Merk Self Raising Flour di Indonesia dan Cara Membuatnya

merk self raising flour di indonesia

Hi pecinta dunia baking, sering bingung saat ingin mencoba sebuah resep kue tetapi harus menggunakan tepung self-raising alias tepung naik sendiri? Berikut beberapa merk self raising flour di Indonesia yang bisa temen-temen cari di toko bahan kue baik offline maupun online.

Pada dasarnya, self raising flour adalah tepung serbaguna yang diberi tambahan pengembang dan garam. Jadi, jika di tempat kalian sulit menemukan tepung self-raising yang sudah tinggal pakai. Mungkin temen-temen bisa membuatnya sendiri di rumah. Resepnya akan saya tulis di bawah ya.

Self raising flour merk Haan

Haan merupakan produsen berbagai jenis olahan tepung-tepungan dan bubuk, seperti gula bubuk icing sugar, bubuk es krim instan, tepung cake instan, termasuk salah satunya adalah tepung naik sendiri.

Tepung self-raising merk Haan cukup mudah ditemukan di toko-toko bahan kue offline dan juga online. Harganya berkisar 14 hingga 16 ribuan, tergantung toko di daerah masing-masing ya. Kemasan luar berupa karton box dengan berat 400 gram.

self raising flour merk haan

Blue-Key self raising flour

Merk ini cukup banyak ditemukan di beberapa marketplace, biasanya di toko-toko yang menjual bahan kue dan perlengkapannya. Harga per kemasan 1 kg berkisar 40 ribuan. Kemasan luar berupa karton box.

Prima self raising flour

Tepung self raising merek Prima bisa teman-teman temukan di marketplace dengan harga sekitar 120 ribuan untuk kemasan 1 kg. Tepung merek ini dikemas plastik dengan lapisan aluminum foil.

Sunshine self raising flour

Tepung naik sendiri produksi Malaysia ini juga bisa teman-teman temukan di marketplace khususnya wilayah Batam dan sekitarnya. Harga yang ditawarkan berkisar 60 ribuan untuk kemasan 1 kg. Kemasan luar berupa karton box.

Orgran self raising flour gluten-free

Buat yang sedang diet gluten, temen-temen bisa memilih menggunakan tepung self-raising gluten free. Orgran self raising flour menawarkan tepung naik sendiri yang bebas gluten. Namun harga yang ditawarkannya pun cukup menguras kantong, sekitar 150 ribuan bahkan hingga di atas 200 ribu untuk kemasan 500 gram. Kemasan luar berupa karton box.

tepung terigu protein sedang

Yes You Can self raising flour gluten & dairy free

Yes You Can merupakan salah satu tepung self-raising flour yang juga menawarkan gluten free, dan juga dairy free. Tepung premium produksi Australia ini harganya terbilang mahal, yaitu sekitar 250ribuan untuk kemasan 500 gram. Kemasan luar berupa karton box.

Self raising flour merek Gandum Mas Kencana

Ini adalah tepung naik sendiri merek lokal yang biasanya dijual dalam bentuk re-pack plastik bening berukuran 1 kg. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau sekitar 30 ribuan saja. Biasa kalian dapatkan di toko online maupun di beberapa toko bahan kue offline di daerah kalian.

self raising flour adalah

Cara membuat Self-Raising Flour sendiri

Sesuai yang sudah saya bilang di atas, tepung self-raising bisa kita buat sendiri. Caranya pun gampang banget, hanya siapkan tepung terigu protein sedang (serbaguna), baking powder, dan garam. Berikut takaran perbandingan untuk masing-masing bahannya:

  • 1 cup tepung terigu protein sedang (serbaguna), sekitar 153 gram jika dikonversikan. Lebih baik jika menggunakan takaran cup.
  • 1½ sdt (1/2 sdm) baking powder double acting
  • ¼ sdt garam halus

>> Campur semua bahan, kemudian ayak bersamaan agar butiran tepung dan baking powder tidak menggumpal. Gunakan ayakan dengan jaring yang agak besar agar garam tidak tertahan di saringan.

Temen-temen bisa membuat tepung ini dalam jumlah banyak sekaligus, misalnya 500 gram. Yang perlu diperhatikan adalah tempat menyimpannya, harus kedap udara. Agar bahan pengembang yang sudah ditambahkan di dalamnya tidak mudah rusak.

Tepung ini sangat praktis untuk membuat pancake, muffin, maupun brownies. Ambil secukupnya dan simpan kembali di wadah kedap udara untuk penggunaan berikutnya.

Demikian beberapa penjelasan dan contoh merk self raising flour di Indonesia, semoga bermanfaat. Happy baking ^o^




안녕!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url