Kegunaan Margarin dan Butter Oil Subtitute (BOS) untuk Bakery

kegunaan mentega
Kegunaan margarin dalam pembuatan kue atau bakery adalah sebagai pengikat cairan sehingga memberikan kelembapan pada kue dan membuat tekstur kue menjadi empuk. Selain itu, fungsi margarin maupun mentega juga untuk memberi aroma khas serta rasa yang gurih.

Sedangkan beta-karotin yang terkandung di dalamnya berfungsi sebagai pengawet sekaligus penambah kandungan nutrisi.

Butter Oil Substitute (BOS)

Sesuai dengan namanya substitute yang berarti pengganti, butter substitute atau yang lebih sering disebut BOS ini memang fungsinya sebagai pengganti butter atau mentega. Warna dan teksturnya pun identik.

BOS merupakan produk olahan lemak nabati seperti halnya margarin, sehingga tidak memiliki aroma susu seperti pada mentega asli yang memang terbuat dari susu. Namun biasanya, pada produk BOS telah ditambahkan aroma yang menyerupai susu. Bahkan, beberapa produsen ada yang mengklaim produk BOS buatannya adalah campuran antara lemak nabati dan susu.

Produk BOS memiliki warna lebih pucat ketimbang margarin, beberapa merk pun memiliki warna kuning pucat mirip mentega asli. Dibanding dengan margarin, BOS memiliki tekstur yang lebih lembut mirip dengan tekstur butter. Akan tetapi, beberapa merk BOS juga bertekstur agak keras daripada tekstur mentega asli.

hollman butter vs wisman
 
Lalu apakah BOS bisa saling menggantikan kegunaan mentega atau butter?

Pada dasarnya, baik margarin, mentega, maupun BOS bisa saling menggantikan maupun melengkapi karena ketiga jenis lemak ini sangat mirip ketimbanglemak jenis shortening atau yang umum disebut korsvet.

Tekstur BOS yang cukup lembut dapat menghasilkan kue yang empuk mirip kue dengan kue berbahan mentega/butter. Dari segi tekstur ini, BOS lebih unggul ketimbang margarin yang cenderung menghasilkan kue lebih padat saat kue sudah dingin.
Namun sayangnya, aroma BOS yang “memaksa” untuk mirip butter ini, menurut saya justru terkadang bikin eneg jika tidak diimbangi dengan produk mentega asli atau margarin dengan kualitas bagus. 

Buat saya pribadi, ketimbang aroma BOS, saya lebih suka dengan aroma margarin dengan kualitas yang baik. Namun ini hanya pendapat pribadi lho, ya.

Sedangkan fungsi dalam pembuatan kue kering/cookies, BOS dapat membuat kue kering lebih renyah seperti pada penggunaan mentega ketimbang margarin yang cenderung menghasilkan kue kering lebih keras. Tetapi perkara cita rasa, mentega tak dapat tergantikan ya.

Jika ingin membuat kue dengan harga yang lebih ekonomis namun memiliki tekstur selembut kue berbahan mentega, teman-teman bisa menggunakan BOS ini. 
Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya gunakan BOS ini setengah takaran resep saja. Sedangkan setengah takaran sisanya, bisa menggunakan butter asli maupun margarin untuk meningkatkan aroma dan rasa.

Contoh merek BOS yang ada di pasaran: Gold Bullion, Hollman, Palmvita BOS, Marigold, atau Royal Krone.

hollman butter review

Cara Menyimpan BOS dan Margarin agar Lebih Awet

Seperti yang pernah saya bahas di artikel sebelumnya, cara menyimpan BOS sama dengan cara menyimpan margarin maupun mentega.

Gunakan alat yang bersih saat mengambil produk agar tidak terkontaminasi dengan bahan lain yang dapat menimbulkan tumbuhnya jamur serta bau kurang sedap. Tutup produk dengan rapat menggunakan plastik berlapis almunium dan usahakan kedap udara untuk meminimalisir oksidasi.

Untuk penyimpanan dalam jangka waktu yang cukup lama, sebisa mungkin untuk menyimpannya di lemari pendingin agar menghambat pertumbuhan jamur. Namun perlu diingat, jika ingin menggunakannya kembali, biarkan produk dalam keadaan suhu ruang terlebih dahulu sebelum digunakan agar daya emulsinya tetap terjaga baik.

Oke sekian dulu, semoga artikel tentang kegunaan margarin dan BOS ini bisa bermanfaat. Happy baking ^o^




안녕!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url