Kali Unda Waterfall - Wisata Bali

wisata bendungan kali unda klungkung

Klungkung, merupakan salah satu kabupaten yang ada di Bali.
Terletak di bagian timur pulau dewata yang mencakup pulau kecil Nusa Penida juga. Tapi kali ini aku mau ngebahas yang di dekat ibukota kabupatennya aja ya, yaitu Objek wisata Kali Unda yang berada di kota Semarapura.

Baca ini juga: Wisata Kali ala Cheonggyecheon Korea di Denpasar


Objek Wisata Kali Unda, dari Prewedd hingga Arisan Keluarga


Mungkin sebagian besar teman-teman di luar Bali belum kenal yang namanya kota Klungkung. Karena, rata-rata orang hanya mengenal Kuta, Sanur, Ubud, atau Denpasar.

Aku pribadi juga belum banyak tahu tentang Klungkung ini, termasuk objek wisatanya, meskipun keluarga pakjo banyak yang tinggal di daerah ini. Bahkan, yang meskipun mereka tinggal di dekat kali unda, aku baru mampir ke wisata Kali Unda ini kemarin lalu, lho.

Itu pun karena lagi ada acara arisan Keluarga Besar pakjo yang memiliki darah Banjar, Kalimantan Selatan.


Objek Wisata Bendungan Kali Unda

Objek wisata Kali Unda atau Tukad Yeh Unda ini awalnya adalah sebuah Bendungan atau DAM yang terdapat di kota Semarapura Klungkung.
Karena cantiknya aliran air dari bendungan yang seolah-olah seperti air terjun itu, kemudian banyak sesi foto prewedding dilakukan disini.

Konon, dulunya untuk berfoto prewedd disini itu gratis.
Paling-paling hanya rogoh kocek saat meminta bantuan anak-anak penghuni sekitar bantaran sungai, misalnya sebagai figuran, atau bertugas ciprat-cipratin air agar menghasilkan efek yang lebih dramatis.
Itupun hanya seikhlasnya untuk sekedar jajan mereka saja.

Melihat potensi tersebut, pemerintah desa setempat tentu saja gak diam saja. Dari pungutan iuran untuk sesi prewedding yang akhirnya dipatok mulai kisaran 150K tersebut, akhirnya dibuka-lah objek wisata kali unda ini secara resmi.

bendungan kali unda

Lokasi Wisata Kali Unda

Lokasi bendungan kali unda berada di 200 meter belok kiri setelah jembatan kali unda. Jembatan ini berjarak kurang lebih sekitar 1 Km dari pusat kota Semarapura Klungkung ke arah Karang Asem.
Dulunya, sebelum ada jalan By Pass, untuk menuju arah Karang Asem atau padang bai harus melewati jalan ini gaes.


Apa Saja yang Tersedia di Wisata kali Unda?

Tadinya aku pikir, tulisan Wisata Kali Unda yang terpampang segede gaban dan keliahatan dari rumah kakak iparku ini hanya sebagai penanda saja, buat ngasih tahu para “tamu” prewedd kalau mau foto disini “bayar”.
Jadi harus melewati jalan resmi, yaitu pintu Onjek Wisata Kali Unda ini, beserta fee yang harus dibayarkan jika mengadakan sesi foto atau video.

Ternyata, setelah kemarin akhirnya datengin ke tempat ini, aku baru tahu kalau disini juga tersedia restoran lengkap dengan dua balai saung berukuran cukup besar yang bisa disewa untuk acara.

owow ulala...

Satu saung utama bernuansa cantik namun dengan ukuran lebih kecil, berada dekat dengan dapur restonya.
Satu lagi, balai atau saung yang lebih besar, berada di depan saung utama tadi dan terpisah dengan sebuah kolam yang cukup ijo dalam.

saung utama wisata kali unda


Keduanya bisa disewa, dan kita juga boleh membawa bekal makanan dari luar.

Kebetulan pas acara kami kemarin, kami memesan nasi khas Karang Asem yang kami pesan secara terpisah dari Venue. Dan hal itu ternyata diperbolehkan.
Kelebihannya lagi, keperluan acara seperti mic dan seperangkat speaker juga sudah disediakan lengkap dengan colokan tentunya.

Selain kami, ternyata pas hari itu juga berbarengan dengan acara sebuah komunitas rescue gitu, lupa apa namanya. Karena kebetulan ada salah satu saudara kami yang terkena serangan mirip gejala serangan jantung, terus mas-mas dan mbak-mbak dari komunitas sebelah yang memberikan pertolongan pertama, lalu kemudian mengantarkannya ke rumah sakit dengan mobil ambulance mereka. Alhamdulillah.

Balik lagi ke saung tadi.

Di bagian bawah dari saung besar ini, terdapat area yang bisa digunakan sebagai dapur dadakan, atau tempat stok makanan/jamuan.
Toilet juga tersedia di bagian bawah saung ini.

Sedangkan untuk yang ingin bermain air, di bagian bawah terdapat aliran air yang tidak terlalu dalam atau berarus deras. Sayangnya tempat ini tidak terlalu besar, ya. Dan pas aku kesana, tidak banyak yang berendam di area ini.
Kalau yang ingin lebih besar lagi, tentunya ya di kali undanya, hehe.

Di area bawah ini juga terdapat dua saung lagi yang bisa digunakan untuk bersantai. Kita juga bisa memesan makanan dan minuman di resto atas tadi, mbak waitersnya akan nganterin pesanan kita kesini kok.

Feelingku sih, saung ini biasa digunakan untuk kru foto prewedding, buat naruh peralatan mereka, termasuk tim makeup.
Karena di area bawah inilah terdapat akses menuju “Kali Unda Waterfall” yang konon spot ciamik buat berfoto syantik ala artis.



another saung dan akses menuju bendungan "waterfall" nya


Tarif Sewa Saung

Untuk tarif sewa saung besar dihargai 400K IDR nett untuk sekitar 5-6 jam penggunaan, dan sudah termasuk seperangkat speaker tadi. Tapi belum termasuk makanan, atau dan lainnya ya.
Namun, karena kemarin yang ngurusin sewa-menyewa tempat ini bukan aku, jadi lebih rincinya silahkan dapatkan info lengkapnya disini:

Pakse Bali Village (Wisata Kali Unda)

  • Jam Buka: 7 am – 5 pm
  • Kontak: 0877 3058 2175
  • Email: paksebalivillage@gmail.com
  • Website: paksebalivillage.com

Berasa kek dimana gitu, ya?

Buat temen-temen yang ingin ngadain acara bareng keluarga besar atau komunitas, wisata kali unda ini cukup bisa dijadikan pilihan venue, lho.
Apalagi buat kalian yang bosen dengan nuansa perkotaan.

Karena di sini, kita bisa menikmati angin sepoi-sepoi dari rindangnya pepohonan dari atas bukit, sekaligus menikmati sejuknya aroma pancuran air bendungan.
Ditambah lagi, perjalanan dari Denpasar dengan sebuah bus bersama keluarga besar atau komunitas atau teman-teman sekantor, tentunya bisa jadi waktu bonding yang tepat, bukan?


Baiklah, karena menjelang akhir tahun, aku ucapin selamat berlibur bagi yang liburan. Buat yang nggak liburan, nggak usah galau ya!
Aku juga nggak liburan kok, tetep stay di Bali menikmati lalu lalang bus pariwisata, hahaha...



Anyeong,
sera wicaksono

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Wah, kreatif banget ini pemerintah desanya. Suasananya juga dapet banget di sini, jadi makan bareng di saung bakal terasa spesial. Udah lama tahu nama Klungkung dari cersil Wiro Sableng, tapi belum pernah ke sini. Semoga kalo ada rejeki dan kesempatan ke Bali lagi bisa mampir ke sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa kabar2, ntar mitap bareng temen2 lain juga. Hehe

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Yuk tinggalin ngobrol di kolom komentar :)
Link Aktif dan SPAM akan dihapus.

Happy reading other article....