Contoh Buku Kas Harian untuk Usaha Jualan Kue Seribuan

contoh buku kas harian toko
Contoh Buku Kas Harian – Mencatat keuangan secara harian acap kali kita sepelekan, terlebih jika hanya untuk mencatat keuangan yang relatif tidak banyak. Padahal, sejatinya pencatatan keuangan sekecil apa pun itu perlu. Fungsinya tentu saja sebagai tracking alur pemasukan dan pengeluaran kita. Sehingga, kita bisa mengelola keuangan lebih bijaksana lagi. Seperti monitoring belanja hanya yang penting dan dibutuhkan saja. Jangan seperti saya yang suka kalap, ehhe~

Ngomongin soal catatan keuangan harian, buat emak-emak pemalas seperti kita (((kita))), sekarang banyak lho aplikasi pencatat keuangan secara digital yang bisa kita operasikan menggunakan smartphone pribadi. Misalnya aplikasi Senyumku: Bank Digital & Aplikasi Catatan Keuangan yang bisa temen-temen unduh di Google Play Store secara gratis.

Senyumku adalah sebuah aplikasi finance yang revolusioner untuk membantu kita melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan dengan lebih efisien dan simpel. Semua dilakukan dari ponsel pribadi yang bisa dengan mudah kita akses kapan pun dan di mana pun.

Senyumku adalah salah satu produk digital besutan PT Bank Amar Indonesia yang juga dimiliki oleh perusahaan multinasional TOLARAM, dan sudah terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perihal otentikasi keamanan rekening juga sudah dilengkapi dengan password dan PIN.

contoh buku kas harian sekolah

Dengan aplikasi Senyumku, kita bisa dengan mudah membuka rekening secara online dalam hitungan menit. Cocok banget buat yang mager karena tidak perlu mendatangi kantor kas bank. Transfer gratis secara online antar bank tanpa dikenakan biaya apa pun. Serta dapat mencatat alur keuangan harian secara terperinci dari jenis dan kategori transaksi dengan laporan yang sederhana sehingga mudah dipahami.


Contoh Buku Kas Harian Sederhana untuk Jualan Kue

Beberapa waktu lalu anak saya yang sulung mengutarakan ingin jualan kue dan dititipkan di warung kelontong depan rumah. Sebagai emak, tentu saja saya mendukung saja rencana jualannya itu, toh sekalian dia belajar berbisnis meskipun skalanya masih sangat mini. 

Singkat cerita, jualan hari pertamanya berjalan dengan mulus. Semua kue yang dia titipkan ludes sebelum siang. Alhamdulillah. Sorenya, dia pun kembali berbelanja bahan yang dibutuhkan lagi, seperti telur, karena memang kemarinnya hanya membeli secukupnya.

Alih-alih mengenalkan cerdas finansial sejak dini, kemudian saya pun berinisiatif untuk mengajarkannya bagaimana mencatat keuangan dari hasil jualan kuenya itu agar bisa termonitor berapa untung dan ruginya. Tentu saja bukan pencatatan keuangan atau pembukuan yang bikin kepala pusing itu, ya. Hanya catatan keuangan harian dari hasil penjualan dan belanja bahan serta kebutuhan packing saja.

Contoh Buku Kas (Cash Flow)

Buku kas jurnal adalah pembukuan sederhana yang umum digunakan untuk setiap kegiatan pencatatan alur keuangan (cash flow). Secara sederhana, buku kas jurnal ini terdiri dari kolom tanggal transaksi, kolom keterangan untuk deskripsi sederhana, kolom debit, kolom kredit, dan saldo. 

Pencatatan yang cukup simple ini memudahkan kita untuk memonitor cash flow hanya dalam sekali baca saja. Cukup simple bukan? Tentu saja sistem pencatatan ini hanya berlaku untuk usaha kecil saja karena alur keuangannya yang belum banyak.

Sebagai tambahan, contoh buku kas harian jurnal di bawah ini bisa menggunakan excel maupun secara manual, ya. Di buku berjenis apa pun boleh kok, asal jangan buku diary ya, entar bisa-bisa malah mencatat curhat uang belanja kurang. Ahhay ~

contoh buku kas umum bendahara
ilustrasi

Gimana, cukup simpel dan mudah bukan? Saya rasa contoh buku kas harian di atas cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh semua kalangan bahkan yang tidak pernah mempelajari sistem pembukuan sekalipun. Buat ibu-ibu pejuang ekonomi keluarga yang sedang antusias dengan jualan kue/jajanan, yuk mulai sekarang dicatat biar seneng kalau tahu ternyata keuntungan penjualannya sudah bejibun. Hehe. Eittt tapi jangan lupa menabung ya buibu! Buat beli gincu, #ehhh.



안녕!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url