Resep Buttercream Enak dan Tidak Waxy di Lidah

 resep buttercream sederhana dan enak

Sebelumnya sudah pernah aku bahas tentang perbedaan icing, glazing, dan macam-macam buttercream. Kali ini aku mau sharing resep buttercream simple yang enak dan tidak ngendal (waxy), dan yang sering aku pakai. 
Dari resep buttercream ini, nantinya bisa diolah lagi untuk berbagai macam resep lainnya. Seperti simple cheese frosting, lidah kucing, dan lain-lain. Resep-resep lainnya nanti aku post secara terpisah ya. So, stay tune di blog tehsera! hihi...

Okai, langsung saja yuk cek resep buttercream simple ini.


Resep Simple Buttercream 

*Resep diadaptasi dari mba Iien Soegie Cookpad


Bahan

250 g mentega putih / vegetable shortening. Biasanya merek Crisco/Blueband

200 g unsalted butter suhu ruang (boleh di-mix dengan margarin)

150 g gula tepung / icing sugar

2 sdm soft cream (optional)

Secukupnya Vanilla extract (optional)


Baca juga:


bahan yang digunakan untuk membuat buttercream


Cara Membuat

  1. Kocok mentega putih hingga benar-benar mengembang dan fluffy. Ini adalah proses yang paling penting untuk menghasilkan cream yang tidak ngendal/waxy.
  2. Tambahkan bahan lainnya, kocok lagi hingga buttercream benar-benar fluffy dan semua bahan tercampur rata. 
  3. Siap dicampur dengan pasta, perisa, atau pewarna sesuai yang dibutuhkan.


Tips:

* Gunakan mentega putih yang berkualitas bagus dan tidak waxy di lidah. Pada proses pengocokannya juga harus benar-benar fluffy untuk menghasilkan cream yang ringan dan tidak ngendal. Ini poin pentingnya.

* Butter/Unsalted Butter boleh diganti atau di-mix sebagian dengan Margarin, namun tentu saja rasanya tidak lagi full-buttery ya, dan tentu saja akan terasa sedikit agak asin khas margarin. 

* Soft cream berfungsi untuk mengencerkan tekstur buttercream agar lebih soft. Gunakan sesuai dengan kebutuhan saja. Jika butuh buttercream yang benar-benar pekat, penggunaan soft cream bisa di-skip.

* Jika buttercream hanya akan digunakan untuk filling atau frosting (bukan decorating), takaran soft cream bisa ditambahkan atau gula tepung diganti dengan gula cair. Hal ini akan membuat buttercream lebih mudah diaplikasikan.

* Jika ingin menggunakan susu kental manis (SKM), sebaiknya hanya untuk takaran yang sekali pakai. Atau dicampur hanya untuk porsi yang dibutuhkan saja. Karena penambahan SKM membuat cream lebih cepat tengik, terutama pada suhu ruang.

* Butter cream dasar ini bisa disimpan dalam jangka waktu yang relatif lama. Simpan dalam wadah kedap udara yang kering dan bersih. Masukkan kulkas untuk daya simpan yang lebih lama. Biarkan suhu ruang jika ingin menggunakan kembali. Kocok sebentar jika diperlukan. Akan tetapi untuk decorating, sebaiknya gunakan buttercream yang fresh.


Oke temans, sekian dulu resep buttercream simple kali ini. Semoga bermanfaat ya!

Happy baking (^。^) dan jangan lupa bahagia...


안녕!

sera wicaksono

Posting Komentar

0 Komentar