Tips Memilih Kontrakan Murah Surabaya Bagi Keluarga Perantauan

kontrakan murah surabaya

Bagi beberapa perantau di Surabaya, rumah kontrakan tentu menjadi salah satu solusi hunian selain kos bagi yang belum mampu membeli hunian pribadi. Terlebih, bagi mereka yang sudah berkeluarga dengan anak-anak yang bukan bayi atau balita lagi. Perkara mencari kontrakan murah Surabaya ini juga agaknya gampang-gampang susah. Nah, berikut ini beberapa tips untuk memilih kontrakan di Surabaya.

Tentukan Budget dan Lokasi

Menentukan lokasi kontrakan rumah tentu baik untuk mengantisipasi agar jarak tempat tinggal dengan tempat kerja tidak terlalu jauh. Namun lokasi kontrakan juga erat kaitannya dengan urusan budget dan finansial

Kenapa?

Surabaya sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Timur dan juga sebagai salah satu kota besar di Indonesia, tentu tak bisa dipungkiri memiliki beberapa kawasan yang terbagi berdasar strata sosial. Misalnya kawasan elite, menengah, dan kawasan padat penduduk.

Biasanya untuk kawasan perkantoran yang adalah kota, tentu saja hunian terdekat adalah perumahan elite, apartemen, dan lingkungan padat penduduk yang memiliki tarif sewa cukup mahal. Sebagai alternatif dalam mencari kontrakan murah Surabaya adalah memilih daerah pinggiran kota. Meski demikian, perhatikan juga jalur transportasi dan jarak tempuh menuju tempat kerja.

Survey Kontrakan Murah Surabaya Secara Online Melalui Website Property

Setelah menentukan budget dan titik lokasi yang paling memungkinkan dengan jarak tempat kerja, ada baiknya melakukan survey online yang kini banyak bermunculan. Misalnya melalui situs rumah123.com yang menyediakan pilihan sewa rumah maupun apartemen, baik kosong tanpa furniture maupun fully furnished dengan berbagai pilihan harga dan lokasi.

Cek Lokasi Secara Langsung

Lakukan penjadwalan survey secara langsung ke lokasi setelah memilih beberapa kandidat hunian sewa yang diinginkan. Selain bertujuan mengetahui kondisi terkini hunian, juga dapat mengetahui secara langsung bagaimana lingkungan sekitar, serta jarak real perjalanan menuju tempat kerja.

Perhatikan Kondisi Kontrakan

Meski judulnya mencari kontrakan murah Surabaya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kita nyaman menempati rumah kontrakan nantinya. Antara lain, kelembaban tembok, sirkulasi udara, saluran pembuangan air, serta penyediaan air bersih baik sumur maupun PDAM. Kondisi kebocoran biasanya sulit dideteksi saat kita mencari rumah kontrakan pada musim panas. 

Menurut pengalaman beberapa teman saya yang mencari kontrakan di bulan-bulan musim panas, sering terkena zonk saat musim hujan tiba. Ada baiknya untuk menanyakan langsung perihal ini kepada pemilik atau developer untuk mengantisipasi bila ada kebocoran saat musim hujan tiba.

Perhatikan Lingkungan Sekitar Kontrakan

Memahami lingkungan sekitar juga penting adanya. Misalnya, apakah di lingkungan tersebut rawan banjir, rawan kriminal, maupun kebiasaan para tetangga. Terkadang sepele, tapi nggak mau kan tinggal di lingkungan yang tetangganya toxic?

Tawar Harga Sewa

Menawar harga sewa juga tidak ada salahnya, lho. Terkadang beberapa pemilik memang sengaja memasang tarif sewa yang lebih tinggi dari harga pasaran untuk mengantisipasi calon penyewa yang menawar. Dan juga, beberapa pemilik terkadang memberikan tarif sewa yang lebih murah jika kita menyewa untuk beberapa tahun dengan pembayaran di muka.

Namun jika merasa kesulitan dalam melakukan negosiasi, kita juga bisa nih meminta bantuan pihak agen properti untuk melakukan negosiasi. Misalnya di situs rumah123.com, kita bisa memilih laman “cari Agen Property” untuk mencarinya.

Buat Kesepakatan dan Tanda Jadi

Setelah semua tahapan dilalui dan menemukan rumah atau hunian kontrakan yang sesuai dengan yang kita mau, saatnya membuat kesepakatan dan tanda jadi dengan pemilik kontrakan.

Untuk kontrakan murah Surabaya yang harga sewanya terbilang kecil, biasanya syarat maupun hak kewajiban antara penyewa dan pemilik tidak dibuat secara tertulis. Meski demikian, ada baiknya dibicarakan di depan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan. Misalnya kenaikan harga sewa, penanggung jawab jika terjadi kerusakan kecil atau besar, dan sebagainya.

Namun jika pemilik hunian sudah menyiapkan surat perjanjian sewa menyewa berikut peraturan dan sanksi-sanksi, baca secara menyeluruh serta pahami benar-benar. Apabila da yang tidak dimengerti, jangan sungkan untuk menanyakannya. Hal ini untuk mencegah potensi kerugian di masa mendatang karena kelalaian sekecil apa pun yang mungkin sudah tertulis di klausul.

Baik tersedia surat perjanjian maupun tidak, terdapat peraturan tertulis maupun tidak, perihal bukti pembayaran atau tanda jadi seharusnya tetap ada. Baik disediakan oleh pemilik hunian maupun pihak penyewa.


Gimana nih para perantau di Ibu Kota Jawa Timur, sudah menemukan ide kontrakan murah Surabaya? Semoga bermanfaat, ya. ^0^



안녕!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url