Persiapan Menyambut Kelahiran Bayi Bersama Telon Lang

persiapan menyambut kelahiran bayi

Halo Bunda!

Lho kok yang disapa Bunda aja, Panda nggak nih? Hihihi.

Karena judulnya persiapan menyambut kelahiran bayi, biasanya yang paling sibuk kan bundanya, yekan? Sibuk nge-list barang-barang apa saja yang harus disiapkan untuk menyambut kehadiran sang malaikat kecil nantinya. Sedangkan papanda kan sibuknya nyari uang. Betul?


Persiapan Menyambut Kelahiran Bayi

Kebetulan saat ini saya juga sedang sibuk syekali mempersiapkan kelahiran malaikat kecil kami yang ketiga, iyes yang ketiga. Sebentar lagi saya akan resmi menjadi member mamak tiga anak gaez!

Nah ngomongin persiapan menyambut kelahiran anak ketiga kami ini, jujur banyak list belanjaan yang saya sortir. Terutama barang-barang yang hanya digunakan sebentar saja, apalagi barang yang sebetulnya useless.


Baju dan Perlengkapan Bayi

Untuk baju bayi, popok, celana, hingga bedong bayi, semua saya sediakan tak lebih dari 6 pcs mengingat pertumbuhan bayi cenderung sangat cepat. Apalagi untuk printilan seperti topi dan baby mitten atau sarung tangan dan kaki. Karena paling banter hanya digunakan 1 – 2 bulan pertama saja.

Sedangkan barang-barang besar seperti keranjang bayi, kasur bayi, hingga stroller, benar-benar saya skip. Karena pengalaman sebelumnya, barang-barang tersebut nyaris tidak terpakai atau hanya terpakai sebentar saja. Buat bunda yang sering berjalan-jalan di seputaran komplek perumahan bareng si kecil, atau suka nge-mall mungkin stroller sangat berguna. Tapi tidak untuk saya, karena jalanan rumah saya tidak memungkinkan untuk dilewatin stroller, kalaupun bisa, rasanya kurang matching aja stroller jalan di jalanan gronjalan. Plus saya juga jarang keluar rumah (soalnya nggak punya tetangga, hihi), dan lagi masih psbb pasti juga minim nge-mall nantinya.


Perlengkapan Mandi

Nah ngomongin perlengkapan mandi, printilannya memang sangat banyak. Namun buat saya, tidak semuanya benar-benar berfungsi sesuai ekspektasi. 

Hal yang jelas sangat dibutuhkan adalah handuk, selain tentunya bak mandinya, ya. Yang kedua adalah sabun mandi. Pilihlah sabun mandi yang mild, lebih bagus jika yang top-to-toe, yaitu sabun mandi sekaligus shampoo. Selain lebih praktis, biasanya sabun baby newborn seperti ini diklaim lebih mild dari sabun bayi biasa. Oiya jangan lupa gunakan washlap berbahan halus ya bunda, agar kulit bayi tetap aman.

Setelah mandi, yang tidak boleh ketinggalan adalah minyak telon. Buat saya ini sangat krusial. Karena minyak telon ini selain berfungsi menghangatkan tubuh bayi sehabis mandi, juga bikin harum yang uwuw khas bayi banget.

Baca juga:


telon lang

Telon Lang dan Telon Lang Plus

Nah, untuk urusan minyak telon, sejak anak pertama saya selalu memakai minyak telon lang. Karena selain sudah tradisi turun temurun, telon lang juga terbukti dapat meringankan perut kembung yang sering terjadi pada bayi.

Kali ini saya juga nyiapin minyak telon lang plus, karena telon lang plus ini sudah dilengkapi dengan kandungan anti nyamuk yang aman buat bayi. Selain untuk persiapan menyambut bayi ketiga, telon lang plus ini juga saya gunakan untuk anak kedua saya yang masih umur 4 tahun agar terhindar dari gigitan nyamuk saat tidur maupun saat bermain.


Kandungan minyak telon lang dan telon lang plus

Kandungan utama minyak telon lang adalah cajuput oil atau yang sering kita sebut minyak kayu putih. Khasiat minyak kayu putih ini sudah terkenal sangat ampuh untuk menghangatkan tubuh dan mengatasi perut kembung, juga diklaim dapat menenangkan saraf hingga melancarkan peredaran darah.

Selain mengandung cajuput oil, telon lang juga mengandung minyak kelapa dan minyak adas manis yang dapat berperan sebagai ekspektoran dan antioksidan yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Sedangkan pada minyak telon lang plus, selain ketiga kandungan di atas, pada telon lang plus juga dilengkapi dengan kandungan alami Natural Rhodinol yang telah teruji dapat memberikan perlindungan dan menghindari bayi dari gigitan nyamuk hingga 10 jam.

kandungan minyak telon lang


Manfaat minyak telon bayi

Manfaat utama minyak telon untuk bayi tentu untuk menghangatkan badan bayi dan membantu mengatasi perut kembung yang sering sekali terjadi pada bayi. Namun selain itu, minyak telon juga dapat digunakan untuk anti nyamuk dan sebagai minyak pijat bayi. 

Beberapa manfaat memijat bayi secara rutin yang saya kutip dari situs dokter online, antara lain:

  • Membuat bayi merasa lebih tenang dan nyaman. Pijatan pada bayi disinyalir dapat merangsang sistem saraf pusat untuk memproduksi lebih banyak endorfin dan serotonin, yaitu hormon yang dapat membuat perasaan lebih bahagia dan nyaman. Kedua hormon ini juga bermanfaat dalam membantu mengurangi nyeri yang dirasakan bayi.
  • Melancarkan pencernaan
  • Membuat tidur lebih nyenyak

  • Mengurangi kadar bilirubin. Dalam suatu penelitian, diketahui bahwa bayi kuning yang mendapatkan pijatan selama 15-20 menit dan fototerapi terlihat mengalami perbaikan yang lebih cepat daripada bayi yang hanya mendapatkan fofoterapi saja.
  • Memperkuat hubungan antara orang tua dan bayi. Memijat bayi merupakan cara sederhana namun efektif untuk meningkatkan bonding antara orang tua dan bayi.


Panduan memijat bayi secara sederhana yang dapat kita lakukan sendiri adalah pijat “I Love U”. Yaitu, yang pertama adalah buatlah seperti huruf “I” dari atas ke bawah dengan usapan yang lembut pada perut sebelah kiri bayi (sebelah kanan kita). 

Yang kedua adalah membentuk huruf “L” terbalik dari perut bagian atas sebelah kanan bayi menuju ke perut bagian bawah kiri bayi. Kalau dari kita dari kiri atas membentuk huruf “L” terbalik menuju kanan bawah.

Dan yang terkahir adalah meminjat dengan membentuk huruf “U” terbalik. Lakukan dari perut kanan bawah bayi, naik ke atas dan membentuk “U” terbalik menuju perut kiri bawah bayi. Kalau dari arah kita dari kiri ke kanan ya bunda.

Lakukan hal ini sebanyak 10 – 15 kali atau sekitar 15 menit. Bunda bisa melakukannya setelah memandikan bayi asalkan jarak pijat dengan menyusui terakhir tidak kurang dari 45 menit. Gunakan minyak telon lang atau telon lang plus yang sudah dilengkapi dengan olive oil dan dapat menjaga kelembaban kulit bayi. Serta jangan lupa, ucapkan “I Love You” saat memijatnya ya, agar bonding bunda dengan bayinya semakin terjalin erat.


Ukuran kemasan

Kemasan telon lang dan telon lang plus tersedia masing-masing dalam 5 pilihan yaitu: 15 ml, 30 ml, 60ml, 100 ml, dan 150 ml dengan tutup botol anti tumpah. Produk telon lang dan telon lang plus dapat bunda temui di apotek, minimart, hingga toko kelontong langganan bunda.


minyak telon anti nyamuk yang aman untuk bayi
kakak suka pakai telon lang plus biar bebas dari gigitan nyamuk,
aromanya juga harum

Gimana bunda, sudah siap kan menyambut kelahiran si buah hati? Semoga bunda dan bayi sehat terus ya bunda.




안녕!

Next Post Previous Post
18 Comments
  • Yuni Handono
    Yuni Handono 19 Februari, 2021

    suka banget sama aroma telon lang plus ini....ternyata bisa melindungi baby dari gigitan nyamuk yang bikin gatal sekujur tubuh.....oh ya, sehat selalu Mak Icik...moga diberikan kemudahan hingga lahiran nanti...sehat keduanya ya....

  • Arina Mabruroh
    Arina Mabruroh 19 Februari, 2021

    Telon Lang andalanku banget 😍 tapi aku belum pernah nyoba yang Telon Lang plus, keknya wanginya enak deh.
    Aku jadi kebayang rempongnya kalau mau punya anak lagi sementara printilan bayi udah ga ada sama sekali

  • Hanila PendarBintang
    Hanila PendarBintang 19 Februari, 2021

    Dek Rara jadi bau bayi dong yAa...tapi Dek Rara kan masih bayi. Selamat menyambut adek ya Rara sayang 😘😘

  • Sarah Yasmin
    Sarah Yasmin 19 Februari, 2021

    Anakku yang kecil sampai sekarang masih pakai Telon Lang Plus. Ditambah musim hujan kayak gini, dirumahku nyamuknya tambah banyak. Jadi Telon Lang Plus ini memang ampuh banget buat bantuin jaga anak dari gigitan nyamuk 😊

  • Anonim
    Anonim 19 Februari, 2021

    Di tempatku juga lagi banyak nyamuk gentayangan ini, untung sudah ada telon lang plus anti nyamuk, hihu

  • Unknown
    Unknown 20 Februari, 2021

    Baca artikel ini jadi nggak sabar tunggu kehadiran dede Al 😍

  • Andie
    Andie 20 Februari, 2021

    huw, kalo pas mau melahirkan yang paling sibuk suami mbak. hahaha.. mempersiapkan semuanya, dan istri tinggal melakukan hal yang paling sulit yaitu melahirkannya..

    Kalo suami yang bener yak wkwkkwkw

  • Riska Ngilan
    Riska Ngilan 21 Februari, 2021

    Saya juga sedia Telon Lang dan Telon Lang Plus di rumah, Mba. Meskipun anak saya udah umur 3,5 tahun tapi tetap saya pakaikan minyak telon. Bikin hangat dan wnaginya natural banget apalagi yang Telon Lang Plus ampuh jaga anak saya dari gigitan nyamuk apalagi di musim hujan seperti sekarang yang mana nyamuknya semakin banyak, hehehe. Btw, semoga persalinannya lancar ya Mba.

  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen 22 Februari, 2021

    Anakku 2-2 nya ga bisa pake minyak telon ato kayu putih ato segala minyak yg hangat :(. Padahal aku sukaaaa bgt minyak telon ini mba. Aromanya itu loh, udh berasa bayi banget. Pas tau kulit mereka bermasalah tiap diksh telon merk apapun, akhirnya aku stop :(. Malah jd aku yg pake hahahaha. Krn memang segitu senengnya Ama aroma telon

  • Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni 23 Februari, 2021

    Aku pernah cobain Teko Lang ini. Kupikir wanginya ngga ngenakin tapi ternyata enak! Apalagi uang Plus, karena ada chamomile nya

  • Kak Niken - Kal
    Kak Niken - Kal 23 Februari, 2021

    Yes, beberapa kali hamil dan melahirkan, barang yang wajib disiapkan yaitu minyak telon lang ini kak. Pernah juga dapat dari teman yang ngado hehe

  • Nurul Sufitri
    Nurul Sufitri 23 Februari, 2021

    Papanya anak2 masih demen pakai minyak telon loh. Anak2ku udah abg, tapi masih suka pakai Telon Lang Plus. Si bungsu Fakhri demen banget sepedaan sore2 kadang kehujanan kan jadi kedinginan. Abis mandi dibalurin minyak telon ini jadi hangat dan terhindar dari gigitan nyamuk. Senang ya multi fungsi gini Telon Lang Plus.

  • iidyanie
    iidyanie 23 Februari, 2021

    Senangnya yang mau lahiran, semoga lancar ya mom, salah satu hal yang buat saya suka minyak telon lang ini wanginya harum bayi banget dan bikin nyaman, selalu sedia minyak telon lang dan telon lang plus di rumah agar anak selalu hangat dan terlindungi

  • bundabiya.com
    bundabiya.com 23 Februari, 2021

    iya nih kalau menurutku memang anak bayi itu erat banget yaa dengan aroma minyak telon yang baunya bayii banget hehe

  • Dwi Ananta
    Dwi Ananta 24 Februari, 2021

    Masyallah semoga bumil dan calon debay sehat hingga kelahiran ya...

    Aku juga selalu sedia Telon Lang ini, wanginya enak dan aman di kulit anak. Bahkan sampai anakku umur 5 tahun masih pakai telon dari Cap Lang ini, pakenya yang telon lang plus, ampuh menghalau nyamuk nakal

  • B'Day | Climate4life
    B'Day | Climate4life 01 Maret, 2021

    Alhamdulillah Teh Sera mau pny baby lagi. Semoga sehat dan lancar sampai kelahirannya ya.

    *gakbacaartikel

    • Sera Wicaksono
      Sera Wicaksono 03 Maret, 2021

      Lahhhh ga baca artikel, gimana ini? Wkwkwk, iyanih mau nurun bang Day, banyak pasukannya #ehh

    • Sera Wicaksono
      Sera Wicaksono 03 Maret, 2021

      Oiya lupa, aamiin buat doanya.

Add Comment
comment url