Urutan Skincare untuk Kulit Kering ala Orang Korea

urutan skincare untuk kulit kering

Perkara urutan menggunakan skincare juga harus menjadi perhatian agar hasilnya lebih optimal. Alhamdulillah kulit saya termasuk normal sih, namun karena usia yang menjelang empat puluhan ini, terkadang masalah kulit kering kerap muncul.

Glycerin, hyaluronic acid, ceramide, atau squalane kerap menjadi kandungan utama skincare untuk kulit kering karena sifatnya yang menjaga kelembapan atau menghidrasi kulit. Namun, semua kandungan tersebut tak dapat bekerja secara maksimal jika kita kurang tepat saat pengaplikasiannya.

Berikut urutan skincare untuk kulit kering ala orang Korea, agar hasilnya lebih optimal dan membuat kulit wajah lebih glowing.

Urutan skincare pagi yang benar

1. Cleanser wash

Mencuci muka merupakan fondasi terpenting dalam skincare routine. Dengan kulit yang bersih, kandungan skincare akan mudah terserap dalam kulit secara efektif. Bagi pemilik kulit kering, sebaiknya pilihlah sabun wajah yang tidak mengeluarkan banyak busa, karena busa biasanya justru membuat kulit semakin terasa ketat.

Beberapa orang memang tidak nyaman dengan sabun muka yang meninggalkan rasa lengket setelah penggunaan, saya pribadi pun kurang suka dengan sabun wajah seperti itu. Meskipun hal itu merupakan salah satu indikasi produk melembapkan. Jangan khawatir, saat ini sudah banyak juga kok beredar sabun wajah yang tidak meninggalkan rasa lengket namun juga tak banyak berbusa dan tak membuat ketat kulit.

2. Toner

kandungan skincare untuk kulit kering

Beberapa dari kita sering menganggap sepele toner, bahkan keberadaannya sering terabaikan. Namun tahukah teman, toner bekerja untuk menyeimbangkan pH kulit sehingga memaksimalkan penyerapan skincare berikutnya. Toner juga berfungsi meluruhkan sisa-sisa kotoran dan sel-sel kulit mati yang masih tersisa.

Buat yang suka nonton drakor, sering dong lihat rutinitas toner after mandi atau cuci muka ini? Nggak cowonya nggak ciwinya, rutinitas ini sering banget muncul.

3. Essence

Fungsi utama essence adalah menghidrasi kulit. Essence merupakan serum dengan kandungan yang lebih ringan, berperan sebagai dasar pelembap untuk menopang skincare pelembap berikutnya. Namun, posisi essence yang berada di tengah antara toner dan serum, membuat penggunaan essence ini kerap diabaikan.

3. Serum

Seperti halnya essence, serum mengandung banyak penutrisi kulit dengan molekul yang kecil sehingga mudah terserap ke dalam lapisan kulit terdalam. Itu sebabnya penggunaan serum ini sangat disarankan agar skin barrier bisa tetap terjaga. 

Kandungan pada serum bisa berbeda-beda tergantung fungsinya. Ada serum vitamin C yang berfungsi sebagai anti-oksidan dan merangsang produksi kolagen agar kulit lebih kenyal dan lembap. Ada juga serum dengan whitening agent untuk mencerahkan kulit kusam, hingga serum dengan retinol yang banyak sekali manfaatnya untuk kulit usia 30 tahun ke atas. Pilihlah serum dengan kandungan yang kulit kalian butuhkan ya.

4. Moisturizer

Moisturizer atau pelembap ini tidak boleh ketinggalan ya. Pelembap sangat dibutuhkan untuk tetap mengunci skincare liquid yang sudah masuk sebelumnya. Pilihlah moisturizer dengan tekstur ringan dan mudah menyerap agar kulit tidak terasa tebal terutama jika akan menggunakan makeup.

5. Sunscreen

skincare untuk kulit kering dan kusam

Sunscreen merupakan hero untuk skincare pagi. Tahap ini merupakan tahap paling krusial dan tidak boleh terlewat. Gunakan produk sunscreen dengan minimal SPF30 agar kulit wajah tetap terlindungi dari efek buruk sinar UVA/B.

Sudah dinutrisi dengan baik, sayang banget kan kalau semuanya dirusak oleh paparan sinar UVA dan UVB?

Urutan skincare malam yang benar

1. First Cleanser (makeup remover/cleansing lotion)

Penggunaan makeup dan aktivitas seharian, tentu banyak sisa makeup dan kotoran yang menempel. Sebelum membersihkan wajah dengan sabun wajah, sebaiknya gunakan makeup remover atau cleansing milk agar sisa-sisa makeup, sunscreen, dan kotoran dapat terangkat dengan maksimal.

Teknik double cleansing ini sangat dianjurkan untuk beauty bestie yang aktif di luar ruangan dan yang menggunakan makeup. Bukan berarti yang nggak keluar rumah dan nggak ber-makeup nggak perlu double cleansing, ya. 

2. Second Cleanser (face wash)

Agar proses pembersihan lebih maksimal, lanjutkan second cleansing dengan face wash. Pastikan untuk membilasnya hingga bersih ya bestie.

3. Toner

Setelah wajah sudah bersih, aplikasikan toner seperti saat pagi hari agar kulit lembap sepanjang malam. Apalagi jika tidurnya menggunakan AC selama semalaman.

4. Essence

Seperti pada urutan skincare untuk kulit kering pagi hari, malam hari pun juga sebaiknya menggunakan essence. Namun jika skincare routine pada malam hari temen-temen akan menggunakan night serum yang “berat”, penggunaan essence boleh di-skip dulu agar kulit tidak terlalu berat.

4. Night Serum

Untuk malam hari sebelum tidur, beauty bestie bisa menggunakan Active Rejuvenating Night Serum dari Elsheskin. Serum ini multifungsi banget, dapat meremajakan kulit dengan lembut di malam hari, mencerahkan, melembapkan, hingga memperkuat skin barrier. Terutama untuk bestie yang sudah berusia 30 tahun keatas.

Active Rejuvenating Night Serum dari Elsheskin ini mengandung 1% encapsulated retinol di mana retinol akan dilepaskan secara bertahap sehingga aman untuk pemula retinol. Serum retinol hanya boleh digunakan pada malam hari saja ya, sedangkan siang harinya wajib banget menggunakan sunscreen karena kulit akan mudah iritasi.

skincare untuk kulit kering kusam dan bruntusan

Review singkat Elsheskin Active Rejuvinating Night Serum

Dengan kandungan 1% encapsulated retinol, serum ARNS ini aman digunakan untuk pemula retinol. Tekstur kekentalannya cukup pas, tidak terlalu encer maupun terlalu pekat, mudah diratakan dan mudah sekali meresap.

Setelah satu minggu pemakaian dengan dosis 2 hari sekali, saya pribadi merasakan kulit saya lebih lembap dari sebelumnya. Apalagi sejak hamil hingga melahirkan anak ke3 saya agak teledor perkara skincare routine. 4 minggu pemakaian, milia di sekitar bawah mata juga mulai berkurang. Namun, memang kulit jadi mudah iritasi jika siang hari lupa tidak menggunakan sunscreen. Solusinya, jangan sampai lupa sunscreen meski hanya di rumah saja.

kandungan skincare untuk kulit kombinasi

Kemasan serum berupa botol seperti kaca berwarna gelap, tujuannya agar kandungan serum di dalamnya tidak mudah rusak jika terpapar sinar matahari. Namun, sebaiknya simpan serum di sudut ruangan yang tidak akan terkena sinar matahari langsung. Hindari menyimpan serum di dekat jendela karena berpotensi terkena panas matahari yang dapat merusak ingredients di dalamnya.

5. Eye Serum

Untuk pemilik mata panda atau kerutan halus di seputaran mata, sebaiknya jangan lupa menggunakan eye serum. Bagi yang berusia 30 tahun ke atas, penggunaan eye serum juga sangat dianjurkan untuk meminimalisir tanda-tanda penuaan sejak dini. Gunakan krim khusus mata karena kulit di sekitaran mata memang lebih tipis.

6. Moisturizer

skincare glowing untuk kulit kering

Semua tahapan skincare routine tetap harus dikunci dengan moisturizer, baik gel maupun cream. Sebaiknya pilih moisturizer khusus malam hari karena kandungannya akan lebih optimal dalam memperbaiki sel-sel kulit saat kulit beristirahat.


Gimana beauties, sudah benar belum urutan skincare untuk kulit kering kalian? Yuk, jangan lupa skincare routine, ya!



안녕!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url