeluruh  dengan premi yang cukup terjangkau mulai dari Rp. 300ribuan. Dengan perlindungan menyeluruh yang artinya tidak membatasi jumlah maupun jenis penyakit kritis, baik penyakit kritis yang umum dan sering terjadi, penyakit kritis yang langka, hingga kondisi kritis akibat kecelakaan.

tips memilih asuransi kesehatan

2.      Tinjau kembali polis asuransi yang sudah ada

Beberapa kalangan yang sadar asuransi, biasanya telah memiliki satu atau beberapa asuransi, termasuk asuransi kesehatan. Namun ada baiknya untuk melakukan bedah polis, nih. Artinya, pelajari dengan teliti polis yang sudah ada untuk memastikan apakah asuransi tersebut sudah dapat meng-cover semua kebutuhan asuransi kita atau belum. Termasuk perlindungan untuk kondisi kritis seperti di atas.

Umumnya para agen asuransi dari FWD Insurance biasanya akan melakukan pendekatan untuk menganalisa kebutuhan asuransi yang seperti apa sih yang dibutuhkan calon nasabahnya sehingga dapat memberikan rekomendasi asuransi kesehatan yang tepat. So, jangan sungkan-sungkan untuk menjelaskan kebutuhan produk asuransi kalian ya teman-teman biar nggak salah pilih.

3.      Buat perbandingan asuransi

 Tips ini sangat penting agar kita terhindar dari kesalahan membeli asuransi seperti istilah “membeli kucing dalam karung”. Dengan melakukan perbandingan asuransi kita bisa mendapatkan benchmark seberapa besar manfaat yang idealnya dimiliki dan apakah sebanding dengan premi yang akan kita bayarkan.

Temen-temen bisa melakukan perbandingan ini secara online melalui website asuransi yang kita pilih.

4.      Menawarkan fasilitas tambahan dan jaringan yang luas

Umumnya, perusahaan asuransi kesehatan tidak hanya menawarkan pertanggungan dalam nominal saja, akan tetapi juga memberikan layanan tambahan agar para nasabah semakin merasa nyaman dan terlindungi dengan baik. Misalnya, ada tambahan fasilitas kunjungan dokter, hingga luasnya cakupan rumah sakit yang bekerjasama. Semakin luas jaringan rumah sakit yang ditawarkan, tentu semakin baik agar kita lebih mudah dalam mendapatkan layanan kesehatan yang kita butuhkan.

Jika temen-temen termasuk dalam kategori yang sering mobile, atau sering melakukan kunjungan baik dalam maupun luar negeri. Alangkah baiknya teman-teman memastikan apakah asuransi kesehatan tersebut dapat memberikan layanan perlindungan saat kita berada dalam kunjungan luar kota atau luar negeri, baik dengan sistem cashless maupun reimburse.

5.      Ketahui besarnya uang pertanggungan (UP)

Tips yang satu ini juga nggak kalah pentingnya, yaitu mengetahui berapa sih uang pertanggungan yang akan kita dapatkan. Hal ini juga erat kaitannya dengan kemampuan premi yang sanggup kita bayarkan dan tujuan kita membeli asuransi itu sendiri.

Apakah asuransi yang kita pilih sudah sesuai untuk kebutuhan kita dan keluarga? Jika tujuan membeli asuransi tersebut untuk kesehatan, maka temen-temen bisa memilih UP yang lebih kecil jumlahnya. Namun jika tujuan asuransinya adalah untuk memiliki perlindungan jiwa/aset, maka temen-temen bisa memilih produk asuransi dengan UP yang jumlahnya lebih besar.

Gitu ya temen-temen, semoga rekomendasi asuransi kesehatan dan 5 tips memilih asuransi di atas dapat memberikan insight buat temen-temen yang lagi mencari asuransi kesehatan yang tepat. Apalagi sudah mau ganti tahun nih, sudah waktunya dong ya kita up to the next level in GoodMoney Management.

Nah mumpung banget lagi bahas Good Money Management, asuransi yang juga merupakan salah satu sumber pemberdayaan ini dapat kita jadikan perlindungan untuk kita bisa bebaskan langkah menjalani hidup bebas rasa khawatir.

fwd lucky draw 2022

Mengambil tema “Bebaskan Langkah” tersebut, FWD Insurance mengadakan kampanye FWD UnstoppableLucky Draw untuk mengajak masyarakat melek asuransi dan merasakan bahwa asuransi itu mudah dipahami, mudah dibeli, mudah diakses, mudah proses klaim, dan juga menyenangkan.

Nah, buat nasabah dan calon nasabah yang melakukan pembelian salah satu atau lebih dari 12 produk asuransi pilihan dari FWD Insurance mulai tanggal 10 Juni 2022 hingga 31 Desember 2022, berkesempatan memenangkan 56 hadiah istimewa antara lain All New Honda HR-V, Vespa LX, iPhone 13, dan masih banyak lagi hadiah menarik lainnya bernilai jutaan rupiah.

Pengundian dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada bulan Januari 2023. Untuk keterangan lebih detail, temen-temen bisa mengunjungi di website FWD Insurance atau menghubungi FWD Customer Care di 1500 525.

Siapa nih yang tahun barunya mau mobil baru?


안녕!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url