Berencana Mengambil KPR Rumah Subsidi? Cek Dulu Pertimbangan Ini!

kpr rumah subsidi

Geliat ekonomi tampaknya kembali pulih setelah semrawut akibat pandemi beberapa waktu lalu. Waktu yang tepat buat ambil KPR rumah, nggak sih?

Halo, Temans! Gimana pertumbuhan ekonomi di daerah kalian? Seperti yang kita tahu, pandemi beberapa waktu lalu memang seperti memutar roda kehidupan 180 derajat. Ada yang jatuh sejatuh-jatuhnya, sebaliknya ada yang berkembang pesat sejadi-jadinya. Namun ada juga yang biasa-biasa saja. Kalau kamu termasuk yang mana, Temans?

Apa pun itu, semoga semua kembali membaik dan semakin baik, ya.

Sedikit cerita, kemarin saya dan teman-teman dekat ngobrol absurd di grup WA. Sampai salah satu teman saya bilang, “aku pengen punya dapur yang nyaman tapi belum ada dana, ada solusi nggak?”

Karena saya pikir itu hanya bercanda seperti biasanya kami, saya pun menjawab, “aku juga pengen punya rumah, tapi belum ada dananya.” 

Obrolan random kami sore itu pun membuat kami kemudian saling mengamini keinginan dan mimpi-mimpi yang ingin kita capai.

Saya jadi berpikir, oh iya, ya. Sepertinya sudah saatnya saya dan suami serius memikirkan memiliki hunian sendiri alih-alih menyewa tempat tinggal atau kontrakan yang hampir setiap tahun sewanya naik. Ide untuk mengulik informasi tentang KPR pun muncul, termasuk menemukan info tentang KPR rumah bersubsidi.

Apa itu KPR Rumah Subsidi?

Tapi apa sih KPR rumah subsidi itu?

Jadi gini, ini buat yang belum tahu aja ya. Pemerintah memiliki beberapa kebijakan terkait kepemilikan hunian terkhusus bagi masyarakat menengah ke bawah yang belum memiliki rumah. Nah salah satunya itu program KPR rumah yang disubsidi pemerintah.

Subsidi yang dimaksud antara lain uang muka, juga bunga tetap selama jangka waktu kredit yaitu sebesar 5%.

Syarat pengajuan KPR Rumah Subsidi

Nah, adapun syarat untuk pengajuan KPR bersubsidi ini antara lain:

  • Warna Negara Indonesia (WNI)
  • Sudah menikah dan/atau minimal berusia 21 tahun
  • Calon penerima subsidi baik suami atau istri belum pernah memiliki properti dan belum pernah menerima subsidi kepemilikan rumah dari pemerintah
  • Gaji penerima subsidi tidak boleh melebihi Rp 7 juta untuk KPR Rumah Sejahtera Susun atau Rp 4 juta untuk KPR Rumah Sejahtera Tapak
  • Penerima memiliki pekerjaan tetap minimal 1 tahun terakhir
  • Penerima KPR rumah subsidi harus memiliki NPWP
  • Serta bersedia mengikuti aturan yang berlaku

Selain memenuhi persyaratan di atas, kita juga harus menyiapkan beberapa dokumen pendukung terkait persyaratan di atas. Lebih detailnya, temen-temen bisa mengunjungi halaman ini: KPR Rumah Subsidi.

Kelebihan dan Kekurangan KPR Rumah Subsidi

Enak dong bisa KPR dengan subsidi, bunga ringan dan DP minimal karena mendapat subsidi. Eits, tunggu dulu! Tidak semudah itu Fergusso. Sebelum memutuskan untuk membeli hunian dengan KPR bersubsidi ini, temen-temen harus tahu juga nih kelebihan dan kekurangannya.

Kalau kelebihannya sih jelas, ya. Lebih murah. Karena mendapatkan subsidi baik dari uang muka, maupun keringanan bunga flat sebesar 5% sepanjang masa kredit. Sehingga besaran bunga tidak terpengaruh dengan kenaikan inflasi.

Nah kalau kekurangannya, temen-temen juga harus tahu juga, nih. Antara lain, untuk lokasi kebanyakan kurang strategis dan cukup jauh dari area perkotaan atau fasilitas publik. Biasanya pengembang mengambil area di pinggiran kota atau di kawasan yang nantinya akan dikembangkan menjadi kota. Bahasa sederhananya, babat alas.

Selain lokasi, biasanya ukuran atau tipe rumah juga terbatas. Yaitu tidak lebih dari 36 meter persegi atau yang sering disebut tipe 36. KPR bersubsidi tipe RSS ini juga biasanya minim fasilitas finishing. Jadi temen-temen harus mengeluarkan biaya lagi untuk finishing yang lebih baik. Misalnya lantai keramik, penambahan teras, finishing tembok luar atau warna cat rumah, dan sebagainya.

Namun segala kekurangan dan kelebihannya, tentu kembali kepada tujuannya ya, Temans. Karena subsidi itu bertujuan membantu bagi yang kurang mampu, ya jangan berharap muluk-muluk. Kalau pengennya punya rumah yang bagus, ya jangan mengharap subsidi. Apapun itu, semoga kita dimampukan segera memiliki rumah impian.

simulasi kpr rumah

Kapan Saatnya Kita Mengambil KPR Rumah?

Membeli sebuah hunian atau rumah memang bukan perkara sepele. Harga yang tidak bisa saya bilang murah untuk kantong saya saat ini, membuat saya dan kebanyakan dari kita harus berpikir ribuan kali untuk bisa membelinya. Alih-alih membeli secara tunai, kita diberi pilihan untuk membelinya secara kredit melalui KPR. Baik melalui KPR non-subsidi maupun KPR rumah subsidi.

Nah, tapi…

Kapan nih waktu yang tepat untuk mengambil kredit rumah?

Meski membayarnya secara mengangsur, tetap harus kita perhatikan ya kemampuan kita membayar angsurannya. Kenapa? Karena angsuran KPR itu jangka waktunya lama ya Temans. Bisa di atas 25 tahun kalau cicilannya ringan. Karena kalau jangka waktunya di bawah sepuluh tahun, sudah pasti cicilan per bulannya seberat rindunya Dilan. LOL.

Buat temen-temen yang penghasilannya dirasa sudah lebih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, boleh loh mulai memikirkan untuk mendapatkan KPR ini. Namun sebelumnya, ada baiknya pastikan untuk menghitungnya secara rinci.

Teman-teman bisa menggunakan kalkulator KPR yang saat ini banyak beredar di internet. Misalnya, Mortgage Calculator UK. Mortgage Calculator UK ini menawarkan simulasi cicilan rumah dengan cepat dan akurat serta gratis. Meski kalkulator ini berasal dari Inggris, juga masih menggunakan simbol mata uang Inggris (£) karena tidak ada pilihan untuk mengganti mata uang. Namun kalkulator hipotek ini bisa digunakan secara umum oleh pengguna di mana pun berada.

simulasi kpr rumah subsidi

Selain kalkulator cepat yang mencakup besaran cicilan bulanan, dalam tabel perhitungan juga tertera jangka waktu cicilan, total besaran bunga atas pokok pinjaman, hingga total harga keseluruhan yang akan kita bayarkan nantinya.

Yang juga unik dari Mortgage Calculator UK ini, terdapat Monthly Capital & Interest Payment Breakdown atau rincian pembayaran pokok kredit & bunga bulanannya selama jangka waktu yang dipilih. Selain untuk mengetahui estimasi cicilan bulanan, tabel ini bisa kita pakai untuk estimasi besaran dana yang bisa kita sisihkan jika ingin membeli rumah secara cash nantinya.

Selain itu juga, tersedia menu untuk perhitungan total pendapatan, apakah sudah mencapai titik aman untuk mengambil cicilan KPR atau belum. Dan masih banyak kalkulator simulasi lainnya.

kpr rumah subsidi
Tangkapan layar di situs Mortgage Calculator

Setelah saya coba hitung-hitung, dari pendapatan dan pengeluaran saya saat ini dengan 3 anak yang masih sekolah. Sepertinya saya belum mampu. Hehe. Gimana kalau kalian, Temans? Yuk coba hitung juga!

Anyway, apa pun kondisi kita saat ini, semoga kita segera mampu memiliki hunian sendiri, ya Temans. Baik membelinya secara tunai, KPR reguler, maupun KPR rumah subsidi. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

 

With love,

안녕!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url