Merk Butter Oil Substitute yang Bagus untuk Jualan Kue

merk butter oil substitute yang bagus

Merk Butter Oil Substitute yang Bagus – Sebelumnya sudah pernah saya posting tentang apa itu Butter Oil Subtitute atau yang sering disebut B.O.S. Sebagai produk pengganti butter (mentega), butter oil substitute tentu saja dibuat sedemikian mirip menyerupai mentega asli. Namun, karena bahan yang digunakan berbeda, tentu saja tidak dapat benar-benar menggantikan serta tidak dapat memiliki tekstur dan rasa yang persis seperti produk aslinya (mentega).

B.O.S memiliki tekstur dan tingkat warna kuning yang berbeda dari satu merek dengan merek lainnya. Ada yang memili warna kuning segar dengan tekstur agak pekat, ada yang bertekstur encer dengan warna hampir menyerupai putih, ada juga yang berwarna kuning pucat dengan tekstur lembut namun tidak encer.

Merk Butter Oil Substitute yang Bagus

Merk butter oil substitute yang bagus konon adalah merk Hollman dan RBS. Keduanya sudah pernah saya gunakan namun hanya sekali dan belum intens menggunakan berbagai merek dari BOS, jadi saya belum bisa berbagi review rekomendasi butter oil substitute terbaik versi saya.

Namun, saat ini banyak produsen yang juga menawarkan Butter Mix atau Butter Blend, yaitu produk campuran antara margarin dengan butter (mentega). Kebanyakan orang menganggap butter mix ini sama juga dengan BOS.

Dalam pemahaman saya, produk Butter Mix merupakan perpaduan antara margarin dengan mentega seperti misalnya margarin Blueband dengan Butter Wjsman. Ini misalnya ya.

Kenyataannya, yang pernah saya temukan tidak sesuai dengan ekspektasi saya. Beberapa merek hanya mencampur antara butter oils substitute dengan margarin, atau hanya margarin dengan tekstur yang lebih lembek kemudian dicampuri perisa butter.

Merk butter mix atau butter blend di pasaran misalnya Blueband Cake and Cookies, Palmia Royal, Anchor Baker’s Mix, atau Corman Patsy. Beberapa diantaranya saya pernah menggunakannya, namun untuk aroma menteganya menurut saya masih kurang terasa dan cenderung hanya mirip perisa mentega.

Apakah Butter Oil Substitute Sama dengan Rombuter?

Sebelumnya kita sepakatin dulu nih, rombuter yang dimaksud yang gimana. Rombuter dalam bahasa Belanda artinya mentega. Sedangkan di pasaran Indonesia, rombuter sering digunakan untuk menyebut B.O.S ini. Semacam penyebutan mertego untuk margarin dalam bahasa jawa.

Jadi kalau dalam konteks rombuter dalam bahasa Belanda yang artinya mentega, tentu Butter Oil Substitute tidak sama dengan Rombuter. Namun, B.O.S bisa berfungsi sebagai pengganti dari Rombuter. Namun jika dalam konteks rombuter dalam bahasa yang sering digunakan di pasaran (terutama jawa) maka Butter Oil Substitute sama dengan Rombuter. 

Dulu waktu saya masih gadis (((gadis))), seorang ibu-ibu ahli bikin kue di kampung saya menggunakan bahan semacam B.O.S ini (dari tekstur yang saya ingat demikian), beliau menyebutnya Rombuter. Begitu.

Dalam ingatan saya yang tidak utuh, seingat saya aromanya memang seperti aroma kepala susu yang kuat. Warnanya kuning segar mirip ovalet. Namun karena saat itu saya belum menyukai dapur dan hanya melihat sepintas sambil lalu saja, jadi saya agak lupa detailnya. Tapi yang jelas, produk tersebut dikemas dalam plastik bening (re-pack) dengan tekstur agak creamy. Mungkin next-time saat mudik saya akan mencoba hunting produk tersebut di pasar tempat warga kampung kami biasa membeli bahan-bahan kue, ya. Karena seingat saya, dulu kami pun berbelanja bahan-bahan kue tersebut di toko yang sama.

Nanti insyaaAllah akan saya update, so stay tune yes!

harga butter oil substitute

Merk Butter Oil Substitute yang Ada di Pasaran Indonesia

Merk butter oil substitute kini semakin banyak, karena keberadaan produk ini sangat membantu pedagang kue dengan harga ekonomis. Bahkan produsen margarin dengan merk yang cukup terkenal pun turut serta berekspansi demi memenuhi permintaan konsumennya akan produk ini.

Merk Butter Oil Substitute yang umum ada di pasaran dan dijual dalam kemasan retail antara lain:

  1. Hollman
  2. Gold Bullion
  3. Butter Subs
  4. Royal Krone
  5. Filma Butter Oil Subtitute
  6. Marigold
  7. Palmvita
  8. Obestebutter
  9. Palmia BOS (Bukan Royal Palmia ya)
  10. Pilot RBS
  11. Sania, dan mungkin masih banyak lagi.

Dari beberapa merk di atas, hanya beberapa saja yang pernah saya coba. Saya pernah menggunakan merk Hollman untuk campuran jualan kue kering ekonomis, hasilnya memang lumayan renyah dan aroma (perasa) susunya juga cukup enak. Meskipun untuk aroma, jelas kita tidak bisa membandingkannya dengan mentega asli, ya.

Dari cerita pengalaman salah satu teman di Cookpad, menurut beliau Royal Krone cukup bisa diandalkan untuk menggantikan mentega. Namun semua kembali kepada selera masing-masing ya temans.

Sekedar sharing, penggunaan B.O.S sebaiknya diimbangi dengan margarin kualitas bagus agar aroma dan rasa kue yang dihasilkan bisa lebih gurih. Perbandingannya bisa menggunakan takaran 1:1 atau 2:1. Bisa juga mencampurnya dengan mentega asli dengan perbandingan yang sama, jika tujuannya agar menghemat mentega.

Kalau saya pribadi, dari dulu paling cocok dengan percampuran butter Wjsman dan margarin Blueband Master kemasan 2 kg. Perpaduan keduanya benar-benar menghasilkan citarasa yang premium. 

Disclaimer: Ini bukan endorsement ya, hanya sharing pribadi saja. Bukan berarti merk butter dan margarin lainnya tidak enak. Ini hanya soal selera dan opini pribadi semata. Terimakasih.

Terimakasih sudah membaca sampai akhir, semoga temen-temen yang sedang mencari alternatif pengganti butter ini bisa segera menemukan merk butter oil substitute yang bagus untuk kue jualannya.

Happy baking ^0^




안녕!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url