7+ Rahasia Awet Muda Alami yang Mudah Dilakukan

rahasia awet muda alami

Bestie, annyeong...! Tips rahasia awet muda alami tentu sangat beragam, mulai dari yang sulit dilakukan atau membutuhkan biaya mahal hingga yang mudah dilakukan dengan biaya yang relatif lebih terjangkau. Meski awet muda sangat identik dengan kecantikan, namun jangan salah, untuk menjaga agar kita bisa tetap tampil muda lebih lama luar dalam tentu harus ada keseimbangan antara perawatan dari luar maupun perawatan dari dalam.

Kita semua sepakat, bahwa menua itu tak dapat kita hindari. Penuaan merupakan proses alamiah kita sebagai manusia dan makhluk hidup. Dalam proses ini, tentu saja akan muncul banyak perubahan fisik maupun non-fisik. Perubahan fisik umumnya ditandai dengan munculnya kerutan dan bintik hitam pada kulit wajah, pengenduran elastisitas di beberapa bagian kulit tubuh, perubahan kualitas rambut seperti rambut rontok maupun ubanan, dan sebagainya.

Perubahan fisik di luar aspek kecantikan meliputi mudah lelah, penurunan fungsi penglihatan dan pendengaran, sering mengalami masalah persendian, hingga gangguan saraf seperti kesemutan yang kerap diakibatkan karena kurang tercukupinya kebutuhan vitamin B complex .

Perubahan tersebut tentu saja tidak bisa dipungkiri dapat menurunkan rasa percaya diri kita. Berbagai hal akan kita lakukan untuk meminimalkan perubahan secara drastis. Bahkan bagi sebagian orang atau kalangan tertentu memilih memodifikasi atau penundaan penuaan dengan prosedur medis yang tentunya membutuhkan biaya yang cukup fantastis. Namun jangan khawatir, berikut beberapa tips rahasia awet muda secara alami yang mudah dilakukan.

7+ Rahasia Awet Muda Alami yang Mudah Dilakukan

Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, menerapkan pola hidup sehat juga merupakan rahasia awet muda alami yang bisa kita lakukan, berikut di antaranya:

1. Konsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang

Kita tahu bahwa asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat berdampak pada kondisi tubuh secara menyeluruh. Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang akan membuat sistem organ tubuh bekerja lebih baik sehingga dapat mengurangi risiko gangguan kesehatan. Perlu diketahui juga bahwa sehat merupakan syarat mutlak untuk tampil muda, bukan?

Konsumsi sayuran berwarna, buah-buahan kaya serat dan vitamin C, serta protein rendah lemak disinyalir sangat baik untuk detoksifikasi tubuh. Batasi asupan tinggi gula dan karbohidrat sederhana karena dapat mempercepat penuaan pada kulit.

13 kebiasaan yang membuat awet muda

2. Cukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih

Mencukupi kebutuhan cairan sangat penting bagi tubuh. Normalnya, tubuh membutuhkan air putih setidaknya 1,5 hingga 3 liter setiap harinya. Selain mencegah dehidrasi tubuh, minum air putih sesuai kebutuhan tubuh juga dapat menghidrasi kulit dengan baik sehingga kulit tidak mudah kering dan tampak kencang.

3. Lakukan aktivitas fisik dan olahraga secara rutin

Tubuh yang bugar dan tampak awet muda juga dapat kita dapatkan dengan berolahraga secara teratur. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 45 menit setiap hari yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu memperbaiki sistem imunitas tubuh sehingga tubuh lebih bugar dan membuat kita lebih bersemangat untuk beraktivitas layaknya anak muda.

4. Cukup istirahat

Tidur dibutuhkan tubuh untuk me-recharge tenaga dan mengistirahatkan kerja sistem organ agar tetap berfungsi dengan baik. Tidur yang cukup dan berkualitas serta di waktu yang tepat dapat mengoptimalkan regenerasi sel-sel tubuh. Sering begadang atau kurang tidur serta memiliki kualitas tidur yang buruk dapat mengakibatkan penuaan dini seperti terbentuknya kantung mata misalnya, kurang tidur juga mengakibatkan sel-sel tubuh sulit meregenerasi dengan optimal. Pastikan bestie tidur minimal 7 jam, ya.

5. Hentikan kebiasaan merokok dan hindari asap rokok

Merokok dituding sebagai pemicu berbagai penyakit dalam, tak hanya itu, asap rokok juga tidak baik untuk kulit, lho. Kebiasaan merokok dapat memicu munculnya kerutan dan garis penuaan di sekitar mulut dan mata. Kandungan nikotin pada rokok yang terisap juga dapat meninggalkan noda dan warna kusam pada gigi. Nggak lucu dong kulitnya glowing tapi giginya kusam bahkan menghitam, ehh.

6. Hindari stress berlebihan

Psikolog Wiene Dewi dari Himpunan Psikologi Indonesia (HimPsi) menuturkan bahwa, perasaan cemas dan panik dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga rentan terhadap penyakit. Menurut beliau, saat kita marah, cemas, sedih, dan tertekan, maka otak kita akan mengeluarkan hormon noradrenalin. Yaitu hormon toxic yang dapat melemahkan fisik kita sehingga mudah sakit, cepat tua, hingga dapat menyebabkan kematian syaraf. Saat mengalami stres, tubuh juga akan memproduksi hormon cortisol yang dapat menyebabkan kerusakan sel tubuh dan meningkatkan risiko munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Luangkan waktu untuk me-time dan melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti traveling, nonton drakor, cek-out belanjaan di marketplace #ehh, maupun kegiatan yang menjadi hobi lainnya.

7. Gunakan produk skincare yang tepat

Untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit, tentu saja kita membutuhkan perawatan menggunakan produk skincare secara teratur dan tepat. Semakin bertambah umur kita, maka semakin bertambah pula kandungan bahan aktif dalam skincare yang harus bekerja pada kulit kita.

Selain memilih produk skincare yang tepat sesuai kebutuhan dan jenis kulit kita, juga harus memperhatikan urutan pemakaian skincare dan cara menggunakan yang tepat agar produk dapat bekerja secara optimal. Skincare dengan kandungan retinol cukup menjadi perhatian akhir-akhir ini karena daya kerjanya yang efektif dalam memperbaiki kerutan hingga flek.

penyebab awet muda

8. Lindungi kulit dan mata dari paparan sinar UV

Paparan sinar matahari UV-A maupun UV-B sangat berpengaruh negatif terhadap kesehatan kulit maupun mata. Dampak buruk sinar matahari ini dapat menyebabkan flek atau bintik hitam pada kulit, kerusakan kolagen, hingga memicu terbentuknya sel kanker kulit.

Penggunaan skincare terbaik pun jika tanpa adanya proteksi dari dampak buruk sinar UV maka tidak akan berfungsi. Untuk itu, kita perlu mencegah dampak buruk tersebut dengan menggunakan sun-screen atau sun-block yang mengandung SPF dan PA++.

Gunakan sun screen dengan kandungan minimal SPF 30 dan PA+++ untuk bestie yang lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan, sedangkan untuk bestie yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan lebih baik gunakan sunscreen dengan SPF 50 PA++++ dan jangan lupa untuk reapply 1-3 jam sekali.

Oiya saat matahari sedang terik, sebaiknya gunakan juga sun-glasses dengan minimal anti UV-400 untuk melindungi mata dari pengaruh buruk sinar matahari. Pilihlah kacamata dengan bulatan lensa lebar agar menutupi area sekitar mata secara efektif.

Menua itu pasti, tampil muda lebih lama itu pilihan.


Sekian dulu ya sharing kali ini, semoga rahasia awet muda alami ini dapat bermanfaat. Keep health dan stay beauty 오래오래 (oraeorae).



안녕!


*Sumber referensi: alodokter.com

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url