3 Resep Masakan Sederhana dan Murah Meriah Untuk Anak Kos!

resep masakan murah dan hemat

Resep Masakan Sederhana dan Murah yang Cocok Buat Anak Kos


Yeoreobun annyeong...

Bagi teman-teman yang tinggal sendiri atau jauh dari rumah, misalnya nge-kos, ngontrak, atau lagi di perantauan, pasti pernah dong merasa kangen dengan masakan rumah. Sibuknya kegiatan dan keharusan untuk berhemat terkadang membuat masak menjadi hal yang sulit dilakukan, bukan?

Eits, jangan khawatir! 

Karena saya punya rekomendasi resep masakan sederhana dan murah yang bisa kalian coba. Berikut 3 resep masakan sehari-hari yang murah meriah yang bisa kalian buat dengan mudah dan tentunya tidak akan menguras kocek teman-teman.

Baca juga: 15 Kuliner Halal & Murah di Bali yang Cocok untuk Anak Kos


1. Oseng Kacang Panjang Tempe Kecap Pedas

Olahan pertama yang kalian bisa buat adalah oseng-oseng kacang panjang dan tempe. Selain bahan baku yang murah dan mudah ditemukan, memasaknya pun tidak sulit. Soal gizi nggak usah khawatir, tempe dan kacang panjang juga tidak kalah bergizinya.

Berikut ini resepnya:

Bahan-bahan:

  • 1 ikat kacang panjang
  • 100gr tempe, potong bentuk dadu kecil

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang merah 
  • 3 siung bawang putih 
  • 5 cabai rawit merah 
  • 10 cabai rawit hijau 
  • Garam 
  • Gula pasir
  • Kaldu bubuk 
  • Kecap manis 
  • Saus tiram 


Cara memasak:

  1. Pertama cuci kacang panjang lalu potong sepanjang korek api lalu sisihkan.
  2. Goreng tempe yang sudah berbentuk dadu kecil sampai warnanya keemasan lalu tiriskan.
  3. Tumis bumbu halus sampai wangi lalu masukkan garam, gula, kecap, saus tiram, dan kaldu bubuk. 
  4. Jika sudah rata, masukkan kacang lalu aduk lagi sampai semua kacang terlumuri dengan bumbu lalu tambahkan sedikit air, masukkan tempe, tumis sebentar. 
  5. Oseng tempe dan kacang siap disantap dengan nasi hangat. 

menu masakan sehari hari agar tidak bosan
foto ilustrasi


2. Orak-Arik Telur

Resep yang satu ini juga sangat cocok untuk anak kos karena bahannya yang sangat familiar dan mudah didapatkan, serta terjangkau tentunya. Selain itu, telur juga termasuk salah satu bahan makanan yang bisa disimpan lumayan lama meski di suhu ruangan. Berikut ini cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • Telur
  • Wortel dipotong dadu
  • Bakso dipotong sesuai selera
  • Garam secukupnya, saus tiram, gula pasir, merica bubuk dan kaldu bubuk

Bumbu iris:

  • 1/2 bawang bombai
  • 3 siung bawang putih
  • 6 cabai rawit


Cara memasak:

1. Langkah pertama adalah menggoreng bakso lalu sisihkan. 

2. Goreng telur lalu diorak-arik, sisihkan. Tumis bumbu sampai aromanya harum dan layu, masukkan semua bahan lalu aduk sampai rata dan tambahkan sedikit air. 

3. Masukkan garam, telur, gula, merica, saus tiram, dan kaldu bubuk. 

4. Aduk sampai merata, angkat dan siap santap.


resep masakan sederhana sehari-hari
foto ilustrasi


3. Tumis Labu Siam Lezat 

Tumisan labu siam atau labu jepang ini bisa menjadi pilihan menu bergizi yang tentunya juga murah dan mudah dibuat, lho. Apalagi buat yang sukanya pedas, hmmm, tumisan ini bisa dibuat pedas dengan menambahkan irisan cabe rawit. Dijamin pasti nagih banget. Ini dia resepnya.

Bahan-bahan: 

  • 1 buah labu siam 
  • 1/2 sendok teh gula pasir 
  • 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  • 2 cm lengkuas 
  • 1 lembar daun salam 
  • 1/4 sendok teh garam 

Bumbu yang Diiris: 

  • 2 siung bawang putih 
  • 3 siung bawang merah 
  • 2 buah cabe merah 
  • 1 buah tomat kecil 
  • 5 buah cabe rawit (atau sesuai selera)


Cara membuat: 

1. Bersihkan getah yang umumnya masih ada pada labu siam dengan memotong labu siam menjadi 2 bagian besar. Setelah itu gesekkan 2 bagian labu tersebut sampai semua getahnya keluar. Jika sudah, cuci bersih.

2. Kupas labu siam dan kemudian potong labu dengan bentuk memanjang seperti korek api. Bisa juga dengan cara diparut dengan parutan lubang-lubang seperti parutan wortel.

3. Tumis bumbu iris yang sudah dipersiapkan hingga layu dan harum

4. Masukkan labu siam yang sudah disiapkan dan tumis semua bahan sampai layu 

5. Masukkan sedikit air dan bumbui dengan gula dan garam 

6. Tunggu hingga labu siam matang dan air mengental

7. Jika dirasa sudah matang, angkat dan sajikan. 


Resep masakan sederhana dan murah di atas sangat cocok sekali untuk anak kos. Mudah dari segi bahan dan juga cara mengolahnya. 

Agar masakan yang sederhana rasanya jadi lebih istimewa jangan lupa untuk menggunakan penyedap rasa dari SASA yang super enak. Dikenal sebagai pelopor produk MNG Indonesia terbaik, masakan simple jadi lebih lezat dan menggugah selera dengan SASA. Penyedap rasa SASA ekonomis dan dijamin menambah lezat setiap masakan. Jadi, jangan lupa tambahkan penyedap SASA pada setiap masakan yang teman-teman buat ya! 

Happy cooking ^o^


안녕!

Next Post Previous Post
2 Comments
  • LinRaNa Mom
    LinRaNa Mom 09 Juli, 2021

    ini bukan cuma buat anak kos nih..
    buat emak-emak mager kayak saya juga membantu sekali

  • kyndaerim
    kyndaerim 13 Juli, 2021

    Sebagai anak kost, aku bangga dong udah pernah masak ini semua, wkwk.. simple enak murah meriah, haha..

Add Comment
comment url