Tips Sewa Mobil di Bali dengan Aman dan Nyaman

tips menyewa mobil di bali

Yeoreobun Annyeong...

Sewa mobil di Bali - Sewa atau rental mobil di Bali merupakan salah satu alternatif terbaik saat ingin berwisata keliling pulau Bali. Teman-teman bisa mengunjungi berbagai tempat wisata bahkan tempat terpencil sekalipun, serta mengatur jadwal maupun rute perjalanan kalian sesuai keinginan.

Sebelum memutuskan untuk memilih tempat rental dan jenis mobil apa yang akan disewa, berikut ini beberapa hal yang wajib kalian pertimbangkan terlebih dahulu sebelum menyewa mobil di Bali.

Tips Sewa Mobil di Bali dengan Aman dan Nyaman 

1. Sesuaikan Kebutuhan Teman-teman

Mulailah dengan mengetahui kebutuhan perjalanan teman-teman. Hal ini akan memudahkan dalam memilih jenis mobil yang tepat untuk menunjang kebutuhan kalian selama perjalanan.

Jumlah Anggota Rombongan

Jika berwisata rombongan bersama keluarga, pilihlah mobil dengan ukuran yang cukup besar dan memiliki kapasitas tempat duduk yang bisa menampung semua anggota keluarga dengan aman dan nyaman. Misalnya, untuk rombongan berjumlah 5-7 orang, teman-teman bisa memilih mobil berjenis MPV seperti Avanza, Xenia, atau APV. Namun jika lebih dari jumlah tersebut, long Elf, Toyota Hiace, hingga mini bus merupakan pilihan paling aman dan nyaman.

Tujuan Perjalanan

Untuk keperluan perjalanan di daerah perkotaan saja, mobil berjenis MPV maupun city-car merupakan pilihan yang terbaik, karena lebih irit BBM serta lebih mudah dikendarai. Akan tetapi, jika kalian merencanakan perjalanan dengan medan yang cukup berat atau memiliki banyak tanjakan, misalnya ke daerah wisata bedugul, maka teman-teman sebaiknya memilih jenis mobil yang lebih bertenaga seperti Innova hingga mobil berjenis SUV seperti Rush hingga Pajero.

Jangan lupa untuk mencari referensi penawaran paket terbaik sesuai dengan kebutuhan teman-teman, bisa melalui internet maupun menghubungi rent car secara langsung. Pilihlah layanan sewa mobil harian, mingguan, hingga bulanan sesuai dengan kebutuhan. 

Sewa Mobil Lepas Kunci

Selain pilihan menyewa mobil beserta sopir, teman-teman juga dapat memilih untuk sewa mobil tanpa sopir alias sewa mobil lepas kunci. Misalnya di Natan Transport, selain menyediakan jasa sopir juga menyediakan layanan sewa mobil lepas kunci di Bali. Pastikan jangan sampai menyeberang keluar pulau Bali, ya. Ya kali iseng pengen nyebrang ke Lombok, gitu. Hehe.

Selain menyediakan jasa sopir, di Natan Transport dan beberapa rental mobil maupun agen biro perjalanan wisata juga kerap menawarkan pemandu wisata atau tour guide.

sewa mobil di bali dengan sopir
sewa mobil dengan sopir | foto: Natan transport


2. Bandingkan Harga Sewa

Sebelum menyewa mobil, Pastikan harga sewa mobil yang ditawarkan sudah termasuk atau belum termasuk fasilitas seperti biaya jasa sopir, tol, parkir, dan sebagainya.

 Teman-teman bisa melakukan riset kecil dengan membandingkan harga sewa mobil di Bali tersebut dengan beberapa jasa rental mobil lainnya. Karena biasanya akan ada selisih harga, bisa karena adanya harga promo season, maupun hitungan paket bundle yang ditawarkan.

Sebagai contoh, harga sewa mobil harian (bergantung pada jenis dan tipe mobil) normalnya berkisar mulai Rp150.000 hingga Rp500.000 per hari. Mobil dengan tipe matic umumnya sedikit lebih mahal ketimbang mobil bertipe manual. Perhatikan juga biaya tambahan yang dikenakan untuk fasilitas add-on di luar paket, seperti biaya BBM, biaya makan sopir, maupun biaya untuk layanan penjemputan ke bandara, dan lain sebagainya.

3. Pastikan Kondisi dan Fasilitas Mobil

Sebelum memutuskan untuk menyewa mobil di salah satu jasa rental, sebaiknya tanyakan kondisi terkini mobil yang akan kalian pilih. Mulai dari kapan mobil tersebut terakhir diservis hingga kondisi mobil secara keseluruhan, baik bagian dalam maupun bagian luarnya. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat bepergian. 

Begitu juga dengan kondisi body mobil, perhatikan dengan seksama apakah ada penyok, beset, lampu mati, atau yang lainnya. Jangan sampai hal tersebut menjadi masalah saat proses pengembalian mobil nantinya. Selain kondisi mobil, pastikan juga kalian memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan. 

Bagi yang baru pertama kali ke Bali, ada baiknya teman-teman menyewa mobil dengan sopir yang sudah berpengalaman dan mengetahui dengan baik tempat-tempat wisata yang ada di Bali, terutama jika destinasi yang ingin kalian kunjungi merupakan wisata yang kurang populer. Misalnya pantai di Bali timur. Tujuannya, agar kalian dapat mengunjungi lebih banyak destinasi wisata dengan efektif dan aman, karena tidak membuang waktu akibat tersesat di jalan maupun risiko kondisi medan yang masih asing.

4. Pilih Jasa Rental Mobil Terpercaya

Buat teman-teman yang sedang mencari referensi jasa rental mobil terpercaya, baik dari segi kondisi mobil, kebersihan mobil, kualitas layanan, jasa pengemudi, hingga guide, Natan Transport merupakan rekomendasi pilihan.

Natan Transport menawarkan pilihan mobil yang dijamin aman dan nyaman dengan layanan driver terpercaya. Selain itu, harga sewa mobil Bali di Natan Transport juga lebih terjangkau. Pengguna bisa leluasa memilih durasi sewa, mulai dari sewa mobil harian, mingguan, hingga bulanan.

rental mobil di bali
foto: Natan transport

5. Perhatikan Durasi Sewa

Sewa harian umumnya berlaku selama 24 jam. Jika teman-teman melebihi waktu tersebut, biasanya akan dikenakan biaya untuk kelebihan atau jam tambahan extra, berkisar dari Rp50.000 hingga Rp75.000 per jamnya. Jangan khawatir, pihak rental biasanya akan memberitahu tentang hal ini saat kalian menandatangani dokumen sewa-menyewa mobil. Atau kalian juga bisa menanyakan hal tersebut untuk memastikannya.

6. Pesan Lebih Awal

Agar lebih nyaman, teman-teman sebaiknya melakukan pemesanan mobil lebih awal dan bukan dadakan, apalagi jika akan menyewa mobil pada high season atau musim liburan. Hal ini untuk mengantisipasi ketidak-tersediaan mobil, juga untuk mendapatkan harga normal. Jangan lupa lakukan konfirmasi ulang untuk memastikan mobil tersedia sesuai pesanan teman-teman.


Nah begitu kira-kira tips sewa mobil di Bali dengan aman dan nyaman. Sudah kebayang dong buat segera liburan ke Bali? Eitsss.... Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan yang gengs!




안녕!
Next Post Previous Post
1 Comments
  • GE MAULANI
    GE MAULANI 21 Agustus, 2021

    Ehehe bayangin dulu aja nih aku besok besok bisa liburan ke Bali, jadi tipsnya mau aku catet biar pas sampai sana mau sewa mobil gak bingung, ada Natan transport.

Add Comment
comment url