3 Tips menjadi blogger pemula yang SEO friendly

cara menjadi blogger handal

Tips menjadi blogger pemula yang SEO friendly? judul macam apa ini?

Jangan ketawa dengan judul yang super absurd ini ya bestie. Mungkin sekilas tampak lucu serta ngaco. Padahal kemarin baru dikasih materi cara membuat judul artikel dengan baik dan benar oleh coach pujangga galau kita, Ilham Sadli. *maap ya coach kalau murid yang ini suka kacau.

Tapi tenang, buat bestie yang baru belajar menjadi blogger dan ingin sedikit mengenal apa itu SEO agar blognya menjadi lebih SEO friendly, yes Anda sudah berada di jalur artikel yang benar bestie.

Tapi kalo ada master SEO ikutan baca artikel ini, ya mon maap ni, jangan jitak jewer saya ya suhu.

Tips Bagaimana Menjadi Blogger yang Baik dan Benar

Tentukan Apa Tujuan Menjadi Blogger

Jadi Blogger tujuannya apa dulu nih?
Curhat online, berbagi ide atau pengetahuan, cari uang, cari sensasi, atau mau nyampah online?

Tujuan awal saya menjadi blogger atau Nara blog sebenarnya tidak muluk-muluk. Bahkan lumayan absurd. Saat itu, saya yang merasa suka mengarang bebas harus menelan pil pahit ditolak publisher gara-gara cerita saya yang disebut kurang read-able. Jujur sih saya sadar dengan hal itu, tapi hati kecil ini tetap menolaknya.

Berkat saran seorang teman yang lebih dulu melek urusan dunia literasi online, akhirnya saya pun memberanikan diri mencari tahu apa itu blog dan bagaimana cara membuatnya. Setelah utak-atik kanan kiri atas bawah, hari itu juga, blog pertama saya jadi. 

Jadi apa? jadi kacau, wkwkw.
Karena minimnya pengetahuan dan tidak tahu ke mana harus bertanya, karena teman saya jauh dan susah menjelaskan melalui chat. Blog pertama itu pun terbengkalai dengan penampakan dan isi yang super duper tidak jelas. Boro-boro kenal url, link, backlink, SEO.
Lah, baca statistik di dashboard aja nggak ngerti caranya.

Jujurly, beneran ini. Pertama kali punya blog dan gratisan. Di dashboard kan ada fitur statistik pengunjung, suwer saya nggak tau itu apaan.

Tapi ya sudahlah ya, kita tinggalkan cerita kelam masa-masa jahiliah itu.

Meskipun saat ini status saya masih tetap menjadi blogger pemula, atau blogger hore-hore, setidaknya saat ini sudah bisa lah ya baca statistik di dashboard. Jangan salah, baca statistik di Google Analytic aja bisa. Maksudnya bisa baca aja, tapi suka bingung sama artinya. *siap-siap dijitak coach Baim ini, udah diajarin dengan penuh kesabaran masih nggak negerti-ngerti juga.

Dan alhamdulillah sih blog recehan ini sudah menghasilkan pundi-pundi receh untuk kelangsungan bayar domain, beli template, beli quota, dan tambah-tambah beli sebongkah berlian, aamiin. hihi. 

Jadi buat bestie yang baru mengenal blog, ketahui lah, selain tempat curhat dan berbagi pengalaman, blog juga bisa menghasilkan uang. Karena bagaimanapun, blog merupakan salah satu media pendukung digital business yang long-lifetime.

Buat pemain lama, mungkin job akan berdatangan dengan mudahnya melalui surel yang numpuk kek jemuran. Ehh.
Tapi buat pemula seperti saya, job ini umumnya datang dari komunitas blogger atau agency yang menjembatani antara brand dengan blogger. Tetapi jika bestie merasa memiliki komunitas atau jaringan blogger yang cukup banyak, namun belum dikenal atau mengenal brand, ada Redcomm sebagai best digital agency jakarta yang siap menjembatani komunitas bestie dengan brand.

Apa pun tujuan ngeblog bestie, saat ingin tulisan di blog kita dibaca banyak orang, setidaknya harus mulai familiar dengan SEO (search engine optimization). Karena dengan langkah-langkah optimasi ini, tulisan kita akan menjangkau lebih banyak orang. Dengan begitu, akan menjadi lebih bermanfaat, betul?

Optimasi Blog dan selalu Upgrade Ilmu

Yes, finally. Setelah mengaku-ngaku blogger tapi buta tentang blog selama bertahun-tahun itu. Akhirnya saya mulai menemukan titik terang pasca mengenal beberapa teman dari komunitas blog, hingga akhirnya berhasil terjaring rezeki di kelas menaikkan DA yang digelar oleh Mas Irwin dan kawan-kawan secara daring.

Tadinya, niat mendaftar di kelas menaikkan DA ini karena memang ingin menaikkan nilai DA (Domain Authority) saya yang miniiiim banget kek saldo rekening saya. Sedangkan untuk materi SEO, kebetulan sebelumnya sudah pernah saya dapatkan juga di kelas lain khusus emak-emak, SEO Moms Community dengan tutor yang berbeda. 

Tapi alhamdulillah, ternyata di kelas DA ini juga dapet lagi materi belajar SEO on page lagi, insyaaAllah jadi lebih nempel lagi ilmunya. Maklum, kalau sudah emak-emak gini ingatannya suka ketuker sama harga cabe.

Parameter SEO on page yang harus diperhatikan

  1. Judul harus mengandung keyword
  2. Permalink tidak terpotong
  3. Meta description
  4. Sisipkan keyword di awal paragraf
  5. Optimasi pada Tag Heading H2-H4
  6. Optimasi pada gambar dengan mengisi alt image dan title image
  7. Outbound dan inbound link, atau sering disebut backlink
  8. Share ke sosial media

Selain wawasan yang harus ditingkatkan, upgrade ilmu tentang "mempercantik" blog di mata mesin pencari google sekaligus cantik di mata pembaca pun perlu dilakukan. Salah satunya dengan mengikuti kelas belajar blog, baik yang gretongan maupun yang berbayar. 

Kelas-kelas blog ini sering digelar oleh komunitas blogger, jadi bestie jangan lupa bergabung di komunitas-komunitas blogger yang aktif untuk mendapatkan berbagai info tentang kelas blog ini.

Mempercantik blog di mata pembaca ini misalnya memasang template/theme yang nggak bikin sakit mata. Tidak perlu terlalu ramai dengan banyak pernak-pernik karnaval yang malah mirip papan kreasi anak TK. Apalagi menggunakan font-font yang susah dibaca. Sungguh, bukan hanya bikin sakit mata, loading juga pasti lebih berat. Efeknya, "kecantikan" blog di mata bot google juga jadi menurun.

Buat bestie yang males ribet dengan kode html buat mempercantik layout atau tampilan website, bisa menggunakan Jasa desain website

Sedangkan mempercantik blog di mata mesin atau bot yaitu dengan memberikan pemetaan informasi yang mudah terbaca bot. Caranya dengan rajin cek kesehatan blog menggunakan tools. Jika ditemukan masalah, segera perbaiki.

Beberapa tools untuk cek kesehatan Blog

  • Google Search Console (GSC), untuk melihat performa artikel dan indexing dari bot google
  • Google Analytic (GA), untuk monitoring performa blog dimata audience
  • MOZ, untuk cek DA dan backlink
  • SEO checker seperti seobility, seo check-up, dkk. Fungsinya untuk mengecek kesehatan blog dari kacamata SEO
  • Keyword planner tools seperti ubersuggest, keyword tool, dll. Fungsinya untuk membantu pemilihan keyword yang tepat
Upgrade pengetahuan baik dengan mengikuti kelas SEO berbayar maupun secara otodidak berbekal artikel di internet juga perlu. Hanya saja, saking banyaknya artikel yang terkadang isinya justru saling bertolak belakang, justru seringnya malah bikin tambah pusing. Tapi tak ada salahnya untuk dicoba ya bestie. 

Ingat! Pengalaman adalah guru terbaik.

Menjalin Pertemanan dan Networking dengan Sesama Blogger

Seperti halnya kita menjalin silaturahmi dengan tetangga, dalam dunia online kita juga perlu menjalin silaturahmi dengan sesama blogger. Manfaatnya selain dapat memberi kita insight baru, juga dapat memberi kita income baru. #ehh.

Tapi bener, serius ini. 
Dulu sebelum negara api menyerang saya kenal komunitas blogger, ya saya bener-bener buta blog itu apa, apalagi cara menjadi blogger yang menghasilkan uang. 

Buat yang belum punya teman sesama blogger, bestie bisa menemukannya di komunitas blogger. Atau bisa follow akun sosial media saya, insyaaAllah saya sudah berteman dengan sesama blogger meski belum banyak. Hehe.

Ngomongin soal pertemanan ini, saya juga nambah temen lagi nih setelah mengikuti kelas menaikkan DA bareng Mas Irwin dkk. Selain ditatar ilmu SEO dan cara menaikkan DA, di kelas ini kami juga digembleng bagaimana mengatur keseimbangan antara tugas dan solidaritas.

Contohnya, tugas artikel yang kita kerjakan kalau salah, justru teman kita yang bertugas ngecek malah yang di-kick. Atau salah satu anggota kelompok kita salah ngerjain tugas, sekelompok bakal di-cut habis.

Aturan macam apa ini? wkwkw

Tapi, dari sini kita belajar bagaimana bekerja bersama tim. Dan bagaimana networking itu bekerja.

Alhamdulillah sih teman-teman seangkatan saya ini semuanya baik dan rajin tolong menolong. Misalnya dua orang di kelompok saya ini, Mba Fiona dan Mba Sulis. 

Mba Fiona

Pemilik blog Catatan Perjalanan Harian Fionaz ini merupakan pribadi yang humble dan ceria. Mama dari 3 putri yang cantik ini memulai blog sejak 2018, namun baru serius mengelola blog-nya sejak 2019 dan memutuskan membeli domain dari hasil ngeblog sebelumnya.

Blogger asal kota Lamongan ini ternyata juga rajin banget mengikuti blogger gathering di Surabaya, loh. Rajin banget ibu ini.

Template blog yang digunakan cukup simple, yaitu theme bawaan dari platform blogger. Artikel di blognya juga sudah lumayan banyak yang kebanyakan berisi tentang resep masakan dan cerita kehidupan sehari-harinya sebagai ibu. 

Alasan Mba Fiona mengikuti kelas menaikkan DA bareng Mas Irwin ini sama dengan saya, karena DA kami masih duafa. Dan menurut penuturan Mba Fiona sendiri, beliau sangat bersyukur karena dengan mengikuti kelas ini selain DA naik dan menambah ilmu baru tentang SEO, lingkar pertemanan dengan sesama blogger juga bertambah.

Mba Sulis

Pemilik blog Sulis Nashwa Kirana atau yang akrab dipanggil mba Sulis ini juga kebetulan teman satu tim dengan saya. 
Ibu dari 3 putri yang juga sebagai seorang pendidik ini pertama kali memiliki blog di tahun 2013. Namun mulai aktif di tahun 2018. Sedangkan domain yang dimilikinya saat ini ternyata baru dipinang di tahun 2019. 
Meski begitu, artikel yang di-post di blog-nya sudah banyak banget, lho.

Blogger asal Ngawi yang kini berdomisili di pulau garam Madura ini mengusung niche random, atau istilahnya lifestyle blog. Mulai dari kuliner, pendidikan, beauty, hingga sastra. Template yang digunakan juga bawaan platform blogger seperti Mba Fiona. 

Alasan Mba Sulis menggunakan template bawaan platform blogger ini karena lebih ringan ketimbang template custom yang ia gunakan sebelumnya.

Menurut Mba Sulis, bisa mengikuti kelas DA ini merupakan kesempatan langka yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam menggali ilmu dunia blog, terutama yang berkaitan dengan SEO. Dan berkat mengikuti kelas menaikkan DA ini, beliau mengaku mendapat tambahan ilmu blog, peningkatan kemampuan menulis, juga menambah daftar pertemanan tentunya.

Blog itu bukan hanya urusan menulis. Di dalamnya dibutuhkan maintenance, juga pengajaran bagaimana menjadi blogger yang benar dan bermanfaat melalui tulisan. Karena sebaik-baik tulisan yang bermanfaat, adalah tulisan baik yang dibaca banyak orang. 

Yuk, mulai belajar menjadi blogger pemula yang berkualitas agar dapat menaikkan taraf gengsi blogger Indonesia.




안녕!
Next Post Previous Post
20 Comments
  • Fionaz
    Fionaz 22 Juli, 2020

    Makasih banyak udah dikoreksi blog sya mbak. Memang ya, abis ganti template kemaren belum sempat ngoprek lagi maklumlah ya.. mamak beranak bayik ini masih agak ribet dengan hidupnya sehari-hari.. wkwkwk

    • Sera Wicaksono
      Sera Wicaksono 22 Juli, 2020

      Sip mbaaa, maap kalo eada menyentil sedikit, hehe

  • Just Awl
    Just Awl 22 Juli, 2020

    Bener banget ini mbaa, menjalin silaturahmi sama sesama blogger juga penting. Sebelum gabung sama komunitas tuh blog saya sepi banget anyep, berasa gak punya temen. Sekarang setelah gabung di komunitas dan ketemu dengan banyak sekali blogger bikin blog saya sendiri lebih hidup, karena banyak sekali jadinya ide2 baru yg bisa saya tulis dari teman-teman blogger lain. Makasih atas tips-tipsnya ya mba! Anyway salam kenal mba👋🏻😊

    • Sera Wicaksono
      Sera Wicaksono 22 Juli, 2020

      Salam kenal juga mba, padahal di sosmed kita pasti sudah berteman, wkwkwk

  • Ainun
    Ainun 23 Juli, 2020

    Dapet ilmu dan temen temen yang satu visi misi tentu saja menyenangkannnnnn bangetttt. Waktu itu aku ga daftar, sayang banget ya

    • Sera Wicaksono
      Sera Wicaksono 06 Agustus, 2020

      ayo sekarang daftar yang batch 3, sudah dibuka pendaftarannya lho

  • Rachma Putri
    Rachma Putri 24 Juli, 2020

    Terimakasih sudah menulis inu

  • Rie agustina
    Rie agustina 24 Juli, 2020

    Salam kenal Mba Srra, hehe.. Bener banget sih menentukan tujuan ngeblog dan gabung komunitas penting juga. Banyak mengubah pandangan hidup, banyak dapet ilmu-ilmu baru.

    Kemarin daftar kelas yang gelombang dua ini, tapi nggak ke angkut huhuhu padahal pengen banget ikut belajar.

    • Sera Wicaksono
      Sera Wicaksono 06 Agustus, 2020

      halo mba salam kenal. semoga keangkut gelombang 3 ya mba hehe

  • A.
    A. 25 Juli, 2020

    Yaampun jujur pemula bgt bingung seo dan teman2nya itu 😖 harus banyak baca2 lagi deh ni, thank you for sharing mba

    • metuomah
      metuomah 26 Juli, 2020

      Makasih share ilmunya, semoga DA blog saya bisa naik. Mungkin yang berat berkomunitas daring, karena saya pendiam jarang ngetik di grup ;) .

    • Sera Wicaksono
      Sera Wicaksono 06 Agustus, 2020

      sama saya juga pemula kok mba, yang penting kita mau upgrade hehe

  • Riza Alhusna
    Riza Alhusna 30 Juli, 2020

    Gw ngeblog udah lama, tapi masih receh banget ilmu ginian. Orang bikin blog isinya buat curhat, wkwkwkwk. Mau dibaca orang kek, enggak kek, bodo amat. Bahkan sampe sekarang kalo ada apa-apa sama blog gw dengan santainya gw kontak adek gw suruh benerin. Kalo gak mau, gw ancem uang beasiswanya gw potong, wkwkwkwk.

    Tapi gara-gara blog gw jadi punya banyak temen di dunia maya. Karna gw emang gak punya medsos. Seneng aja gitu cela-celaan di kolom komentar. Itu kalo udah akrab yah. Kalo belum ya gak berani.

    Btw, salam kenal mbakkkk

    • Sera Wicaksono
      Sera Wicaksono 30 Juli, 2020

      Salam kenal balik mas, galak amat ama adeknya wkwkw

  • Peri Kecil Lia 🧚🏻‍♀️
    Peri Kecil Lia 🧚🏻‍♀️ 30 Juli, 2020

    Aku juga setuju dengan bergabung ke komunitas-komunitas blogger dan sering blogwalking juga, aku jadi dapat lebih banyak teman dan belajar banyak hal baru lewat blog-blog yang aku kunjungi 😆
    Perihal SEO dan teman-temannya, aku juga mulai nerapin sedikit-sedikit sih walaupun niat bikin blognya buka untuk cari uang tapi pengin agar bisa banyak yang baca blog-ku 😆
    Untuk Google Search Console dan Analytics, aku juga bisa baca. Cuma bisa baca aja, nggak ngerti WKWKWK.
    Btw, salam kenal kak Sera! 😊

    • Sera Wicaksono
      Sera Wicaksono 06 Agustus, 2020

      berati kita tozzz ya mba lia, haha. Salam kenal balik mba, terima kasih sudah mampir kesini

  • CREAMENO
    CREAMENO 05 Agustus, 2020

    Salam kenal mba Sera *namanya bagus* 😍

    Saya pribadi kalau soal SEO masih basic banget informasi yang saya dapatkan 😆 dan tipe blog saya pun sepertinya masuk ke nano-nano macam Indomaret semua ada 😂 jadi betul-betul zero knowledge dan beruntungnya saya sering ketemu blog yang bahas soal blogging thingy, salah satunya seperti post mba Sera di atas 🙈

    Terima kasih untuk ilmu yang dibagikan ya, mba. Semoga blog kita bisa berkembang sesuai harapan 🥳

    • Sera Wicaksono
      Sera Wicaksono 06 Agustus, 2020

      halo mba Eno yang nama aslinya bukan Eno, salam kenal ya mba. Jadi oenasaran dengan nama aslinya, hihi

  • Arina Mabruroh
    Arina Mabruroh 19 Februari, 2021

    Aku merasa nganu baca ini 🙈🙈 habisnya pengen belajar ini-itu tapi mentok dengan urusan domestik. Semoga bisa review materi SEO lagi dan lebih pentingnya: ndang praktik karena selama ini praktiknya masih nol 🙈🙈

Add Comment
comment url