5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Yang Mudah Diterapkan

Daftar Isi [Tampilkan]
cara mengatasi rambut rontok dan kering

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Yang Mudah Diterapkan


Yeoreobun Annyeong...

Rambut adalah mahkota terutama bagi kaum wanita. Namun, apa jadinya jika rambut sebagai mahkota kita mengalami kerontokan? Meskipun rambut rontok terbilang hal yang wajar, namun jika mengalami kerontokan secara berlebihan maka patut kita waspadai. Beruntungnya, ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk memperlambat atau menghentikan kerontokan rambut ini. Berikut 5 cara mengatasi rambut rontok yang mudah diterapkan.


Baca juga: 10 Cara ini Bikin Kamu Tampak Muda di Usia 40-an


1. Mencuci Rambut Secara Rutin 

Salah satu cara yang paling mudah diterapkan adalah mencuci rambut secara rutin. Lakukan keramas dengan daily shampoo berbahan ringan setiap hari atau setidaknya dua hari sekali. Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala dapat mencegah dari kerusakan dan rambut rontok. Kuncinya, gunakan shampoo berbahan ringan. Sebab, shampoo dengan formula yang keras berisiko membuat rambut kering sehingga rambut mudah patah hingga rontok. 


2. Menggunakan Minyak Kelapa 

Cara yang mudah dilakukan di rumah lainnya yaitu dengan memberikan nutrisi rambut menggunakan coconut oil. Menurut studi yang dilakukan tahun 2018, para peneliti membuktikan bahwa minyak kelapa mampu mencegah kerusakan rambut akibat paparan sinar Ultra Violet (UV) dan juga efek buruk akibat penggunaan bahan kimia pada rambut, seperti pewarnaan atau pelurusan rambut. 

National Library of Medicine pada tahun 2003 juga menyebutkan terdapat kandungan asam laurat yang ditemukan dalam minyak kelapa, zat ini dapat membantu meningkatkan protein di rambut serta melindungi kerusakan pada akar dan helai rambut. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian hanya perlu mengaplikasikannya ke kulit kepala sambil memijat-mijatnya secara lembut setidaknya satu hingga dua kali dalam seminggu.


3. Menjaga Pola Makan dengan Diet

Sebuah penelitian tahun 2018 membuktikan bahwa diet yang mengandung sayuran mentah dan herba segar bisa mengurangi risiko kebotakan atau yang disebut dengan androgenic alopecia. Selain itu, diet ini juga dapat memperlambat permulaan kebotakan. Untuk hasil terbaik, konsumsi makanan yang bagus untuk kesehatan rambut seperti kemangi, peterseli, dan salad sayuran. 

Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan tinggi protein juga merupakan hal wajib untuk mengatasi kerontokan rambut. Hal ini karena sebagian besar folikel rambut terbuat dari protein yang disebut dengan keratin. Sebuah studi tahun 2017 mencatat beberapa peserta dengan kerontokan rambut mengalami kekurangan nutrisi termasuk asam amino yang menyusun protein. 

Mengonsumsi banyak makanan yang kaya akan sumber protein seperti telur, ikan, kacang-kacangan, daging ayam, daging kalkun, dan produk susu rendah lemak dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok.


4. Mengonsumsi Multivitamin 

Para peneliti di tahun 2018 mengatakan bahwa, vitamin A, B, C, D, selenium, zat besi, dan seng, merupakan komponen penting untuk pertumbuhan rambut dan proses retensi. Nutrisi tersebut sangat berkaitan dengan pergantian sel dalam rambut. 

Untuk itu, kalian bisa memenuhi nutrisi rambut dengan menggunakan multivitamin harian yang bisa didapat di apotek maupun atas resep dokter. 


5. Pemijatan 

Pemijatan pada area kulit kepala memang terasa enak dan dapat memberikan efek tersendiri. Tetapi bisakah hal itu membantu menumbuhkan rambut yang rontok? 

Jawabannya, bisa. 

Bahkan cara ini terbukti dalam sebuah studi yang sudah dilakukan oleh beberapa peneliti. Salah satu studi di tahun 2016 menunjukkan bahwa peserta yang berpartisipasi dalam penelitian tersebut menunjukkan hasil yang signifikan setelah melakukan pijatan di bagian kulit kepala selama 4 menit per hari secara rutin selama 24 minggu.


Jadi nggak perlu khawatir lagi ya kalau mengalami rambut rontok. 5 cara mudah di atas bisa kalian lakukan sendiri di rumah, lho. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kalian bisa mengonsumsi Realfood Hair Power yang merupakan program terbaru dari Realfood sebagai vitamin rambut untuk mengurangi masalah rambut rontok dan kering.



안녕!

sera wicaksono

Posting Komentar

0 Komentar