Main Game Online Memasak Bareng Anak untuk Tingkatkan Bonding

situs main game online pc

Main game online memasak bareng anak ternyata cukup menyenangkan. Selain menjadi waktu yang tepat untuk membangun dan meningkatkan bonding dengan anak, main game online yang ringan dan fun juga dapat mengurangi tingkat kepenatan kita, lho.

"Kenapa malah mengajari anak main game? Bukankah game dapat merusak mental anak?"

Eits, jangan salah! 

Tidak semua game itu merusak ya bunda. Pada dasarnya, yang membuat game menjadi “merusak” itu  cenderung karena kesalahan pada penggunanya sendiri. Game yang tidak sesuai umur, atau kurang bijak dalam menggunakannya, tentu akan memiliki dampak negatif ke depannya. Namun, game online yang tepat untuk anak, terlebih jika kita dapat memainkannya bersama mereka, ternyata dapat menjadi sarana untuk membangun bonding.


Game Online dan Anak-anak

Beberapa waktu lalu saya sempat memergoki anak ke-2 saya yang saat ini berumur hampir 5 tahun sedang memainkan sebuah game kartun yang menurut saya kurang tepat untuknya. Saya agak kaget karena ternyata, dalam game tersebut terdapat adegan perkelahian. Dimana menurut saya kurang cocok dengan umurnya, terlebih dia anak perempuan. Nggak mau dong, anak-anak kita nantinya terlibat perkelahian atau bullying dan semacamnya. Amit-amit dah ah.

Awalnya saya tidak ngeh karena melihat cover-nya sepertinya biasa saja. Saya pikir, itu hanya sejenis game dress-up, karena logonya berupa kartun gadis cantik. Dan kebetulan sebelumnya anak saya ini juga suka memainkan game makeup atau game memasak yang relevan dengan umurnya. Rupa-rupanya, dia memainkan game tersebut karena penasaran dengan game yang dimainkan oleh salah satu vlogger anak-anak idolanya.

Bukan semata-mata salah game-nya sih, bukan juga salah vlogger idolanya. Justru saya sebagai orang-tua yang memang kurang aware dan membiarkan anak bermain game tanpa pantauan. Itu sebabnya, kini saya berusaha sebisa mungkin untuk beneran memonitor permainan game online yang dia mainkan.

game online
Game Online Memasak untuk Anak-anak

Game memasak termasuk salah satu game yang ringan dan menyenangkan, meskipun beberapa game memasak ini ada juga yang cukup menegangkan pada level-level yang lebih tinggi. Seperti dinner-dash misalnya. Untuk kita yang sudah dewasa, memainkan game ini akan menyenangkan dan cenderung mudah untuk kita. Namun untuk level anak-anak, tentu ini merupakan game berat.

Beberapa waktu lalu kebetulan saya menemukan sebuah game memasak di salah satu situs main game online PC yang cocok untuk anak-anak pre-school. Judulnya Barbie you can be a chef – cooking game for kids. Anak saya terlihat cukup antusias saat bermain, ditambah lagi, ada panduan jelas untuk memainkannya. Jadi dia bisa memainkannya sendiri, namun tetap saya dampingi ya. 

Sebagai bonusnya, dia mengajak saya untuk masak bareng di dapur beneran. Kebetulan salah satu menu yang dimasak di game tersebut adalah pizza, dia ingin membuat pizza yang beneran bisa dimakan. wkwk, PR baru buat Emak.

game online memasak
terdapat panduan yang mudah dimengerti anak-anak

Serunya lagi, di situs game online plays.org ini menyediakan banyak sekali pilihan permainan. Fun game, kids game, hingga education game seperti menggambar dan mewarnai juga tersedia. Semua kategori game yang tersedia di situs ini bisa kita pilih di bagian bawah website, atau bisa kita cari di kolom search dengan memasukkan keyword.

Namun jika bingung memilih, di bagian halaman depan sudah tersedia berbagai game pilihan dengan rating tertinggi dan sudah terbagi berdasarkan kategori seperti favorit, klasik, komik, dan sebagainya. Untuk pilihan game yang baru dirilis, kita bisa klik pilihan "new games" di bar bagian atas website atau di plays.org/games.

Buat para bapak-bapak, bisa main game poker atau game war yang biasanya lebih menantang. Kalau saya, sukanya game yang ringan-ringan saja. Saya pribadi memang bukan gamer addict, tapi disaat-saat tertentu saya cukup sering memainkan game-game yang membuat saya bisa rileks. Emak juga butuh hiburan, bukan? Selain nonton K-drama, tentunya bermain game online menjadi salah satu pilihan.

Setelah anak saya puas bermain game memasak, emaknya nggak mau kalah dong. Nyari game juga. Dari dulu saya paling suka game hidden object. Awalnya karena nggak sengaja main di laptop milik adik saya yang saat itu hanya game free trial, hanya bisa main selama 1 jam saja. Tapi justru karena penasaran itu, saya malah jadi kecanduan game jenis ini. LOL.

game online pc gratis
game hidden object - Scooby-doo the mysterious mansion

Di situs plays.org ini kebetulan juga ada game hidden object, dari beberapa yang ada, saya paling suka yang judulnya Scooby-doo the mysterious mansion. Tahu dong ya tokoh scooby-doo ini? Dulu jaman kecil saya serial detektif misteri ini sering tayang di jam sore di salah satu tv swasta nasional. Kalau kalian tahu, mungkin kita seumuran. wkwk.

Sesibuk apa pun, jangan lupa membangun bonding dengan si buah hati ya Bunda! Salah satunya dengan main game online memasak bareng anak.


안녕!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url