5 Tips Memilih Furniture Apartemen dan Rumah Minimalis

furniture minimalis modern

Yeoreobun annyeong...
Tips Memilih Furniture - Hidup di era modern dengan mobilitas yang padat, kerap membuat kaum milenial memilih hunian yang compact seperti apartemen. Memilih furniture untuk apartemen juga sama pentingnya dengan pemilihan lokasi apartemen itu sendiri, termasuk berbagai fasilitas yang mendukung gaya hidup jaman now. 

Kemudahan akses dengan berbagai fasilitas bisnis dan publik serta transportasi yang terintegrasi dengan baik pun tak luput dari daftar prioritas. Bagi kaum urban di kota besar seperti Jakarta, misalnya, berbagai pilihan type apartemen di Padina SOHO and Residence tentu merupakan pilihan yang tepat. Karena Padina SOHO and Residence menawarkan banyak fasilitas kekinian seperti Google room dengan akses internet cepat, Padina app untuk memenuhi berbagai kebutuhan, hingga smart home ready mirip di drakor-drakor gitu lho, gaes.

Seperti halnya Jepang, masyarakat Korea Selatan juga penganut gaya minimalis dalam hal penataan interior. Misalnya penggunaan kasur lipat. Itu sebabnya banyak sekali scene di drakor menampilakan hunian yang compact dan rapi. Buat yang suka nonton pasti merhatiin dong perabotan yang kerap muncul di berbagai scene mereka yang selalu estetis itu. Nah berikut tips kecil buat temen-temen yang lagi bingung memilih furniture untuk mengisi kekosongan hati apartemen, kontrakan, maupun rumah baru kalian.


Tips Memilih Furniture untuk Apartemen dan Rumah Minimalis

1. Ukuran yang Selaras dengan Ruangan

Biasanya, ukuran apartemen cenderung compact dan tidak terlalu luas seperti halnya rumah pada umumnya. Jadi pertama, pastikan ukuran furniture pilihan teman-teman selaras dengan luas ruangan. Semahal dan se-estetis apapun perabot yang teman-teman beli jika ukurannya terlalu besar, hasilnya tentu tidak cantik lagi. Malah justru terlihat bulky dan penuh sehingga ruangan akan terasa sempit.

2. Design Minimalis yang Long Lasting

Dibanding memilih design unik dengan banyak pernak-pernik yang bikin ruangan terlihat semrawut, coba pilih furniture dengan konsep minimalis yang lebih cocok untuk hunian berjenis apartemen yang luasnya terbatas. Sebaiknya perhatikan juga kualitas dan ketahanannya, serta design yang timeless. Dengan begitu kita akan lebih menghemat biaya serta waktu untuk mendesain ulang. Kalaupun kita bosan, kita hanya perlu mengganti beberapa pernak-pernik saja agar suasananya lebih fresh.

Selain itu, design dengan konsep minimalis cenderung mudah dalam perawatannya. Apalagi jika teman-teman termasuk orang sibuk dengan segudang aktivitas, pasti waktu untuk membersihkan rumah sangat terbatas, bukan?

3. Warna Senada dengan Ornamen Lainnya

Buat teman-teman yang tidak suka warna-warna ramai, bisa memilih warna-warna monochrome. Pilihan warna dark grey, white, maupun black dapat membuat interior terkesan lebih clean. Selain itu, temen-temen juga bisa memilih warna-warna pastel seperti dusty green yang akan membuat ruangan tampak lebih segar.

furniture minimalis

 Namun, jika temen-temen menyukai warna-warna cerah, pilihlah warna-warna solid seperti orange segar maupun hijau apel. Hindari perpaduan warna dalam satu item. Jika terpaksa ingin memiliki dua warna cantik sekaligus, pilihlah warna berikutnya untuk item lain sebagai pemanis. 

Misalnya, jika kita memilih sofa dengan warna orange, kita bisa memadukannya dengan warna hijau apel pada bantal duduk berukuran besar. Bisa juga untuk bantal kursi dengan jumlah yang tidak banyak agar tak membuat ruangan menjadi terlalu ramai.

Atau misalnya kitchen set sudah dominan hitam, berikan sentuhan berwarna merah untuk pilihan warna kulkas.

4. Bijak Memilih Perabot Sesuai Esensi

Sesuaikan furniture dengan kebutuhan ruangan saja, jika pun ingin menambahi ornamen printilan agar ruangan menjadi lebih cantik, usahakan tidak terlalu banyak. Karena selain terlalu ramai, perihal menjaga kebersihannya pun harus kita perhitungkan.

Sejatinya, ruang tamu hanya membutuhkan kursi dan meja saja. Namun jika memaksa ingin memberi hiasan, temen-temen boleh memilih sebuah lukisan dengan gambar simple. Sebuah lampu hias yang berdiri di samping sofa minimalis juga memberi kesan elegan pada ruangan.

Sedangkan untuk dapur, teman-teman bisa memilih konsep dapur terbuka yang terintegrasi dengan meja makan. Pilihan kitchen set dengan konsep minimalis dengan warna solid seperti merah metalic bisa menjadikan dapur temen-temen lebih hidup. Namun jika temen-temen penganut aliran monochrome, pilihan abu-abu dan putih tentu menjadi pilihan utama. Hanya saja, warna-warna tersebut lebih mudah terlihat kotor.

5. Budget

Dan yang terakhir, tentu saja sesuaikan dengan budget. Jika kalian baru pertama kali memiliki hunian dan butuh semua furniture, maka utamakan furniture yang sifatnya urgent. Seperti lemari, springbed, meja makan. Atau jika kalian banyak beraktivitas di rumah untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga  seperti memasak, kitchen set menjadi hal yang harus diutamakan. Sementara, sofa masih bisa kita akalin dengan karpet rasfur misalnya, terutama jika tak terlalu sering menerima tamu.


Saya sendiri kebetulan pengikut aliran minimalis, tidak terlalu suka banyak ornamen apalagi yang terlihat bulky. Cukup saya aja yang bulky, furniture jangan, ehh. 

Meskipun saya lebih suka dengan hunian darat, maksudnya bukan tipe apartemen yang berada di lantai sekian-sekian, tetapi soal pemilihan konsep interior saya cenderung menyukai konsep apartemen yang compact. Begitupun dengan design rumah itu sendiri, minimalis tetap menjadi pilihan hati. Hihi.

Semoga tahun ini saya bisa mewujudkan rumah impian saya, aamiin. Buat temen-temen yang sedang berdoa yang sama, semoga segera terwujud.


안녕!

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Lovie
    Lovie 22 Desember, 2023

    Tau cara membuat penampilan ruangan jadi lebih luas juga ngebantu banget, misalnya ada karpet atau aksesoris yg horizontal/panjang

Add Comment
comment url