5 Resep Sayap Ayam Kekinian, Cocok untuk Bisnis!

resep sayap ayam

Bisnis makanan berbahan dasar ayam tidak lagi jarang ditemui di sekitar kita. Namun, biasanya pelanggan lebih menyukai menu ayam yang memiliki banyak daging, seperti bagian paha ayam maupun dada. Meski begitu, bagian ayam yang berdaging terbatas seperti sayap, juga bisa menjadi makanan yang menggugah selera jika diolah dengan resep yang sesuai. 

Kebetulan banget nih, saya punya lima resep kekinian berbahan dasar sayap ayam yang bisa teman-teman coba. Dannnn, bisa dijadikan ide bisnis makanan juga, lho. Yuk langsung aja kita cekidot!

Resep Sayap Ayam Kekinian

Sayap ayam adalah bagian ayam yang mungkin kurang diminati karena jumlah dagingnya yang sedikit. Meskipun begitu, jika diolah dengan benar, sayap ayam bisa menjadi sajian lezat yang cocok untuk bisnis kekinian!

olahan sayap ayam

1. Ayam Bakar Madu

Siapkan bahan utama 6 potong sayap ayam, 4 sdm minyak goreng, serta 4 sdm madu. Kemudian untuk bumbu halusnya, siapkan 6 siung bawang merah, ½ sdt lada bubuk, ½ sdt garam, 3 siung bawang putih, ½ sdt ketumbar, 1 sdm kecap asin, 1 sdm kecap manis, 1 ruas jahe, serta air secukupnya.

Ungkep sayap ayam dengan bumbu yang telah dihaluskan hingga matang. Setelah matang, angkat dan biarkan ayam hingga dingin. Campur madu dengan minyak goreng secukupnya lalu oleskan pada permukaan sayap ayam yang sudah diungkep tadi. Bakar sayap ayam hingga warnanya berubah coklat. Eitss, tapi jangan sampai gosong ya temans.

2. Rolling Cheese Chicken

Siapkan 6 buah sayap ayam dan secukupnya tepung serbaguna. Sementara itu, untuk sausnya diperlukan 5 sdm saus sambal, 1 ½ sdm saus tomat, 3 sdm madu, 1 sdm minyak goreng, serta keju mozzarella parut secukupnya.

Marinasi sayap ayam dengan bawang putih halus dan garam, diamkan beberapa saat agar bumbu meresap. Lumuri ayam yang telah dicuci bersih dengan tepung serbaguna. Tepuk-tepukan ayam agar tepung tidak terlalu tebal, lalu goreng hingga warnanya berubah kecokelatan. Angkat dan tiriskan ayam selama 5 menit, kemudian goreng kembali selama kurang lebih 2 menit. Trik ini akan membuat ayam tetap renyah dalam waktu yang lebih lama.

Untuk bahan sausnya, campur dan aduk semua bahan saus dalam satu mangkuk. Jangan lupa untuk tes rasa, ya. Jika dirasa sudah pas, panaskan di atas teflon hingga sedikit agak mengental. Masukkan ayam ke dalam saus dan aduk cepat hingga semua bagian ayam terbalut saus. Matikan kompor.

Siapkan teflon baru atau teflon bersih dan panaskan dengan api kecil. Letakkan keju mozzarella parut di atasnya. Setelah keju mozzarella hampir meleleh, letakkan ayam yang sudah terbalur saus tadi di atas keju. Lilit setiap bagian sayap ayam dengan lelehan keju mozzarella hingga membalut seluruh permukaan ayam.

Atau bisa juga menambahkan kembali keju mozzarella parut di atas ayam sausnya agar balutan kejunya semakin berlimpah.

3. Sayap Goreng Saus Madu

Resep yang satu ini memerlukan lebih banyak bahan, yakni 600 gram sayap ayam yang dipotong menjadi 2. Siapkan 2 - 3 sdm air perasan lemon, 2 sdm kecap asin, 1 sdm bawang putih bubuk, 1 sdt minyak wijen, setengah sdt merica bubuk, 1 sdm fiber crème, serta penyedap (optional) untuk marinasi. Siapkan juga minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.

Sementara itu, untuk bahan sausnya, gunakan setengah buah bawang bombay kemudian diiris tipis, 100 ml air yang dicampur dengan setengah sdt tepung maizena, 1 sdt kecap asin, 1 sdm kecap manis, 3 sdm air perasan lemon, dan 4 sdm madu.

Campur rata sayap ayam dan semua bahan marinasi kemudian masukkan ke dalam wadah tertutup lalu simpan di dalam kulkas selama 1-2 jam. Semakin lama marinasi tentu akan semakin baik, ya temans. Setelah sayap ayam sudah cukup termarinasi, goreng menggunakan minyak yang sudah panas namun dengan api kecil saja. Goreng sampai matang golden brown. Sisihkan.

Tumis bawang bombay hingga harum, kecilkan api kemudian masukkan sisa bahan saus dan aduk rata. Tes rasa jika diperlukan. Masukkan ayam yang sudah digoreng dan baluri dengan saus. Sayap goreng saus madu siap disajikan.

4. Sayap Ayam Masak Kecap

Bahan utama yang diperlukan untuk membuat resep ini adalah 1 kg sayap ayam, 3 sdm air jeruk nipis, 400 ml air putih, 1 batang daun bawang yang diiris kasar, serta 3 sdm minyak goreng.

Sementara itu, untuk bumbunya diperlukan ½ buah bawang bombai yang telah dicincang kasar, 3 bawang merah, 4 bawang putih, 3 cabai merah yang diiris serong, 1 ruas jahe yang digeprek, 1 ruas lengkuas yang digeprek, 2 daun jeruk, 5 sdm kecap manis, 1 sdm kecap asin, 1 sdm saus tiram, 1 sdm saus sambal, ½ sdt garam, dan 1 sdm asam jawa.

Setelah ayam dicuci, segera marinasi dengan perasan jeruk nipis dan diamkan ayam hingga 10 menit. Setelahnya, rebus ayam hingga matang kemudian tiriskan. Panaskan minyak dan tumis bawang hingga aromanya tercium, tambahkan cabai merah, daun jeruk, jahe, serta lengkuas dan tumis kembali.

Setelah semua bahan teraduk rata dan matang, masukan air, kecap manis, kecap asin, saus tiram, sambal, garam, serta air asam jawa. Setelah semua matang, masukkan sayap ayam yang telah ditiriskan sebelumnya dan aduk hingga air menyusut agar bumbu meresap sempurna. Sajikan setelah rasanya dianggap pas.

5. Sayap Ayam Cabai Garam

Yang diperlukan untuk resep ini adalah 5 sayap ayam, 1 sdt garam, 1 sdt gula, 1 sdt lada bubuk, 1 sdt penyedap rasa, 1 jeruk nipis, 2 bungkus tepung bumbu serbaguna, 3 bawang putih, 1 daun bawang, dan 5 cabai rawit.

Cuci bersih sayap ayam kemudian marinasi dengan garam, lada bubuk, penyedap rasa, serta perasan jeruk nipis. Masukkan ke dalam kulkas kurang lebih 30 menit hingga satu jam agar bumbu meresap.

Siapkan 2 wadah adonan tepung bumbu, tambahkan secukupnya air untuk adonan basah dan yang satunya lagi biarkan tetap kering. Masukkan ayam ke dalam adonan basah sampai semua terlapisi kemudian gulingkan dalam adonan kering sambil sedikit dicubit agar tepung bisa menempel sempurna.

Goreng ayam ke dalam minyak panas hingga warnanya kecokelatan, lalu tiriskan.

Tumis bawang putih dan cabai yang semuanya sudah dicincang dengan sedikit minyak, tambahkan seasoning seperti garam, gula, dan penyedap rasa (optional). Masukkan ayam goreng tepung dan aduk merata. Taburi irisan daun bawang pre lalu matikan kompor. Tutup wajan sebentar agar semua aroma tercampur sempurna. 

Tuang di atas piring saji dan siap dihidangkan dengan nasi hangat. Menu ini spesial banget, lho. Simpel tapi selalu sukses bikin nambah nasi. hehe.


Itu dia 5 resep sayap ayam kekinian yang juga bisa menjadi ide jualan. Selain lima resep olahan ayam ini, teman-teman juga bisa mengolahnya dengan sajian lain, misalnya resep semur ayam dari Kingkong Meats yang tidak kalah mudah. 

Kingkong Meats sendiri adalah aplikasi penyedia produk bahan masakan secara daring atau online yang melayani pelanggan di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bekasi, Depok, hingga Tangerang Selatan. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan jika kedepannya, Kingkong Meats akan melebarkan sayap di kota lain di pulau Jawa atau bahkan pulau Bali. Hope so!

Oh iya, teman-teman bisa mengunduh aplikasi Kingkong Meats ini melalui Google Play Store untuk Android dan Apple AppStore untuk iOS. Selain itu, teman-teman juga bisa mendapatkan layanan dari Kingkong Meats melalui e-commerce seperti Bukalapak. 

Selamat memasak untuk orang-orang tercinta, dan semoga harimu menyenangkan! Kalau kalian, suka memasak sayap ayam dengan resep apa, nih? Yuk bagi ide di kolom komentar, dong!




안녕!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url