10 cara ini bikin kamu tampak muda di usia empat puluhan

cara awet muda di usia empat puluhan

Awet Muda di Usia Empat Puluhan

Memiliki kulit sehat dan awet muda, wanita mana yang tak mendambakannya. Bahkan para pria pun tentu saja menyukainya.

Eh tunggu, kenapa main-pict nya pake potonya emak?
Bukan saya sok merasa awet muda, lho ya ini. Lebih tepatnya karena nggak nemu pose foto seperti yang saya mau. Kayak gini (halah).
Jangan di bully ya kakak, mama, tante, adek-adek, huhuhu.

Yesss,

Saat usia kita masih belia, tanpa perawatan pun mungkin akan baik-baik saja. Tapi tidak untuk kulit kita di usia yang perlahan menuju forty ini.
Iya, saat usia kita mulai beranjak dari angka 30, kadar kolagen kulit kita pun turut berangsur mengalami penurunan, sehingga membuat kulit menjadi tak kenyal dan elastis lagi.

Urusan garis-garis halus pada kulit di usia 30+ memang tak bisa dihindari begitu saja. Butuh biaya yang tak sedikit kalau mau benar-benar menolak kodrat alami ini.

Menua itu pasti, keriput juga nggak bisa ditolak, tapi tampil muda lebih lama itu pilihan.

Tips ini saya kumpulkan dari kebiasaan beberapa temen saya yang masih tampak muda di usia empat puluhan.

Simak aja kuy apa aja!


1. Cukup Istirahat

Usia 30 tahun memang usia paling produktif dalam siklus manusia. Banyak sekali kegiatan yang harus kita lakukan, terlebih jika kita berkarir.

Belum lagi urusan pekerjaan rumah tangga yang nyaris tak ada habisnya, wanita karir tentu memiliki dobel kesibukan. Sekalipun, saat ini banyak praktik jasa pekerjaan rumah tangga yang bisa kita serahi.

Ditambah, mobilitas di jaman ini yang cenderung sangat padat, membuat kita seolah butuh waktu 26 jam sehari.

Tapi perlu diketahui, cukup istirahat itu sangat penting, lho.

Kita butuh setidaknya 6 jam tidur di malam hari dengan kualitas yang baik. artinya, tidak tidur terlalu larut malam, yang justru membuat kita bangun kesiangan.

Bangun pagi itu harus!
Selain tentu saja kewajiban melaksanakan sholat subuh, bagi muslim, udara pagi hari akan memberi energi positif lebih banyak untuk kita yang seharian nanti akan terpapar polusi.

Jangan lupa bersihkan wajah dan gunakan krim malam sebelum tidur. Usahakan tidur dengan minim cahaya, karena pembentukan sel-sel kulit baru akan bekerja lebih optimal pada kondisi minim cahaya.

Tidur dengan minim cahaya ini pun, sesuai dengan sunnah Rasulullah, lho.


awet muda di usia 40 tahun
ilustrasi: pixabay

2. Makanan Bernutrisi

Hari gini, siapa yang nggak terkontaminasi dengan "junk food". ada sih, tapi yang bener-bener bisa bebas junk food itu, nggak banyak jumlahnya.

Apalagi di jaman yang apa-apa kekinian, sedikit-sedikit kekinian. yang padahal, hampir semua itu masuk dalam kategori "makanan jorok".

Jorok disini bukan dalam artian tidak higienis saja, jorok juga berarti mengandung bahan-bahan kurang sehat bagi tubuh.

Belum lagi paparan polusi yang terhirup dan terserap ke dalam tubuh, menambah daftar panjang polusi yang masuk ke tubuh kita.
Padahal, yang namanya polusi jelas akan menggangu sistem sel-sel tubuh kita.

Mengimbanginya dengan makanan bernutrisi, menjadi salah satu antisipasi penetralisir polusi tadi.

Istilah "diet" bukan hanya untuk urusan menurunkan berat badan saja, tetapi juga dalam rangka mengurangi asupan "tidak sehat" yang akan berefek negatif bagi tubuh kita.


Baca ini juga: Diet nyaman, cara mudah turunkan berat badan


3. Olahraga Teratur

Aktifitas fisik di tengah kesibukan duduk kita tentu tak kalah penting, dan justru menjadi sangat penting untuk membantu mempercepat proses metabolisme tubuh dalam "menghandle" setiap asupan yang kita makan.

Dengan berolahraga secara teratur, tubuh pun menjadi terlatih untuk tetap aktif dan tentu saja membantu membuang sisa-sisa racun dalam tubuh melalui keringat.


4. Piknik

Banyak status di timeline FB atau sosial media lainnya "piknik tipis-tipis".

Seberapa penting sih ini?

Menurut saya ini, penting banget!

Kenapa?

Balik lagi, rutinitas kaum produktif yang super padat tentu saja melelahkan hati saraf-saraf otak karena bekerja terlalu keras bagai kudha.

Dengan kegiatan piknik ini akan me-refresh semua sendi dan saraf-saraf tubuh kita. Asupan atmosfer baru saat kita piknik ini juga menumbuhkan semangat baru dengan produksi hal-hal positif selama proses pemanjaan jiwa raga tersebut.

Nggak harus piknik mevvah, karena piknik mevvah akan cenderung membuat stress saraf-saraf dompet dan rekening, hihi~

Boleh, piknik mevvah sekali-sekali, misalnya setahun sekali. sebagai reward atas kinerja kita selama setahun ini.
Tapi untuk piknik setiap akhir pekan, atau dua kali akhir pekan, pilihlah piknik tipis-tipis saja.

Pilihlah lokasi yang tak terlalu jauh, karena sepulang piknik yang terlalu jauh, justru akan membuat kita kelelahan kembali. Sedangkan senin kita sudah harus kembali dengan rutinitas.


5. Positive Thinking

Setelah me-refresh otak dan mengasupnya dengan hal-hal positif, jangan lupa tetap menjaganya dengan selalu berpikir positif.

Berpikiran negatif sekali-sekali boleh, dalam rangka mengantisipasi segala kekhawatiran, tapi tidak boleh berkelanjutan. Hanya boleh disaat waktu tertentu atau urgent.

Positive thinking ini kelihatannya sepele, tapi manfaatnya sangat luar biasa. Karena apa yang kita pikirkan cenderung akan menjadi ucapan, dan ucapan adalah doa, maka berucaplah yang baik.


me-time ala saya:
nonton yang bening-bening begini ^,^

Baca disini: Drama Pamitan Lee Jong Suk sebelum wajib militer


6. Me Time

Siapa bilang emak rumah tangga dengan bayi dan anak kecil nggak punya waktu untuk Me Time?

Kalau mau jeli, banyak lho waktu me-time yang bisa kita curi di sela-sela kesibukan kita sebagai ibu rumahan.

Kalau ibu karir, menurut saya banyak ya kesempatan untuk me-time. Di kantor saja bisa makan siang bareng temen-temen, tanpa direcokin suami apalagi bayik rewel.

Tapi kalau emak rumahan, emang harus pandai "mencuri" waktu untuk me-time.

Saat bayi tidur, misalnya.
Kalau ngantuk boleh ikutan tidur, mungkin karena lelah begadang semalaman. Tapi jika tidak ngantuk, bolehlah nonton drama korea *tetep ya, drakor judulnya.

Atau misalnya gunakan waktu untuk memanjakan diri dengan apa yang disukai, bisa karaoke, atau lulur+masker, atau ngeblog mungkin. Atau berselancar positif di media sosial dan internet.

Tetapi, alangkah baiknya jika suami juga memahaminya, dengan memberi waktu isterinya untuk menikmati me-time nya.
Saya pribadi, sering meminta waktu ini, kadang untuk karaoke online, kadang nonton drakor marathon, kadang cuma pengen tidur pulas.

Karena emak stressnya cenderung dobel, maka refreshingnya juga kudu dobel. Piknik keluarga dan me-time ini.


7. Jadilah Diri Sendiri

Yap!
Nggak ada gading yang tak retak. Nggak ada manusia sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah ta'ala *asekkk.

Boleh punya panutan dalam segala hal, tapi...
tetaplah jadi diri sendiri dengan keunikan yang ada. Percayalah, Allah menciptakan setiap mahluk-Nya dengan penuh cinta, dengan "cita-rasa" masing-masing.

Nggak usah nanya sama rumput yang bergoyang, dia udah capek goyang-goyang, tanya saja pada hati masing-masing dimana letak kenyamananmu.


8. Memperluas Jaringan Sosial

Jangan jadi katak dalam tempurung. Lihatlah luasnya dunia ini.
Berteman dengan banyak teman "virtual" boleh, tapi jangan lupa berteman dengan teman "visual".

Tertawa lebar dengan teman nyata jauh lebih menarik daripada sekedar emoticon yang tertawa, bukan?

Berteman dengan banyak kalangan positif juga dapat memperluas wawasan kita, sehingga kita pun terdorong untuk ikut positif.



9. Perawatan wajah & tubuh

Dan yang tak kalah penting, tentunya perawatan. Apapun itu pastilah butuh yang namanya perawatan.

Perawatan ini banyak caranya.
Misalnya ke salon atau klinik-klinik kecantikan, ataupun perawatan di rumah.

Kalau perawatan ke klinik kecantikan tentunya membutuhkan biaya yang tak sedikit. Jadi bisa diakali dengan perawatan di rumah, dengan sesekali ke klinik.


Ini dia step by step perawatan wajah by self yang harus kita perhatikan agar hasilnya maksimal.
  • Pembersihan dengan menggunakan cleanser, sebaiknya gunakan double-cleanser untuk hasil maksimal, yaitu dengan 2 jenis cleanser. misalnya jenis lotion dan facial wash. sesuaikan dengan kebutuhan kulit kalian ya genks.
  • Gunakan exfoliant, exfoliant berjenis BHA dapat masuk hingga ke dalam jaringan minyak sehingga mampu membersihkan sisa-sisa minyak yang terperangkap di dalam pori-pori. Gunakan ini maksimal 3x dalam seminggu, terlalu sering mengunakan exfoliant juga dapat mengiritasi lapisan kulit 
  • Gunakan Toner sesuai dengan kebutuhan kulit, misalnya berjerawat, sensitif atau kering.
  • Gunakan essence setiap pagi dan malam sebelum menggunakan pelembab.
Saya menggunakan New Revitalift crystal micro-essence smoothing + radiance dari Loreal Paris.


new revitalift crystal micro essence dari loreal paris

Kandungan aktif

Essence ini mengandung Centella Asiatica yang sangat efektif dalam merangsang proses pembentukan sel baru dan meningkatkan produksi Collagen.
Juga dilengkapi dengan skin brightening actives, yaitu salycilic acid dapat membatu menyamarkan pori dan menjaga kehalusan kulit, serta mild exfoliating hepes yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit nampak lebih bersih dan cerah.

Tekstur dan Aroma

Dengan menggunakan terobosan baru, New Revitalift crystal micro-essence smoothing + radiance dari Loreal Paris ini hadir dengan tekstur seperti air, sehingga ringan dan mudah meresap serta tidak terasa lengket.

Memiliki wangi yang sangat lembut sekaligus relaksasi.

Cara Penggunaan

Tuang 3-4 tetes ke telapak tangan lalu usap ke wajah yang telah dibersihkan kemudian tepuk-tepuk perlahan untuk membantu mempercepat peresapan. 
Gunakan sebelum penggunaan pelembab ya, genks.

Dengan penggunaan teratur selama seminggu ini, kulit wajah saya yang biasanya kering kerontang, pun berangsur lebih lembab dan terasa lebih kenyal elastis.

new revitalift micro essence loreal
tuang 3-4 tetes ke telapak tangan,
lalu usapkan merata ke seluruh wajah sambil ditepuk-tepuk manja

Kemasan

Revitalift essence besutan Loreal Paris ini tampil menawan dengan botol kaca doff dan tutup ulir berwarna silver yang semakin membuatnya tampak elegan.

How to Purchase?

Banyak di toko offline maupun online, seperti sociolla.


  • Jangan lupakan moisturizer. ini penting! 
Moisturizer ini ada 2 jenis, yang bersifat hydrating dan yang bersifat mengikat kelembaban.

Pelembab dengan sifat menghidrasi biasanya mengandung bahan: aloe vera, hyaluronic acid, dan atau glycerin. 
Sedangkan pelembab yang bersifat mengikat kelembaban kulit, biasanya berbahan: beeswax, petrolatum (petroleum jelly) atau zinc. Kandungan ini mampu menahan air hingga 98%.

Sebaiknya gunakan pelembab dengan fungsi hydrating terlebih dulu untuk meningkatkan kadar air dalam kulit, setelahnya, temen-temen bisa menguncinya dengan moisturizer yang bersifat mengikat air tadi.

Namun, untuk pemilik kulit sensitif, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kecantikan langganan temen-temen.


10. Bersyukur

Kunci pamungkas dari segala cara adalah Bersyukur. sepele!

tapi...

Dengan bersyukur, maka hati menjadi lebih tenang, dan ketenangan membuat kita bahagia, maka bahagia membuat kita awet muda.
*eaaaa

Nah, last but not least adalah dipraktekkan ya. Jangan hanya jadi wacana, ntar awet mudanya juga hanya wacana (ngomong ama cermin).

Oke deh, genks.
Diatas adalah tips-tips yang saya amati dari beberapa rekan saya yang terlihat muda padahal usianya sudah kepala 4. 

Bukan kita menolak tua, ya, tetapi kita menikmati aura muda lebih lama. *halah


Sekian dulu postingan kali ini, see you next post ya dear.




anyyeong,




Post a Comment

0 Comments