Butter Oil Substitute (BOS) - Pengertian dan Kegunaannya

Bestie, annyeong! Beberapa waktu lalu ada yang nanya tentang Butter Oil Substitute (BOS) di kolom komentar, maaf ya baru bisa jawab sekarang. Hehe. Betewe, sudah pernah denger sebutan BOS ini belum nih bestie? Butter oil substitute untuk apa sih? Hehe, baca yuk sampai akhir.

Pengertian Butter Oil Substitute (BOS)

butter oil substitute

Sesuai dengan namanya substitute yang berarti pengganti, butter oil substitute atau yang lebih sering disebut BOS ini memang fungsinya sebagai pengganti butter atau mentega. Warna dan teksturnya pun identik, yakni berwarna kuning dengan tekstur yang lembut seperti mentega.

BOS atau butter oil substitute merupakan produk olahan lemak nabati seperti halnya margarin, sehingga tidak memiliki aroma susu seperti pada mentega asli yang memang terbuat dari bahan utama susu. Namun biasanya, pada produk BOS telah ditambahkan aroma yang menyerupai butter atau susu. Bahkan, beberapa produsen ada yang mengklaim produk BOS buatannya adalah campuran antara lemak nabati dan susu.

Berbeda dengan margarin, produk BOS biasanya memiliki warna kuning yang lebih transparan dan cerah, beberapa merk pun bahkan memiliki warna kuning pucat mirip warna mentega asli. Dibanding dengan margarin, BOS memiliki tekstur yang lebih lembut mirip dengan tekstur butter atau mentega. Akan tetapi, beberapa merk BOS juga ada yang bertekstur sedikit lebih keras daripada tekstur mentega asli namun masih lebih lembut ketimbang margarin.

kegunaan gold bullion bos

Lalu apakah BOS ini bisa menggantikan kegunaan mentega atau butter?

Pada dasarnya, baik margarin, mentega, maupun BOS bisa saling menggantikan maupun melengkapi karena ketiga jenis lemak ini sangat mirip ketimbang lemak jenis shortening atau yang umum disebut korsvet yang lebih diperuntukkan untuk membuat jenis kue pastry.

Tekstur BOS yang cukup lembut dapat menghasilkan kue yang empuk mirip kue yang menggunakan mentega/butter. Dari segi tekstur ini, BOS lebih unggul ketimbang margarin yang cenderung menghasilkan kue lebih padat saat kue sudah dingin.

Namun sayangnya, aroma BOS yang “memaksa” untuk mirip butter ini, menurut saya justru terkadang bikin enek jika tidak diimbangi dengan produk mentega asli atau margarin berkualitas bagus. Mirip aroma pasta susu gitu deh.

Buat saya pribadi, ketimbang aroma BOS, saya lebih suka dengan aroma margarin berkualitas baik yang memiliki cita rasa lebih gurih dan segar. Namun ini hanya pendapat pribadi lho, ya. Bukan berarti aroma BOS nggak enak ya. Itu pilihan selera saja.

Sedangkan kegunaan butter oil substitute dalam pembuatan kue kering atau cookies, BOS ini dapat membuat kue kering lebih renyah seperti pada penggunaan mentega ketimbang margarin yang cenderung menghasilkan kue kering lebih keras. Hal itu karena pada suhu ruang, BOS memiliki tekstur yang lebih encer daripada margarin yang lebih padat. Tetapi perkara cita rasa, mentega tetep juara menurut saya.

Jika ingin membuat kue dengan harga yang lebih ekonomis namun memiliki tekstur selembut kue berbahan mentega, bestie bisa menggunakan BOS ini yang bisa dicampur dengan mentega maupun margarin.

Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya gunakan BOS ini setengah takaran resep saja. Sedangkan setengah takaran sisanya, bisa menggunakan butter asli maupun margarin untuk meningkatkan aroma dan rasa.

Contoh merek butter oil substitute yang ada di pasaran: Gold Bullion, Hollman, Palmvita BOS, Marigold, atau Royal Krone.

kegunaan gold bullion bos

Cara Menyimpan BOS dan Margarin agar Lebih Awet

Seperti yang pernah saya bahas di artikel kegunaan margarin sebelumnya, cara menyimpan BOS juga sama dengan cara menyimpan margarin maupun mentega. Gunakan alat yang bersih saat mengambil produk agar tidak terkontaminasi dengan bahan lain yang dapat menimbulkan tumbuhnya jamur serta bau kurang sedap. Tutup produk dengan rapat menggunakan plastik berlapis aluminium foil dan usahakan kedap udara untuk meminimalkan oksidasi.

Untuk penyimpanan dalam jangka waktu yang cukup lama, sebisa mungkin untuk menyimpannya di lemari pendingin untuk menghambat pertumbuhan jamur. Namun perlu diingat, jika ingin menggunakannya kembali, biarkan produk dalam keadaan suhu ruang terlebih dahulu sebelum digunakan agar daya emulsinya tetap terjaga baik.

Oke sekian dulu ya bestih, semoga artikel tentang butter oil substitute ini bisa bermanfaat dan menjawab pertanyaan bestie yang tempo hari bertanya di kolom komentar. Have a nice day and happy baking ^o^




안녕!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url