Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier: SKINTIFIC 5X Ceramide

skincare untuk memperbaiki skin barrier

Beauty bestie, annyeong! Lagi musim angin kering gini, apa kabar nih kulitnya bestie? Suka pada kering juga nggak? Konon, itu salah satu tanda skin barrier kita lagi nggak sehat, loh. Nah, kali ini saya mau sharing review skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak atau lagi nggak sehat. Apa tuh???

Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier

Ettt… tapi, sebelum bahas skincare yang dapat memperbaiki skin barrier kita, beberapa beauty bestie pasti ada yang bertanya-tanya nih, apa sih skin barrier itu?

Yes, dari artikel yang saya baca dari salah satu portal kesehatan, Skin barrier atau yang dalam pelajaran biologi disebut stratum corneum adalah lapisan terluar kulit kita yaitu di atas lapisan epidermis. Skin barrier ini merupakan jaringan yang terbentuk dari kolesterol, asam lemak, dan ceramide. Skin barrier sebagai garda terdepan kulit memiliki tugas untuk memproteksi kulit serta tubuh. That’s why, kita perlu banget menjaga skin barrier kita agar lapisan kulit tetap sehat. Kalau glowing, itu bonus.

Apa sih penyebab rusaknya skin barrier ini?

Penyebab terkikis atau rusaknya skin barrier ini dari banyak faktor ya bestie, antara lain paparan sinar matahari yang berlebihan terlebih saat kulit tidak menggunakan anti UV atau sun protector. Bertambahnya usia yang mengakibatkan berkurangnya produksi ceramide secara alami juga berpotensi membuat jaringan stratum corneum ini tidak optimal. Polusi udara, cuaca panas dan kering atau cuaca yang sering berubah-ubah, hingga penggunaan skincare secara berlebihan juga turut menjadi pemicu rusaknya skin barrier.

Hmmm, jangan sampai ya, niatnya menjaga kecantikan kulit malah justru ngerusak kulit.

Loh kok bisa? Bisa dong, penggunaan skincare dengan bahan aktif berat secara bersamaan, templok sana templok sini, akan membuat lapisan kulit justru terbebani. Cirinya, biasanya kulit jadi lebih sensitif dan mudah iritasi. Kalau sudah begini, coba deh istirahatin dulu kulit dari segala bahan aktif dan hanya gunakan basic skincare saja hingga skin barrier kita pulih.

Basic skincare ini terdiri dari face wash, toner, dan moisturizer, serta jangan lupa selalu gunakan sun protector anti UV dengan kandungan SPF30 (minimal) pada siang hari. Kebetulan banget nih, saya baru nyobain moisturizer yang katanya dapat memperbaiki skin barrier kita karena mengandung 5X ceramide. Sebagus apa sih?

review skintific 5x ceramide

Review SKINTIFIC 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel

Sebulan terakhir ini di tempat saya lagi angin kering, tengah tahun sih emang biasa begitu. Efeknya, kulit jadi terasa lebih kering. Tapi pas nyobain SKINTIFIC 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel yang klaimnya bisa repair your skin barrier itu, langsung cinta banget. Serius sih ini.

Baru 3 hari pemakaian saja efeknya sudah berasa banget di saya. Kulit jauh lebih kenyal dan lebih lembut dari sebelumnya yang cenderung terasa lebih mudah kering karena cuaca lagi nggak mau sohipan.

SKINTIFIC 5X Ceramide diformulasi oleh Scientific Research and Technology Canada dengan menggunakan teknologi paten Triangle Trilogy Effect (TTE). SKINTIFIC mengklaim sudah mengantongi sertifikat GMPC (Good Manufacturing Practice Certificate) dari badan pengawas obat dan makanan (FDA) Amerika Serikat yang denger-denger cukup ketat itu.

SKINTIFIC saat ini juga sudah teregistrasi di BPOM dengan nomor NA11210100167. Beauty bestie bisa cek juga di cek-bpom.

Sedangkan untuk sertifikat Halal MUI-nya saya kurang tahu. Semoga sih segera melampirkan logo resmi halal MUI juga ya, biar bestie muslimah nggak worry lagi buat menggunakannya. Oke deh, yuk kita lanjut review SKINTIFIC Moisture Gel yang memiliki kandungan 5X Ceramide.

Oiya, sekedar info, 5X Ceramide ini artinya mengandung 5 jenis Ceramide ya bestie.

skincare untuk memperbaiki skin barrier

Kemasan dan Ingredients

SKINTIFIC 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel dikemas dalam pot jar berisi 30 gram atau 1 FL.OZ. Pot jar dengan warna biru transparan ini berbahan (seperti) akrilik dengan tutup putih berbahan plastik. Setelah tutup luar dibuka, masih ada lagi penutup tambahan agar produk tidak mudah berantakan saat dibawa bepergian alias dijungkir balik.

Setiap kemasan produk sudah dilengkapi dengan spatula mungil yang diselipin di tutup bagian dalam pot jar. Ini suka banget sih, karena kalau spatulanya terpisah karena terlalu besar, saya suka kelupaan bawa. Dasar saya menuju tua ya, ehh. Atau kalau sekarang ini malah suka tiba-tiba menghilang karena tangan si adek bontot lagi aktif-aktifnya menjamah segala peralatan dan skinker emak. Hiks.

Jangan diremehin ya bestie, sendok atau spatula mungil ini berguna banget untuk mengambil produk yang dikemas dalam pot jar begini agar produk tidak terkontaminasi oleh tangan kita.

Sedangkan kemasan luarnya berupa karton yang cukup tebal berwarna biru pastel atau baby blue dengan dilapisi plastik wrap.

skintific 5x ceramide

Ingredients:

Aqua, Butylene Glycol, HydrogenatedPolyisobutene, Dimethicone, Glycerin, Propylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Hydroxyace, Tophenone, VP Copolymer, Ceramide NP, Ceramide NS/Ceramide NGCeramide AS, Ceramide EOP, Ceramide AP, Sodium Hyaluronate, Hydrolyzed, Collagen, PEG-400, Centella Asiatica Extract, Hydrogenated Lecitin, PCA, Hydroxyethyl, Acrylate, Sodium Hydroxide, Witch Hazel Extract, Trehalose, Ectoin, Sophora Flavescens Root Extract, Opuntia Ficus-Indica Stem extract, Ophiopogon Japonicus Root Extract, Yeast Polysaccharides, Penthylene Glycol, Disodium EDTA, Tocopherol, Sorbitan Isostearate.

 

Manfaat SKINTIFIC 5X Ceramide

Sesuai namanya, Barrier Repair Moisture Gel, produk ini diklaim dapat memberikan kelembapan dengan memperbaiki skin barrier kita. Dengan menggunakan formula unik dari TTE Technology (Trilogy Triangle Effect), produk ini mengklaim aman digunakan semua jenis kulit bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.

TTE Technology means,

1. Precise active ingredients, yaitu penggunaan bahan aktif yang tepat untuk semua jenis kulit

2. Quickly diminishes skin problems but also intensively hydrates and soothes the skin, artinya tidak hanya dapat mengurangi masalah kulit secara cepat namun juga menghidrasi serta menenangkan kulit secara intensif

3. Effectively protects and improves skin barrier, yakni secara efektif melindungi dan meningkatkan kekuatan skin barrier.

Jika skin barrier kita terjaga, maka segala skincare yang kita gunakan bisa terserap dan bekerja secara optimal di kulit kita. 

Oiya, selain mengandung 5X Ceramide, SKINTIFIC Moisture Gel ini juga mengandung Hyaluronic Acid, Centella Asiatica, dan Marine-Collagen. Kenal dong ya siapa-siapa mereka ini. Yes, kesemuanya memiliki manfaat baik dan efektif dalam menghidrasi dan memperbaiki struktur kulit sehingga dapat menunda proses penuaan alias kulit keripuy.

Impresi Setelah Pemakaian 1 minggu

Di saya pribadi, yang usianya sudah mendekati angka 40 ini, ehh. Penggunaan di 3 hari pertama sudah terasa faedahnya sih. Dan jujurly langsung suka. Teksturnya ringan dan nyes begitu nemplok di kulit. Diblend-nya gampang banget, langsung rata. Sayangnya untuk daya serap tidak terlalu cepat menurut saya. Saya butuh 1-2 menitan buat nunggu produk meresap sempurna paripurna. But it's OK to not be okay (korban drakor).

Meski judulnya gel, tapi bukan gel yang bening jelly gitu ya bestie. Warna produknya itu tetep putih tapi bukan putih yang pekat seperti krim. 

Setelah seminggu pemakaian, pas ngaca jadi terlihat lebih segar sih muka. Meski ya tidak bisa merubah pipi nyempluk saya jadi tirus. Haha #halu.

Untuk aromanya, tenang, ini aromanya nggak apek apalagi bau i*ler. Aromanya kalem seperti ada manis-manisnya aroma menthol gitu. Seger sih menurut saya. Jadi aman buat yang hidungnya suka sensian sama bau il*er kayak saya, dan juga aman dari kandungan fragrance yang konon kurang bagus buat kulit.

skincare untuk memperbaiki skin barrier

skincare untuk memperbaiki skin barrier

skincare untuk memperbaiki skin barrier

Cara Penggunaan

Cara penggunaannya seperti pada umumnya menggunakan moisturizer, yaitu diusapkan secara merata pada pipi, hidung, jidat, dan dagu yang sudah bersih. Oiya, FYI menurut keterangan salah satu dokterfluencer spesialis estetika kulit, sebaiknya gunakan toner atau essence setelah membersihkan wajah agar pH kulit kita balance. Dimana pH balance ini akan membuat penyerapan skincare berikutnya menjadi lebih optimal.

Dalam keterangan di kemasannya sih gunakan produk sebanyak kira-kira sebesar buah anggur. Tapi kalau menurut saya sih segitu itu kebanyakan, tapi juga jangan yang sedikit banget ya bestie. Kalau saya sih kira-kira seujung penuh spatula bawaan produk, itu udah pas sih buat saya.

Beauty bestie bisa menggunakannya pada pagi dan malam hari. Jangan lupa selalu gunakan tabir surya saat siang hari untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Harga & Pembelian

Harga resmi SKINTIFIC official store di marketplace Shopee sih sekitar 130 ribuan. Tapi sering ada promo atau bundle ya, so pantengin aja. Beauty bestie juga bisa kepoin IG official SKINTIFIC Indonesia di @skintificid.


Oke deh bestie, semoga review SKINTIFIC 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel ini bermanfaat ya. Jadi tau kan sekarang skincare untuk memperbaiki skin barrier yang efektif itu apa. ^0^

 


 안녕!


Next Post Previous Post
3 Comments
  • Arina Mabruroh
    Arina Mabruroh 11 Agustus, 2022

    Baca ini terasa tertohok, soalnya masih aja punya "penyakit" belum rutin skinkeran 🙈🙈 padahal udah kusam banget nih muka. Ditambah cuaca yang kurang bersahabat juga.
    Sepertinya kubutuh Skintific 5xCeramide juga

  • Mbak Wid Manis
    Mbak Wid Manis 11 Agustus, 2022

    Ulalaaa bestie... dapat produk yang bikin nyes di wajah aja udah bikin bahagia, apalagi kalo bisa bikin nyempluk berubah jadi tirus 😍

  • Mini Food
    Mini Food 12 Agustus, 2022

    Wah keren nih kandungan dan manfaat dari SKINTIFIC 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel ini. Saya baru kali ini tahu soal skin barrier. Tahunnya skin care pencerah dll. Duh😃

Add Comment
comment url