7 Tips Memilih Cream Penghilang Flek Hitam yang Bagus

cream penghilang flek hitam

Hi, Beauty Bestie! Katanya, umur menjelang 40 itu udah rentan sama flek di wajah, bener nggak sih Bestie? Flek atau flek hitam merupakan bintik/noda hitam yang terdapat pada kulit. Flek hitam ini umumnya muncul di bagian wajah, namun bisa juga muncul di anggota tubuh lainnya, lho. Kemunculan flek hitam pada wajah tentu saja membuat kita tidak percaya diri. That's why banyak orang berusaha mencari cara untuk menghilangkannya baik menggunakan skincare penghilang flek hitam atau cara lainnya. 

Penyebab munculnya flek hitam disebabkan oleh banyak faktor, misalnya paparan sinar mata hari, penuaan dini, hingga penggunaan kosmetik tertentu yang mengandung bahan berbahaya. Nah, jika tidak segera ditangani, flek hitam ini bisa bertambah lebar.

Dilihat secara kasat mata, flek hitam memang terlihat sama. Namun sebenarnya flek hitam terbagi dalam 6 jenis, lho Bestie. Keenam jenis tersebut yaitu pigmentasi inflamasi, bintik pigmentasi senilis, karatosis seborok, spawn spots, liver spots, serta bintik pigmen seperti petal. Untuk mengetahui jenis flek hitam pada kulit ini, tentunya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter kecantikan.

Penanganan flek hitam harus dilakukan sesuai jenisnya, seperti misalnya inflamasi pigmentasi bisa diatasi dengan penggunaan produk perawatan kulit yang tepat. Bagi beauty Bestie yang ingin menghilangkan flek hitam dengan produk perawatan seperti cream, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Nah, berikut ini beberapa tips dari ceklist.id yang harus beauty Bestie perhatikan ketika memilih cream penghilang flek hitam.

Tips Memilih Cream Penghilang Flek Hitam

1. Pilih Cream yang Mengandung Bahan Pelembab

Bahan pelembab pada cream tidak hanya berfungsi untuk melembapkan. Akan tetapi bahan pelembab juga dapat membantu untuk memaksimalkan kinerja dari cream. Sebab pelembab bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berpotensi memunculkan flek hitam.

2. Pilih Cream Bersertifikat Aman

Memilih produk perawatan tidak hanya menyoal harga atau fungsinya saja. Namun kita juga perlu mengecek keamanan produknya. Kita bisa mengetahui keamanan sebuah produk dengan melihat bagian kemasannya, apakah terdapat sertifikat BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) ataupun tidak. Jika tidak ada, maka beauty Bestie perlu waspada dan dianjurkan untuk tidak menggunakannya. Sebab ditakutkan produk tersebut berbahaya jika digunakan.

3. Pilih Cream dengan Kandungan Niacinamide

Bahan kosmetik bernama niacinamide akhir-akhir ini santer dibahas. Bahkan beberapa produk kecantikan lokal seakan berlomba-lomba menambahkan bahan ini dalam produknya. Cream pencerah wajah hingga serum kecantikan jadi beberapa produk yang sering kali menggunakan niacinamide.

Sebenarnya niacinamide merupakan turunan aktif dari vitamin B3. Bahan ini bisa ditemukan juga pada cream penghilang flek hitam. Niacinamide bekerja dengan cara menurunkan jumlah komponen dalam penyusunan sel melanosome. Hal ini yang berfungsi meminimalisir timbulnya flek hitam dan menyamakannya.

4. Pilih Cream dengan Kandungan Arbutin

Arbutin jadi salah satu bahan yang dapat mengurangi flek hitam pada kulit. Sebab bahan ini dapat meminimalisir hiperpigmentasi pada kulit. Cara kerja arbutin yaitu dengan menghambat meningkatnya melanin kulit yang dapat menimbulkan flek hitam.

5.    Pilih Cream dengan Kandungan Vitamin C

Viamin C sejak dulu dikenal sebagai bahan yang dapat mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C pada produk kecantikan ternyata juga dapat mengurangi timbulnya flek hitam. Selain itu, vitamin C yang dalam produk perawatan kulit juga berfungsi melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

6. Pilih Cream dengan Kandungan Licorice

Licorice memang sedikit asing di telinga. Namun siapa sangka bahwa bahan ini juga mampu membantu mengurangi flek hitam. Licorice bekerja dengan mengurangi produksi melanin yang dapat membuat warna kulit menjadi kusam dan memunculkan flek hitam.

Selain mengurangi produksi melanin, licorice juga dapat mengurangi kadar melanin yang terdapat pada flek hitam. Hal ini membuat flek hitam secara perlahan dapat hilang. Hebatnya lagi, licorice juga dapat mengatasi peradangan, anti mikroorganisme, dan anti virus.

7.   Pilih Cream dengan Kandungan Retinoid

Kandungan yang dapat mengurangi flek hitam selanjutnya adalah retinoid. Retinoid atau yang sering disebut dengan Retinol merupakan turunan dari vitamin A yang salah satu fungsinya adalah mencerahkan kulit wajah sekaligus dapat menyamarkan flek hitam pada kulit.

Pada produk penghilang flek hitam, kandungan ini umum ditemukan. Sayangnya, kandungan retinoid tidak bisa digunakan oleh ibu hamil. Namun jangan khawatir, karena kandungan ini tetap aman digunakan jika sesuai dengan aturan.

Beberapa tips di atas bisa beauty Bestie jadikan panduan dalam memilih cream penghilang flek hitam. Bagi yang memiliki alergi pada kandungan tertentu, beauty Bestie harus lebih cermat dalam mengetahui komposisi cream. Sebab, jangan sampai niat mempercantik diri, malah berujung menimbulkan bencana.

Selain memilih produk perawatan yang cocok, beauty Bestie juga perlu menjaga asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Perbanyak mengonsumsi buah-buahan serta sayur juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit, loh Bestie. Kulit menjadi lebih sehat serta terbebas dari radiasi serta flek hitam dengan konsumsi buah dan sayur secara rutin, serta melakukan perawatan dari luar. Sebab perawatan yang terbaik adalah perawatan yang datang dari dua sisi, healthy inside beauty outside. ehh iklan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url