Cara Menggunakan Skincare yang Benar Agar Efektif

cara menggunakan skincare yang benar

Perkara cara menggunakan skincare yang benar tentu harus menjadi perhatian agar hasilnya lebih optimal. Alhamdulillah kulit saya termasuk normal sih, namun karena usia yang menjelang empat puluhan ini, terkadang berbagai masalah kulit kerap muncul. Misalnya kulit kering, pori-pori besar, kerutan di sekitar mata, hingga muncul bintik-bintik hitam atau disebut milia.

Tentu saja, langkah pertama yang harus saya lakukan adalah menggunakan skincare agar berbagai masalah penuaan tidak semakin kentara. Skincare dengan kandungan anti aging pun menjadi pilihan utama, misalnya hyaluronic acid, retinol, ceramide, niacinamide, dan seterusnya. Namun, semua kandungan kebaikan tersebut tidak dapat bekerja secara maksimal jika kita kurang tepat saat pengaplikasiannya.

Sayang kan ya, sudah beli skincare mahal-mahal tapi malah nggak ada hasilnya. Nah, berikut urutan pemakaian skincare dan cara menggunakan skincare yang benar agar hasilnya lebih optimal sesuai harapan jaya.

Cara Menggunakan skincare yang benar pada pagi dan siang

1. Cleanser wash

Mencuci muka merupakan fondasi terpenting dalam skincare routine. Dengan kulit yang bersih, kandungan skincare akan mudah terserap dalam kulit secara efektif. Pilihlah face wash yang tidak meninggalkan rasa ketat. Sabun wajah dengan banyak busa, umumnya membuat kulit menjadi kering dan terasa ketarik. Sebaliknya, sabun wajah yang meninggalkan kesan lengket justru dapat melembapkan kulit.

Beberapa orang memang tidak nyaman dengan sabun muka yang meninggalkan rasa lengket setelah penggunaan, saya pribadi pun kurang suka dengan sabun wajah seperti itu. Jangan khawatir, saat ini sudah banyak juga kok beredar sabun wajah yang tidak meninggalkan rasa lengket namun juga tak banyak berbusa dan tak membuat ketat di kulit setelah penggunaan.

2. Toner

urutan skincare emina

Beberapa dari kita sering menganggap sepele toner, bahkan keberadaannya sering terabaikan. Namun tahukah teman, toner bekerja untuk menyeimbangkan pH kulit sehingga memaksimalkan penyerapan skincare berikutnya. Toner juga berfungsi meluruhkan sisa-sisa residu face wash atau produk pembersih sebelumnya serta sel-sel kulit mati yang masih tersisa.

Menurut penuturan dr. Richard Lee MARS di channel YouTube miliknya, sudah ada penelitiannya lho, bahwa skincare tidak akan bekerja pada kulit yang pH-nya tidak balance. Jadi, sayang dong sudah beli skincare mahal kalau tidak berdampak apa-apa.

Buat yang suka nonton drakor, sering kan lihat rutinitas menggunakan toner after mandi atau cuci muka ini? Nggak cowonya nggak ciwinya, rutinitas ini sering banget muncul.

3. Essence

Fungsi utama essence adalah menghidrasi kulit. Essence merupakan serum dengan kandungan yang lebih ringan, berperan sebagai dasar pelembap untuk menopang skincare pelembap berikutnya. Namun, posisi essence yang berada di tengah antara toner dan serum, membuat penggunaan essence ini kerap diabaikan. Namun belakangan ini beberapa toner sudah 2in1 dengan essence.

3. Serum

Seperti halnya essence, serum mengandung banyak penutrisi kulit dengan nano molekul sehingga mudah terserap ke dalam lapisan kulit terdalam. Itu sebabnya penggunaan serum ini sangat disarankan agar skin barrier bisa tetap terjaga. 

Kandungan pada serum bisa berbeda-beda tergantung fungsinya. Ada serum vitamin C yang berfungsi sebagai anti-oksidan dan merangsang produksi kolagen agar kulit lebih kenyal dan lembap. Ada juga serum dengan whitening agent untuk mencerahkan kulit kusam, hingga serum dengan retinol yang banyak sekali manfaatnya untuk kulit usia 30 tahun ke atas. Pilihlah serum dengan kandungan yang kulit kalian butuhkan ya.

Oiya, ada satu tips yang saya dapatkan dari channel dr. Richard Lee juga nih. Bahwa untuk penyerapan serum agar lebih maksimal, harus kita hangatkan dengan telapak tangan kita. 

Caranya, gosokkan kedua telapak tangan hingga hangat, kemudian tempelkan telapak tangan yang sudah hangat di permukaan wajah hingga ke semua bagian.

4. Moisturizer

Moisturizer atau pelembap ini juga tidak boleh ketinggalan. Pelembap sangat dibutuhkan untuk tetap mengunci skincare liquid yang sudah masuk sebelumnya. Pilihlah moisturizer dengan tekstur ringan dan mudah menyerap agar kulit tidak terasa tebal terutama jika akan menggunakan makeup.

5. Sunscreen

kandungan skincare untuk kulit kering

Sunscreen merupakan hero untuk skincare pagi. Tahap ini merupakan tahap paling krusial dan tidak boleh terlewat. Gunakan produk sunscreen dengan minimal SPF30 agar kulit wajah tetap terlindungi dari efek buruk sinar UVA/B.

Sudah dinutrisi dengan baik, sayang banget kan kalau semuanya dirusak oleh paparan sinar UVA dan UVB?

Oiya, sedikit informasi tentang dosis penggunaan sunscreen ini. Menurut dr. Dude Manik Sp.KK, dosis penggunaan sunscreen adalah sebanyak 2 jari atau sekitar 1 sdt untuk dapat melindungi seluruh wajah, leher, dan telinga.


Urutan Pemakaian skincare malam yang benar

Seperti halnya pada skincare routine pagi hari, cara menggunakan skincare yang benar pada malam hari juga harus diperhatikan nih. Terutama skincare dengan bahan aktif biasanya digunakan untuk malam hari saat kulit istirahat. Jangan sampai keliru ya, agar skincare yang kita gunakan dapat menunjukan hasilnya secara optimal.

1. First Cleanser (makeup remover/cleansing lotion)

Penggunaan makeup dan aktivitas seharian, tentu banyak sisa makeup dan kotoran yang menempel. Sebelum membersihkan wajah dengan sabun wajah, sebaiknya gunakan makeup remover atau cleansing milk agar sisa-sisa makeup, sunscreen, dan kotoran dapat terangkat dengan maksimal.

Teknik double cleansing ini sangat dianjurkan untuk beauty bestie yang aktif di luar ruangan dan yang menggunakan makeup tebal. Bukan berarti yang nggak keluar rumah dan nggak ber-makeup tebal nggak perlu double cleansing, ya. 

2. Second Cleanser (face wash)

Agar proses pembersihan lebih maksimal, lanjutkan second cleansing dengan face wash. Pastikan untuk membilasnya hingga bersih ya bestie.

3. Toner                                                               

Setelah wajah sudah bersih, aplikasikan toner seperti saat pagi hari agar pH kulit kembali normal setelah dilakukan pembersihan. Ingat, penggunaan toner sangat penting agar skincare berikutnya dapat bekerja lebih maksimal .

4. Essence 

Seperti pada urutan pemakaian skincare pada pagi hari, malam hari pun juga sebaiknya menggunakan essence. Namun jika skincare routine pada malam hari temen-temen akan menggunakan night serum yang “berat”, penggunaan essence boleh di-skip dulu agar kulit tidak terlalu berat.

4. Night Serum

Untuk malam hari sebelum tidur, beauty bestie bisa menggunakan Active Rejuvenating Night Serum dari Elsheskin. Serum ini multifungsi banget, dapat meremajakan kulit dengan lembut di malam hari, mencerahkan, melembapkan, hingga memperkuat skin barrier. Terutama untuk bestie yang sudah berusia 30 tahun keatas.

Active Rejuvenating Night Serum dari Elsheskin ini mengandung 1% encapsulated retinol di mana retinol akan dilepaskan secara bertahap sehingga aman untuk pemula retinol. Serum retinol hanya boleh digunakan pada malam hari saja ya, sedangkan siang harinya wajib banget menggunakan sunscreen karena kulit akan mudah iritasi.

skincare untuk kulit kering kusam dan bruntusan

Review singkat Elsheskin Active Rejuvinating Night Serum

Dengan kandungan 1% encapsulated retinol, serum ARNS ini aman digunakan untuk pemula retinol. Tekstur kekentalannya cukup pas, tidak terlalu encer maupun terlalu pekat, mudah diratakan dan mudah sekali meresap.

Setelah satu minggu pemakaian dengan dosis 2 hari sekali, saya pribadi merasakan kulit saya lebih lembap dari sebelumnya. Apalagi sejak hamil hingga melahirkan anak ke3 saya agak teledor perkara skincare routine. 4 minggu pemakaian, milia di sekitar bawah mata juga mulai berkurang. Namun, memang kulit jadi mudah iritasi jika siang hari lupa tidak re-apply sunscreen. Solusinya, jangan sampai lupa sunscreen meski hanya di rumah saja. Karena konon, panas dari kompor juga bikin kulit terbakar seperti efek sinar matahari, lho.

kandungan skincare untuk kulit kombinasi

Kemasan serum berupa botol seperti kaca berwarna gelap, tujuannya agar kandungan serum di dalamnya tidak mudah rusak jika terpapar sinar matahari. Namun, sebaiknya simpan serum di sudut ruangan yang tidak akan terkena sinar matahari langsung. Hindari menyimpan serum di dekat jendela karena berpotensi terkena panas matahari yang dapat merusak ingredients di dalamnya.

5. Eye Cream

Untuk pemilik mata panda atau kerutan halus di seputar mata, sebaiknya jangan lupa menggunakan eye cream. Bagi yang berusia 30 tahun ke atas, penggunaan eye cream juga sangat dianjurkan untuk meminimalkan tanda-tanda penuaan sejak dini. Gunakan krim khusus mata karena kulit di sekitar mata memang lebih tipis.

Eye cream juga bisa digunakan saat siang hari, namun perhatikan produk apakah boleh digunakan kapan aja, atau hanya boleh digunakan untuk skincare rioutine malam saja. Karena beberapa kandungan aktf hanya boleh digunakan saat kulit tidak terkena sinar matahari sama sekali.

6. Moisturizer

urutan skincare untuk kulit kering

Semua tahapan skincare routine tetap harus dikunci dengan moisturizer, baik gel maupun cream. Sebaiknya pilih moisturizer khusus malam hari karena kandungannya akan lebih optimal dalam memperbaiki sel-sel kulit saat kulit beristirahat.


Segini dulu ya sharing tentang cara menggunakan skincare yang benar kali ini. Apapun merek skincare yang kita gunakan tidak akan maksimal hasilnya jika tidak sesuai dengan jenis kulit kita. Juga, berapa pun harga skincare yang kita gunakan, jika tidak rutin pemakaiannya maka hasilnya pun tidak bisa maksimal. Menurut penelitian, skincare dengan kandungan bahan aktif akan nampak hasilnya setelah penggunaan rutin selama 3 bulan.



안녕!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url