Drakor On The Way To The Airport Review

Daftar Isi [Tampilkan]
review on the way to the airport

여러분 안녕

Yeoreobun annyeong...

Drakor “On The Way To The Airport” memang jarang diperbincangkan, karena drama ini memang sudah lama tayangnya. Yaitu sekitar akhir tahun 2016 lalu. Tapi, nggak ada salahnya dong kita mengulik kisah cinta puber kedua ala Kim Ha-Neul dan Lee Sang-Yoon ini.

Kalau saat ini timeline sosmed masih rame dengan postingan mamak-mamak yang euphoria sama happy ending drakor kangmas Vincenzo Cassano, si corn-salad yang diperankan begitu apiknya oleh duren kita, Song Jong-Ki. Ijinkan saya mengupas sedikit tentang kisah cinta “tak lumrah” Choi So-ah dan Seo Do-woo di serial drama korea On The Way to the Airport.


Baca juga:


On The Way To The Airport Sinopsis

Semua berawal dari kematian Annie, anak tiri dari Seo Do-woo yang bersekolah di negeri jiran Malaysia. Annie yang ingin pulang ke Korea karena begitu merindukan keluarganya, terutama neneknya yang akan berulang tahun, namun dilarang oleh Kim Hye-won ibu kandungnya yang juga isteri dari Seo Do-woo.

Sebelum kejadian kecelakaan yang menimpa Annie, ia sempat bertabrakan dengan Choi So-ah. Choi So-ah yang diperankan oleh Kim Ha-neul, adalah seorang pramugari senior sebuah maskapai “merah” yang di drama ini merupakan sponsor utama.

Dari sinilah kisah cinta itu dimulai. Choi So-ah yang gampang baper dengan rasa bersalah, sedangkan Seo Do-woo yang merasa terpukul dengan kematian Annie sementara istrinya yang merupakan ibu kandung Annie tak merasa sedih sedikit pun. Membuat dua sejoli ini menemukan keterikatan yang unik. Kemudian berakhir dengan “kita adalah rasa yang tepat di waktu yang salah”.


Latar Belakang Kehidupan Choi So-ah

Choi So-ah yang merupakan seorang pramugari senior memiliki seorang suami yang berprofesi serupa dengannya, yaitu Pilot senior di maskapai tempatnya bekerja, Kapten Park. Kapten Park Jin-seok diperankan oleh Shin Sung-rok, pemeran Kaisar Lee-Hyuk di drama korea The Last Empress.

Kapten Park ini ditokohkan sebagai seorang yang saklek sama keluarganya. Dia suka mendikte istrinya karena merasa keputusannya selalu benar, sementara istrinya yang rada ceroboh dan labil itu selalu menurut saja meski dalam hatinya sering jengkel dibuatnya.

Mereka memiliki seorang anak bernama Park Hyo-eun yang dipaksa bersekolah di Malaysia oleh bapaknya, Kapten Park. Hyo-eun tinggal sekamar dengan Annie saat di Malaysia, kemudian mereka menjadi teman baik. Sepeninggal Annie, Hyo-eun pun memilih untuk kembali ke Korea. 

Choi So-ah memiliki seorang sahabat yang juga pramugari senior bernama Song Mi-jin, yang ternyata merupakan mantan dari Kapten Park, suaminya. Di tengah cerita, Mi-jin ini digosipkan pacaran diam-diam dengan kapten Park saat kebetulan bertugas bareng. Jadi alasan dong buat pembenaran perselingkuhan Choi So-ah dengan Seo Do-woo? 

kim ha neul pemeran choi so ah
Choi So-ah


Latar Belakang Kehidupan Seo Do-woo

Seo Do-woo diperankan oleh Lee Sang-Yoon. Ia adalah tokoh dengan kepribadian hangat dan memiliki pemikiran terbuka. Menikah dengan Kim Hye-won yang diperankan oleh Jang Hye-jin yang sudah memiliki anak gadis bernama Annie tadi.

Pernikahan mereka juga terbilang kurang harmonis. Istrinya, Kim Hye-won, boleh dibilang cukup mendominasi layaknya kapten Park. Padahal Hye-won dulunya adalah pekerja magang di galeri budaya tradisional Korea milik ibunya Do-woo, Nyonya Go.

Seo Do-woo yang berjiwa hangat, lalu terpukul dengan kematian Annie tetapi malah gak digubris oleh istrinya, terus ketemu sama wanita berjiwa hangat dan lemah lembut Choi So-ah. Tahu dong gimana debaran hatinya?

le sang yoon pemeran seo do woo
Seo Do-woo


On The Way To The Airport Review

Meski judulnya on the way to the airport, drama bergenre melo-romance yang tayang di KBS2 2016 lalu ini bukan bercerita tentang hiruk pikuk airport secara mendalam, lho. Bukan pula berisi tentang seluk beluk profesi pramugrari dan pilot. Tetapi justru lebih bercerita tentang urusan rumah tangga. Tentang sebuah kepercayaan, tentang pentingnya komunikasi antara pasangan suami isteri, hingga konflik yang paling umum ditimbulkan akibat rumah tangga yang “hambar”.

Bagi sebagian orang, terutama yang tidak pernah hidup dalam kondisi keluarga yang “semrawut”, mungkin akan sulit menerima kisah cinta ini. Ya, meskipun hubungan mereka ini tidak bisa dibilang hal baik yang patut untuk dicontoh. Tetapi, kalau diraba dari sudut pandang situasi mereka, nggak salah kok. Maksudnya bukan perilakunya yang benar, tapi keadaan seperti itu nggak salah dan sangat manusiawi banget. Seperti halnya mbak Da-kyung yang nggak bisa menolak hatinya untuk mencintai suami bu dokter di serial The World of the Married.

Setuju atau tidak, salah satu hal yang tidak bisa kita tolak adalah, kepada siapa hati kita akan mencintai. Asekkkk.

Kalau kita mencintai orang yang tepat, yang juga mencintai kita dengan indahnya, itu adalah berkah. Bersyukurlah, namun jangan pernah menuduh dosa pada orang yang tak seberuntung itu. Karena nggak sedikit juga orang di luar sana yang kisah cintanya bagai sinetron, mencintai tanpa dicintai, atau mencintai pada kondisi yang tidak tepat, atau memiliki “rasa di waktu yang salah” ala Fiersa Besari. Dan menurut saya itu manusiawi. 

Bukan berarti saya membenarkan pelakor atau perselingkuhan, ya. Enggak, bukan gitu konsepnya. Tapi perasaan seperti itu normal muncul pada orang dengan pasangan yang tidak se-frekwensi satu sama lain. Perkara endingnya akan pisah, selingkuh, atau memperbaiki hubungan, itu urusan individu pada akhirnya.

Apakah drama ini bagus?

Nggak yang bagus banget sih, tapi menurut saya ini lumayan menyentuh. Konflik yang diambil cukup sederhana, dari kisah yang umum terjadi di kehidupan nyata, jadi nggak lebai banget fiksinya. Namun banyak pesan moral yang bisa kita ambil. Hubungan antara suami isteri, hubungan persahabatan, hubungan orang tua dan anak, pertemanan, dan perselingkuhan.

Meski terbilang memiliki ending yang kurang greget dan cenderung ngambang. Namun, disepanjang episode saya dibuat ikut merasakan getaran jatuh cinta sejoli ini dan berharap pasangan selingkuh ini bisa bersama di akhir cerita. Namun di sisi lain, saya juga tetap berharap Choi So-ah akan mempertahankan kapten Park yang sesungguhnya sangat mencintainya dengan cara dia meski arogan. Kalau Seo Do-woo sih nggak apa-apa ya pisah sama isterinya yang egois itu, aku juga mau kok dudamu oppa, #ehh. *canda maimunah!


Detail Drama:

Judul: On The Way To The Airport

Judul asli: 공항가는 길 (Gonghang-ganeun Gil)

Penulis: Lee Sook-yeon

Sutradara: Kim Cheol-kyu


Pemeran:

Kim Ha-neul sebagai Choi So-ah

Lee Sang-yoon sebagai Seo Do-woo

Jang Hee-jin sebagai Kim Hye-won

Shin Sung-rok sebagai Park Jin-seok

Kim Hwan-hee sebagai Park Hye-eun

Park Seo-yeon sebagai Annie

pemeran on the way to the airport



안녕!

sera wicaksono

Posting Komentar

0 Komentar