Resep Wingko Babat Enak dan Lembut - Teflon dan Oven

resep wingko babat asli

Resep wingko babat asli warisan keluarga

Wingko merupakan kuliner asli Indonesia. Jajanan khas kota Babat Jawa Timur ini sering dijadikan pilihan oleh-oleh saat berkunjung ke kota Babat dan sekitarnya.
Rasanya yang manis legit menggigit dipadu dengan gurihnya dari campuran kelapa muda, membuat jajanan satu ini masih tetap digemari. 

Buat yang suka dengan jajanan legendaris satu ini, yuk langsung praktekin aja. Ini resep asli warisan turun temurun dari keluarga, lho.
Rasa manisnya pas, dan empuk kenyalnya juga pas. yummy pokoknya.

Bahan

  • 250 gram tepung ketan putih
  • 200 gram gula pasir, jika suka manis bisa ditambah 25-50 gram
  • 1 butir kelapa mengkal (muda yang setengah tua)
  • 1 butir telur ukuran besar
  • 200 ml air kelapa, kira-kira 1 gelas
  • 1/4 sdt garam
  • Secukupnya daun pisang untuk alas

Cara Membuat

1. Kupas kulit ari kelapa dan parut memanjang. Bisa diparutin ke tukang kelapanya juga, sebaiknya cari yang hasil parutannya kasar.

2. Ayak tepung ketan. Masukkan semua bahan dalam satu wadah besar.

bahan membuat wingko


3. Aduk dan uleni semua bahan sampai licin dan kalis sambil ditepuk-tepuk sesekali. Lakukan ini sekitar 10 menitan. Saya lebih suka mengaduknya pake tangan, tapi jangan lupa pake sarung tangan food grade ya bunda 😁

cara membuat wingko babat

4. Panggang adonan. Ada 3 macam cara memanggang wingko. Kalau aslinya menggunakan panggangan yang dikasih bara atas bawah itu. Tetapi itu ribet dan jarang ada alatnya. Untuk lebih simplenya, bisa dipanggang dengan 3 cara berikut ini:


>> Menggunakan cetakan kue lumpur

contoh cetakan kue lumpur dan hasilnya

Baca ini: Resep Kue Lumpur Nasi Enak dan Mudah Membuatnya


Cara mencetak: 
  • Panaskan cetakan diatas kompor dengan api kecil. 
  • Tuang adonan hingga 3/4 pada setiap lubang cetakan, 
  • Biarkan sekitar 10 menit atau hingga bagian bawah adonan berkulit, balik dan biarkan hingga bagian satunya berkulit juga, 
  • Bolak balik adonan hingga matang kecoklatan. 
  • Letakkan wingko panas diatas daun Pisang, asli aromanya khas banget


>> Menggunakan wajan teflon mini

Caranya hampir sama dengan diatas.
Ini contoh yang menggunakan teflon ukuran kecil/ukuran telor mata sapi.
Saya tuangnya 1 sendok sayur sekali tuangnya, hasilnya sekitar 12 buah.

Pastikan apinya kecil banget ya, dan kalo bisa dikasih tatakan sebelum teflonnya, agar posisi teflon agak tinggi dr api (jadi wajan teflon gak langsung nempel di tungku kompor)

contoh hasil menggunakan mini telfon


>> Panggang menggunakan oven

Caranya:
  • Panaskan oven menggunakan api sedang agak kecil. Jika menggunakan oven listrik suhu disesuaikan aja ya, saya pake oven tangkring 😁 
  • Tuang adonan ke dalam loyang uk. 24 x 24 cm yang telah diolesi dengan minyak goreng tipis2 dan dilapisi daun pisang (daun pisang untuk menambah aroma khas dan agar adonan tidak lengket di loyang). Ratakan.

  • Panggang adonan selama 50 menit atau hingga bagian bawah adonan kuning kecoklatan. 
  • Balik adonan, 

caranya: 
Keluarkan adonan dari oven dan tutup dengan daun pisang, balik diatas nampan lebar lalu seret masuk ke loyang kembali. 
Tekan2 adonan dengan sendok agar lebih padat. 
Panggang kembali selama 40-50 menit atau hingga kedua sisi matang kecoklatan.

Adonan ini boleh dibolak balik dan keluar masuk oven, karna tidak menyebabkan bantat atau ambles seperti adonan cake 😁
wingko oven

  • Keluarkan wingko dari loyang dan dinginkan. 
  • Potong2 sesuai selera 😄

Sekedar info, biasanya kalau dioven texture nya agak keras pas baru mateng, jadi musti nunggu benar-benar dingin ya, biar texture-nya lembyut... baru dipotong-potong




Happy Baking ^o^

Annyeong,

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Mak Sera emang kreatif... resepnya hasil praktek sendiri dengan foto2 asli. Keren mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe,,, blm kreatif sih, pinter nyontek aja. Alhamdulillah seneng bikin dan seneng motoin juga. Hihi

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar sesuai artikel dengan bahasa yang baik dan sopan.

Link Aktif dan SPAM akan dihapus.
NO WAR!

Happy reading other article....