Seo Moms Community – Komunitas Belajar SEO Bagi Emak Blogger

 komunitas belajar seo blogger pemula

Seo Moms Community adalah sebuah komunitas belajar bagi para emak-emak blogger yang diprakarsai oleh praktisi SEO, mas Qbenk, sebagai salah satu perwujudan kasih sayangnya pada ibunda tercinta.

Didedikasikan untuk almarhumah ibundanya, Mas Q -sapaan hangat para mamak untuk mas Qbenk-, mendirikan pelatihan basic SEO ini secara gratis bagi semua blogger emak-emak yang ada di Indonesia sejak awal tahun 2020 lalu. Terutama bagi blogger pemula atau blogger lama yang baru belajar tentang SEO.

Seiring makin banyaknya moms blogger yang melek SEO, kelas pelatihan seo gratis besutan mas Q yang sudah memasuki tahun ke-dua ini kini digarap lebih serius lagi. Yaitu dengan membagi anggota sesuai wilayah tempat tinggalnya, dengan harapan akan lebih fokus saat penyampaian materi dan sesi tanya jawab.

Selain pemberian materi yang santai namun tetap serius, Seo Moms Community (SEMOC) pun kerap mengadakan temu online serta berkolaborasi dengan beberapa komunitas dan blogger ternama. Meski kelasnya gratis, banyak juga lho member binaan mas Q yang tembus juara di beberapa ajang lomba SEO tingkat nasional.


Baca juga:


Profil Pendiri Seo Moms Community

Memiliki nama asli M Sahlan, mas Qbenk lahir dan tumbuh di kota khatulistiwa, Pontianak Kalimantan Barat. Meski mengaku pernah berprofesi sebagai kuli bangunan, beliau yang mulai aktif ngeblog sejak tahun 2005 dan mendalami dunia SEO sejak 2008 ini tak pernah patah semangat mempelajari seluk beluk seo mulai dari nol.

Bermodalkan email dan numpang akses di warnet kala itu, mas Qbenk belajar seo melalui forum-forum online SEO Master Indonesia. Kemudian melakukan berbagai trial error dengan sistem yang ia gunakan, hingga menemukan formula seo yang ia percayai mampu bersaing dengan para pakar SEO lainnya.

pendiri komunitas seo moms
Qbenk - Founder Seo Moms Community

“Seo adalah ilmu logika sama halnya dengan ilmu pemrograman, karena pemrograman adalah bahasa utama algoritma. Sedangkan bahasa pemrograman menggunakan operasi logika”, tuturnya. Beliau juga menegaskan, bahwa SEO tidak bisa dibangun secara instant. Semua butuh proses, dan ilmu basic SEO sangat penting untuk pemahaman yang lebih mendalam mengenai SEO kedepannya.


Seo Moms Community

Para member SEMOC lama yang tergabung, saat ini dibagi menjadi 5 grup sesuai wilayah tempat tinggal masing-masing dengan didampingi satu hingga dua koordinator. 5 grup tersebut adalah:

1. Wilayah Daerah Istemewa Yogyakarta dan Jawa tengah, dikoordinatori oleh Wiwin Pratiwanggini.

2. Wilayah Jawa Timur, dikoordinatori oleh Dewi Adikara dan Rahmah Chemist.

3. Wilayah Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara, dikoordinatori oleh Mugniar Marakarma dan Rizky Masdila Ananda. Awalnya grup Sulawesi dan Bali Nusra dibedakan, namun karena jumlah anggota blogger Bali Nusra yang belum begitu banyak, sehingga grup ini digabung.

4. Wilayah Sumatera, dikoordinatori oleh Arda Sitepu.

5. SEO Moms 4, untuk anggota yang tidak masuk dalam 4 wilayah grup diatas, dikoordinatori oleh Lidya Fitriani.


Sejarah Singkat Algoritma SEO

SEO sudah dikenal sejak tahun 1990-an. Hanya saja, saat itu algoritmanya hanya berkutat pada penilaian berdasarkan kuantitas backlink yang dimiliki sebuah website atau blog sebagai penentu reputasi. Kondisi ini berlangsung hingga awal 2000-an. Sehingga, website/blog dengan backlink terbanyak lah yang otomatis akan menduduki peringkat pertama dalam mesin pencari, yang kala itu masih dikuasai oleh Yahoo dan Microsoft.

Peranan backlink yang amat berpengaruh terhadap reputasi sebuah website/blog, membuat pertukaran link (link exchange) sangat direkomendasikan pada masa itu. Maka tak heran jika banyak narablog yang menganut sistem tersebut hingga muncul lah ide-ide pertukaran banner dalam bentuk gif antar sesama blogger. Blog walking pun kerap menjadi ikhtiar wajib untuk meningkatkan kekuatan blog.

sejarah seo algoritma google

Hingga kemudian lahirnya Google di awal 2000-an dan membuat perombakan algoritma secara masif, berimbas pada pergeseran penghuni halaman depan mesin pencari Google saat itu. Meski begitu, backlink tetap menjadi pilar penting kekuatan blog, selain konten. Jika ada istilah Content is the King, maka Backlink is the Queen. Keduanya tetap menjadi pilar utama sebuah website/blog.

2012 adalah puncak perubahan drastis Google yang cukup menggemparkan para blogger nakal yang masih menganut spamming backlink. Namun pada penerapan dasar SEO basic onpage maupun offpage, tidak ada perubahan, hanya menyesuaikan perkembangan algoritma bot engine saja.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam SEO basic on-page untuk memperbaiki kualitas blog kita.

1. Title Blog

2. Deskripsi blog

3. Deskripsi penelusuran/konten

4. Design & Tata Letak (Template/Tema Blog)

5. Struktur Blog

6. Meta tag header (pada platform blogspot)

7. Meta Robot txt (pada platform blogspot)

8. Struktur Konten

9. Peulisan standar SEO

10. Related link konten


Sudah siap belajar SEO dan upgrade diri menjadi narablog yang lebih mumpuni?



안녕!


Next Post Previous Post
2 Comments
  • Wiwin | pratiwanggini.net
    Wiwin | pratiwanggini.net 01 Juni, 2021

    Semangattttt untuk terus belajar dan jangan lupa sambil menerapkan SEO 😊

  • eka fitriani l
    eka fitriani l 09 Juli, 2021

    beruntung ya kita emak-emak ketemu bang Q eh, SEO MOMS, hihihihi. seneng banget bisa belajar SEO secara perlahan dan detail, pas buat emak-emak yang emak kalo mikir kan rada telmi alias telat mikir apalagi buat saya yang emak tuir berasa muda, hihihihi. sukses selalu untuk SEO MOMS yaaa, makasih udah support emak untuk terus berkarya

Add Comment
comment url