Transfer Uang ke Luar Negeri Paling Murah dan Aman

aplikasi transfer uang tanpa rekening

Transfer Uang ke Luar Negeri Paling Murah – Urusan transfer mentransfer uang kini makin mudah saja. Tak hanya kemudahan dan kecepatan (real-time), perkara biaya transfer juga memberi kita banyak pilihan mulai dari biaya ringan hingga gratis.

Begitu juga dengan transfer uang ke luar negeri, kini menjadi mudah. Hal ini tentu saja menguntungkan bagi pelaku UMKM seperti usaha jasa titip belanja barang-barang impor yang  tentunya kerap memiliki kegiatan pengiriman uang ke luar negeri. Tak hanya pelaku usaha mikro, bahkan individu yang ingin belanja secara online ke luar negeri pun kini bisa mudah dilakukan.

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri

Kirim uang ke luar negeri bisa dilakukan dengan 4 cara, yaitu:

1. Western Union

Western Union merupakan International Money Transfer yang menyediakan layanan transfer uang khusus untuk lintas negara atau internasional tanpa memerlukan rekening bank. Saat mengirim atau mentransfer uang, biasanya kita hanya akan diminta untuk mengisi formulir dan melampirkan dokumen identitas resmi saja. Kalau jaman dulu semacam wesel gitu kayaknya.

Selain mudah, layanan Western Union juga aman, terpercaya, serta memiliki jaringan yang luas. Namun biaya transfer yang dikenakan adalah biaya berjenjang. Artinya, semakin besar nominal uang yang kita kirimkan, maka akan semakin besar pula biaya transfernya. 

cara transfer uang ke luar negeri

2. PayPal

PayPal merupakan rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer internasional dan juga pembayaran secara online. Berbeda dengan Western Union, PayPal hadir lebih digital dan modern karena kita tak perlu mengisi formulir secara manual lagi.

Untuk bisa menggunakan layanan transfer menggunakan PayPal, kita perlu membuat akun yang juga bisa kita kaitkan dengan rekening bank konvensional milik kita. Sehingga, baik mengirim maupun menerima uang bisa langsung terhubung dengan rekening bank konvensional.

Perihal biaya transfer, Paypal memang tidak menerapkan adanya biaya alias gratis untuk transaksi personal. Akan tetapi, kurs yang digunakan biasanya lebih mahal ketimbang kurs yang digunakan bank atau jasa transfer pada umumnya.

3. Bank to Bank

Transfer ke luar negeri melalui bank ini terbilang cukup konvensional. Caranya mirip dengan Western Union di mana kita diharuskan mengisi formulir pengiriman uang, namun pihak penerima wajib memiliki rekening bank

Cara transfer uang ke luar negeri melalui bank ini bisa dilakukan dengan mendatangi kantor bank secara offline untuk melakukan remittance di bagian teller. Namun kabarnya, beberapa bank saat ini sudah menyediakan layanan International Remittance maupun transfer valas melalui internet dan mobile banking.

Untuk biayanya, setiap bank memiliki kebijakan masing-masing. Namun secara umum biaya transfer yang harus kita bayar adalah terdiri dari biaya TT swift (sekitar 35 ribuan), biaya provisi (5-50 US dolar), biaya koresponden atau biaya telex yang mana setiap bank memiliki tarif berbeda.

Untuk transfer melalui bank, biasanya kita akan diminta Kode Swift bank tujuan. Kode swift merupakan kode  identitas bank yang terdiri dari beberapa huruf maupun kombinasi angka yang ditulis secara kapital. Menurut artikel yang saya baca di blog.flip.id, kode ini biasanya terdiri dari 8 hingga 11 digit yang merupakan gabungan dari nama bank, kode negara, dan kode kota lokasi bank. Pastikan kode swift ini jangan sampai keliru ya, gaes.

4. Jasa Pengiriman Uang

Dan yang terakhir adalah melalui aplikasi jasa pengiriman uang. Saat ini aplikasi jasa transfer uang sedang menjadi trend, salah satunya adalah Flip. Aplikasi Flip menyediakan layanan transfer ke luar negeri yaitu Flip Globe.


Aplikasi Transfer Uang ke Luar Negeri Flip

Flip Globe merupakan layanan transfer uang ke luar negeri paling murah yang ditawarkan oleh jasa pengiriman uang Flip. Skema tarif yang diberlakukan adalah tarif flat yang terbagi menjadi 3 pilihan kelompok negara yaitu, 45k, 50k, dan 65k.

aplikasi transfer uang lewat hp


Saat ini Flip dapat melayani pengiriman uang ke 12 negara tujuan yaitu: Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Jepang, India, Thailand, China, Filipina, Australia, Hong Kong, United Kingdom, dan Turki. Selain proses pengiriman yang terbilang cepat dan mudah, remittance melalui layanan Flip Globe ini tentunya aman karena Flip sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68.



안녕!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url