Pilihan Kuliner Halal di Bali - Ayam Betutu Ibu Nia

rekomendasi kuliner halal di bali

Ngomongin kuliner halal di Bali, ayam betutu kerap menjadi kegalauan tersendiri perkara status kehalalannya oleh beberapa kalangan wisatawan muslim yang sedang berkunjung. Tentu saja, alih-alih menjadi santapan yang wajib dicoba, bahan utama ayam betutu yang merupakan protein hewani ini tentu menjadi kekhawatiran tentang halalnya sebuah hidangan.

Sekali lagi, aku nggak bilang ayam betutu itu haram, ya. Mohon jangan disalah-artikan.

Tapi jangan khawatir, buat temen-temen muslim yang sedang berkunjung ke Bali dan ingin mencicipi citarasa ayam betutu yang otentik namun terjamin kehalalannya, aku punya rekomendasi warung betutu yang muslim friendly dan bersertifikat halal. Selain pilihan ayam betutu, kuliner halal di bali lainnya adalah ikan bakar yang tentu saja tak kalah lezatosnya.


Baca juga: 15 Kuliner Halal Murah Enak di Denpasar



Review Ayam Betutu Ibu Nia Denpasar

Beberapa waktu lalu aku sempet mampir ke salah satu warung ayam betutu di bilangan Denpasar bernama Warung Betutu Ibu Nia. Bukan hanya bertuliskan halal di papan warungnya saja, namun ternyata sudah memiliki sertifikat halal secara resmi juga nih, temans.

Berlokasi di dekat pusat pemerintahan kota Denpasar, warung betutu Ibu Nia ini menyajikan menu ayam betutu khas Gilimanuk yang juru masaknya nggak tanggung-tanggung, diboyong dari salah satu mantan juru masak warung betutu terkenal di Gilimanuk.

ayam betutu halal di bali


Kenapa Harus Ayam Betutu khas Gilimanuk?


Kuliner khas Bali memang selalu identik dengan betutu Gilimanuk. Pasti ada yang penasaran nih, apa sih keistimewaan betutu gilimanuk? Bedanya sama ayam betutu pada umumnya apa?

Konon sejarahnya, asal muasal betutu pertama kali dibuat di daerah Gianyar. Kemudian kuliner ini menjadi populer hingga ke seluruh penjuru Bali. Namun pada perkembangannya, ayam betutu Gilimanuk-lah yang paling populer.

Menurut sebuah artikel sejarah, betutu Gilimanuk ini dulunya hanya dibuat saat ada upacara adat atau keagamaan saja. Dimana ayam dimasak utuh (ingkung) dengan teknik pengolahan yang cukup rumit, yakni ayam dibungkus daun pinang kemudian dipanggang di dalam bara sekam selama hampir sepuluh jam.

Yah, keburu lapar marimar!

Namun seiring perkembangan jaman dan meningkatnya peminat betutu, kini memasak betutu dengan cara demikian sudah banyak ditinggalkan mengingat efisiensi waktu dan tenaga. Padahal aslinya, aku masih penasaran dengan betutu yang dimasak dengan cara demikian itu lho. hihi.

Sebagai gantinya, ayam betutu khas Gilimanuk ini dimasak dengan teknik ungkep menggunakan tungku kayu bakar. Hal ini diyakini dapat menciptakan citarasa yang lebih nikmat dibandingkan dengan menggunakan kompor gas.

Hmm, ngebayangin masak betutu dengan kayu bakar kok uwuw banget ya. hehe. Asapnya itu lho beb, nyembur-nyembur ke muka.

Tapi tenang, nggak usah khawatir! 
Kita tetap bisa menikmati ayam betutu dengan citarasa khas Gilimanuk yang diolah secara higienis dan terjaga ke-halal-annya, namun tetap mengedepankan resep ayam betutu yang khas menggunakan tungku kayu bakar ini di warung Ayam Betutu Ibu Nia Denpasar.

Penasaran gimana rasanya?


Pilihan Menu di Warung Betutu Ibu Nia Denpasar

Pilihan menu di betutu Ibu Nia ini tak jauh berbeda dengan menu-menu di warung betutu pada umumnya, yaitu paket betutu beserta pelengkapnya seperti plecing kangkung, kacang goreng, dan aneka sambal khas Bali. Dan yang pasti menggunakan resep ayam betutu gilimanuk yang otentik.

Menu Ayam Betutu Original

Buat yang belum pernah nyicipin ayam betutu sama sekali, kalian wajib pilih menu ini. Selain biar nggak penasaran lagi dengan ayam betutu, betutu original ini tetap jadi andalan. Ayamnya empuk sampai ke tulang dengan bumbu yang berlimpah. Aku pribadi lebih suka yang original begini.

Betutu original ini tersedia dalam pilihan 1 ekor ayam utuh (tanpa nasi) dan 1 porsi yang sudah lengkap dengan plecing serta nasi. Untuk pilihan 1 porsi ayam betutu original, menurutku ukurannya cukup besar. Jadi bisa lah dinikmati untuk berdua, tinggal nambah sepiring nasi putih. *tips hemat ala emak irit.

daftar tempat makan di bali


Menu Ayam Betutu Goreng

Nah, buat yang bosan dengan betutu original, atau yang kurang suka dengan olahan ayam basah, temen-temen bisa pilih betutu goreng nih. Gurih bumbu betutunya meresap dengan daging ayam yang kesat sampai dalam.
Paksu yang memang kurang suka rasa pedas cocok banget sama betutu goreng ini nih, karena rasa pedasnya menjadi berkurang setelah proses penggorengan.

Pilihan betutu goreng ini juga tersedia dalam ukuran 1 ekor utuh dan 1 porsi lengkap dengan nasi.


Menu Nasi Campur Bali

Selain paket komplit dan utuh, ada juga pilihan nasi campur khas bali. Nasi campur ini berisi nasi dengan suwiran betutu, telur pindang, sayur urap, kacang goreng, sambal mbe, sate lilit, dan kerupuk. Sayangnya aku belum nyobain menu yang ini. Next ya, insyaaAllah. 


Menu Lain

Menu lain yang juga tersedia adalah nasi bakar isi betutu dan juga nasi kotak, namun untuk pilihan menu ini harus by order ya. Jadi buat temen-temen yang mungkin ingin mengadakan acara, atau menjamu tamu dengan menu ayam betutu yang terjaga kehalal-annya, bisa pesan disini.


Pilihan Sambal khas Bali

Nah ini yang paling istimewa. Di Betutu Ibu Nia ini, tersedia 3 macam sambal khas Bali yang bisa FREE top-up. Bebas nambah tanpa masuk di tagihan billing. Pas banget ini buat pecinta pedes. 
3 macam sambal tersebut adalah sambal matah, sambal mbe, dan sambal terasi.

Dari 3 varian sambal tersebut, aku paling suka sambal matahnya. Padahal aku pecinta sambal mbe aslinya. Sambal mbe-nya juga suka sih, rasanya pas, hanya saja karena aku pecinta sambal mbe yang agak basah jadi menurutku sedikit kurang nyes aja dengan sambal mbe kering.


Daftar Harga

1 porsi ayam betutu original/goreng: 37k
1 porsi betutu ayam kampung: 42k
1 ekor utuh ayam betutu original/goreng: 115k
1 ekor utuh betutu ayam kampung: 135k
1 porsi nasi campur betutu: 25k
1 porsi nasi putih: 9k
Nasi bakar: 18k (made by order)

*harga bisa berubah sewaktu-waktu

ayam betutu halal di bali

Lokasi

Warung dengan suasana cozy ini cukup luas dengan banyak meja kursi yang tersedia. Cocok untuk rombongan atau yang ingin mengadakan acara kumpul-kumpul. Sedangkan untuk lokasi, warung ayam betutu Ibu Nia ini memiliki 2 outlet yang kesemuanya berada di Denpasar.

  • Outlet 1 (utama):
Jl. Merdeka No. 1 Renon, Denpasar - Bali (berada pas di pertigaan jl. cok agung tresna dan jl. merdeka)

  • Outlet 2:
Jl. Pendidikan No. 86 Denpasar - Bali


Buat yang pengen intip-intip dulu, cek Instagram Ayam Betutu Ibu Nia di @ayambetutuibunia


Oke, sekian dulu rekomendasi dan review kuliner halal di Bali kali ini, semoga bermanfaat buat temen-teman yang lagi mampir ke Bali dan ingin mencicipi ayam betutu yang muslim friendly




안녕!
Next Post Previous Post
4 Comments
  • Tira Soekardi
    Tira Soekardi 24 Juli, 2020

    aduh aku suka banget ayam betutu

  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen 24 Juli, 2020

    Duuuh ayam betutu itu emang paling enaaaak mbaaa. Pas msh kerja, tiap outing kan kantorku selaku ke Bali. Nah kebetulan ada 1 temen yg EMG asalnya dari Bali. Tantenya dia jualan ayam betutu juga. Tp aku ga tau itu betutu khas mana :D. Krn memang aku tau cara pembuatan betutu itu beda2.

    Yg punya Tante temenku itu agak basah tp ga encer. Bumbu nya melimpaaaah, dan wangi bangettt, ya Allah sampe ngiler LG inget ini hahahaha. Yg pasti ayamnya habispun, nasi putih Ama bumbunya itu aja udh enak banget :D.

    Kapan2 kalo ke Bali LG, aku jd pgn nyicipin yg ibu Nia ini juga. Pgn tau rasa betutu yg beda lagi :)

  • Diah Alsa
    Diah Alsa 05 Juli, 2021

    Kalau berkunjung ke satu daerah, rasanya emang kurang afdol ya kalau gak bisa mencicipi makanan khasnya, apalagi jika sudah ada rekomendasi Halal dan lengkap seperti ini.
    Hmm, noted nih, kali ada rejeki bisa ke Bali juga nantinya.

  • Yhanthy
    Yhanthy 08 Juli, 2021

    Jadi kangen ayam betutu bali lagi, plus pemandangannya

Add Comment
comment url