Belajar SEO on-Page Sekaligus Menaikkan DA Blog

cara membuat seo di blogspot

Belajar SEO on Page di Kelas Menaikkan DA, kok bisa?

Jadi, bulan lalu itu kebetulan ketemu formulir pendaftaran kelas gratis menaikkan DA (domain authority) di timeline FB dari salah satu mastah SEO kita. Seneng dong pastinya. Secara DA-ku kan masih termasuk golongan kaum dhuafa. *uhuk.

Dapet kelas gratis pula, hore banget tentunya.

Setelah melewati proses seleksi ketat, terpilihlah 30 orang beruntung dari 200 orang pendaftar untuk bisa ikutan kelas menaikkan DA ini. Dan aku, salah satu orang beruntung itu. Alhamdulillah.

Awalnya aku agak worried sih, bisa nggak ya bertahan sampai titik akhir. Mengingat ada peraturan WAJIB yang harus kita penuhi selama proses pembelajaran berlangsung. Salah satunya adalah mengerjakan tugas "kejutan" dengan deadline. Barang siapa melanggarnya, siap-siap terhempas manjah dan bye-bye sama materi-materi “daging” di setiap harinya.

Sadis?

Enggak dong! Karena tidak ada hal sia-sia untuk setiap kerja keras kita. Hasilnya, baru di minggu ke-2 saja DA ku berhasil naik 5 level. Emeijing nggak sih?

Eniwe, ada apa aja nih di kelas menaikkan DA besutan mas Irwin dan mas Pewe ini? Simak terus sampai bawah ya gaes!

Baca ini: Tips Memilih Nama Untuk Blog


Belajar SEO blogger dan menaikkan DA blog

Menurut penuturan beberapa mastah SEO, DA tidak ada kaitannya dengan optimasi SEO, dalam hal ini perkara kesempatan artikel kita bisa masuk di halaman pertama mesin pencarian. Urusan ini sih aku nggak bisa komen ya, dan nggak mau komen juga. Apalagi ilmuku belum sampai sini.

Tapi buat aku pribadi, belajar mengoptimasi blog agar lebih SEO dan bisa nangkringin artikelku di halaman pertama plus memiliki nilai DA tinggi, sejatinya akan memberi prestige tersendiri, bukan? Meskipun nggak ada pengaruhnya ke mesin pencarian, kenyataannya penilaian DA ini ada dan banyak digunakan. Artinya, tetap memiliki fungsi meski aku tak tahu apa itu. Ini menurutku, menurutku aja lho ya. Nggak harus sepakat, kok.

Kalau dianalogikan tuh, ibarat punya suami cakep, tajir, sabar, nggak pelit, penyayang pula. Halah. Analoginya itu lho mak, tolong!

Oke balik lagi ke kelas!

Setelah acara ramah-tamah dan perkenalan dengan seluruh member serta 5 coach kece, peserta langsung dikenalin dengan tools deteksi kesehatan Blog. Tenang aja, rerata tools yang disuguhkan Geratis tis tis! 
Tujuannya jelas untuk pengoptimalan optimasi SEO nantinya. 
Jadi ibarat rumah tuh, udah dipoles cat bagus, pakai furniture terbaik, dekorasi interior cakep, eh gentengnya bocor dimana-mana. Ya nggak lucu kan? semua keindahan itu gak guna jadinya.

Baru di episode ini saja, kita sudah dibuat terbengong-bengong dengan banyaknya shocking teraphy. Apa saja itu? 
Iyes, ternyata kesehatan blog kita nilainya masih banyak yang merah merona! 
Dari 5 tools yang diberikan, alhamdulillah sih 4 tools memberiku nilai HIJAU, meskipun masih ada minus-minus di beberapa bagian. 
Tapi it’s OK, beberapa hal ini masih bisa kita skip dulu. Tapi, ada 1 tools yang bikin geleng-geleng kepala nih. Merah semua gaes! *ngakak 

Alhamdulillah setelah diberesin secara bertahap, kini sudah di lampu kuning. Dan perubahan yang terjadi, banyak banget. Seperti PV perlahan mulai meningkat. Entah sih, karena ini atau bukan. Tapi yang aku rasain ada perbedaan di report GA. PV naik, bounce rate turun. 
Senang? *yaiyalah

Selanjutnya, selain tugas harian yang bertujuan untuk menaikkan DA, karena memang kelas ini tujuan utamanya adalah menaikkan nilai DA blog. Kita juga diberi bonus Belajar SEO untuk blogger pemula. Mulai dari belajar SEO wordpress dan blogspot, teknik SEO yang baik dan benar, beragam tools yang bisa kita gunakan untuk menganalisa blog kita plus cara membaca analisanya, hingga belajar SEO on page optimization juga. Semua materi SEO ini dibawain dengan sangat humble dan padat materi oleh mas Bahrul Ilmi, atau biasa dipanggil mas Baim. Beliau adalah salah satu pakar SEO juga tentunya.

Cara mas Baim dalam menyampaikan materi SEO ini cukup mudah dimengerti, menurutku. Karena menggunakan bahasa simple, bahasa sehari-hari kita. Pun analogi yang digunakan, kerap diselingi dengan jokes yang bikin kelas jadi lebih lumer. Buang deh asumsi belajar SEO itu membosankan dan njelimet bin ruwet. Selama pematerinya asik saat menyampaikan materi, insyaaAllah kita akan mudah memahaminya, kok.

Jadi, buat mamak-mamak yang selama ini menganggap SEO itu momok menyeramkan, tenang mak! Nggak sebegitunya kok. Meskipun ya, tetep aja sih ada yang rada bikin puyeng-puyeng, wkwkwk.



Materi SEO ini diberikan secara bertahap, dan setiap tahap selalu ada tugas "kejutan" tadi itu. Kalau nggak ngerjain? yah, siap-siap aja say BYE!
Sistem peyaringan ini selain bertujuan untuk menyaring tingkat keniatan peserta, juga sebagai monitoring tingkat kepahaman peserta. Jadi, materi yang akan diberikan selanjutnya nggak menjadi kelebihan dosis. Begitu kira-kira.

Selain pengenalan tools, cara membaca analisa dengan benar, hingga tahap belajar SEO on Page, kita bebas nanya apa aja ke coach Baim ini terkait blog. Nanya apa aja yang kita merasa "ngganjel" di pikiran. 
Dan jawabannya, sejauh ini aku cukup bisa memahaminya dengan baik. Karena hampir setiap penjelasannya disertai dengan alasan dan analogi yang mudah dimengerti. Plus, mas Baim ini humble orangnya. Jadi setiap penjelasan yang disampaikan nggak terasa kaku.

4 coach pendamping lain juga siap menjawab lho, lengkap dengan argumentasi masing-masing juga.
Nggak perlu baper! 
Karena SEO itu ibarat seni. Beda argumentasi itu wajar saja. Toh argumentasi masing-masing didasari oleh pengalaman mereka yang nggak bisa dibilang kentang.


Apa saja yang aku dapatkan dari belajar SEO bareng mas Bahrul Ilmi?

Tentu saja banyak insight baru yang aku dapetin, meskipun belum semuanya bisa aku terapin dengan baik dan benar. Karena, yang namanya belajar itu butuh proses. Nggak ujug-ujug bisa. Butuh waktu untuk melatih diri kita terbiasa melakukannya. Itu poin pentingnya. 
Dan perlu digaris bawahi, SEO itu ibarat seni, nggak bisa saklek kayak rumus matematika 1+1=2. 

Penerapan untuk satu blog dengan blog lainnya juga bisa bervariasi, misalnya kaitannya dengan niche blog, niche A dan niche B tentu akan ada perbedaan dalam meng-handle-nya. Meskipun secara garis besar, poin-poin utamanya tetap sama. Semua pakar SEO pasti setuju dengan ini. Kalau ada yang nggak setuju, yaudah diem aja. haha.

Dan tentu saja, semua ilmu SEO itu baru akan efektif jika kita mempraktekannya. *nulis ini sambil merasa bersalah dengan diri sendiri lho ini, serius!


Siapa Bahrul Ilmi?

Namanya mungkin temen-temen sudah tak asing lagi. Bahkan sering muncul di beberapa komentar postingan FB para mastah SEO. Temen-temen mungkin banyak yang bahkan sudah mengenal beliau, tapi jujur, aku baru mengenalnya saat di kelas DA Masirwin ini. hehe. 


belajar seo on page bersama bahrul ilmi
mas Baim


Mas Baim adalah oppa asal kota khatulistiwa, Pontianak. Bukan jambul khatulistiwa ya, beda!
Menurut pengakuannya, beliau mulai menekuni dunia SEO ini memang baru 2 tahun terakhir. Namun pengalamannya, jangan ditanya, banyak!

Beliau mengawalinya dengan menjadi blogger biasa. Blogger sebagaimana umumnya kita ngeblog. Kemudian beliau memilih menekuni dunia content writer, hingga akhirnya mendalami dunia SEO. Berkat kegigihannya mempelajari seluk beluk SEO ini, kini membawanya sukses merambah dunia pembuatan web dan tekhnisi SEO.

Mau lebih kenal dengan beliau? Silahkan stalking sosial medianya ya, hehe.

Buat temen-temen blogger, khususnya yang masih pemula sepertiku, dan bercita-cita ingin menaikkan DA serta dapetin bonus materi SEO gratis dari mas Baim dan mas Irwin beserta kawan-kawan, silahkan pantengin terus sosial media-nya mas Irwin. Siapa tahu, siapa tahu lho ya ini, bakalan ada next batch kelas FREE.
Kabarnya sih pendaftaran kelas DA untuk batch 3 akan segera dibuka. So, buruan kepoin akun-akun sosmed beliau-beliau, dan stay tune! 

Ettapi, kalau temen-temen mau segera belajar SEO on Page dan tentunya dengan kupasan materi yang lebih deep lagi, boleh kepo-kepo banner di bawah ini. 
For further information, silahkan kontak DISINI

kelas seo on page




Anyyeong,

sera wicaksono

Posting Komentar

26 Komentar

  1. Sya pun merasa beruntung banget bisa belajar dengan para mastah yang kece abis ya, materinya mudah dipahami karena ngasih tutorial dan disisipin foto. Kalo kita nggak paham pun nggak perlu sungkan untuk bertanya. Plusnya lagi bisa saling kenal dengan teman blogger lainnya yang sebelumnya belum kenal atau belum akrab gitu.
    Siap2 terkejut tiap hari ya teh... πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, siap dengan kejutan pokoknya haha

      Hapus
  2. Sempat lihat juga tuh penawarannya tapi ga pede untuk ikutan😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho kenapa ga pede mba, aku pake rumus org indonesia. Coba aja dulu, wkwkw

      Hapus
  3. Selamat mba DA nya perlahan naik. DA ku masih kecil banget. Semoga bisa dapat rezeki ikut kelas DA ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Alhamdulillah sekarang DA ku ga miskin miskin amat, wkwkw

      Hapus
  4. Selamat mba DA nya perlahan naik. DA ku masih kecil banget. Semoga bisa dapat rezeki ikut kelas DA ini

    BalasHapus
  5. Saya kemarin daftar kelas ini tapi nggak keangkut. Hiks! Akhirnya cuma bisa baca tulisan murid-muridnya semoga DA bisa naik juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya sih mba untung2an. Aku juga gak nyangka kalau diangkut. Tadinya udah pasrah aja, eh dapet rejeki.

      Hapus
  6. Jd tergoda nih kepoin sosmed mastah... Semoga bisa ketuler naikin DA yg cukup lama stag..hwhwhw.... Thx kk dah cerita keseruanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 kakak, aemoga segera naik ya DA nya.

      Hapus
  7. beberapa kali membaca status teman2 blogger yang berhasil naikin DA aku jadi kepingin juga. dimana sih pengumumannya, kok perasaan aku selalu ketinggalan yaa hikss keren mbak artikelnya, jadi tambah ingin ikutan kelasnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. di post di status facebooknya mas irwin mba, silahkan kepin aja hehe. sepertinya sudah ada tanda-tanda hilal kelas dibuka haha

      Hapus
  8. Aku belum lolos terus nih buat ikut kelasnya. Tunggu bulan depan ah😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah ada tanda-tanda kelas dibuka lagi tuh, coba deh pantengin fb nya mas irwin hehe

      Hapus
  9. Memang belajar seo on page ini penting banget bagi blogger. Sebab dengan mengetahui seo ia bisa mengupayakan optimasi supaya artikelnya/websitenya berada di halaman depan.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah ya bisa dapat kesempatan ikutan kelas ini. Materinya juga menarik banget. Makasih sharingnya, Mbak

    BalasHapus
  11. Duuuh jadi pengen deh belajar SEO...kalau blog sehat, DA naik pastinya bakal ngumpul cuan banyak ya...emak jadi hepi dong bisa bergaji meski cuma pake daster hehehee

    BalasHapus
  12. Teh klo udah lulus kami siap berguru ke Teh Sera

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, siapppp. Yang penting upetinya rendang dua kilo siap kirim ke bali ye bang

      Hapus
  13. Mantap banget. DA naik sampai 5 level. Padahal baru belajar sampai minggu kedua. Mana nggak pelit bagi-bagi info mengenai SEO on page.

    Kayaknya ikut kelasnya nggak bakal rugi ya, Teh.

    BalasHapus
  14. Aku termasuk peserta yang dihempas manjah 😭 hilang orangnya buat belajar ilmu para petinggi begini...
    Btw Mak Icik keren banget 2 Minggu naik 5 level 😍

    BalasHapus
  15. Keren Mak Icik udah naik 5 aja 😍😍 joss ya kelas dan PR-nya.

    Waktu itu aku daftar, tapi karena beberapa hal jadi mundur.
    Ada hikmahnya juga sih, kalau misalnya keangkut, kmrn itu aku drop langsung kekick deh πŸ˜†

    BalasHapus
  16. wah aku kemarin Juga ikut daftar mbaa tapi ndak keangkut huhuhu pengen deh Di next kelas bisa keangkut juga

    BalasHapus
  17. Aku termasuk emak yang menganggap SEO itu momok yang menyeramkan.
    Pernah ikutan kelas SEO, tapi nggak lulusπŸ™ˆ

    Btw keren mak icik naik 5 Level.

    BalasHapus
  18. waw mengasyikan bgt ya bisa belajar seo di kelas begini, sukses selalu mbakk. aku pun suka otak atik blog buat belajar apapun yg bisa dipelajari, hihi

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Yuk tinggalin ngobrol di kolom komentar :)
Link Aktif dan SPAM akan dihapus.

Happy reading other article....