ASUS Business Kenalkan Laptop dengan Intel vPro, UMKM Wajib Tahu!

asus business intel vpro

Mendengar kata ASUS, apa yang langsung Temans pikirkan?

Yes! Sebagian besar pasti langsung menjawab, “Laptop.” Tapi tahu kah Temans, ASUS tak hanya menyediakan beragam produk laptop yang selalu inovatif setiap tahunnya. Namun juga PC Desktop, All in One, komponen, berbagai perangkat jaringan, hingga Smartphone. Nah yang mau saya bahas kali ini adalah laptop dan desktop khusus untuk industri komersial pada segmen ASUS Business.

Mengenal ASUS Business

Akhir pekan lalu, kebetulan saya bersama rekan-rekan Blogger Bali berkesempatan untuk menghadiri undangan dari tim ASUS Business untuk berbagi cerita tentang “Ap sih ASUS Business itu?”.

ASUS Business adalah lini produk ASUS yang menawarkan perangkat komputasi terintegrasi melalui software khusus berstandar industri. Beragam produk ASUS Business ditawarkan serta dirancang khusus untuk membantu para pelaku bisnis dan UMKM diantaranya seperti kafe, BUMN, hingga  instansi pemerintahan.

Selain itu, ASUS juga mendukung kebijakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang diberlakukan pemerintah Indonesia. Yaitu dengan dibangunnya Local Manufacture yang berlokasi di Batam. Hal tersebut sebagai upaya untuk memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia.

Nah, dalam pertemuan yang manis pekan lalu itu, saya mendapat insight baru tentang produk pada lini ASUS Business ini. Bukan hanya dari segi pilihan spek saja, namun dari segi pelayanan yang ditawarkan ternyata juga sangat berbeda dengan laptop consumer yang selama ini saya tahu. Saya tahu sih, kalau laptop ASUS itu memang memiliki beberapa segmen. Seperti Vivobook untuk entry level alias untuk pemakaian biasa-biasa aja, ZenBook series untuk memenuhi kebutuhan profesional, dan ExpertBook untuk pebisnis. 

Namun khusus pada lini bisnis, ASUS memberi perhatian khusus yang tidak tersedia untuk produk consumer. Untuk spesifikasi produk pada ASUS Business mungkin beberapa bisa ditemukan pada produk consumer alias produk yang umum kita lihat di outlet. Tapiiiii, ASUS Business menawarkan layanan spesial pada pembelian produk ASUS Business. Misalnya tingkat sekuritas yang lebih tinggi, sistem yang terintegrasi, garansi hingga 5 tahun, layanan purna jual, custom logo, bahkan bisa memilih Operational System (OS).

Oke, mari kita bahas beberapa diantaranya.

Tingkat Securitas yang Lebih Tinggi

Dari segi security system pada produk consumer, biasanya tingkat pengamanan hanya sebatas pada device. Namun pada ASUS Business, tingkat keamanan yang ditawarkan hingga “dalemannya”. Contohnya, data-data karyawan, data-data konsumen, hingga data-data keuangan, dan sebagainya.

Perlindungan data ini menggunakan teknologi Trusted Platform Module (TPM) 2.0. Yaitu teknologi enkripsi data yang disimpan pada perangkat ASUS yang sudah terintegrasi dalam ekosistem ASUS Business. Tujuannya untuk melindungi data-data penting tersebut dari segala ancaman digital seperti pembobolan data. Selain itu, juga tersedia fitur pemblokiran pada port USB untuk mencegah malware atau aplikasi berbahaya melalui USB flash drive yang digunakan oleh pengguna.

Begitu juga pada segi layanan Service Center. Biasanya, kita sebagai pembeli atau konsumen retail, harus membawa produk ke outlet Service Center untuk menggunakan layanan tersebut. Namun berbeda untuk layanan pada konsumen ASUS Business. Tim dari Srvice Center ASUS akan datang ke lokasi. Baik untuk service di tempat, maupun pengambilan device jika diperlukan. Dengan catatan dalam radius 150 KM dari Service Center terdekat.

Tentu saja tak hanya keamanan software. Keamanan hardware pun tetap diutamakan. Pada seluruh produk pada lini ASUS Business, ASUS memastikan setiap perangkat memiliki durabilitas yang tinggi. Seluruh jajaran produk pada lini ini sudah melalui uji ketahanan ekstrem berstandar militer hingga 28 item pengujian.

Ekosistem Terintegrasi ASUS Control Central

Khusus pada lini ASUS Business ini, semua perangkat dapat terintegrasi dengan ekosistem yang disebut ASUS Control Central. Sistem ini memungkinkan tim IT untuk mengontrol, memantau, dan memaksimalkan potensi seluruh perangkat di seluruh ekosistem tersebut. Dari sistem ini juga, kondisi perangkat bisa dipantau dari pusat. Misalnya, daya putar kipas, memori, penurunan performa, dan sebagainya.

Ekosistem terpusat ini bahkan mencakup seluruh device sekalipun jaraknya berjauhan. Misalnya, sebuah perusahaan yang berpusat di Jakarta memiliki beberapa kantor cabang di kota lain, maka tim IT pusat dapat mengontrol perangkat di semua kantor cabang. Dengan begitu, perusahaan dapat menekan biaya operasional. Misalnya SDM untuk tim IT tidak perlu terlalu banyak, atau meringankan pekerjaan tim IT karena tidak perlu datang ke setiap cabang karena bisa dikontrol dari pusat.

Costum Logo, software, maupun Hardware

Tak hanya menawarkan custom logo saat perangkat baru dinyalakan, ASUS Business juga menawarkan ragam opsi kustomasi spesifikasi lainnya. Misalnya software dan hardware, sehingga pelaku bisnis dan instansi dapat memaksimalkan produktivitas dengan biaya yang dapat diminimalkan. Pemilihan OS atau Operasional sistem juga tersedia, loh.

Oh iya, untuk garansi pada ASUS Business ini diberikan untuk full part dengan durasi yang sama, loh.

asus business expertbook flip
ASUS ExpertBook B6 Flip (B6602)

ASUS Business Hadirkan Intel vPro pada Produk Terbarunya

ASUS Business menghadirkan convertible mobile workstation pertama di dunia dengan chip grafis NVIDIA Quadro RTX yang sudah didukung Intel vPro. Diantaranya adalah ExpertBook B6 Flip yang sudah dilengkapi fitur layar sentuh, ExpertBook B5 OLED, serta desktop PC minimalis ExpertCenter D9. Semuanya hadir sebagai solusi perangkat komputasi bisnis yang dapat membantu meningkatkan produktivitas bisnis secara keseluruhan.

Intel vPro bukan Sekadar Prosesor

Intel vPro adalah prosesor dengan teknologi terbaru yang merupakan kombinasi dari fitur-fitur hardware dan teknologi yang terintegrasi untuk meningkatkan manajemen serta keamanan pada perangkat komputer khususnya pada PC bisnis.

Intel vPro ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan IT perusahaan dalam menghadapi tantangan manajemen serta masalah keamanan yang semakin kompleks di era digital saat ini. Manfaat utama dari Intel vPro ini adalah kemampuannya dalam manajemen jarak jauh. Dengan teknologi ini, tim IT dapat mengakses, memperbaiki, serta memperbarui sistem komputer tanpa harus berada di lokasi yang sama dengan perangkat tersebut. 

Tentunya hal ini sangat efektif dan efisien bagi perusahaan dengan banyak cabang, atau perusahaan yang sebagian karyawannya sering bekerja di luar kantor. Selain itu, fitur keamanan yang ditingkatkan pada platform vPro membantu melindungi data dan aset perusahaan dari ancaman digital seperti malware hingga serangan phishing.

Selain itu, perangkat yang menggunakan vPro memungkinkan untuk menjalankan beberapa sistem operasi secara bersamaan. Dengan begitu, akan memudahkan perusahaan untuk menguji aplikasi baru maupun sistem operasional baru tanpa harus mengganggu sistem yang sudah berjalan.

ExpertBook B6 Flip (B6602) adalah Convertible Workstation yang Powerful

Meski bentuknya seperti laptop pada umumnya, ExpertBook B6 Flip (B6602) dari ASUS Business ini lebih layak disebut convertible mobile workstation yang mampu mengerjakan tugas-tugas berat secara bersamaan tanpa kendala. Oh iya, sebutan Flip pada laptop ini artinya laptop dapat dilipat hingga 360 derajat. Dan yang pasti, tipe Flip dipastikan sudah disertai dengan teknologi layar sentuh.

ExpertBook B6 Flip (B6602) adalah workstation pertama di Dunia yang ditenagai chip grafis NVIDIA Quadro RTX. Perangkat ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan profesional yang memerlukan performa tinggi dalam form factor yang fleksibel. Dengan CPU Intel Core HX Series juga Intel vPro, ExpertBook B6 Flip mampu menangani tugas-tugas berat seperti rendering grafis, simulasi, serta analisis data dengan mudah. Sehingga pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat serta efisien.

Tak hanya prosesor dan grafis yang powerful, ExpertBook B6 Flip juga dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang tidak setengah-setengah. Memiliki RAM hingga 128 GB serta memori hingga 2TB, tentu dapat menyokong segala aktivitas super berat perangkat ini tanpa khawatir mengalami penurunan performa. 

Yang tak kalah menarik, convertible mobile workstation ini juga dilengkapi dengan keamanan kelas enterprise yang memastikan data di dalamnya tetap aman. Untuk mencegah akses yang tidak sah, perangkat ini telah dibekali dengan proteksi yang berlapis. Mulai dari enkripsi hardware, hingga fitur autentikasi biometrik.

Laptop Bisnis Ultra-Portable dengan Layar OLED ExpertBook B5 (B5602)

Layar OLED yang dihadirkan pada laptop ini bukan hanya sekadar pemanis. Fitur penting ini dihadirkan untuk menjamu bagi para profesional yang membutuhkan kualitas visual terbaik. Dengan hadirnya reproduksi warna yang tajam serta tingkat akurasi yang tinggi, layar ini sangat cocok untuk kebutuhan presentasi konten bisnis berbasis grafis dan multimedia. Misalnya pekerjaan arsitek, design interior, landscaping, dan banyak lagi.

Didesain untuk kebutuhan mobilitas tinggi, ASUS B5 (B5602) ini memiliki bobot yang relatif ringan yakni hanya 1,4 Kg saja dengan ketebalan 19,95 mm. Meski begitu, performa dan ketahanan baterai tetap menjadi aspek penting yang tidak diabaikan oleh ASUS.

Pilihan tipe lainnya dengan bobot yang lebih ringan yakni hanya 900 gram, juga ditawarkan pada ExpertBook B9403. Dengan spesifikasi yang lebih unggul, pilihan tipe ini biasanya diperuntukkan bagi pemilik usaha atau pada tingkat managerial.

 Disokong tenaga prosesor yang handal Intel Core Gen 13th serta didukung Intel vPro, menjadikan laptop ini memiliki performa yang solid dengan fitur keamanan dan manajemen yang membantu meminimalkan resiko serta memaksimalkan efisiensi operasional. Dengan kombinasi layar OLED, desain ultra-portable, juga performa yang tak main-main, menjadikan ExpertBook B5 (B5602) sebagai perangkat yang tepat untuk memenuhi kebutuhan bisnis modern.

ExpertCenter D9 SFF (D900) Hadir dengan Desain Minimal untuk Produktivitas yang Maksimal

ExpertCenter merupakan seri desktop PC pada lini ASUS Business. Menawarkan tampilan desain yang ringkas serta minimalis, ExpertCenter D9 SFF (D900) juga memastikan data dan informasi bisnis tetap aman berkat fitur keamanan kelas interprise dari Intel vPro. Selain itu, dukungan untuk berbagai software bersertifikasi ISV (Independent Software Vendor) menambah keandalan sistem ini dalam menjalankan aplikasi bisnis yang spesifik dan memerlukan sertifikasi khusus.

Selain didukung Intel vPro, desktop ini juga ditenagai dengan Intel Core generasi 13 yang dirancang untuk berbagai pekerjaan berat. Tak hanya itu, desktop PC ini juga dapat tampil dengan kartu grafis NVIDIA GT1030 atau T600 untuk menjalankan aplikasi bisnis yang membutuhkan pemrosesan grafis ekstra. Ini menjadikan ExpertCenter D9 SFF (D900) sebagai pilihan yang tepat untuk berbagai kebutuhan bisnis, seperti big data analytic hingga desain grafis.

Begitu juga dengan dukungan konektivitasnya yang sangat lengkap. Memiliki berbagai pilihan port dan konektor, memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan berbagai perangkat tambahan tanpa kendala.

Yang tak kalah menariknya, desktop ini juga dirancang untuk mudah di-upgrade. Baik untuk memori atau RAM, ruang penyimpanan, atau komponen lain. Dengan begitu, tim IT bisa dengan mudah menambah atau mengganti sesuai kebutuhan, memastikan bahwa sistem ini bisa tetap up-to-date dengan kebutuhan bisnis.

asus expertcenter
ASUS ExpertCenter D9 SFF (D900)

Kenali Kebutuhan Bisnismu, Tingkatkan Produktivitas Bersama ASUS Business

Untuk keperluan bisnis, pilihan terbaiknya ya tentu saja ASUS Business. Kenapa?

Selain berbagai kelebihan yang sudah saya sebutkan di atas, dengan ASUS Business tentu akan memiliki proteksi yang lebih untuk keberlangsungan bisnis. Mungkin memang berat di awal, namun operasional selanjutnya akan menjadi relatif lebih ringan. Selain itu, keamanan dan kenyamanan tidak perlu diragukan lagi. Toh pada akhirnya, semua akan kembali untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Oiya, sebagai tambahan informasi. Selama 10 tahun terakhir, ASUS selalu menempati posisi pertama sebagai merek laptop pilihan masyarakat Indoensia. Di tahun 2023 lalu, ASUS juga kembali mengukuhkan diri sebagai pemimpin pasar laptop di Indonesia dengan marketshare diatas 40%.

Buat Temans pelaku usaha yang ingin beralih ke ASUS Business, bisa langsung cek di website resmi ASUS Indonesia di https://asus.com/id, ya.


Semoga bermanfaat. Salam.



안녕!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url